Review Smartphone Luna: iPhone Ekonomis ala Luna

Sinyaliti.com – Luna, merek smartphone besutan Foxconn secara resmi hadir di Indonesia. Smartphone ini mengandalkan desain mewah stylish, spesifikasi tinggi, dan kualitas premium. Simak seperti apa spesifikasi detail dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Luna

Desain Luna

Review Smartphone Luna: Detail Spesifikasi & Harga

Secara sekilas, penampakan smartphone ini mirip dengan iPhone 6 Plus. Ukuran layarnya pun sama, yaitu 5,5 inci. Kendati sedikit lebih tebal dari smartphone besutan Apple tersebut, bodi luna tetap ramping, hanya 7,38 mm. Bahkan lebih ramping dari sebagian besar smartphone yang mengklaim memiliki bodi ramping.

Keempat sudut ponsel Luna ini memiliki bentuk melengkung yang membuatnya terlihat cantik dan ergonomis. Nah, di bagian depan terdapat perbedaan mencolok dengan iPhone 6 Plus. Jika smartphone besutan Apple tersebut masih menyandang tombol fisik, maka pada Luna tak ada tombol fisik tersebut. Perbedaan juga terdapat pada posisi kamera, kendati sama-sama berada di bagian atas punggung smartphone, tetapi letak kamera Luna tepat berada di tengah, bukan di sisi kiri seperti iPhone.

Pada model warna silver, area belakang bodi berwarna silver dengan aksen warna abu-abu di punggung atas dan bawah. Aksen abu-abu di bagian atas sejajar dengan kamera dan flash. Sementara aksen abu-abu di bagian bawah berada di bawah bulatan NFC. Aksen garis abu-abu tipis juga tampak menghubungkan bulatan NFC tersebut dengan aksen abu-abu bawah yang melintang menghubungkan sisi smartphone.

Tombol daya dan tombol volume berada di satu sisi yang sama, yaitu di bagian kiri. Posisi tombol volume berada tepat di bawah tombol daya. Bentuk tombol daya berupa bulatan kecil, sementara tombol volume agak berjarak satu sama lain dengan bentuk pipih. Di bagian kanan smartphone tak ada tombol sama sekali selain slot dual SIM Card.

Seperti layaknya iPhone, baterai pada Luna tak bisa dicopot, jadi untuk menyisipkan SIM Card perlu pin untuk mengeluarkan tray SIM Card. Gunakan pin yang disertakan dalam paket smartphone ini untuk menusuk lubang kecil pada slot SIM Card. Slot SIM Card 1 menggunakan micro SIM, sedangkan Slot SIM Card 2 menggunakan nano SIM. Pada slot SIM Card 2 juga terdapat slot untuk menyisipkan micro SD.

Untungnya paket ini disertai dengan casing belakang. Selain itu tersedia pula lap untuk membersihkan sidik jari tersebut. Kendati ukuran smartphone ini cukup besar, namun masih tergolong pas di genggaman tangan.

back to menu ↑

Fitur

LUNA telah mendukung konektivitas 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, GPS, jack audio 3,5mm. Dilengkapi pula  dengan sensor Accelerometer, Light Sensor, Orientation Sensor, Gyrososcope, Magnetic Sensor, 3D Gravity, Promixity, dan E-compass.

Sebuah folder bernama Frequently Used menampung menu atau aplikasi yang kerap sobat gunakan. Jadi bagi sobat sinyaliti yang memakai fitur atau menu tertentu dengan frekuensi sering tak perlu meletakkan di jajaran home screen terdepan. Folder ini sudah mengantasipasinya. Sebanyak delapan menu atau aplikasi bisa tersimpan di folder tersebut.

Ada lagi folder Manager yang berfungsi untuk mengelola penggunaan smartphone. Di sini muncul aplikasi Power Detective. Tugas aplikasi ini untuk mencek performa, konsumsi baterai, termasuk suhu perangkat. Lalu, aplikasi Backup Tool yang berfungsi membuat cadangan simpanan file dan kelak jika diperlukan dapat di-restore kembali. App Traffic Control mengajak pengguna penggunaan aplikasi melalui jaringan mobile dan Wi-Fi.

back to menu ↑

Performa

Di bagian dapur pacu, Luna memakai chipset Qualcomm Snapdragon dengan CPU quad-core 2,5 GHz Snapdragon 800 yang dibantu dengan RAM 3 GB dan sistem operasi terbaru Android 6.0 Marshmallow. Sensasi memainkan berbagai game maupun menjalankan aplikasi bakal optimal berkat dukungan banyak sensor, mulai dari accelerometer, light sensor, orientation sensor, proximity, gyroscope, sound sensor, dan compass. Pendeteksian lokasi juga kian akurat dengan dukungan GPS, A GPS dan GLONASS.

Hadir dipersenjatai chipset Snapdragon 801 membuat performa Luna di atas kertas cukup menjanjikan. Apalagi, smartphone ini sudah didukung RAM 3GB yang pastinya sangat menunjang untuk keperluan sehari-hari pengguna.

