Review LG K10: Tampil Premium dengan Quick Cover View

Sinyaliti.com – LG K10 merupakan Smartphone terbaru dari LG Mobile yang hadir di awal tahun 2016 ini berbarengan dengan model seri LG K7. Penasaran seperti apa detailnya? Yuk kita simak seperti apa spesifikasi dan berapa harga yang ditawarkan sobat sinyaliti, Check it out!

Spesifikasi, Harga, LG K10Spesifikasi Detail LG K10

Desain LG K10

Sebelum membicarakan desain smartphone ini, patut diketahui jika perusahaan merancang cover pelindung HP ini secara khusus untuk menciptakan kesan yang premium. Aksesoris casing bertajuk Quick Cover View pada LG K10 LTE. LG memang berusaha keluar dari konsep penempatan jendela khusus di bagian tengahnya. Sebagai gantinya, LG membuat bidang transparan memanjang pada bagian tepian kiri di pelapis depan. Melalui tepian transparan ini pengguna dapat memantau berbagai notifikasi yang masuk.

Spesifikasi, Harga, LG K10

Selain memberikan penanda pesan, spesifikasi notifikasi ini dapat memberikan penunjuk jam dan tanggal serta status daya baterai. Pengguna juga dapat menerima ataupun menolak panggilan masuk, tanpa harus membuka layar smartphone.

Spesifikasi, Harga, LG K10

Memang Quick Cover View pada ponsel ini terkesan premium, tapi bagaimana material casing dan desainnya? LG menjuluki desain LG K10 dengan ‘glossy pebble’ dimana tampilannya dibalut lekukan halus yang membuat tubuh bagian belakang dan depannya seolah menyatu tanpa sudut tajam. Menunjang bentuk bodinya, LG mengadopsi 2.5D Arc Glass dan aksen anyaman pada bagian belakangnya.

Spesifikasi, Harga, LG K10

Di sisi bodi tak ada tombol fisik satupun karena semua sudah dipindah ke belakang (tombol power dan voume) bersebelahan dengan kamera utama. Sayang material fisiknya dibungkus komponen plastik sehingga terasa kurang solid dan menjadikan kesan premium turun satu level.

Untung saja casing belakang dihiasi aksen dengan pola unik bertekstur sehingga membantu mempercantik tampilan dan membuatnya tak mudah jatuh dari pegangan. Lepas dari itu, konstruksi ponsel ini tidak dibuat unibodi, baterai yang menyisip di bagian dalam pun bisa dibongkar pasang dengan mudah alias removable.
Spesifikasi, Harga, LG K10

LG K10 LTE dilengkapkan dengan spesifikasi layar sentuh 5,3 inci berbasis teknologi in-cell yang mengandalkan resolusi HD (720×1280 piksel). Kualitas displaynya biasa saja, namun reproduksi warna terlihat alami. Apalagi dengan visibilitas di bawah sinar matahari yang agak mengecewakan, meskipun brightness sudah disetel di level tertinggi, pantulan cahaya membuat gambar kurang optimal tertampil di layar.

Layar sentuhnya tak gampang dikotori sidik jari, sehingga tampak kinclong. Untuk respon layar sentuh, memiliki tingkat sensitif yang baik sehingga dapat merespon sentuhan jari dengan baik. Navigasi pun relatif mudah karena kita bisa mengoperasikan antarmuka cukup dengan sentuhan ringan. Tak perlu menekan layar berulang-ulang saat pengoperasian.

Spesifikasi, Harga, LG K10

back to menu ↑

Fitur

Soal konektivitas, LG K10 LTE sudah mendukung dual SIM card yang keduanya bisa mengakomodasi jaringan 4G LTE. Sobat sinyaliti yang hobi browsing, social networking serta chatting, di LG K10 ini akan terpuaskan dengan akses data super cepat jaringan 4G LTE. Speed maksimal yang dapat dicapai LTE Cat. 4 ponsel ini sekitar 150 Mbps (download) dan 50 Mbps (upload).

Jaringan 4G LTE di LG K10 sudah mendukung hampir sebagian besar band yang ada di Indonesia mulai dari band 3(1800), 5(850), 7(2600), 20(800) dan 40(2300). So, semua kartu operator bisa dipakai untuk internetan di ponsel ini. Konektivitas lain yang bisa ditemukan diantaranya Wi-Fi 802.11 b/g/n with Wi-Fi Direct, Bluetooth v4.0 dan GPS. Sayangnya K10 tidak melengkapkannya dengan fasilitas seperti NFC atau USB OTG dalam LG K10 LTE.

Spesifikasi, Harga, LG K10

Sektor hiburan yang tertanam di ponsel ini pun bisa dibilang memuaskan. Kita akan menemukan pemutar musik khusus dengan antarmuka yang cukup atraktif. Sayangnya, sang vendor tak menyematkan equalizer di dalamnya. Jadi, suara yang terpancar tak bisa kita utak-atik sesuai selera. Tapi pemutar musik ini sudah mendukung sinkronisasi dengan Android Wear.

Suara yang terpancar dari loudspeaker yang berlokasi di sektor belakang bawah bodi terasa kurang ‘nendang’. Suara yang memancar terdengar tak lantang juga minim dentuman bass. Sebagai pelengkap, vendor menyertakan radio FM untuk alternatif hiburan. Untuk yang gemar menonton film, disediakan spesifikasi pemutar video khusus dimana tampilan antarmukanya sudah menampilkan pengaturan cukup lengkap. Bisa dipakai menyetel video full HD dengan kualitas yang baik.

back to menu ↑

Performa

K10 telah mengantongi memori internal 2GB serta didukung dengan chipset besutan Mediatek MT6753 Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 yang ditemani pengolah grafis Mali-T720. Performanya bisa dibilang cukup baik dan responsif. Beberapa game yang dimainkan dengan ponsel ini seperti Asphalt 8 dapat bekerja dengan baik. Tak ada isu yang mengganggu seperti panas berlebih dan lain-lain.

