Review Meizu M5: Baterai Kapasitas Jumbo

Sinyaliti.com – Seperti yang kita ketahui bersama, Meizu merupakan salah satu perusahaan smartphone terbesar di China. Mereka berhasil merilis beragam tipe smartphone Android yang dilengkapi berbagai fitur canggih untuk mengoptimalkan laju performanya. Tak hanya itu, Meizu juga konsisten meracang smartphone murah dengan desain premium yang bisa bersaing melawan smartphone buatan Samsung, Apple, LG, ataupun lainnya. Nah, belum lama ini mereka telah merilis smartphone murah bernama Meizu M5.

Spesifikasi smartphone ini tergolong tinggi, dengan harga yang murah, namun tidak murahan. Bahkan kecanggihan teknologinya telah terbukti dengan hadirnya fitur Fingerprint Sensor dan processor Octa Core yang tertanam dibalik bodinya. Masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki smartphone berlayar 5.2 inci ini. Nah, untuk melihat apa saja kelebihannya. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Meizu m5

Desain Meizu m5

Harga, Spesifikasi, Meizu M5

Harga Meizu M5 memang dibanderol sangat murah, sehingga smartphone ini sangat cocok bagi pencinta gadget yang mencari smartphone murah berkualitas tinggi. Kualitasnya bisa terlihat pada layarnya, karena mengadopsi layar 5.2 inci yang dilapisi kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen dan panel layar IPS beresolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut diklaim memiliki contrast rasio 1000:1 dan kejernihannya 380 nits. Sedangkan untuk kerapatan pixelnya menembus 282 pixel per inci.

Kemudian dari segi desain, smartphone ini dibalut bodi berbahan polycarbonat atau plastik dengan ukuran panjang 147.3 mm, lebar 72.8 mm, ketebalan 8.2 mm, dan bobotnya sekitar 138 gram. Desainnya tergolong sangat tipis dan ringan, sehingga membuat Meizu M5 mudah dioperasikan dan nyaman digenggaman. Selain itu, tersedia pula 5 pilihan warna menarik yang terdiri dari warna Mint Green, Glacier White, Champanage Gold, Sapphire Blue, dan Matte Black.

Harga, Spesifikasi, Meizu M5

Walaupun bodinya terbuat dari material polycarbonat, namun Meizu merancangnya dengan teknologi CNC. Bahkan untuk varian warna Matte Black telah dirancang secara khusus agar casing belakangnya terhindar dari goresan dan bekas sidik jari tangan. Selain itu, tersedia pula warna Mint Green yang dibuat dengan teknologi UV coating, sehingga warnanya tak mudah pudar ketika dipakai dibawah terik matahari. Menariknya lagi, pada bagian depan telah terpasang Fingerprint Sensor (mTouch 2.1) untuk mengoptimalkan sistem keamanan smartphone ini.

back to menu ↑

Fitur

Harga, Spesifikasi, Meizu M5

Untuk mempermudah akses komunikasi, Meizu M5 dilengkapi dua slot kartu sim. Sayangnya smartphone ini mengadopsi slot hybrid, sehingga sobat sinyaliti harus memilih diantara memakai fitur Dual Sim atau memori ekternal. Berbicara mengenai memori ekternal, smartphone ini mendukung microSD hingga kapasitas 256GB. Sedangkan untuk akses internetnya, Meizu M5 mampu mengakses internet pada jaringan 3G HSPA ataupun 4G LTE dengan sangat lancar. Lalu ada pula konektivitas nirkabel yang terdiri dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (Dual Band) dan Bluetooth v4.0.

Harga Meizu M5 sangat murah, sehingga membuatnya belum dilengkapi fitur NFC dan port USB Type-C. Namun sobat tak perlu kecewa, karena smartphone ini dibekali fitur navigasi GPS yang dioptimalkan oleh teknologi satelit A-GPS serta Glonass. Kemudian untuk sektor baterai, Meizu M5 mengandalkan baterai berkapasitas 3.070 mAh sebagai suplai energinya. Tak disebutkan adanya fitur fast charging, namun baterainya sangat awet dengan waktu bicara hingga 37 Jam dan waktu siaga mencapai 360 Jam.

Sebagai smartphone yang hadir di akhir tahun 2016, Meizu M5 Note tentunya telah dibekali sensor fingerprint. Sensor ini disematkan pada bagian tombol home yang dinamakan mTouch. Dengan hadirnya fitur ini dapat membantu penggunanya untuk membuka kunci smartphone dengan menggunakan sidik jari hanya dalam waktu 0,2 detik saja. Bahkan sensor fingerprint ini dapat digunakan untuk pembayaran secara mobile.

Untuk melindungi mata dari radiasi cahaya, Meizu M5 Note telah dibekali dengan fitur eye-protection mode. Layaknya Xiaomi yang memiliki sistem operasi modifikasi MIUI 8, Meizu juga membenamkan Flyme OS 6.0 yang merupakan hasil modifikasi dari Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan antar muka dan fitur-fitur yang menarik.

back to menu ↑

Performa

Harga, Spesifikasi, Meizu M5

Walaupun harga Meizu M5 dibanderol murah, namun dapur pacunya tetap powerfull. Kemampuannya tak lepas dari pemakaian chipset Mediatek MT6750 yang berpadu dengan processor Octa Core 1.5 Ghz Cortex-A53. Lalu ada pula GPU Mali-T860MP2 yang menambah performa Meizu M5 ketika dipakai bermain game ataupun menonton video beresolusi tinggi. Kemungkinan smartphone ini belum mampu memutar video 4K, namun sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai game terbaru dengan lancar.

