Review Meizu M6: Smartphone Budget Dengan Layar Full-Screen

Sinyaliti.com – Meizu merupakan brand yang cukup populer di China serta produsen smartphone yang terbilang cukup berkualitas. Dan baru-baru ini mereka secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yang bernama Meizu M6 di pasar Tanah Air. Melalui akun resminya di Instagram Meizu Indonesia mengumumkan bahwa kehadiran jagoan barunya itu, dan menjadi smartphone pertama dari vendor untuk tahun 2018 ini.

Meski terlahir sebagai salah satu ponsel mid-range, namun smartphone ini membawa sejumlah keunggulan tersendiri yang tidak kalah menarik dengan beberapa produk garapan pabrik lain. Maka tak heran jika smartphone ini disinyalir akan menarik perhatian para calon konsumen di Indonesia, khususnya para pengguna pemula.

Lantas, apa saja sih keunggulan yang ditawarkan oleh Meizu M6 ini? Mau tahu secara lebih lengkap? Yuk, simak saja ulasan tentang spesifikasi dan harga dari Meizu M6 di bawah ini.

Spesifikasi Detail Meizu M6

Desain Meizu M6

Di sektor bodi dan visual, Meizu M6 sendiri hadir dengan memadukan material metal dan polycarbonat untuk menghasilkan desain premium. Hadir di segmen kelas mid-range, smartphone buatan pabrik asal Negeri Panda ini memiliki dimensi dengan ukuran panjang 148.2 mm, lebar 72.8 mm, ketebalan 8.3 mm, dan berat 143 gram.

Selain itu, perangkat ini juga membawa layar yang cukup lebar, yakni seluas 5.2 inci dengan kualitas resolusi HD 720 x 1280 piksel. Layar tersebut sudah menggunakan panel IPS LCD capacitive touchscreen yang memiliki kerapatan 282 ppi dan menggunakan kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen sebagai penunjang tampilan visualnya.

Tak hanya itu saja, layar tersebut juga telah dibalut antarmuka Flyme UI 6.0. User interface-nya terlihat sangat menarik dan bisa dipercantik lagi dengan beragam pilihan tema.

Meizu M6

Menariknya lagi, Meizu M6 juga sudah dilengkapi dengan teknologi GFF Full Lamination yang membuatnya memiliki kontras rasio 1.000 : 1. Sehingga mampu menampilkan berbagai macam konten dengan kualitas visual yang lebih jernih dan tajam.

Sayangnya, pada sektor layar masih belum dilengkapi dengan proteksi atau perlindungan layar. Sehingga sangat disarankan kepada pengguna untuk memasang screen guard sendiri secara manual guna melindungi layar dari goresan.

Sementara itu, pada bagian depannya tidak ada tombol “Back” dan “Recent App”, karena sudah terpasang tombol “Home” yang disebut sebagai mTouch sebagai navigasi utama smartphone ini. Tak ketinggalan, Meizu juga melengkapinya dengan sensor pemindai sidik jari.

back to menu ↑

Fitur

Pada sektor konektivitas, Meizu M6 dapat dikatakan cukup canggih. Dimana perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE yang mampu memberikan kualitas sinyal yang kuat serta kecepatan akses internet yang begitu responsif.

Selain itu, guna menunjang komunikasi maka Meizu telah menyediakan dual slot SIM Card, yang mana kedua kartu SIM tersebut bisa digunakan atau dioperasikan secara bersamaan. Sayangnya, smartphone ini memakai slot SIM hybrid. Jadi pengguna harus mengorbankan salah satunya ketika ingin menggunakan microSD.

Di samping itu, Meizu M6 juga sudah dilengkapi dengan beberapa konektivitas jarak dekat seperti WiFi, dual band, dan Hotspot. Yang mana ketiganya bisa digunakan untuk memancarkan sinyal atau menangkap sinyal internet secara gratis.

Sementara itu, perangkat ini juga telah disematkan beberapa fitur koneksi lain yang dihadirkan untuk menunjang aktivitas transfer data antar perangkat seperti Bluetooth dan microUSB.

