Review LG G5 SE: Smartphone Flagship Terbaru LG

Sinyaliti.com – LG G5 SE merupakan smartphone flagship terbaru yang telah dipersiapkan LG sebagai penerus dari LG G4. LG G5 mengusung desain premium dengan balutan full metal pada bodynya dan memiliki desain tanpa bezzels. LG G5 SE akan bersaing dengan para kompetitor seperti Samsung Galaxy Note 5, Apple iPhone 6S dan Galaxy S7 & S7 Edge. Yuk kita simak seperti apa detailnya Sobat Sinyaliti:

Spesifikasi dan harga LG G5 SE

Sumber Foto: Arena

Spesifikasi Detail LG G5 SE

Launch
Tanggal Launching: Juni 2016
Ketersediaan: ~
Layar
Proteksi: Corning Gorilla Glass 4
Ukuran: 149.4 x 73.9 x 7.3 mm (5.88 x 2.91 x 0.29 in)
Touch: ~
Jenis Screen: LCD
Resolusi: ~
Body
Dimensi: 149.4 x 73.9 x 7.3 mm (5.88 x 2.91 x 0.29 in)
Berat: 156 g (5.50 oz)
SIM Card: Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Proteksi: Corning Gorilla Glass 4
Ukuran: 149.4 x 73.9 x 7.3 mm (5.88 x 2.91 x 0.29 in)
Touch: ~
Jenis Screen: LCD
Resolusi: ~
Platform
Memory
Kamera
Suara
Head Phone Jack: ~
Loud Speaker: ~
Fitur
Wireless Charging
Fast Charging
Gyro
Proximity
Accelerometer
Fingger Print
Komunikasi
NFC: ~
Battery
Ukuran: 2.800 mAh
Benchmark
Jaringan
back to menu ↑

Desain LG G5 SE

Berbeda dari ponsel lain seperti seri Galaxy S dari Samsung, LG G5 SE memiliki desain fisik yang cenderung sederhana, tanpa banyak kilauan tapi tetap terlihat elegan. Sisi depannya berlapis kaca anti gores Gorilla Glass 4, kecuali bagian “dagu” yang bisa dibongkar-pasang. Sebuah kamera dengan sensor resolusi 5 megapiksel bertengger di bagian atas, persis di sebelah kiri speaker telepon.

Sisi belakang terbuat dari bahan logam aluminium yang dilabur warna abu-abu (atau warna lain, tergantung pilihan). Teksturnya kesat, mirip dengan permukaan laptop MacBook, sehigga G5 SE tak terasa licin saat dipegang. Kenyamanan dalam genggaman juga ditunjang oleh sisi-sisi pinggiran bagian punggung yang agak membulat sehingga lebih pas di telapak.

Di sisi belakang ini terdapat modul berisi dua jenis kamera. Pertama adalah kamera dengan sudut pandang “normal” selebar 78 derajat. Yang kedua, kamera ultra wide dengan cakupan bidang pandang yang luas, mencapai 135 derajat. Persis di tengah-tengah kedua kamera terdapat unit flash dan AF-assist dengan sinar laser. Selain itu, ada pemindai sidik jari berbentuk bundar. Fingerprint scanner ini sekaligus berfungsi sebagai tombol daya.

 

 

Spesifikasi dan harga LG G5 SE

Sumber Foto: Slashgear

Jadi, pengguna bisa “membangunkan” perangkat dari mode standby sekaligus membuka lockscreen dengan menekan dan menahan jari di tombol ini selama beberapa saat. LG G5 SE Mengandalkan layar berukuran 5.3 inci pada panel IPS Display dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel, jadi kualitas layarnya akan terlihat sangat tajam. Tak hanya itu, gambar yang ditampilkan juga sangat detail. Pasalnya layar tersebut memiliki kepadatan mencapai 554 pixel per inci.

