Review Lava A3: Smartphone Android Kelas Mid-Range Murah Meriah

Sinyaliti.com – Sepertinya brand Lava tak mau ketinggalan untuk merilis produk terbarunya di tahun 2017 ini. Ya, Lava seperti halnya vendor-vendor smartphone lainnya kini tengah gencar-gencarnya meluncurkan perangkat terbaru mereka. Dan kehadiran produk-produk baru racikan Lava ini cukup menarik perhatian publik, tak terkecuali salah satu perangkat barunya, yaitu Lava A3. Pasalnya, smartphone baru yang kabarnya akan dibanderol dengan harga yang terjangkau ini hadir dengan bekalan spesifikasi yang bisa dikatakan cukup menarik.

Sebagai perangkat baru yang menyasar ke pasar kelas mid-range, memang rasanya sangat wajar jika Lava A3 dibekali dengan spesifikasi yang menarik dan komponen-komponen premium. Bahkan tak sampai di situ saja, ponsel besutan perusahaan asal India, Lava Mobile, juga menawarkan sektor kamera yang bakal cukup memanjakan para penggunanya.

Masih ingin tahu kelebihan lain dari ponsel anyar besutan Lava ini? Yuk, simak langsung pembahasan spesifikasi Lava A3 dari berikut ini!

Spesifikasi Detail Lava A3

Desain Lava A3

Membicarakan spesifikasi Lava A3 di bagian desainnya, terlihat dengan jelas bahwa smartphone ini membawa desain yang simpel. Tubuhnya dibalut dengan material metal, sehingga tampilannya terlihat begitu elegan bertekstur dalam pilihan warna Gold dan Gray. Sementara itu, pada bagian punggungnya juga bisa dijumpai sensor Fingerprint Scaner yang terletak di bawah kamera utamanya.

Untuk dimensinya sendiri, smartphone hadir dengan panjang 151 mm, lebar 76.4 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Sementara untuk bobotnya sebesar 163 gram. Selain itu, di bagian mukanya Lava membekali A3 dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.5 inci 16 M colors. Layar ini menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Sehingga meskipun tampilan visualnya masih standar, namun cukup nyaman untuk pandangan mata.

Desain Lava A3

Layar Lava A3 tersebut pun telah hadir dengan dibekali dengan kaca 2.5D curved, sehingga tampilan gambarnya akan terlihat lebih realistis dan jernih. Sementara itu untuk sistem proteksinya, ponsel juga sudah mengadopsi pelindung layar berupa Gorilla Glass. Pelindung layar ini siap memproteksi permukaan layar dari resiko goresan saat pemakaian atau akibat kecelakaan. Alhasil, spesifikasi Lava A3 pada sektor desain tetap dapat dikatakan mumpuni.

back to menu ↑

Fitur

Beralih untuk membahas spesifikasi Lava A3 pada bagian konektivitasnya. Ternyata Lava telah membekali sektor ini dengan komponen-komponen cukup lengkap. Sektor konektivitas dengan berbagai macam fitur canggih tersebut nantinya akan memberi dukungan untuk pemakaian Dual SIM. Dimana dengan hadirnya fitur Dual-SIM tersebut untuk mempermudah kebutuhan berkomunikasi saat memakai handphone ini. Sedangkan konektivitas internet yang ada pada jaringan 4G LTE Cat9 untuk menyuguhkan koneksi internet super cepat. Sementara untuk memback-up koneksi 4G LTE, ponsel pintar ini sudah dibekali dengan koneksi 3G dengan memanfaatkan kecepatan HSPA.

Untuk kecepatan tertingginya sendiri, ponsel ini didukung dengan adanya jaringan terbaru, yaitu 4G LTE Cat9 800/ 850/ 900/ 1700/ 2100/ 1800/ 1900/ 2100/ 2600. Dimana jaringan ini mampu menjalankan aktivitas download pada kecepatan 450 Mbps dan upload pada kecepatan 50 Mbps. Sementara pada jaringan 3G HSPA hadir dengan dukungan jaringan GSM 850/ 900/ 1800/ 1900 – SIM 1 dan SIM 2, 3G HSDPA 850/ 900/ 1900/ 2100. Dimana pada jaringan ini mampu menjalankan aktivitas download pada kecepatan 42.2 dan upload pada kecepatan 5.76 Mbps.

Fitur Lava A3

Pada jaringan ini pun masih bisa menikmati akses internet secara gratis lewat fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual-Band, WiFi Direct, dan Hotspot. Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan bertukar data, Lava menghadirkan fitur Bluetooth v4.0, A2DP, dan microUSB v2.0. Dengan bekal fitur dan teknologi yang lengkap tersebut, dijamin pada sektor konektivitas, ponsel ini akan mampu memberikan kelancaran komunikasi dimana saja dan kapan saja.

Kemudian pada sistem navigasinya, spesifikasi Lava A3 dibekali dengan teknologi A-GPS. Walaupun standar, namun memiliki kemampuan pemetaan lokasi yang cukup baik.

back to menu ↑

Performa

Setelah puas membahas bagian desain dan fitur dari smartphone ini, sekarang saatnya kita membicarakan spesifikasi Lava A3 pada bagian teknisnya. Sektor yang memiliki peran penting dalam pemrosesan data ini ternyata dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT6750. Chipset ini memiliki prosesor Octa-Core Cortex A53 dengan clock speed 1.5 GHz, sehingga mampu menghasilkan performa yang handal pada operasionalnya.