Sedangkan di sisi lain, yang tak kalah penting yaitu pemetaan lokasi, dimana Meizu M6 masih mengandalkan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS sebagai navigasi yang lebih akurat.

back to menu ↑

Performa

Lalu untuk dapur pacunya, smartphone ini juga mengandalkan performa kinerja yang cukup handal untuk sekelas perangkat mid-range. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan beberapa komponen mesin pacu yang cukup mumpuni. Hal itu bisa dilihat dari setiap sektor yang dimilikinya.

Pertama, perangkat ini menggunakan chipset Mediatek MT6750 yang di dalamnya terpasang processor Octa-Core 1.5 Ghz (4×2.0 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53) yang memiliki performa multitasking dan gaming mumpuni.

Kedua, komponen yang cukup modern dan canggih tersebut tentunya akan memberikan performa ponsel yang gahar dan mumpuni.

Di lain sisi, Meizu M6 juga bakal disokong oleh dua pilihan memori, yaitu varian RAM 2 GB + memory internal 16 GB, dan varian RAM 3 GB + memory internal 32 GB. Dimana, kedua RAM yang dibawa smartphone buatan Meizu tersebut akan sanggup memberikan kecepatan performa yang lebih gesit dan tentunya responsif, khususnya pada saat multitasking.

Kapasitas ruang penyimpanan yang dibawa smartphone ini juga masih bisa diperluas lagi hingga 256 GB dengan microSD. Hanya saja, seperti yang telah disebutkan di atas, smartphone ini memakai slot SIM hybrid.

Jadi, pengguna harus mengorbankan salah satunya ketika ingin menggunakan microSD. Meski demikian, jika dilihat secara merata, tampaknya sektor penyimpanan yang ditawarkan pada spesifikasi Meizu M6 ini terbilang sudah cukup memadai di kelasnya.

Sementara itu, untuk urusan grafisnya sendiri, Meizu M6 akan membawa sebuah kartu grafis yang cukup handal, yakni GPU Mali-T860MP2 yang dipastikan bakal membuat tampilan grafiknya menjadi lebih lembut dan jelas.

Sedangkan di sisi lain, platform yang digunakan handset ini juga cukup mampu diandalkan. Pasalnya, handset ini mengandalkan OS Android Marshmallow dengan ragam fitur terbaru yang cukup menarik.

back to menu ↑

Kamera

Berkaitan dengan sektor fotografi, sepertinya Meizu ingin memanjakan penggunanya dalam aktivitas fotografi dengan menawarkan dual-camera yang beresolusi cukup mumpuni, yaitu kamera depan dan belakang.

Untuk kamera belakang, Meizu M6 hadir dengan kamera belakang 13 MP yang memiliki aperture f/2.2, yang dilengkapi pula dengan fitur pendukung berupa phase detection autofocus dan dual-tone LED Flash. Dimana dengan kemampuannya tersebut, tentu akan memberikan hasil bidikan foto yang sangat menawan dan berkualitas.

Menariknya, smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video berkualitas Full HD 1080p@30fps menggunakan kamera belakang tersebut.

Meizu M6

Sementara untuk kamera bagian depan, smartphone mengandalkan kamera beresolusi 8 MP yang memiliki 4-element lensa dan aperture f/2.0. Menariknya, meski memiliki resolusi yang lebih kecil dari kamera belakang, namun tetap sanggup memberikan hasil jepretan foto selfie yang cukup memuaskan.

Dan untuk menunjang aktivitas fotografi secara umum, maka lini dokumentasi perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang seperti Geo tagging, touch focus, dan juga face detection, yang semakin melengkapi spesifikasi dari Meizu M6.

back to menu ↑

Baterai

Untuk menyuplai kebutuhan daya pada perangkat ini, perusahaan pun membenamkan sebuah baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion) yang memiliki kapasitas 3.070 mAh yang tidak bisa dilepas. Tak ketinggalan, terdapat pula fitur fast battery charging.

Jika melihat dan membandingkan antara spesifikasi yang diusung Meizu M6 dengan kapasitas baterai yang disediakan tersebut, sepertinya sudah dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan akan suplai dayanya.

Sudah dijual mulai pekan ini, Meizu M6 hanya tersedia secara offline di toko-toko konvensional mitra vendor. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2 juta untuk varian RAM 2 GB + memory internal 16 GB. