Review iPhone 7: Jet Black, Pilihan Warna Terbaru dari Apple

Sinyaliti.com – iPhone 7 telah diperkenalkan dengan fitur tahan air, kamera yang lebih baik, kapasitas baru 256 Gb, speaker stereo, daya tahan baterai lebih baik, serta varian warna terbaru yaitu Jet Black. Penasaran seperti apa? Yuk kita simak detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail iPhone 7

Desain iPhone 7

Desain yang diusung oleh iPhone 7 Plus ini tidak mengalami perubahan dari dua ponsel pendahulunya. Berarti sudah tiga generasi, Apple tidak mengubah desain dan bentuk iPhone sama sekali.

Bahkan kover tambahan untuk iPhone 6s Plus masih bisa digunakan pada iPhone 7 Plus. Satu-satunya perubahan desain yang kasatmata ada pada bagian belakang. Apple kali ini membuang garis antena horizontal yang biasanya terletak di sisi atas dan bawah iPhone.

iPhone 7: Detail Spesifikasi & Harga

Apple menggunakan material yang sama dengan iPhone 6s dan 6s Plus, yakni aluminium A7000 yang diyakini lebih kuat dan kokoh.  Selain garis antena yang dihilangkan, Apple juga menyingkirkan lubang jack 3,5mm yang biasanya digunakan untuk headset. Keputusan ini termasuk revolusioner dan Apple sudah menyediakan headset nirkabel Airpods sebagai pendamping iPhone 7.

Lalu di tombol home, Apple menggunakan teknologi baru yang hanya ada di iPhone 7 dan 7 Plus. Tombol pada kedua ponsel terbaru ini tidak akan benar-benar bisa diklik. Walau demikian tombol ini sensitif terhadap tekanan, termasuk apa yang disebut “taptic feedback” dan “haptic feedback”. Sederhananya, tombol ini bisa mengenali tiga tingkat tekanan yang berbeda.’

iPhone 7: Detail Spesifikasi & Harga

Bagian ini juga yang menjadi keunggulan iPhone 7 Plus. Memang jika dilihat sekilas tak ada yang beda dibandingkan iPhone 6s Plus. Keduanya menggunakan layar 5,5 inci beresolusi 1080×1920 piksel. Namun, jika ditelisik lebih teliti, Apple meningkatkan tingkat kecerahan layar hingga 25 persen sehingga tampak lebih terang dan jelas. Dengan kualitas retina display dengan kepadatan 401 piksel per inci serta dilengkapi fitur Display Zoom dan lapisan pelindung antigores berupa ion-strengthened glass dan lapisan oleophobic yang membuat layar ponsel takkan terkotori minyak. Berikut tampilan iPhone 7 dari berbagai sudut:

iPhone 7: Detail Spesifikasi & Harga 

back to menu ↑

Fitur

Apple mengklaim bahwa iPhone 7 ini menggunakan teknologi solid-state Home Button. Tombol yang lokasinya tidak berubah sejak iPhone generasi pertama ini, dibuat dengan teknologi yang lebih kuat, responsif dan sensitif terhadap tekanan. Bahkan Apple membuatnya dapat terintegrasi kepada Taptic Engine yang sebelumnya hanya bekerja untuk layar di iPhone 6s atau iPhone 6s Plus.

Pengguna dan pengembang aplikasi dapat mengakses Home Button untuk beberapa fitur baru. Yaitu Quick Actions, akses pesan, notifikasi, ringtone dan Taptic Engine API untuk pengembangan aplikasi. Tentunya karena bentuknya yang solid, Home Button ini juga mendukung teknologi berikutnya yaitu tahan air dan debu.

Apple akhirnya memikirkan fitur tahan air dan debu untuk perangkat mobile device buatannya secara serius. Ya, 7 sudah mengantongi sertifikasi IP67 protection standard untuk uji ketahanan terhadap air dan debu hingga kedalaman 15cm – 1 meter.

Sementara Teknologi pembayaran dari Apple Pay akan semakin ditingkatkan di iOS 10 dan juga 7. Pada Apple juga memperkenalkan widget terbaru yang bisa digunakan untuk melihat informasi-informasi dari aplikasi pada layar kunci. Selain itu, notifikasi yang muncul di layar kunci juga jadi lebih interaktif. Pengguna iPhone 6s dan 6s Plus bisa menampilkan informasi-informasi konten dengan memanfaatkan fitur 3D Touch, seperti yang ada di aplikasi ESPN.

back to menu ↑

Performa

iPhone 7 diperkuat dengan prosesor chip A10 Fusion, Quad-core yang juga menjadikannya sebagai generasi iPhone pertama yang menggunakan processor dengan 4 inti core, hal ini tentu memungkinkan iPhone memiliki kecepatan yang tinggi, gesit dan lebih responsive.

Dengan quad core processor kinerja iPhone 7 semakin baik untuk kinerja multi tasking, apalagi dengan di dukung space RAM 2GB yang membuat kinerja antara processor dan ram sangat solid. Untuk kegiatan gamming dengan game HD yang paling berat, atau multi-tasking, Anda tidak akan menemui lag, macet dan semacamnya.