Yang paling menarik dari LG G5 SE adalah memiliki desain modular yang dibalut material metal dengan dimensi 149.4 x 73.9 x 7.3 mm, dan bobot 156 gram. Sobat Sinyaliti bisa menambahkan berbagi aksesoris tambahan, seperti LG Cam Plus, dan LG Hi-Fi Plus dengan cara melepas bagian bawah LG G5 SE. Selain itu, smartphone ini juga mendukung aksesor berupa LG 360 Cam, LG Tone Platium, dan LG 360 VR. Jadi bisa dikatakan smartphone ini memiliki fitur sama persis dengan LG G5 versi reguler. Nah yang membedakan keduanya hanyalah masalah dapur pacu .

Spesifikasi dan harga LG G5 SE

back to menu ↑

Fitur

Smartphone ini akan sangat nyaman ketika dioperasikan, karena bobotnya hanya 156 gram.Sebanding dengan harga smartphone ini yang lumayan mahal, layar ponselnya juga dilengkapi teknologi fitur 3D Arc Glass dan Always On Display, yang akan semakin memanjakan para penggunanya.

Fitur ini” Always On ” konsep kinerjanya kurang lebih seperti layar secunder yang ada pada LG V10 dimana akan selalu menyala dengan menampilkan pemberitahuan seperti jam, tanggal, serta notifikasi panggilan dan pesan masuk.

Kemudian untuk bagian konektivitas, sudah ada teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses 300 mbps, dan upload 50 mbps. Smartphone ini juga hadir dalam varian dual sim dan memiliki port USB Type-C. Di sisi lain, tersedia pula teknologi Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v4.2, NFC, Inframerah, dan sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan pada sisi belakang.

Sementara untuk LG G5 SE memiliki desain dan bentuk yang sama dengan LG G5, hanya saja LG G5 SE membawa CPU Snapdargon 652 dan RAM 3GB untuk menunjang kinerjanya. Untuk spesifikasi lainya sama seperti yang dibawa LG G5 baik pada sektor layar, CPU & GPU, Kameradan baterainya.

LG G5 SE ini juga dibekali memori internal berkapasitas 32GB untuk menampung setiap file dan aplikasi yang anda instal kedalamnya. Apabila memori tersebut tak cukup, karena sebagian besar sudah dipakai untuk menyimpan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1, maka pengguna dapat memasukan microSD pada slot memori ekternal yang bisa membaca microSD hingga kapasitas maksimal mencapai 200GB. Bebekal memori yang besar anda bisa menyimpan ribua foto dan ratusan video kedalam LG G5 SE.

back to menu ↑

Performa

LG G5 dan LG G5 SE bak pinang dibelah dua saat dilihat dari luar. Kedua perangkat praktis memiliki bentuk yang serupa. Sebagian besar komponen hardware pun sama, mulai dari layar, kamera ganda, hingga konsep modular dan baterai yang bisa dicopot. Perbedaan mereka baru terlihat saat menilik kinerja. Dalam hal ini, LG G5 SE dibekali prosesor kelas menengah Snapdragon 652 yang setingkat di bawah Snapdragon 820 pada LG G5.

Kapasitas RAM LG G5 SE juga lebih kecil, yakni 3 GB berbanding 4 GB. Dengan benchmark sintetis, terlihat bahwa perbedaan spesifikasi tersebut menghasilkan selisih kinerja yang cukup jauh. Perangkat berbasiis Snapdragon 820 (termasuk LG G5) menguasai urutan-urutan teratas ranking benchmark AnTuTu, sementara LG G5 SE muncul di papan tengah dengan skor di kisaran 70.000-an poin.

LG G5 SE ini akan ditenagai chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 yang terintegrasi pada processor Octa Core berkecepatan (Quad-core 1.8 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53). Untuk kebutuhan grafisnya, Telah ada GPU Adreno 510 yang siap digunakan untuk mengeksekusi konten game 3D ataupun video beresolusi 4K. Sedangkan untuk urusan multitasking, akan dipercayakan pada Ram berkapasitas 3GB. Selain itu,

Dalam penggunaan yang sesungguhnya, kinerja LG G5 SE masih memadai, termasuk untuk bermain game dengan lancar. Kualitas hardware, fitur, serta layarnya yang cemerlang membuat pengguna cepat melupakan perbedaan spesifikasi dengan G5.
Perbedaan lainnya, chip Snapdragon 652 pada LG G5 SE baru mendukung 2 Carrier Aggregation, bukan 3 Carrier Aggregation untuk mempercepat koneksi 4G LTE hingga 600 Mbps seperti pada Snapdragon 820.

