Review Lenovo Tab 2 A7-30: Generasi Baru Lenovo Tab 2

Sinyaliti.com – Produsen ponsel Lenovo akan segera menghadirkan generasi penerus dari Lenovo Tab 2. Jika sebelumnya vendor Lenovo telah merilis tablet Lenovo Tab 2 A7-10, kini produsen ponsel ternama asal Cina tersebut merilis Lenovo Tab 2 A7-30. Lenovo Tab 2 A7-30 merupakan generasi penerus dari Lenovo Tab 2 A7-10, harga Lenovo Tab 2 A7-30 ditaarkan juga terjangkau masih dalam kisaran sejutaan, seperti apakah spesifikasi dimiliki tablet generasi Tab 2 tersebut? Mari simak ulasan review spesifikasi dan harga Lenovo Tab 2 A7-30 berikut ini sobat sinyaliti.

Spesifikasi Detail Lenovo Tab 2 A7-30

Desain Lenovo Tab 2 A7-30

Tablet Lenovo Tab 2 A7-30 memiliki bentang layar cukup luas yakni 7.0 inches beresolusi 600 x 1024 pixels namun kerapatan layar dihasilkan belum mendukung, terlalu minim untuk sebuah tablet, kepadatan layar dihasilkan ~170 ppi pixel density. Vendor Lenovo telah membekalkan teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen serta mampu menciptakan hingga 16 juta warna kepada tablet Tab 2 A7-30.

Layar dikenakan oleh tablet Lenovo Tab 2 A7-30 juga sudah bersifat multitouch, namun masih belum dilengkapi oleh pelindung layar. Dari segi body, tablet Lenovo Tab 2 A7-30 memiliki dimensi 190.5 x 104.1 x 8.9 mm serta dipadu berat body 268 gram, tablet Lenovo Tab 2 A7-30 tersedia warna various. Tab 2 A7-30 tak memiliki desain yang istimewa. Bodinya terbuat dari plastik, tersedia dalam 4 pilihan warna: hitam, putih, hijau aqua dan pink muda.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Tab 2 A7-30

Port charger ada di bagian atas kiri, sementara pada bagian atas kanan terdapat jack untuk earphone. Di sisi kanan atas, terdapat tombol volume dan di bawahnya, terdapat tombol power. Satu hal yang menarik adalah di sisi kiri, terdapat port untuk sebuah SIM card dan satu MicroSD, yang tertutup dengan flap yang mengingatkan saya akan flap yang biasa digunakan Sony.

Berbeda dengan flap milik Sony yang luwes dan mudah untuk dibuka atau ditutup. Flap pada Tab 2 A7-30 ini agak sulit untuk dibuka atau ditutup. Tab 2 A7-30 dengan layar selebar 7 inci yang masih cukup nyaman untuk digenggam dengan satu tangan dan cukup nyaman untuk digunakan mengetik dengan dua tangan. Tablet ini memiliki berat 269 gram, cukup ringan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Saat digunakan untuk bermain sekali pun, saya tak merasa kikuk karena ukuran tablet yang terlalu besar atau bodi tablet yang terlalu berat.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Tab 2 A7-30

back to menu ↑

Fitur

Sama seperti produk buatan Lenovo lainnya, Tab 2 A7-30 menggunakan Vibe UI yang tak memiliki drawer. Dari halaman home, Sobatdapat langsung mengakses aplikasi-aplikasi yang ada dengan menggeser halaman ke kiri atau ke kanan. Dengan berbagai aplikasi pada produk buatan Lenovo, seperti Scoop, Evernote, WPS Office, Gamestore, UC Browser, Tap the Frog, dan WeChat. Karena sebagian dari aplikasi tersebut memang cukup berguna, tablet ini tidak dipenuhi dengan bloatware.

Pada kebanyakan smartphone atau tablet, jika sobat menarik bagian atas, sobat akan dapat mengakses bagian quick setting dan notifikasi. Tetapi pada tablet ini, kedua bagian ini terpisah. Pada bagian atas kiri, terdapat notifikasi, sementara jika sobat sinyaliti menarik bagian atas di sebelah kanan, maka sobat akan dapat mengakses quick setting.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Tab 2 A7-30

Masih sama dengan tablet sebelumnya, tablet Lenovo Tab 2 A7-30 belum mendukung adanya jaringan GSM serta belum dibekali slot sim. Namun tidak perlu khawatir karena tablet Lenovo Tab 2 A7-30 sudah didukung oleh jaringan data GPRS serta EDGE. Konektifitas WLAN yang terdiri dari Wi-Fi dan hotspot serta telah dilengkapi fitur Bluetooth, USB dan fitur GPS. Fitur GPS pada tablet Lenovo Tab 2 A7-30 dapat digunakan untuk menjadi petunjuk arah saat bertraveling dengan cara menyambungkan ke layanan google maps.

Fitur Bluetooth serta USB berfungsi untuk mempermudah serta mempercepat kegiatan para pengguna Lenovo Tab 2. Saat melakukan aktifitas tukar data antar perangkat berbeda tanpa harus terhubung internet terlebih dahulu. Sedangkan fitur Wi-Fi dapat digunakan untuk mengakses internet secara gratis saat pengguna Lenovo Tab 2 A7-30 berada ditempat umum yang sering dikunjungi seperti cafe, restaurant, kantor maupun mall.

back to menu ↑

Performa

Lenovo Tab 2 A7-30 telah dibekali dapur pacu mumpuni oleh vendor Lenovo, dari sistem operasi didukung oleh OS Android versi v4.4.x, yakni Android KitKat. Tablet Lenovo Tab 2 A7-30 didukung oleh chipset Mediatek MT8127 serta ditenagai prosesor bertenaga Quad-core memiliki kecepatan 1.3 GHz Cortex-A7. Pada desain grafisnya tablet Lenovo Tab 2 A7-30 didukung oleh prosesor grafik dari Mali-400MP4. Vendor Lenovo telah membekalkan 1 GB RAM kepada tablet Lenovo Tab 2 A7-30 agar kinerja dapur pacu mumpuni tersebut dapat bekerja dengan lancar sobat sinyaliti.

