Review Lenovo Vibe A: Pilihan Smartphone Terbaik dengan Harga Terjangkau

Sinyaliti.com – Sudah banyak smartphone murah yang dipasarkan Lenovo, dan salah satu yang termurah adalah smartphone bernama Lenovo Vibe A. Ponsel ini akan dipasarkan untuk segmen entry-level, jadi sobat Sinyaliti jangan heran jika harganya akan dibanderol dibawah 1 Juta Rupiah. Sayangnya dibalik murahnya harga Lenovo Vibe A, smartphone ini belum dilengkapi spesifikasi hardware yang tinggi, dan fitur-fiturnya akan terasa pas-pasan dibandingkan smartphone buatan Lenovo sebelumnya, seperti Lenovo A2010, Vibe C1, dan Vibe C2.

Kekurangan smartphone ini ialah belum dilengkapi teknologi 4G LTE. Untuk akses internetnya, Lenovo hanya mengandalkan jaringan 3G HSPA dengan fitur Dual Sim. Walaupun begitu, sobat sinyaliti tetap bisa mengandalkannya sebagai media berkomunikasi dan mengakses hiburan setiap harinya. Nah, untuk melihat seperti apa spesifikasi yang dimiliki smartphone ini. Yuk kita simak detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail  Lenovo Vibe A

Desain  Lenovo Vibe A

harga, spesifikasi, Lenovo Vibe A

HP Android Lenovo ini memakai desain berbahan plastik. Sehingga kesan premium mungkin kurang tampak pada smartphone tersebut. Layaknya hp android dibawah 1 juta lainnya. Disisi pengoperasiannya cukup mudah apalagi untuk dimasukkan kedalam saku serta dioperasikan menggunakan satu tangan mengingat bobotnya hanya 132 gram saja. Sedangkan untuk ketebalannya sendiri mencapai 10.6 mm.

Lenovo Vibe A tersedia di 2 pilihan warna yakni Onyx Black dan Pearl White. Menggunakan layar berukuran 4.0 inci. Yang memiliki rasio layar dengan bodinya mencapai 57,2% untuk sebuah hp android dibawah 1 juta dari Lenovo. Selanjutnya soal resolusi layarnya.

harga, spesifikasi, Lenovo Vibe A

Apalagi dengan bobot yang ringan yaitu 132 gram, tentunya akan menambah rasa nyaman sewaktu menggenggamnya. Tapi sayang, dikarenakan harga Lenovo Vibe A yang pastinya terjangkau, membuatnya hanya dibalut material plastik, bukan metal.

back to menu ↑

Fitur

Lenovo Vibe A siap dipasarkan untuk mengisi segmen entry-level dengan harga dibawah 1 Juta Rupiah. Spesifikasinya tergolong pas-pasan, dan sayangnya belum dilengkapi teknologi 4G LTE, karena masih mengandalkan koneksi internet pada jaringan 3G HSPA dengan kecepatan download 21.1 mbps, dan upload 5.76 mbps. Kecepatan internetnya cukup standar, namun lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan streaming, video call, browsing, ataupun bermain game online. Selain itu, Lenovo juga menyediakan dua slot kartu sim untuk mempermudah sobat berkomunikasi.

Lenovo Vibe A juga hanya memiliki 1 sensor saja yakni Accelerometer. Belum ada sensor Proximity maupun Gyro. Hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan Lenovo Vibe A dibandingkan ponsel android lainnya. Untuk menampung aplikasi ataupun game, telah tersedia memori internal berkapasitas 4GB. Untungnya sudah ada slot memori ekternal hingga kapasitas 32GB, sehingga bisa menambah ruang penyimpanan ponsel ini ketika dipakai menyimpan game ataupun aplikasi. Berikut dibawah ini tampilan antarmukanya.

Lenovo Vibe A juga menyediakan fitur Radio Fm bagi yang ingin mendengarkan radio melalui ponsel. Dengan perangkat handsfree sebagai penangkap gelombang, radio pada ponsel ini bisa digunakan dengan baik. Fitur lainnya seperti sesnsor Accelerometer, mp4 player dan video player lainnya tetap tersedia.

Sebanding dengan harga Lenovo Vibe A yang dibanderol terjangkau, ponsel ini hanya dibekali kamera depan VGA atau setar 0.3 Megapixel. Resolusi kamera depan ponsel ini sangat minim, dan terasa kurang mumpuni ketika dipakai selfie. Namun menurut kami, kamera Lenovo Vibe A cukup memuaskan ketika dipakai video call maupun video chat memakai aplikasi sekelas BBM, Line, Vibe, dan berbagai aplikasi lainnya yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Sedangkan untuk bagian belakang, tersedia pula kamera beresolusi 5 Megapixel.

back to menu ↑

Performa

harga, spesifikasi, Lenovo Vibe A

Perusahaan asal China ini mempersenjatai gadget ini dengan chipset Spreadtrum SC7731G, prosessor Quad-core berkecepatan 1.3 GHz dan disandingkan dengan Cortex-A7 dan memiliki GPU Mali-400MP2 yang membuat kinerja multitasking serta kinerja aplikasi multithread ke tingkat kerja yang maksimal. Sedangkan memori ram hanya 512 MB saja. Cukup disayangkan memang, untuk prosessor setingkat itu hanya didukung oleh RAM ukuran setengah Gigabyte saja.

Setelah melihat ukuran penyimpanan memori internal yang dibekali dengan memori berkapasitas 4Gigabyte, Sobat Sinyaliti harus bijak dalam menginstal aplikasi ataupun game, karena kapasitas memorinya sangat sedikit. Namun tak perlu khawatir ketika menyimpan file-file berukuran besar, karena Lenovo menyediakan slot memori ekternal dengan daya tampung memori mencapai 32GB.

