Review LG V20: Smartphone Premium Dual Kamera Terbaik

Sinyaliti.com – LG baru saja memperkenalkan smartphone premium besutannya ke pasar Indonesia, yakni LG V20. Smartphone ini hadir menyusul LG G5 SE yang lebih dulu hadir pada pertengahan 2016. Sebagai seri lanjutannya, LG V20 tetap menjadi smartphone yang padat gimmick, dengan berbagai penyempurnaan yang berorientasi pada pengalaman multimedia. Berikut adalah detail spesifikasi dari LG V20:

Harga, spesifikasi, LG V20

Spesifikasi Detail LG V20

Desain LG V20

Smartphone terbaru milik LG in hadir dengan desain yang sangat elegan dimana body yang membalut nya terbuat dari material metal sehingga akan terlihat mewah dan elegan. Namun V20 ini akan kurang nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan pasalnya dominasi body nya terbilang cukup bongsor.

Mengusung fitur dual screen, layar utamanya seluas 5.7 inch yang menggunakan panel berjenis IPS LCD capacitive touchcreen dengan kedalaman 16 juta warna sehingga sudut pandang yang dihasilkan lebih luas, layar tersebut juga sudah mengusung resolusi Quad HD atau 1440 x 2560 pixels dengan kerapatan pixel yang sangat tinggi yakni 515 ppi pixel density sehingga gambar yang ditampilkan sangat jernih dan warna nya yang sangat tajam. Layar tersebut juga telah dilapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass 4 sehingga tidak akan tergores saat terkena benda tajam. Kemudian pada sisi atas tedapat layar kedua seluas 2.1 inch beresolusi 160 x 1040 pixels yang berfungsi sebagai layar notifikasi.

Harga, spesifikasi, LG V20

Dari segi tampilan, peletakan tombol yang dimiliki LG V20 cukup sederhana. Tombol pengatur suara di sebelah kiri, serta sensor sidik jari yang berfungsi ganda sebagai tombol power berada di bagian belakangnya, tepat di mana jari telunjuk biasa bersandar. LG juga menguatkan kesan material logam, dengan mengeluarkan varian warna Titan sobat Sinyaliti.

Harga, spesifikasi, LG V20

Layar 5,7 inci  dengan Bodi metalnya juga memberikan kesan premium, Karena bersertifikasi militer, LG juga mengklaim bahwa perangkatnya mampu bertahan saat jatuh dari ketinggian. V20 akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti hitam, putih dan emas, yang dapat dipilih sesuai selera.

back to menu ↑

Fitur

Untuk pasar lokal di tanah air, LG V20 merupakan smartphone pertama yang pengusung Android 7.0 Nougat, dilengkapkan dengan RAM 4 GB dan slot penyimpanan internal 64 GB. Meskipun Layar sekunder di LG V20 merupakan fitur yang sudah ada di seri pendahulunya, yakni LG V10. Namun layar sekunder ini dapat menampilkan shortcut ke sejumlah aplikasi, seperti memo, messaging, jam, file manager, termasuk aplikasi dari pihak ketiga.

Harga, spesifikasi, LG V20

Cukup dengan melakukan personalisasi dari aplikasi yang akan dipasang di layar sekunder. Selain itu, layar ini juga dapat dipersonalisasi dengan kata tambahan, termasuk nama pengguna. Dengan demikian, layar sekunder ini juga dapat dijadikan tanda pengenal sederhana. Nikmati juga berbagai fitur terbaru yang hanya dimiliki oleh Android Nougat pada LG V20 ini, seperti fitur multi-window, penggunaan Vulkan API, dan peningkatan optimisasi baterai Doze.

Sebagai smartphone kelas atas atau flagship, LG V20 juga telah mendukung jaringan 4G LTE Cat6 sehingga sobat Sinyaliti dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 300 Mbps. Jika didaerahmu belum tersedia jaringan 4G maka sobat Sinyaliti masih dapat mengakses internet dengan kecepatan 42.2 mbps di jaringan HSPA dan mode 3G. Smartphone LG V20 ini juga dilengkapi dengan konektivitas pendukung berupa Wi-Fi, Bluetooth v4.2 kiemudian USB Port, GPS (A-GPS, GLONASS), NFC, dan Infrared.

Sebagai smartphone Android kelas atas maka LG V20 ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari, sensor yang dibawana memang sangat lengkap terdiri dari Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan color spectrum

back to menu ↑

Performa

Bicara soal software, LG V20 boleh berbangga memegang titel smartphone pertama di dunia yang menggunakan Android 7.0 Nougat sebagai sistem operasinya. Dan seperti biasa, sistem operasi terbaru ini turut dibungkus oleh pernak-pernik khas LG yang diberi nama LG UX 5.0. LG V20 juga memiliki performa multitasking yang sangat baik karena sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB dan 6 GB.

Harga, spesifikasi, LG V20

Memudahkan penggunan untuk menjalankan banyak aplikasi dan game secara lancar. LG V20 ini juga menyediakan memory internal berkapasitas 64 GB dan 128 GB. Jika masih kurang kita masih dapat menambahnya dengan memasang microSD berkapasitas maksimal 256 GB kedalam slot yang telah disediakan.

