Review Lenovo P2 Turbo: Usung Baterai Berkapasitas Jumbo, Yang Bisa Tahan 3 Hari

Sinyaliti.com – Smartphone Lenovo P2 Turbo merupakan produk ponsel pintar paling gres dari perusahaan asal Tiongkok, Lenovo. Sama seperti produk Lenovo lainnya, smartphone terbaru ini mengandalkan kemampuan kamera dan baterai yang diklaim mampu bertahan selama berhari-hari. Keunggulannya di lini kamera dan baterai inilah yang tetap menjadi andalan Lenovo P2 Turbo.

Selain menawarkan fitur kamera maksimal, tentunya pula Lenovo P2 Turbo tetap memiliki kinerja olah data yang bisa diandalkan. Apalagi, kali ini Lenovo menyasar pangsa pasar kelas menengah atas. Oleh karena itu, smartphone seri P2 Turbo ini pastinya penuh dengan komponen-komponen berkualitas khas Lenovo.

Untuk mengetahui lebih detailnya, di bawah ini adalah ulasan mengenai spesifikasi Lenovo P2 Turbo, dari tampilan luar sampai bagian terdalamnya. Simak yuk!

Spesifikasi Detail Lenovo P2 Turbo

Desain Lenovo P2 Turbo

Dilihat dari fisik, Lenovo P2 Turbo masih mengusung konsep desain yang sangat identik dengan seri Lenovo sebelumnya, Lenovo seri P1 Turbo. Namun, kali ini desain fisik smartphone Lenovo seri P2 Turbo nampak lebih berkarakter dan penuh gaya. Desain ujung atas dan bawah yang melengkung berpadu dengan sudut-sudut tegas membuatnya nampak begitu anggun.

Secara dimensional, smartphone ini memiliki dimensi fisik dengan ukuran 153 x 76 x 8.3 mm dengan bobot yang sedikit berat, yaitu 177 gram. Untuk ukuran fisik yang lumayan besar itu, telah disesuaikan dengan lebar layar agar tetap ideal.

Desain Lenovo P2 Turbo

 

Lantas untuk sisi visualisasi, smartphone ini mengandalkan jenis layar Super AMOLED, yang tentunya akan menjadikan layar memiliki tingkat ketajaman yang tinggi. Sementara bentang pada layarnya mencapai 5,5 inci, dan memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel serta kerapatan layar 401 ppi. Dengan besaran resolusi tersebut, tentunya Lenovo P2 Turbo mampu memberikan tampilan visualisasi jernih dan nyaman di mata penggunanya.

Selain itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi internal berupa sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass 3. Jadi kamu tak perlu repot-repot lagi memasang screen guard tambahan. Menariknya, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan Fingerprint scanner untuk lebih menjaga keamanan datanya.

 

back to menu ↑

Fitur

Hadir di tengah sengitnya persaingan produk-produk terbaru, yang hampir semuanya membawa teknologi canggih, spesifikasi Lenovo  P2 Turbo di sektor konektivitas pun tak ingin ketinggalan. Terlebih, sektor konektivitas sendiri merupakan salah satu bagian yang cukup vital. Karena merupakan indikator kualitas sebuah smartphone modern.

Untuk bagian konektivitasnya, smartphone ini dibekali dengan slot Dual SIM Card yang pastinya akan memudahkan kebutuhan komunikasi penggunanya. Untuk keperluan akses data, Lenovo P2 Turbo sudah suppport dengan teknologi jaringan data 4G LTE.

Dengan adanya jaringan 4G LTE sebagai jalur koneksi utama, pastinya tak perlu lagi mengkhawatirkan kecepatan koneksi ketika berselancar di dunia maya. Pasalnya, jalur utama 4G LTE yang ada pada Lenovo P2 Turbo ini mampu berjalan dengan kecepatan download hingga 150 Mbps. Sementara itu, untuk bisa mengunggah file bisa dengan kecepatan sampai 50 Mbps.

Selain koneksi di jalur 4G LTE, kamu juga bisa menikmati koneksi dengan jaringan 2G EDGE dan 3G HSPA untuk menunjang kebutuhan seluler lebih lengkap.

 

Fitur Lenovo P2 Turbo

Untuk fitur pelengkap konektivitas yang lain, smartphone ini juga telah dibekali dengan beragam fitur koneksi non-seluler yang sangat fungsional. Mulai dari fitur WiFi, Hotspot, hingga Bluetooth v4.0 untuk keperluan transfer data jarak dekat.

Sebagai pelengkap, spesifikasi Lenovo P2 Turbo pada bagian konektivitas juga telah dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS untuk menunjang kebutuhan pemetaan.

back to menu ↑

Performa

Sebagai smartphone yang membidik konsumen kelas menengah ke atas, bagian dapur pacu pada Lenovo P2 Turbo telah memenuhi standar kualitas ponsel pintar masa kini. Komponen yang diberikan juga termasuk komponen dengan kualitas kelas atas.

Untuk smartphone terbarunya ini, Lenovo membekalinya dengan chipset Snapdragon 625, yang di dalamnya ditenagai oleh prosesor dengan clock speed Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Dengan kombinasi kedua komponen yang cukup mentereng tersebut, pastinya akan mampu memberikan performa kerja handal serta responsif. Sementara itu, guna mendukung kegiatan multitasking agar berjalan semakin lancar, smartphone ini pun juga telah disertai dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lewat dukungan RAM ini, maka proses kinerja olah data pada Lenovo P2 Turbo akan berjalan secara lebih lancer. Terutama pada aplikasi yang memakan banyak memori.