Ponsel ini memang diperuntukkan bagi yang ingin mendapatkan prosessor 4 core dengan chipset cukup tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Tetapi untuk meningkatkan penyimpanan, disediakan slot Memori micro SD yang bisa berjalan pada memori hingga 32 GB. Seperti seri Lenovo Vibe lainnya, sistem operasi masih berbasis android. Kali ini ditanam Android dengan versi v5.1 atau Android Lollipop dengan tampilan interface khas Lenovo. Layar Lenovo Vibe A ini hanya mendukung 2 sentuhan jari saja. Sehingga kurang rekomendasi untuk bermain game. Yang sejatinya game android saat ini membutuhkan 5 sentuhan jari.

back to menu ↑

Kamera

harga, spesifikasi, Lenovo Vibe A

Dari segi fotografi, spesifikasi Lenovo Vibe A ini memiliki dua buah kamera berukuran standar yakni kamera utama yang berada di bagian belakang ponsel dengan ukuran 5MP yang menghasilkan output dengan resolusi gambar sebesar 2592 x 1944 pixels yang dilengkapi dengan LED flash. Ukuran kamera Lenovo Vibe A ini juga masih bisa untuk melakukan pengambilan video meskipun hasilnya tidak semaksimal perangkat lain yang memang memiliki ukuran kamera lebih besar.

Berikutnya kamera depan, Sebanding dengan harga Lenovo Vibe A yang dibanderol terjangkau, ponsel ini hanya dibekali kamera depan VGA atau setar 0.3 Megapixel. Resolusi kamera depan ponsel ini sangat minim, dan terasa kurang mumpuni ketika dipakai selfie. Namun demikian kamera Lenovo Vibe A cukup memuaskan ketika digunakan untuk video call maupun video chat dengan aplikasi sekelas BBM, Line, Vibe, dan berbagai aplikasi lainnya yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

harga, spesifikasi, Lenovo Vibe A

Hanya saja, untuk memenuhi standar pada smartphone tingkat pemula, spesifikasi kamera depan Lenovo Vibe A ini dirasa cukup memenuhi standar karena masih terbilang fungsional untuk melakukan foto selfie dan video call meski kualitas yang dihasilkan tak terlalu jernih dan kurang maksimal.

Tidak tersedia fitur Autofocus. Smartphone Android berlayar 4 inci ini, hanya mengandalkan fitur LED Flash untuk memaksimalkan kehebatan kamera 5 Megapixel yang terpasang dibagian belakangnya. Sedangkan untuk urusan pengambilan video, kemungkinan hanya mampu merekam video HD 720p@30fps, dengan kualitas video standar, hal ini rasanya dengan badrol harga yang sangat terjangkau.

back to menu ↑

BATERAI

Dari spesifikasi Lenovo Vibe A yang memang dirancang untuk kelas pemula, suplai daya yang diberikan juga tidak terlalu besar. Dengan baterai berkapasitas 1.700 mAh, ponsel ini dikatakan membawa kapasitas baterai yang pas-pasan. Besaran kapasitas daya Lenovo Vibe A ini memang akan cukup sulit untuk bertahan selama seharian penuh. Namun, dengan kiualitas baterai yang telah membawa jenis Lithium Polymer, baterai pada Lenovo Vibe A ini terbilang lebih bagus dibandingkan dengan baterai jenis Lithium Ion.  Sebaiknya sobat sinyaliti selalu menyediakan suplai daya cadangan atau power bank untuk melakukan isi ulang sewaktu-waktu apabila baterai Lenovo Vibe A ini telah habis. Intip juga spesifikasi Asus Zenfone Max, klik disini

7 Total Score
Good!

Lenovo Vibe A akan hadir dengan mengusung kamera utama 5 MP lengkap dengan fitur pendukung seperti autofocus dan LED Flash. Dan untuk kamera bagian depan, Lenovo Vibe A akan dibekali kamera beresolusi 0.3 MP. Sementara untuk sistem operasi dan prosesor, Lenovo Vibe A akan berjalan pada sistem operasi Android v5.1 Lollipop dan akan ditenagai prosesor Spreadtrum SC7731 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz. Sedangkan untuk bagian layar dan jaringa, Lenovo Vibe A akan dibekali layar 4.0 inci resolusi 480 x 800 Pixels yang dipadukan dengan teknologi layar IPS LCD, dan untuk jaringanya, Lenovo Vibe A akan mendukung jaringan super cepat 4G LTE.

Desain
7
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
0
PROS
  • Layar cukup lebar 4.0 inci yang tentunya cukup nyaman saat dioperasikan meskipun mengunakan satu tangan.
  • Telah didukung teknologi layar IPS LCD sehinga memiliki kualitas warna lebih tajam dan juga lembut dimata.
  • Telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Sudah berjalan pada sistem operasi Android v5.1 Lollipop
  • Prosesor Spreadtrum SC7731 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz untuk akses internet super cepat
  • Memiliki 512 MB yang tentunya sangat cocok untuk multitasking banyak aplikasi
  • Dibekali Memori internal 4 GB yang dapat diperluas mengunakan slot microSD mencapai 32 GB cocok untuk menyimpan berbagai file maupun aplikasi.
  • Memiliki kamera utama 5 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED Flash yang tentunya sangat memanjakan penguna saat fotografi, karena gambar yang dihasilkan begitu tajam dan nyata.
  • Baterai cukup besar 1700 mAh yang mampu bertahan dalam durasi 24 jam dalam pemakaian normal.
CONS
  • Layar tidak dilengkapi pelindung seperti corning gorilla galss, jadi cukup rawan jika terkena goresan.
  • Kamera depan hanya 0.3 MP saja yang tentunya kurang cocok untuk selfie maupun video call.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0