Review LG V30: Tawarkan Videografi Via Smartphone

Sinyaliti.com – Seperti kita ketahui, LG telah resmi meluncurkan smartphone andalannya, yaitu LG V30, pada bulan September 2017 lalu. Hadir dalam varian V series, LG V30 diklaim sebagai smartphone jajaran premium dengan visi memberikan pengalaman baru dalam multimedia.

Tak hanya itu saja, bahkan kehadirannya digadang-gadang akan membawa berbagai pembaruan, sekaligus menjadi yang pertama diterapkan dalam sebuah smartphone. Pasalnya, tak hanya memiliki spesifikasi yang di dalamnya berisi komponen-komponen kelas satu, tetapi smartphone ini juga mengusung tampilan yang begitu menarik dibanding smartphone besutan LG pada umumnya.

Bahkan tampilan dari smartphone LG ini pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan pendahulunya, LG V20. Hal tersebut tampak pada teknologi layar baru yang digunakan oleh LG pada perangkat barunya ini yang membuatnya terlihat begitu mewah dan canggih ketika dioperasikan.

“Akar pengembangan Seri V selalu menghadirkan teknologi praktis baru yang mampu mencipta konten berkualitas tinggi. Kami memastikan LG V30 tak kehilangan akarnya.”, papar Juno Cho, selaku Presiden LG Electronics Mobile Communications Company (31/8/2017).

Berkat spesifikasi tinggi dan tampilan mewah yang dibawanya, maka tak heran jika LG V30 merupakan phablet flagship.

Masih ingin tahu fitur-fitur canggih yang dimiliki phablet baru besutan LG ini? Berikut kami berikan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga LG V30.

 Spesifikasi Detail LG V30

Desain LG V30

Salah satu yang paling menarik untuk diperbincangkan dari LG V30 adalah pada sektor desain. Pasalnya, tampilan V30 memang sangat berbeda dengan smartphone LG sebelumnya. Desain yang dibawa V30 ini terlihat sangat mewah dengan frame metal tipis yang dikombinasikan dengan bodi berbalut kaca yang mengkilap, serta ditawarkan dalam pilihan warna Titan, Silver, dan Pink.

Tampilan yang diusung LG V30 juga sekilas tampak seperti LG G6, karena memiliki dual kamera dan sensor fingerprint yang diletakkan pada bagian belakangnya. Sementara itu, tombol “Home”-nya menggunakan jenis virtual.

LG V30

Sedangkan untuk bagian visualnya, LG V30 sendiri dibuat dengan berbagai fitur pendukung standar baru dalam evolusi smartphone premium. Termasuk di dalamnya yaitu penggunaan layar OLED dengan FullVision pertama. Selain telah didukung dengan multitouch, layar yang disematkan pada V30 juga sangat menarik, sebab menutup seluruh muka dari phablet ini.

LG V30 mengandalkan layar IPS LCD capacitive touchscreen yang memiliki bentang 6.2 inci. Layar yang lapang ini juga hadir dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel dengan kerapatan 474 ppi, sehingga mampu menampilkan visualisasi yang atraktif.

Selain itu, pada bagian atas dari layar menampilkan deretan ikon dengan kamera depan di bagian tengahnya, yang mengindikasikan jika perangkat ini menggunakan teknologi layar sekunder. Kualitas layar dari perangkat LG juga makin lengkap dengan dibubuhkanya proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya mampu bertahan dari goresan dan benturan benda tajam.

Secara keseluruhan, bodinya cukup tangguh, karena telah mendapatkan sertifikat MIL-STD-810G. Sehingga pada segi tampilan luarnya ini memang akan menjadi salah satu sektor yang paling diunggulkan dari LG V30.

back to menu ↑

Fitur

Beralih pada lini konektivitas, sektor ini juga dibekali dengan berbagai komponen yang tak kalah canggih. Hal ini terbukti dengan dukungan untuk pemakaian Single SIM maupun Dual SIM dengan kartu berjenis Nano.

Selain itu, perangkat ini juga sudah mengandalkan akses jaringan 4G LTE dengan kecepatan unduh data 150 Mbps dan upload data 50 Mbps. Namun, hal ini pun tak lantas membuat LG menghilangkan dukungan untuk jaringan GSM dan HSPA.

LG V30

Segala aktivitas koneksi internet secara nirkabel pun bisa lebih optimal pada smartphone ini untuk dilakukan dengan adanya dukungan fitur WiFi 802.11, dual-band, WiFi Direct, DLNA, dan Hotspot.

Tak ketinggalan, aktivitas berkirim file juga menjadi lebih mudah dengan keberadaan fitur Bluetooh 5.0, A2DP, LE, aptX, USB 3.1, dan USB Type-C 1.0 reversible connector.

Terakhir, konektivitasnya juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS untuk bisa menemukan lokasi terpencil dengan level akurasi yang tinggi.

back to menu ↑

Performa

Kualitasnya sebagai flagship yang disandangnya pun ikut menjalar ke sektor dapur pacu. Dimana pada bagian utama dalam pemrosesan data ini sudah dibekali dengan komponen-komponen terbaik saat ini seperti chipset terbaru Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835.

Chipset dari perangkat LG tersebut memiliki prosesor berinti delapan yang terdiri dari dua cluster, yakni Quad-Core 2.45 GHz Kryo dan Quad-core 1.9 GHz Kryo, sehingga performa kinerjanya sangat gahar.

