Review Lenovo Vibe K5: Smartphone Super Responsif ala Lenovo

Sinyaliti.com – Kapabilitas Lenovo dalam merancang sebuah smartphone Android tak perlu diragukan lagi. Pasalnya puluhan tipe smartphone berkualitas sudah pernah dibuat pabrikan asal Tiongkok tersebut, dan salah satu yang terbaru adalah seri Lenovo Vibe K5. Menariknya Lenovo tak hanya meluncurkan satu tipe smartphone saja, namun dua smartphone sekaligus yakni seri Lenovo Vibe K5 dan Vibe K5 Plus.

Spesifikasi Lenovo Vibe K5 dan Vibe K5 Plus tak berbeda jauh, karena yang membedakan keduanya hanya resolusi layar dan jenis chipset yang dipakainya. Dimana untuk versi Vibe K5 telah memakai chipset Snapdragon 415, sedangkan untuk Vibe K5 Plus memakai chipset yang sama dengan Lenovo Lemon 3, yakni Snapdragon 616. Pemakaian spesifikasi berbeda, otomatis akan membuat harga Lenovo Vibe K5 Plus lebih mahal dibandingkan Vibe K5. Bagi yang ingin mengetahui harganya, mari kita simak informasi sinyaliti berikut ini.

Spesifikasi Detail Lenovo Vibe K5

Desain Lenovo Vibe K5

Lenovo Vibe K5 merupakan smartphone murah meriah dengan harga dibawah 1 Juta Rupiah yang memiliki layar berukuran 5 inci dan mengadopsi teknologi IPS dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut cukup jernih, karena kerapatan layarnya mencapai 294 pixel per inci, dan didukung fitur multitouch yang membuatnya semakin responsif saat di operasikan.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Yang tak kalah menarik, bodi Lenovo Vibe K5 dibalut material metal alumunium alloy dengan ukuran dimensi 142 x 71 x 8.2 mm, dan beratnya sekitar 150 gram yang akan membuat siapa saja dengan mudah mengunakannya hanya dengan satu tangan. Penempatan tombol yang ada juga terbilang presisi dengan tiga tombol cappasitife button, dan tombol volume plus power yang di sematkan pada sisi bagian kanan, sehingga jari-jemari bakal lebih mudah untuk mengaksessnya. Bobotnya pun tidak terlalu berat, hanya 142 gram.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Desain ponsel ini terlihat sama persis dengan Lenovo Lemon 3 yang sama-sama dibanderol dengan harga ekonomis dan mengadopsi bodi metal. Sayangnya layar Lenovo Vibe K5 belum dilapisi pelindung antigores, namun sudah dimaksimalkan dengan pemakaian teknologi anti-fingerprint coating yang membutnya tetap bersih dan bebas sidik jari berminyak.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Kemudian kemampuannya dalam menampilkan visual gambar pada panel layar 5.0 inch dapat dikatakan sangat jernih. Dengan resolusi 720 x 1280 pixel atau setara full HD dan kerapatan pixel ~294ppi, serta rentan jarak antara layar dan frame yang begitu tipis. Memiliki perbandingan ~68.4% screen-to-body ratio, menjadikan pengguna lebih mudah dalam melakukan navigasi diatas layar. Tak hanya itu saja, berkat teknologi IPS dan kualitas resolusi yang dibawanya, membuat berbagai konten yang ada diatas layar terlihat lebih tajam dan jelas.

 

back to menu ↑

Fitur

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Semua varian Lenovo Vibe K5 sama-sama mendukung konektivitas internet pada jaringan 4G LTE Cat4 dengan kecepatan 150/50 Mbps. Streaming serta mengakses media online dan game online dapat dijalankan secara lancar tanpa ada kendala.

Selain itu, tersedia pula fitur Dual Sim dan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, yang akan mempermudah komunikasi dan akses internet ketika menggunakan ponsel berlayar 5 inci ini. Vibe K5 juga dilengkapi konektivitas Bluetooth v4.1 dan navigasi GPS yang disempurnakan oleh teknologi A-GPS dengan tingkat keakuratan tinggi. Kemudian pada bagian bawah, telah tersematkan lubang microUSB 2.0 yang bisa dimanfaatkan untuk mentransfer file melalui fitur USB OTG.

Selain dapat memutar video maupun musik melalui media player maupun online, Lenovo tampak membekalinya bersama FM Radio sebagai tambahannya. Port microUSB v2.0 yang dibawanya juga telah mengusung fitur USB on the go. Jadi sobat sinyaliti bisa langsung menghubungkan flash disk secara langsung tanpa membutuhkan media penghubung lainnya. Mendengarkan musik kini semakin menyenangkan berkat adanya teknologi audio terkini berupa Dolby Audio dan waves maxxaudio.

back to menu ↑

Performa

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Telah diperkuat oleh Chipset yang akan berjalan bersamaan dengan processor chipset Qualcomm Snapdragn 415 dengan delapan core processor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, sehingga performanya akan sangat cepat, dan bisa menjalankan beragam aplikasi dengan lancar.

