Review LG G6: Desain Menawan, Layar Super Panjang

Sinyaliti.com – Akhirnya LG Mobile merilis smartohone flagship terbaru yang akan menjadi generasi penerus dari G5, yaitu LG G6. Ponsel pintar besutan vendor asal Korea Selatan ini akan melengkapi deretan smartphone canggih untuk tahun 2017. Untuk spesifikasi yang dibawanya, “kakak” dari LG G6, yakni LG G5, merupakan salah satu mahakarya dari LG yang cukup sukses di pasar smartphone kelas atas hingga premium.

Nah kali ini, seri smartphone LG yang mengusung nama G6 ini diharapkan akan mampu meneruskan kesuksesan saudara tuanya tersebut. Lalu, apakah dapat dipastikan bahwa LG G6 akan mendapatkan spesifikasi yang benar-benar mumpuni. Nah, simak ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi dari LG G6 berikut ini.

Spesifikasi Detail LG G6

Desain LG G6

Secara detail dari sektor desain. LG G6 hadir dengan membawakan desain flagship premium yang khas smartphone kelas atas buatan vendor asal Negeri Ginseng tersebut. Bodi yang berbalut kaca di bagian punggung yang dikombinasikan dengan materail full metal, tentu saja menjadikan smartphone ini semakin terllihat mewah dan juga premium.

Untuk ukuran dimensi, LG G6 membawa bodi yang cukup aman, yakni mengusung dimensi panjang 148.9 mm, lebar 71.9 mm, dan ketebalan 7.9 mm, sehingga sangat nyaman digenggam saat dioperasikan.

Desain LG G6

Mengintip bagian visualnya, LG tentu saja menyuguhkan yang terbaik untuk G6. Hadir membawa layar berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors dengan ukuran yang cukup luas 5.7 inci serta rasio 18:9 yang lebih panjang dari smartphone kebanyakan, tentu saja membuat multitasking menjadi lebih nyaman dan menciptakan ruang operasi yang sangat leluasa. Menariknya lagi, layar yang sangat lebar tersebut sanggup memberikan resolusi Quad HD 1440 x 2880 piksel dengan kerapatan 564 ppi piksel density.

Spesifikasi LG G6 pada bagian layar yang sudah sangat jernih ini pun semakin memanjakan mata dengan adanya perangkat antar muka dari LG UX 6.0 UI yang terlindungi juga oleh Corning Gorilla Glass 5. Sistem keamanannya pun semakin dioptimalkan dengan adanya sensor Fingerprint sebagai sistem perlindungan data.

back to menu ↑

Fitur

Membahas bagian konektivitasnya. Sektor ini merupakan salah satu sektor yang diandalkan oleh LG. Hadir sebagai solusi bagi mereka yang menghendaki unit smartphone berkoneksi cepat, smartphone terbaru dari LG ini mengusung pilihan jaringan yang beragam guna memenuhi kebutuhan internet penggunanya.

Sebagai koneksi utama, ponsel pintar seri LG G6 ini sudah dibekali dengan teknologi jaringan 4G LTE Cat11. Jaringan data 4G LTE Cat11 ini sendiri merupakan teknologi seluler data terbaik untuk saat ini. Berbekal jaringan 4G LTE Cat11 ini, pengguna pun bisa menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil. Bahkan, jaringan data 4G LTE pada smartphone ini mampu meraih kecepatan maksimal hingga 450 Mbps/ 50 Mbps. Untuk urusan video streaming, download ataupun upload, jelas smartphone ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan produk lainnya.

Fitur LG G6

Selain koneksi data cepat via jaringan 4G LTE, LG G6 juga dilengkapi dengan pilihan koneksi lain yang tak kalah kencangnya, mulai dari jaringan 3G hingga HSPA. Selain itu, kelengkapan teknis di sektor konektivitas pada smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat semisal Bluetooth dan juga WiFi.

Soal navigasi, spesifikasi LG G6 bisa diandalkan dengan adanya sistem A-GPS yang dilengkapi dengan  GLONASS serta BDS yang mampu mendapatkan akses dari 51 satelit plus 24 satelit ekstra.

back to menu ↑

Performa

Lalu bagaimana dengan performa ponsel pintar ini? Pastinya LG G6 menjamin performa paling tangguh dengan chipset generasi terbaru, yaitu Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 yang berpadu dengan processor Quad-Core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo). Chipset Qualcomm Snapdragon sendiri merupakan chip generasi baru yang diklaim mampu memberikan kinerja lebih baik dari generasi Snapdragon 820.

Untuk menambah olah data pada smartphone semakin luar biasa. LG G6 juga dibekali RAM berkekuatan 4 GB, yang tentunya proses multitasking juga akan bekerja dengan lancar untuk segala kebutuhan. Spesifikasi-spesifikasi yang dihadirkan LG kali ini memang telah memberikan peningkatan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Kemudian, aktivitas gaming atau memutar video akan menjadi semakin menyenangkan. Karena LG G6 menyerahkan kebutuhan kartu pengolah grafis pada GPU Adreno 530. Sehingga bisa membayangkan, seperti apa kualitas grafis yang disuguhkan oleh ponsel ini.