Sektor dapur pacu pada Lava A3 ini juga mempunyai dukungan dari 3 GB yang cukup mumpuni untuk memastikan aktivitas multitasking berjalan dengan lancar dan responsif. Sedangkan untuk urusan gaming, Lava mengandalkan kartu grafis Mali-T860 MP2 agar mampu menghasilkan konten visual yang berkualitas.

Sementara untuk menjalankan komponen-komponen tersebut, ponsel ini memakai sistem operasi Android Marshmallow v.6.0 yang menawarkan kinerja lebih ringan dan fitur-fitur baru yang lebih banyak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Lava A3 ini memang cukup memadai.

Performa Lava A3

Dan untuk mendukung fungsinya dengan baik, ponsel Lava A3 ini pun membekalinya dengan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal yang sudah cukup besar ini tentu bakal menampung file sistem di dalamnya dengan sempurna. Kapasitas memori internal yang disediakan Lava A3 ini pun cukup memadai untuk menampung file hiburan yang berupa foto, audio, dan video.

Bahkan untuk mengoptimalkan space memori yang ada, ruang penyimpanannya masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimal 128 GB. Dengan demikian pengguna tidak akan kekurangan ruang penyimpanan pada spesifikasi Lava A3 ini.

back to menu ↑

Kamera

Spesifikasi Lava A3 pada sektor kamera pun tak lepas dari bekalan komponen-komponen yang cukup mumpuni untuk menjalankan fungsinya. Hal ini bisa dilihat dari dua piranti kamera berkualitas yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya.

Pada bagian belakang bodi dari Lava A3 ini tersemat kamera utama beresolusi 13 MP dengan sensor Sony. Sehingga mampu menghasilkan jepretan foto jernih dan berkualitas. Kamera ini pun telah dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus untuk mempermudah penguncian fokus serta LED Flash untuk memberikan dukungan pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Kamera utama ini juga mampu menghasilkan video sebesar 1080p@30fps.

Kamera Lava A3

Sedangkan untuk kebutuhan foto selfie, maka ponsel pintar ini akan menghadirkan kamera beresolusi 8 MP pada bagian mukanya. Dimana kamera ini juga mampu memberikan pencahayaan yang maksimal ketika digunakan. Bahkan kamera dari ponsel Lava A3 ini juga cukup mendukung aktivitas video call.

back to menu ↑

Baterai

Pada bagian penutup segmen ini, kita akan mengulas seberapa tangguh sektor pemasok daya yang dimiliki smartphone Lava A3 ini. Memiliki bekalan spesifikasi yang canggih, tentu komponen-komponen yang ada pada smartphone ini membutuhkan daya yang cukup besar. Oleh sebab itu, bisa dikatakan wajar jika Lava akhirnya membenamkan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas sebesar 3020 mAH sebagai pemasok dayanya. Kapasitas baterai ini tentunya sudah cukup memadai untuk mendukung operasional dari Lava A3, serta menyokong kehidupan baterai dalam waktu seharian penuh. Nah, itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari handphone Lava A3 yang perlu dicatat.

Lalu apa sobat sinyaliti sudah bisa menebak harga ponsel Lava A3 ini? Untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan sobat sinyaliti klik di sini.

*Untuk mengetahui review berbagai jenis HP lainnya silahkan kunjungi laman Gadget Review.

7 Total Score
Good!

Ponsel besutan perusahaan asal India, Lava A3, menawarkan sektor kamera beresolusi 13 MP untuk memanjakan para penggunanya. Bahkan tak sampai di situ saja, ponsel ini menawarkan sektor dapur pacu yang mampu menghasilkan performa yang handal pada operasionalnya.

Desain
7.5
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7.5
Baterai
7
PROS
  • Desain sangat keren dan premium sehingga sangat menunjang penampilan anda.
  • Sudah didukung dengan koneksi super cepat dengan 4G LTE.
  • Memiliki fitur keamanan yang sangat tinggi dengan terdapatnya Fingerprint Scaner.
  • Layar 5,5 inchi yang sangat mendukung untuk aktivitas main game kesukaan kita.
  • Menggunakan sistem operasi terbaru saat ini yaitu dengan Android OS V6,0 Marshmallow.
  • Prosesor cepat dengan Octa-core 1.5GHz, Chip Qualcomm Snapdragon 430 yang membuat performanya sangat lancer.
  • Kamera utama 13MP, PDAF-LED flash yang sangat sempurna untuk mengabadikan momen terpenting di setiap waktu.
  • Kamera depan 8MP, LED flash yang support untuk aktivitas foto selvie, video call maupun skype.
  • Didukung dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar 3GB RAM serta memory internal 32GB.
  • Didukung dengan baterai yang sangat besar dengan kapasitas daya 3020 mAh.
CONS
  • Menggunakan baterai jenis Non-removable yang sulit untuk dilepas.
  • Untuk saat ini belum tersedia.
User Rating: 3 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0