Meizu M5 mengadopsi sistem operasi YunOS yang dipercantik oleh antarmuka Flyme 5.5. Kemudian untuk sektor penyimpanan, Meizu menyediakan dua opsi kapasitas memori yang otomatis akan mempengaruhi harga Meizu M5. Dimana untuk versi termurah memiliki memori internal 16GB dan Ram 2GB. Selain itu, tersedia pula versi Ram 3GB dan Internal 32GB yang otomatis membuat harga Meizu M5 Ram 3GB dibanderol lebih mahal. Tak peduli berapapun harga Meizu M5, smartphone ini tetap menarik untuk dimiliki dan menawarkan pengalaman berbeda ketika mengoperasikannya.

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Meizu M5

Harga Meizu M5 tergolong sangat murah dan performanya mampu mengalahkan rival-rivalnya. Lebih hebatnya lagi, smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 13 Megapixel yang dimaksimalkan oleh teknologi Phase Detection Autofocus. Hadirnya teknologi PDAF membuat kamera Meizu M5 memiliki kecepatan focus 0.2 detik, sehingga mampu mengabadikan setiap momen dengan hasil foto terbaik, tajam, dan pastinya sangat jernih. Tak hanya itu, pada bagian belakang juga tersedia fitur Dual Tone LED Flash dan smartphone ini mengadopsi lensa dengan lebar aperture f/2.2 dan 5P Lens.

Kameranya mampu merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps, sehingga sobat hariangadget bias mengandalkannya untuk mengabadikan semua momen. Sedangkan untuk bagian depan, Meizu melengkapinya dengna kamera selfie beresolusi 5 Megapixel. Agar kameranya semakin mumpuni ketika dipakai selfie pada kondisi low light, maka Meizu M5 mengadopsi lensa dengan aperture f/2.0. Selain itu, kameranya juga bisa dipakai untuk mengakses video call ataupun video chat yang memanfaatkan teknologi VoLTE.

back to menu ↑

Baterai

Bersaing dengan smartphone baterai berkapasitas besar seperti Xiaomi Redmi Note 4, Redmi Note 4 (Snapdragon), Redmi 3, dan ZenFone 3 Max, Meizu M5 Note telah dibekali baterai berkapasitas besar mencapai 4.000 mAh. Baterainya sendiri telah didukung teknologi fast charging mCharge. Proses pengisian daya baterai smartphone dapat berlangsung dengan cepat, bahkan hanya 90 menit saja hingga kondisi penuh 100 persen.

Melihat ulasan fitur, spesifikasi, dan harga Meizu M5 yang dibanderol dengan sangat murah. Apalagi dengan fitur Fingerprint Sensor dan kamera beresolusi tinggi yang didukung fitur PDAF didalamnya akan menunjang berbagai kegiatan sehari-harimu sobat sinyaliti. Sayangnya smartphone ini masih menggunakan bodi plastik polycarbonat yang terasa kurang mewah dibandingkan smartphone sekelasnya yang dibalut bodi metal. Namun sobat sinyaliti tak perlu kecewa, karena kekurangan tersebut akan tertutupi oleh performa dapur pacu yang dimilikinya. Simak review dalam bentuk video berikut ini untuk penampakan yang lebih dekat, dan spesifikasi yang lebih detail sobat Sinyaliti. Klik disini ya. Baca Juga: Review Wiko Lenny 2: Warna-Warni Stylish Wiko Lenny 2, klik disini

8 Total Score
Good!

Meizu M5 akan hadir dengan membawa desain premium dengan bodi metal serta akan dibekali dengan spesifikasi sangat mumpuni, seperti akan berjalan pada sistem operasi Android v6.0 Marsmallow. Kemudian untuk bagian layar, Meizu M5 akan mengsung layar 5.0 inci IP LCD yang tentunya sangat optimal saat digunakan untuk main game maupun menonton film, apalagi dengan resolusi layar 720 x 1280 pixels yang tentunya memberikan kualitas warna yang jernih dan tajam.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Harga Meizu M5 dibanderol sangat murah
  • Memiliki layar 5.2 inci beresolusi HD dan dilapis pelindung kaca 2.5D
  • Kapasitas baterainya sangat besar dan daya tahannya awet
  • Memiliki fitur Fingerprint Sensor
  • Performanya sangat powerfull
  • Support 4G LTE dan VoLTE
  • Kamera utama beresolusi 13 Megapixel dengan fitur PDAF
  • Kamera selfienya 5 Megapixel
Kekurangan
  • Baterai tidak bisa dicopot
  • Memakai slot sim card hybrid yang artinya kita tak bisa memakai microSD apabila memakai fitur dual sim
  • Tidak ada NFC
  • Bodinya belum metal
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0