Seperti layaknya ponsel pintar generasi terbaru, tentu saja teknologi-teknologi paling modern tertanam di sana. Hal tersebut berlaku juga bagi LG G6. Ponsel pintar ini mengandalkan segala kinerja komponen dapu pacu yang ada untuk berjalan pada platform OS Android v7.0 Nougat.

Performa LG G6

Dan untuk memberi kombinasi kerja yang selaras dan juga maksimal, LG juga telah menyediakan ruang penyimpanan file yang sangat memadai. Maka LG G6 hadir dengan memori internal sebesar 64 GB. Dengan kapasitas ruang penyimpanan seluas itu, tentu saja segala macam file akan mampu tercover dengan sempurna.

Menyadari hal itu, sebetulnya untuk penambahan ruang dari memnori eksternal tidak terlalu dibutuhkan oleh LG G6 ini. Hanya saja, LG tetap memberi kemudahan untuk mengantisipasi kebutuhan yang lebih besar. Yup! Smartphone ini telah dibekali dengan slot memori eksternal memori yang bisa diekspansi hingga kapasitas maksimal mencapai 256 GB. So, spesifikasi LG G6 pada ruang penyimpanan ini memang sudah sangat luas dan pastinya akan menjamin daya tampung yang maksimal.

back to menu ↑

Kamera

Berikutnya kita akan mengetahui kemampuan spesifikasi LG G6 pada sektor kamera. Sektor ini ternyata juga telah dibekali dengan dua piranti kamera beresolusi cukup tinggi, sehingga bisa menghasilkan dokumentasi yang memiliki kualitas baik.

Pada bagian punggung dari perangkat LG G6 ini sudah tersemat Dual Kamera beresolusi 13 MP dan sudah ditemani fitur Autofocus dan LED Flash. Sehingga tak hanya mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam, tetapi kamera tersebut juga memiliki kejernihan yang tinggi, meskipun diambil dalam kondisi gelap.

Selain kedua fitur tersebut, smartphone LG G6 ini juga dibekali dengan fitur-fitur pendukung seperti 1/3” sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, dan juga HDR. Selain itu, kamera utamanya ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan video sebesar 1080p@30fps.

Kamera LG G6

Sementara untuk bagian depan dari spesifikasi LG G6, terdapat kamera beresolusi 5 MP lengkap dengan fitur LED Flash. Sehingga bakal mendukung aktivitas selfie dan video call dengan baik.

Menariknya lagi, LG juga mengikuti jejang Samsung yang merilis smartphone flagship dengan kemampuan tahan air dan debu. Berbekal ini, pengguna pun bisa berfoto selfie di dalam air dan mengoperasikan LG G6 saat hujan. Namun hanya mendukung sertifikat IP67 saja, sehingga masih di bawah Samsung Galaxy S7 Edge yang telah mengantongi sertifikat IP68.

back to menu ↑

Baterai

Jika dilihat dari spesifikasinya, komponen-komponen yang ada di dalam tubuh LG G6 membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Sehingga untuk memenuhi urusan tersebut, LG mengandalkan baterai jenis Non-removable Li-Po berkapasitas 3300 mAh sebagai bagian pemasok dayanya.

Baterai LG G6

Tak hanya mampu menyuplai daya ke masing-masing komponennya dengan optimal, baterai yang tertanam di tubuhnya juga mampu membuat perangkat ini bertahan cukup lama. Pasalnya, dalam kondisi siaga saja LG G6 mampu bertahan selama 456 jam. Sementara itu, jika digunakan untuk kebutuhan talk time, ponsel pintar ini bisa hidup dalam waktu 14 jam. Baterai yang cukup tangguh untuk sebuah perangkat menengah.

Nah, setelah mengetahui detail dari spesifikasi LG G6 ini, kira-kira berapa ya harganya? Silahkan sobat sinyaliti melihatnya di sini.

8 Total Score
Good!

Spesifikasi yang dihadirkan LG G6 memang telah memberikan peningkatan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Namun faktor layarlah yang membuat LG G6 nampak berbeda. Dengan rasio 18:9 yang lebih panjang dari smartphone kebanyakan, layar ini membuat multitasking menjadi lebih nyaman.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Tersedia layar 5.7 inci dengan resolusi Quad HD+ dan beragam teknologi canggih lainnya.
  • Dirancang dengan desain premium yang terlihat elegan.
  • Performanya tetap cepat, meski masih memakai Snapdragon 821.
  • Tersedia teknologi dual kamera belakang yang mengadopsi lensa wide angle.
  • Dibekali fitur konektivitas sangat lengkap.
  • Memiliki fingerprint sensor.
CONS
  • Harga LG G6 tetap dibanderol sangat mahal.
  • Smartphone ini masih memakai chipset Snapdragon 821.
  • Resolusi kamera depannya cuma 5 MP.
  • Belum dilengkapi fitur Iris Scanner.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0