Selain itu, untuk keperluan penyimpanan file, foto, lagu hingga video, ponsel ini mengantongi memori internal 16GB. Namun hanya tersisa 10,5GB ruang kosong. Untuk penggila film rasanya kapasitas ini terlalu kecil, alhasil vendor memberikan solusi dengan menyediakan slot microSD.

LG K10 LTE punya baterai berkapasitas 2300 mAh yang ternyata hanya mampu memberikan daya tak lebih dari sehari. Itupun untuk pemakaian normal seperti akses internet, browsing, chatting, bermain game dan menonton video. Jadi di sarankan untuk memanfaatkan fitur battery saver mode option yang bisa mereduksi kecerahan layar sehingga lebih menghemat daya. Kalian juga bisa memakai ‘Restrict apps in the background.

back to menu ↑

Kamera

Kamera ponsel ini bisa memproduksi foto dengan kualitas yang cukup menjanjikan pada kondisi cahaya melimpah. Di luar ruangan, hasil foto bisa dibilang menawarkan komposisi warna yang natural dengan tingkat ketajaman yang bagus. Tapi masih dihiasi noise dan gambar cenderung agak gelap. Namun, dalam kondisi low light, jangan terlalu berharap banyak dengan hasil jepretannya.

Spesifikasi, Harga, LG K10

LG K10 LTE ini sendiri memiliki kamera utama berkekuatan 13MP disokong LED flash. Hanya didukung antarmuka standar tanpa fitur seperti HDR, Panorama dan filter lain. Sementara kamera depan mengandalkan sensor berkekuatan 5MP yang cukup berguna dipakai untuk selfie. Kalian juga bisa merekam video pada resolusi HD 720p. Berikut dibawah ini adalah hasil foto yang diambil dengan K10 LTE Sobat Sinyaliti.

Spesifikasi, Harga, LG K10

Ponsel ini bisa memanfaatkan layar sebagai lampu flash untk kamera depan. Tapi hasilnya tak jauh berbeda. Foto jepretannya kurang begitu tajam dan kerap terganggu titik-titik. Namun sobat sinyaliti masih dapat menggunakan fitur Gesture Shot dan Gesture Interval saat melakukan selfie. Acungkan saja tangan ke arah lensa atau gunakan suara untuk memotret dengan mengatakan “Cheese”, “Smile”, “Whiskey”, “Kimchi” dan “LG”, maka kameranya akan memotret secara otomatis dalam 3 detik. Berikut dibawah ini adalah hasil foto yang diambil dengan K10 LTE.

back to menu ↑

Baterai

Kapasitas baterai LG K10, ialah 2300 mAh yang ternyata hanya mampu memberikan daya tak lebih dari sehari. Itupun untuk pemakaian normal seperti akses internet, browsing, chatting, bermain game dan menonton video. Disarankan untuk memanfaatkan fitur battery saver mode option yang bisa mereduksi kecerahan layar sehingga lebih menghemat daya. Kalian juga bisa memakai ‘Restrict apps in the background. Lebih detail mengenai spesifikasinya dalam bentuk video review, klik disini. Baca Juga: Review Evercoss Winner Y2 Plus Power: Fitur-fitur Terkini, klik disini

8 Total Score
Good!

Layar IPS LCD seluas 5.3 inchi, yang nyaman dioprasikan, dengan tampilan layar cukup bening berkat resolusi 720 x 1280 pixel ( HD ), Selain itu Jagoan baru LG Kelas entry-level ini, akan menyuguhkan sepasang kamera untuk menunjang eksistensimu di MEDSOS, dengan kamera berukuran 13 MP, Autofocus, LED flash dibelakang, yang didukung kemampuan perekam video 1080p ( Full HD ), dan ditemani kamera depan 5 MP sobat sinyaliti.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Tampilan cantik, dan PD ditenteng kemana-mana, meski terbuat dari material plastik
  • Disuport koneksivitas jaringan tercepat saat ini 4G LTE, yang melancarkan Broowsing maupun mendownload
  • Memiliki kemampuan Ganda SIM yang dapat dioprasikan secara bersama-sama, jadi tak perlu repot bergantian kartu SIM
  • Dilengkapi Fingerprint Scanner, sebagai sistem keamanan data sipengguna, dari tangan -tangan nakal
  • Layar IPS LCD seluas 5.3 inchi, resolusi HD, yang nyaman dioprasikan memakai satu tangan, dengan paparan tajam & bening
  • Sistem oprasi berjalan memakai OS Android v 7.0 Nougat, yang menampakan tampilan antar muka menawan & kinerja smooth
  • Ditenagai RAM 2 GB, yang cukup melancarkan saat melakukan pemindahan aplikasi / multitasking
  • Memory Internal 16 GB, dilengkapi microSD 256 GB, yang dapat menampung banyak data, seperti aplikasi, fili atau data
Kekurangan
  • Tidak dilapisi perangkat keamanan layar, jadi masih sanagat riskan bila terjadi benturan maupun goresan
  • Kamera depan masih minim LED flash / Screen flash, yang kurang mensuport selfie ditempat rendah cahaya
  • Baterai berjenis Non-Removable / Bersifat tanam, jadi sedikit merepotkan bila HP ngeblank / eror
  • Belum disuport Fast Charging / pengisian kilat, sebagai alaat konsumsi tenaga batera
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0