Untuk kehandalan jalannya aktivitas multitasking, LG menawarkannya dalam dua pilihan RAM berkapasitas besar, yaitu LG V30 dengan RAM 4 GB atau 6 GB. Selain itu, LG juga mengandalkan GPU Adreno 540 untuk menghasilkan konten visual berkualitas tinggi pada gamegame canggih yang dimainkan.

Menariknya lagi, smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android 7.1 Nougat, sehingga kinerjanya lebih stabil dan optimal.

Memiliki performa yang gahar tentu tak akan berarti apa-apa jika tidak diimbangi dengan ruang penyimpanan yang memadai. Untuk itu, LG membekali perangkat barunya ini dengan dua varian memori internal berukuran besar, menyesuaikan dengan kapasitas RAM yang ada.

Perangkat yang hadir dengan ukuran RAM 4 GB ini akan memiliki memori internal sebesar 64 GB. Sedangkan untuk phablet dengan versi RAM 6 GB akan menawarkan memori internal berkapasitas 128 GB.

Meski kedua kapasitas memori internal yang ditawarkan oleh LG V30 sudah cukup memadai untuk menyimpan file yang banyak jumlahnya, namun LG masih menghadirkan slot memori eksternal yang bisa diisi dengan microSD yang memiliki batas kapasitas hingga 256 GB. Sehingga pengguna akan bisa menampung file-file hiburan berukuran jumbo dengan maksimal.

back to menu ↑

Kamera

Inilah sektor yang paling diunggulkan dari spesifikasi LG V30. Termasuk di dalamnya yaitu sebagai smartphone pertama dengan lensa kamera yang mengusung aperture f/1.6 dan penggunaan kaca pada lensa bertajuk crystal clear lens. Kamera ini mampu memberikan warna lebih akurat dan gambar lebih jernih dibanding yang ditawarkan lensa dengan materi plastik.

Sementara di bagian depannya terdapat kamera 8 MP dengan lensa berbidang lebar (wide angle). Lensa wide angle ini dibuat dengan pengurangan distorsi gambar yang biasa ditemui di pinggir bingkai hingga 2/3.

Sementara di antara kelengkapannya terdapat mode “Cine Video” untuk membuat video berkualitas film, kualitas audio premium berkat hadirnya Hi-Fi Quad DAC, tata suara spesial yang melibatkan B&O Play, dan mode pengenalan suara (Voice Recognition).

Sedangkan di belakang bodinya tersemat dual-camera 13 MP dengan bukaan f/1.6 yang berpasangan dengan kaca crystal clear lens.

Hadirnya mode “Cine Video” dibuat dengan tujuan agar pengguna bisa menciptakan video dengan warna sinematik dari berbagai genre film, hanya dengan melalui sebuah smartphone. Hal ini berkat adanya fitur “Cine Effect” dan “Point Zoom”.

Menariknya, pada fitur “Cine Effect” telah disediakan 15 pengaturan untuk membuat hasil video terlihat unik layaknya sebuah film dari berbagai genre. Di antaranya dari komedi romantis, blockbuster, misteri, film thriller dan film klasik.

Di sisi lain, LG V30 juga dilengkapi dengan dukungan “LG-Cine Log”, yang membuat penggunanya lebih fleksibel dalam berkreativitas dengan videonya.

LG juga melakukan peningkatan kapabilitas dalam urusan pengambilan gambar foto dari mode Manual melalui fitur “Graphy”. Fitur ini membantu pengguna dalam menghasilkan kualitas foto yang baik. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan memilih gambar terbaik sebelum menekan shutter.

back to menu ↑

Baterai

Melihat bekalan spesifikasinya, tentu kebutuhan daya perangkat ini sangat besar. Terlebih dengan layar lapang, dapur pacu gahar, dan kamera canggih yang bakal boros dalam mengonsumsi daya. Maka tak heran jika perangkat canggih ini mengusung baterai sebesar 3.300 mAh, dan juga dibekali dengan fitur Quick Charge 3.0 dan Wireless Charging, sehingga pengisian daya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Untuk harga, perangkat flagship besutan LG ini dibanderol pada kisaran harga Rp 10,499,000.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP LG yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

LG V30 hadir dengan spesifikasi yang tinggi serta fitur-fitur canggih di dalamnya. Sisi flagship dan premium LG V30 sudah tercermin dari layar IPS LCD berukuran 6.2 inci yang menyuguhkan visual penuh dengan resolusi 4K. Label flagship pun bisa ditemukan pada sektor dapur pacunya, dimana perangkat ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadukan dengan dua varian RAM berkapasitas 4 GB atau 6 GB. Salah satu daya tarik utama perangkat ini ada pada lini fotografinya, yang mana sudah menghadirkan fitur canggih, yakni kamera utama ganda beresolusi 13 MP untuk menghasilkan jepretan foto yang memiliki kualitas tinggi.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Dibalut bodi full metal dengan casing belakang belakang berlapisi kaca.
  • Bodinya juga sangat tipis dan memiliki bobot ringan.
  • Mengadopsi teknologi OLED FullVision.
  • Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM berkapasitas 4 GB.
  • Dibekali memori internal berukuran besar.
  • Kapasitas baterainya cukup besar dan mendukung fitur Wireless Charging serta Fast Charging.
  • Tersedia sensor pemindai sidik jari.
  • Mengadopsi teknologi dual kamera dan memiliki aperture f/1.6.
  • Memiliki kemampuan audio Quad DAC.
CONS
  • Harga LG V30 dibanderol sangat mahal.
  • Resolusi kamera depannya tergolong rendah dibandingkan smartphone sekelasnya.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password