Skor aplikasi AnTuTu Benchmark, Luna mencatat nilai di sekitar 50 ribuan. Meskipun tak terlalu besar, performa smartphone ini ternyata berjalan mulus. Memori internal smartphone ini juga besar, yakni 64GB. Pengguna dapat memperbesarnya dengan kartu microSD hingga 128GB. Kehadiran sensor pada smartphone ini juga terbilang lengkap, mulai accelerometer hingga gyroscope.

Tipe chipset yang tergolong lawas tak membuat Luna kalah dibandingkan dengan smartphone anyar. Perpindahan antar layar terbilang mulus, begitu pula ketika dipakai untuk bermain gim berat, seperti Modern Combat 5: Blackout dan Asphalt Xtreme: Offroad Racing.

Sayangnya, fitur keamanan Luna minus pemindaian sidik jari. Padahal sejumlah vendor lain sudah menyertakan fitur keamanan sidik jari untuk smartphone-nya.

back to menu ↑

Kamera

Review Smartphone Luna: Detail Spesifikasi & HargaKendati memiliki desain mirip iPhone 6 Plus, ternyata menu kamera Luna V55C memiliki fitur yang sangat berbeda. Resolusi kamera Luna lebih tinggi, yaitu 13 MP dan 8 MP. Dan pada kamera tersebut juga terdapat pengaturan exposure, saturation, sharpness dan contrast. Fungsi tersebut tak terdapat pada iPhone 6. Padahal bagi pehobi fotografi tentunya masih ingin melakukan pengaturan tersebut secara manual.

Bagi yang suka bereksperimen menambahkan efek pada foto, tersedia pilihan Vivid, Lomo, Fisheye, Aura red dan Aura Orange. Mode scene juga dapat dipilih antara Normal, Portrait, Landscape, Landscape portrait, Night atau Night portrait. Tersedia juga pilihan HDR, pengaturan White Balance, Selftimer, Pengendalian shutter, deteksi kedipan, pengaturan ISO, pilihan kualitas foto, ukuran foto dan masih banyak lagi. Berikut beberapa merupakan foto yang diambil dengan kamera luna sobat Sinyaliti.

Review Smartphone Luna: Detail Spesifikasi & Harga

Beberapa mode yang tersedia pada fitur kamera adalah Auto, Burst shot, Best shot, Slow motion video, Time lapse recording, Watermark, Object erase, Motion photo, Cinemagraph, Panorama dan Dynamic Lighting. Pada Burst Shot, kamera dapat memotret terus menerus hingga lebih dari 100 foto, sobat sinyaliti dapat memilih hasil terbaik dari pemotretan tersebut. Sedangkan pada Best Shot, secara otomatis fitur ini akan memilihkan hasil terbaik. Object erase dapat membuang object yang berada di dalam foto. Sementara Watermark memungkinkan sobat untuk membubuhkan nama lokasi secara otomatis pada foto. Saat melakukan pemotretan menggunakan mode Panorama, sobat dapat memilih untuk menggeser kamera secara vertikal atau horisontal.

Pilihan mode yang tersedia pada kamera depan ternyata lebih sedikit, hanya terdiri dari Auto, Burst shot, Time lapse recording, Cinemagraph dan Dynamic lighting. Namun tetap saja tersedia berbagai pengaturan pemotretan, termasuk pengaturan manual berupa exposure, saturation, contrast dan sharpness. Berikut beberapa juga merupakan foto yang diambil dengan kamera luna sobat Sinyaliti.

Review Smartphone Luna: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Daya tahan baterai dari Luna pun terbilang cukup baik. Selama penggunaan sehari-hari, baterai smartphone dapat bertahan sekitar 8 sampai 9 jam. Daya tahan baterai Luna yang memiliki kapasitas 3.000 mAh memang agak cepat boros. Namun paling tidak bisa cukup tahan seharian bila hanya digunakan untuk browsing dan menggunakan aplikasi messenger saja. Sementara untuk pengisian daya cukup patut diacungi jempol karena hanya membutuhkan waktu yang singkat. Tetapi sebaiknya saat charging jangan digunakan untuk beraktivitas karena bodi Luna mudah panas. Namun bila charging dilakukan tak sambil dipakai, suhunya lumayan stabil. Lebih detail mengenai reviewnya dalam bentuk video, klik disini. Baca Juga: Review Wiko Pulp FAB: Resolusi Kamera Mumpuni, klik disini

8 Total Score
Good!

Membuat kejutan baru dengan amunisi terbarunya yang siap masuk pasar Indonesia dan yaitu Luna smartphone, yang menariknya smartphone Luna ini memiliki desain yang sangat mirip dengan iPhone dengan body metal yang sangat ringan. Smartphone Luna ini memiliki luas layar 5,5 inci, resolusi full HD 1080p.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Tampilan yang mewah dengan body full metal
  • Layar 4.5 inchi, IPS LCD Capasitive
  • Jaringan 4G LTE Cat 4 1500/50 mbps
  • OS Android v 6.0 Marsmallow
  • Chipset Snapdragon 410, Quad Core 1.2 GHz
  • RAM 1.5 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Kamera utama 5 MP, autofocus, LED flash dan perekam video 720p
  • Baterai 2050 mAh
Kekurangan
  • Tidak dilapisi peranngkat keamanan layar
  • Kamera depan hanya beresolusi 2 MP saja
  • Belum dilengkapi fitur keamanan Fingerprint Scanner
User Rating: 5 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0