Pihak perusahaan telah membekalkan ruang penyimpanan yang cukup memadai. Tablet Lenovo Tab 2 A7-30 memiliki memori internal seluas 16 GB, memori internal seluas itu masih dapat diperluas lagi dengan menggunakan memori eksternal berukuran microSD hingga kapasitas maksimum 32 GB sobat sinyaliti. So, kamu dapat menyimpan berbagai game favoritmu, serta file-file penting dalam satu.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Tab 2 A7-30

back to menu ↑

Kamera

Selanjutnya dari segi kamera, tablet Lenovo Tab 2 A7-30 sudah dibekali kamera utama beresolusi 2 MP setara 1600 x 1200 pixels. Kamera utama tablet Lenovo Tab 2 A7-30 selain sudah dapat digunakan untuk mengambil foto juga sudah dapat difungsikan untuk merekam video. Selain kamera utama, tablet Lenovo Tab 2 A7-30 juga sudah didukung kamera depan namun masih beresolusi VGA. Untuk menyimpan semua data para pengguna seperti gambar, foto maupun video.

Meskipun Lenovo menargetkan anak muda sebagai target pasar, Tab 2 A7-30 hanya dilengkapi dengan kamera yang beresolusi sangat rendah. Kamera belakang, misalnya, hanya 2MP, sedangkan kamera depan hanya 0,3MP. Karena itu, jangan heran jika gambar yang dihasilkannya tak terlalu tajam. Di ruang terbuka, dengan pencahayaan yang cukup dan tanpa melakukan zoom, sobat sinyaliti mungkin dapat mendapatkan hasil foto yang cukup bagus.

Untuk masalah video, tablet ini sudah dapat menghasilkan video dengan resolusi 1280 x 720. Meski, sama seperti saat mengambil foto. Ketika merekam di tempat dengan pencahayaan yang kurang, gambar yang dihasilkan menjadi terlihat grainy dan detail dari gambar menjadi tak terlihat dengan jelas. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Tab 2 A7-30.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Tab 2 A7-30

back to menu ↑

Baterai

Baterai memang menjadi salah satu bagian smartphone yang sangat penting keberadaannya, karena baterai menjadi sumber kehidupan. Begitu juga berlaku pada tablet Lenovo Tab 2 A7-30, pihak perusahaan membekalkan baterai Non-removable Li-Ion 3450 mAh battery kepada tablet Lenovo Tab 2 A7-30. Kapasitas Baterai Lenovo Tab 2 A7-30 ini merupakan kelemahan pada smartphone ini karena masih menggunakan baterai bersifat Non-removable. Baterai tersebut tidak dapat dilepas dari tablet Lenovo Tab 2 A7-30. Karena bersifat Non-removable tersebut akan susah jika mengalami kerusakan karena pembenahannya hars langsung dibawa ketempat service khusus Lenovo sobat Sinyaliti.

Ketika meluncurkan tablet ini, Lenovo menyebutkan bahwa tablet ini memang ditujukan untuk para kawula muda, karena itulah mereka menyediakan 2 warna yang terbilang cerah. Hmm.. tertarik memilikinya sobat sinyaliti? Simak reviewnya dalam bentuk video berikut ini. Klik disini. Baca Juga: Review Asus Fonepad 7 FE171CG: Kamera Mumpuni, klik disini

8 Total Score
Good!

Lenovo Tab 2 A7-30 memiliki berbagai versi diantaranya versi yang mendukung 4G LTE, 3G dan Wifi. Ketiga model tersebut memiliki rentang harga yang berbeda-beda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan sobat sinyaliti.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Jaringan yang ada pada tablet ini, memiliki tipe 2G GSM, dan juga tidak lupa 3G HDSPA yang memang dapat membantu anda, untuk mendapatkan akses internet dengan cepat.
  • Memiliki lebar pada layar sebesar 7.0, dan memang seperti yang diketahui bahwa layar ini akan memberikan beberapa warna yang akan memaksimalkan tampilan dari program yang ada di dalam tablet tersebut.
  • Memiliki memory internal sebesar 8 GB, dan tentunya memiliki RAM sebesar 1 GB yang akan membantu anda memaksimalkan kinerja aplikasi yang ada di dalam handphone atau tablet anda.
  • Kamera yang dimiliki yaitu kamera utama sebesar 2 MP, dan kamera belakang yaitu masih menggunakan VGA, dan dapat anda gunakan untuk mengabadikan momen anda.
CONS
  • Kelemahan yang pertama, dapat dilihat dari kamera, beberapa teknologi yang mengerti dan memang membutuhkan hp atau tablet, untuk mengabadikan momen dengan lebih jelas, karena banyak yang berada di atas 2 MP.
  • Memiliki desain yang besar, maka jika anda ingin meletakkannya di dalam saku, ditakutkan akan kesusahan dan memang tidak cocok untuk anda.
  • Baterei yang diberikan, terkadang tidak terlalu maksimal jika memang digunakan dalam waktu aplikasi terbuka secara cepat dalam waktu bersamaan, dan hal ini termasuk yang menjadi salah satu masalah.
  • Anda harus dapat berusaha beradaptasi dengan model ini, karena memiliki bentuk yang juga cukup tebal.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0