Apple juga meningkatkan pilihan varian space memori internal hingga 256GB, dan menghilangkan varian space memori 16GB. Yap, mengingat kualitas dari foto yang di hasilkan kamera ini mampu memiliki format RAW yang pastinya berukuran besar, space 16 GB rasanya akan jadi cepat sekali penuh, apalagi jika Anda penyuka selfie. 

Hasil tes benchmark pada Geekbench 3 iPhone ini memiliki skor 6088 yang merupakan ke 3 tertinggi di kalahkan oleh kompetitornya samsung galaxy S7 yang memiliki skor 6466 dan untuk peringkat pertama di tempati oleh Huawei P9 dengan sekor 6506.

Sedangkan untuk tes GFXBench-T_Rex dan Manhattan yang menguji frame rate setiap grafis, iPhone ini berhasil menduduki posisi pertama dengan kecepatan hingga 60fps di kedua tes yang juga sekaligus mengalahkan iPhone 6s dengan kecepatan 60fps(GFXBench-T-Rex) dan 52fps(Manhattan).

Kemudian untuk tes yang terakhir Jetstream yang menguji kecepatan mobile browser, dalam hal ini iPhone menggunakan safari dan yang lainnya menggunakan google chrome. Dari tes tersebut di peroleh iPhone 7 dengan browser safari menduduki peringkat pertama dengan skor 160,2.

back to menu ↑

Kamera

Catatan menarik ada di kamera untuk iPhone 7 Plus. Apple memberikan 2 lensa terpisah yaitu Tele dan Wide. Pengguna dapat berganti dari mode jepret normal ke lensa kedua dengan kemampuan zoom hingga 2x untuk optical zoom dan 10x untuk digital zoom. Meskipun iPhone masih menggunakan resolusi 12MP.

Namun iPhone 7 di lengkapi teknologi baru yaitu OIS yang membuatnya mampu meredam guncangan saat merekam video atau mengambil foto.

Tak hanya itu, di tambah lagi lensa 6 elemen dan aperture lens lebih besar yaitu f/1.8 juga turut hadir memperkuat kamera iPhone 7. iPhone 7 juga memiliki 4 led-flash yang membuat output flash foto akan lebih alami dan natural, di tambah lagi teknologi high-speed sensor yang membuat kamera iPhone 7 jauh lebih cepat 60% dari iPhone 6s.

iPhone 7: Detail Spesifikasi & Harga

Kemudian di tambah lagi ISP (Image Signal Processor) yang di mana setiap 1 kali melakukan pengambilan gambar ISP ini akan melakukan 100 milyar pemrosessan dalam 0,25 detik, hal ini membuat kamera iPhone 7 benar-benar memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Selain itu ISP ini juga memiliki peranan untuk fitur deep of field dimana ISP ini semacam melakukan seleksi objek pada utama foto dan kemudian akan memblurkan background dari objek utama tersebut, sehingga hasil fotonya akan lebih bokeh. Hal ini seperti pada saat Anda foto dengan kamera DSLR yang hanya memperjelas objek foto pada yang difokuskan dan memblurkan pada bagian lainnya.

back to menu ↑

Baterai

Hadir dengan baterai kurang dari 2000mAh. Apple dengan cermat menghadirkan A10 Fusion dengan teknologi pengatur daya yang mumpuni, dengan performa baterai yang mampu bertahan selama 61 Jam. Dengan detailnya 11.25 Jam untuk Talk Time, 11.48 Browsing Website dan 9.15 Jam untuk memutar Video. Apple mengklaim processor A10 Fusion ini memiliki sitem kinerja yang lebih efisien, sehingga dapat menghemat baterai hingga 1 jam lebih lama di banding iPhone 6s.Lebih lengkap mengenai iPhone 7, klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

8.5 Total Score
Good!

Setelah sukses dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kini Apple dikabarkan tenggah mepersipakan smartphone generasi penerusnya yang diberi nama iPhone 7. Smartphone ini hadir dengan desain yang sangat elegant, berkat mengunakan bahan bodi full metal yang dipadukan dengan layar luas 5.0 inci. Selain memiliki kelebihan disektor desain, iPhone 7 juga memiliki kelebihan disektor fitur dan Spesifikasi.

Desain
9
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar Luas 4.7 Inci LED-backlit IPS LCD
  • Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE
  • Sistem Operasi OS iOS 10
  • Prosesor Apple A10 Fusion sehingga menjanjikan performa yang stabil dan smooth
  • Memori Internal 32/128/256 GB
  • Kamera Utama 12 MP, Phase Detection Autofocus dan Quad-LED ( dual tone ) Flash
  • Memiliki Serifikasi IP67 yang mampu bertahan didalam air dalam kedalaman 1,5 meter dalam durasi waktu 30 menit.
  • Dilengkapi Sensor Gyroscope dan Fingerprint
Kekurangan
  • Kamera Depan Minus LED Flash
User Rating: 4 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0