 

back to menu ↑

Kamera

Berbicara mengenai fotografi, smartphone ini membawa teknologi kamera canggih yang memadukan kamera beresolusi 16 Megapixel dan kamera sekunder beresolusi 8 Megapixel. Kedua kamera tersebut ditempatkan pada sisi belakang, dan akan bekerja secara maksimalkan ketika mengambil foto dimalam hari ataupun di siang hari. Uniknya, kamera 8 Megapixel tersebut mengusung lensa Wide Angle, sehingga gambar yang kamu ambil akan terasa lebih luas dan pastinya memiliki hasil sangat jernih.

Spesifikasi dan harga LG G5 SE

Untuk meningkatkan kemampuan kamera tersebut, LG membekalinya dengan beberapa fitur pendukung, seperti Laser Autofocus, dan Optical Image Stablization (OIS). Kedua teknologi tersebut akan meningkatkan ketajaman dan kestabilan rekaman video beresolusi 4K (2160p@30fps).

Spesifikasi dan harga LG G5 SE

Sumber Foto: Lazada

Untuk mengoptimalkan pencahayaan, LG memberikan penerangan berupa single LED Flash. Kemudian untuk kamera bagian depan, sudah terpasang kamera beresolusi 8 Megapixel yang dimaksimalkan oleh aperture f/2.0 dan kemampuan megabadikan video beresolusi Full HD 1080@30fps, kamaera depan ini siap dijadikan media berfoto selfie ataupun video call sobat Sinyaliti.

back to menu ↑

Baterai

Menopang segala aktivitas operasional, LG G5 SE membekali ponsel terbarunya ini dengan baterai removable Lithium Ion berkapasitas 2.800 mAh. Sebuah kapasitas yang pastinya cukup untuk memenuhi kebutuhan kerja selama seharian. Keberadaan LG G5 SE OS Android Marshmallow pada LG G5 SE juga akan membantu menghemat baterai.

Bahkan Google mengklaim, dengan OS tersebut, baterai akan 90 menit bertahan lebih lama. Terlebih lagi LG G5 SE  ini telah membawa fitur fast battery charging dengan Quick charge 3.0 yang akan sanggup melakukan pengisian sebesar 83 persen dalam waktu 30 menit. Menariknya lagi, baterai yang disematkan dalam spesifikasi LG G5 SE ini dapat dilepas dengan menarik casing pada bagian bawah ponsel pintar tersebut. Simak seperti apa detail reviewnya Sobat Sinyaliti, klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

8.5 Total Score
Good!

Akhirnya kita bisa merasakan sensasi mengoperasikan smartphone berkonsep modular di Indonesia. Pasalnya LG telah resmi memperkenalkan LG G5 SE di negara kita tercinta. Smartphone ini memiliki spesifikasi lebih rendah, namun tetap membawa berbagai teknologi canggih yang menjadi kelebihan LG G5. Nah salah satu kecanggihan teknologinya adalah memiliki desain modular atau bongkar pasang. Inovasi ini memungkinkan kita untuk melepas bagian bawah LG G5 SE dan menggantinya dengan aksesoris tambahan yang disediakan, seperti LG Cam Plus dan LG Hi-Fi Plus sobat Sinyaliti, dengan berbagai kinerja mumpuni. Smartphone ini sangat menarik untuk dimiliki.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Mengusung layar beresolusi Quad HD dengan bentang 5.3 inci
  • Mengusung desain modular dengan bodi premium
  • Dapur pacunya ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820
  • Mengusng teknologi Dual Kamera yang memadukan lensa 16 MP dan 8 MP
  • Memiliki fitur Fingerprint Sensor
  • Mendukung konektifitas 4G LTE Cat9 dan fitur NFC
CONS
  • Harga LG G5 SE di Indonesia dibanderol sangat mahal
  • Kapasita Ramnya menuru menjadi 3GB
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0