Lalu pada bagian pengolah grafis, komponen yang digunakannya juga cukup bagus. Dengan menggunakan kartu pengolah grafis atau GPU sekelas Adreno 506 dalam menghasilkan performa grafis mumpuni untuk smartphone kelas menengah. Sedangkan untuk sistem operasionalnya, maka ponsel ini sudah berjalan di sistem operasi OS Android Marmallow v6.0. Dimana mampu memberikan fitur-fitur menarik serta pembaruan aplikasi lebih beragam.

 

Fitur Lenovo P2 Turbo

Melihat spesifikasi dapur pacu yang mumpuni, tentu saja harus diimbangi dengan ruang penyimpanan yang luas agar seluruh file mampu tercover secara sempurna. Maka demi mengakomodasi kebutuhan simpan, Lenovo P2 Turbo pun dibekali dengan kapasitas ruang simpan yang sangat memadai. Dan Lenovo P2 Turbo hadir dengan pilihan memori internal sebesar 32 GB. Dengan kapasitas memori internal yang dimilikinya, tentu saja cukup untuk mengakomodasi penyimpanan file sistem, file pribadi maupun file hiburan

Tetapi jika ternyata kapasitas memori internal tersebut masih kurang, tak perlu khawatir. Karena Lenovo sudah menyertakan slot memori eksternal yang bisa dimaksimalkan hingga 256 GB. Dengan adanya slot memori eksternal pada spesifikasi Lenovo P2 Turbo ini, tentunya kamu tak perlu khawatir lagi akan cepat kehabisan ruang penyimpanan file.

back to menu ↑

Kamera

Beralih ke sektor yang menjadi andalan dari Lenovo P2 Turbo, yaitu sektor kamera. Untuk sektor ini, Lenovo ternyata sudah mengandalkan komponen kamera yang memiliki kemampuan setara dengan seri Lenovo serie Vibe. Senjata utama pada kamera, yang berada di sisi belakang, mengusung kamera 13 MP lengkap dengan fitur Phase Detection, Autofocus, dan juga Dual LED Flash. Berkat kamera primernya tersebut, ponsel ini mampu menghasilkan resolusi foto sebesar 4128 x 3096 piksel.

Hasil jepretan dengan resolusi tersebut termasuk cukup tajam dan jernih untuk ukuran foto yang dihasilkan smartphone. Kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang akan membantu sobat dalam mengoptimalkan hasil jepretan foto, semisal fitur Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR, dan juga fitur Panorama.

 

Kamera Lenovo P2 Turbo

Selain bisa untuk menghasilkan jepretan foto berkualitas, kamera primer pada Lenovo P2 Turbo juga bisa difungsikan sebagai perekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

Sebagai pelengkap lini kamera, smartphone juga dilengkapi dengan kamera depan atau sekunder yang tidak kalah bagusnya dengan kamera utama. Pada sektor kamera depan, ponsel dibekali dengan kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video call atau berfoto selfie.

 

back to menu ↑

Baterai

Untuk bagian yang terakhir, yaitu baterai. Lenovo P2 Turbo sudah dibekali dengan kapasitas baterai jenis Non-removable Li-Ion yang cukup besar, mencapai 5100 mAh.

Dengan kapasitas daya sebesar itu, memang sudah sangat memadai. Bahkan diklaim, bahwa kekuatan baterai tersebut mampu bertahan selama berhari-hari. Jenis baterai Li-Po yang digunakan juga termasuk memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Li-Ion.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga serta Review berbagai tipe HP Lenovo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Excelent!

Selain menawarkan fitur kamera maksimal, Lenovo P2 Turbo mengandalkan kemampuan baterai yang diklaim mampu bertahan selama berhari-hari. Sebagai pelengkap spesifikasi, Lenovo P2 Turbo juga dibekali dengan chipset Snapdragon 625 disertai RAM berkapasitas 4 GB.

Desain
7
Fitur
7
Performa
7.5
Kamera
7.5
Baterai
8.5
PROS
  • Menjalankan OS Android Marsmallow yang dibalut dengan Vibe UI yang memiliki tampilan lebih atraktif serta menawarkan banyak fitur menarik.
  • Kinerja hardware mumpuni berkat dukungan prosesor Snapdragon 625, Octa-Core 2,0 GHZ.
  • Selain itu juga didukung dengan RAM 4 GB untuk aktifitas multitaksing lebih mulus dan lancer.
  • Kamera utama 13 MP lengkap dengan fitur phase detection autofocus dan dual tone LED flash yang menyuguhkan hasil jepretan lebih berkualitas.
  • Kamera utamanya juga memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman Full HD
  • Kamera depan 5 MP untuk mengakomodir aktifitas selfie atau vidio call.
  • Penyimpanan internal 32/64 GB dengan tambahan slot MicroSD 256 GB untuk menyimpan banyak file.
  • Sokongan daya baterai yang sangat besar mencapai 5100 mAh yang sangat awet digunakan.
  • Selain itu juga dilengkapi dengan fast charging, sehingga pengisian baterai dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
CONS
  • Kamera depan tidak disuport LED flash, sehingga selfie ditempat gelap kurang mengasikkan.
  • Baterai Non-Removable yang cukup menyulitkan ketika akan membukanya
User Rating: 4 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0