LG V20 hadir dengan membawa chipset besutan Qualcom yang sangat gahar yakni Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820. Dipadukan dengan processor Dual-core 2.15 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo sehingga mampu menghasilkan performa yang sangat luas biasa. Dengan perpaduan memory RAM yang sangat lega dan processor berkemampuan tinggi maka LG V20 ini akan sangat mampu melahap game HD sekalipun. Game tersebut juga akan tampil dengan kualitas grafis terbaik karena smartphone V20 juga dibekali dengan GPU Adreno 530.

back to menu ↑

Kamera

Untuk kamera, LG membekali kamera utama V20 dengan lensa ganda untuk kebutuhan memotret sudut lebar 135 derajat dan portrait. Kamera utamanya memiliki resolusi 16 megapiksel (portrait) dan 8 megapiksel (wide), serta bukaan diafragma masing-masing f/1.8 dan f/2.4. Kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel dilengkapi dengan lensa yang memiliki sudut lebar 120 derajat yang juga menjadi yang pertama di dunia dengan kemampuan kamera wide di bagian depan dan belakang bersamaan.

Kamera utamanya tersebut dilengkapi dengan fitur laser autofocus, OIS, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, dan HDR sehingga mampu menghasilkan foto yang sangat jernih dan detail yang sangat tajam. Kamera utamanya juga mampu merekam video hingga resolusi 4K 2160p@30fps kemudian Full HD 1080p@30fps dan HD 720p@120fps.

Hasilkan video terbaik dengan fitur HDR, stereo sound rec. Bagi yang suka selfie akan sangat dipuaskan dengan kamera depannya yang dilengkapi dengan kamera berkekuatan 8 megapixel duo. Dibawah ini merupakan salah satu hasil foto, yang diambil menggunakan LG V20.

Satu lagi salah satu hasil foto, yang diambil menggunakan LG V20 sobat Sinyaliti.

Nikmati juga keuntungan spesial lain dari LG V20 ini, yaitu fitur rekaman video yang mengimplementasikan fitur electrical image stabilization (EIS) milik Qualcomm yang ditanamkan pada prosesor Snapdgragon 820. Dengan EIS, video yang diambil akan distabilkan dengan bantuan gyroscope yang dimiliki smartphone tersebut. Sehingga kamera tidak memerlukan adanya hardware OIS tambahan untuk dapat menghasilkan hasil video yang stabil.

back to menu ↑

Baterai

Untuk ketahanan baterai, ketika dilakukan pengujian dengan pengaturan intensitas kecerahan layar hingga 200 nits. LG V20 mampu bertahan hingga 6 jam 23 menit. sebenarnya hasil yang ditorehkan ini cukup baik di kelasnya, karena setingkat dengan Nexus 6p (meskipun kalah 1 menit saja). Pengujian kedua adalah waktu pengisian baterai. Pengisian baterai LG V20 masih terhitung dua kali lebih cepat daripada iPhone 7 Plus karena hanya membutuhkan waktu 86 menit saja hingga penuh. Berikut grafik pengujian baterai dari 8 smartphone flagship.

Penasaran dengan spesifikasi detail V20 ini sobat sinyaliti, yuk tonton videonya. Klik disini

8 Total Score
Good!

LG dikabarkan akan menghadirkan sebuah smartphone Android canggih terbaru dalam waktu dekat ini yang akan diberi nama ” LG V20 ” untuk bersaing dipasar smartphone kelas flagship. Dari salah satu sumber yang kami dapatkan, LG V20 akan hadir dengan membawa dual layar, yakni berukan 5.7 inci IPS LCD dengan resolusi 1440 x 2560 pixels untuk layar utama, dan berukuran 2.1 inci dengan resolusi 160 x 1020 pixels untuk layar kedua. Sementara untuk bagian kamera, LG V20 akan hadir dengan dibekali kamera utama 16 MP yang akan dilengkapi dengan fitur canggih seperti laser autofocus dan OIS. Untuk kamera bagian depan, LG V20 akan dibekali kamera utama 8 MP Duo. Kemudian untuk bagian jaringan dan OS, LG V20 akan mendukung jaringan 4G LTE dan akan berjalan pada sistem operasi Android versi terbaru, yakni Android v7.0 Nougat.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar cukup luas 5.7 inci 1440 x 2560 dengan teknologi IPS LCD
  • Layar dilapisi pelindung corning gorilla glass 4
  • Telah support jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Telah dilengkapi sensor pemindai sidik jari tercepat saat ini, yakni fingerprint sensor
  • Sudah mengunakan OS Android v7.0 Nougat yang memberikan banyak aplikasi menarik
  • Prosesor Snapdragon 820 dengan CPU Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • RAM 4/6 GB cocok untuk pindah-pindah antar aplikasi
  • Memori Internal 32/64 GB sangat mendukung untuk menyimpan banyak file
  • Kamera Utama 20 MP dengan OIS, Laser autofocus dan LED flash
  • Kamera depan 8 MP Duo cocok untuk selfie maupun video call
  • Baterai besar 4000 mAh yang sangat awet untuk main game
  • Telah dilengkapi teknologi fast charging
Kekurangan
  • Kamera depan minus LED Flash kurang maksimal untuk selfie malam hari.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0