Lebih menariknya lagi, Lenovo Vibe K5 juga didukung Ram 2GB bertipe LPDDR3 yang mengoptimalkan kinerja multitasking smartphone ini. Selain itu, Lenovo juga menyediakan varian “PLUS” yang mengusung chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan sistem pemrosesan data 64 Bit. Serta di dorong RAM sebesar 2GB, yang akan memastikan para pengguna untuk dapat melakukan multitasking secara cepat. Pada sistem operasinya, Lenovo tampaknya enggan beralih dari Android OS v5.1 (Lollipop), dengan tampilan khas yang ditimpa dengan sistem user interface Vibe UI.

Bermain game menggunakan Lenovo Vibe K5 dijamin seru. Terlebih dengan perpaduan antara semua komponen yang sudah kami sebut diatas dengan pengolah grafis atau GPU Adreno 405. Memungkinkan para pengguna dapat memainkan segala bentuk game 3D terkini tanpa ada kendala yang berarti. Dan untuk menopang keseluruhan daya yang dibutuhkan. Smartphone ini telah disematkan baterai berfitur removable dengan kapasitas 2750 mAh dari Li-ion.

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Selanjutnya untuk masalah potret-memotret, telah disediakan kamera utama 13 MP dengan fitur autofocus dan led flash. Cukup disayangkan Lenovo tak menambahkan fitur phase detection autofocus. Padahal fitur tesebut sudah dimiliki Xiaomi Redmi 3 yang notabennya merupakan rival utama Lenovo Vibe K5 atupun Lenovo Vibe K5 Plus. Untungnya pada bagian depan, telah terpasang lensa 5 MP yang mampu mengabadikan setiap momen dengan hasil foto selfie berkualitas tinggi. Berikut dibawah ini merupakan salah satu foto yang diambil dengan Lenovi Vibe K5 Sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

Walaupun harga Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus cukup terjangkau, namun kedua ponsel ini mengusung teknologi audio mumpuni. Melalui speaker yang menghiasi sisi belakang ponsel ini. Untuk mengoptimalkan kualitas audionya. Lenovo juga memberikan teknologi Dolby Atmos yang dipadukan Waves MaxxAudio, sehingga keluaran suaranya semakin maksimal, dan terdengar lebih jernih ketika memutar musik ataupun film. Berikut dibawah ini juga merupakan foto lainnya yang diambil dengan Lenovo Vibe K5 Sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Lenovo Vibe K5

back to menu ↑

Baterai

Jika kita melihat spesifikasi mesin dan juga layar Lenovo Vibe K5, sebenarnya bisa dikatakan tingkat konsumsi dayanya termasuk dalam level medium. Konsumsi daya terbesar tentunya terletak pada layarnya yang berukuran 5 inchi dan performa olah datanya. Demi mengakomodasi kebutuhan suplai dayanya, Lenovo Vibe K5 ini dibekali dengan baterai jenis removable Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.750 mAh.

Kapasitas baterai pada smartphone ini sebenarnya cukup ideal untuk smartphone kelas low-end. Dengan kapasitas tersebut, sobat sinyaliti tetap mampu mengoperasikan Lenovo Vibe K5 secara normal selama seharian lebih. Namun jika kamu merupakan pengguna gadget yang over. Ada baiknya untuk selalu menyediakan pemasok daya cadangan atau power bank mengingat spesifikasi Lenovo Vibe K5 ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai yang tak terlalu besar. Serta belum didukung fitur pengisian daya cepat (Quick-charge). Lebih lengkap mengenai reviewnya dalam bentuk video, klik disini sobat Sinyaliti!

8 Total Score
Good!

Lenovo Vibe K5 menjadi salah satu smartphone terbaru dari Lenovo yang ditujukan untuk bersaing dikelas entry-level. Tampilan menarik dengan harga murah nampaknya menjadi daya tarik utama yang ditawarkan oleh smartphone ini. Selain itu spesifikasi yang dibawa oleh smartphone ini juga cukup komplit, seperti layar lebar 5,0 inci dengan teknologi IPS LCD. Lenovo Vibe K5 ini juga memiliki kualitas fotografi cukup tinggi dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk sektor dapur pacunya, ditenagai dengan prosesor Snapdragon 415, Octa-core 1,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 2 GB sehingga performa yang dihasilkan lebih stabil dan pawerfull. Untuk sokongan dayanya ditenagai dengan baterai 2750 mAh

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
0
Kelebihan
  • Desain sangat stylis dan elegan dengan body metal
  • Sudah didukung dengan konektivitas super cepat 4G LTE yang lagi populer saat ini
  • Layar IPS LCD 5 inchi dengan resolusi HD 720p yang menjadikan kualitas gambar sangat jelas sehingga sangat nyaman buat main game, nonton video, dan saat browsing
  • Android Lollipop v5.1.1 yang kaya dengan fitur terbaru saat ini dan menjadikan tampilan antar muka lebih berwarna
  • Prosesor cepat dengan Octa-core 1.3GHz, Chip Snapdragon 415 yang membuat performa sangat lancar dan anti ngeLag
  • Kamera Utama 13MP, LED flash dengan video perekam kualitas full HD sehingga sangat cocok buat mengabadikan momen-momen penting setiap waktu
  • Kamera depan 5MP yang sangat mendukung buat foto selfie , video call dan skype
  • Kapasitas Baterai cukup besar dengan 2750 mAh untuk mendukung aktivitas smartphone anda
  • Harga yang dibandrol sangat terjangkau dengan spesifikasi cukup tinggi
Kekurangan
  • Belum tersedia disemua tempat
  • Kamera depan minim LED flash
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0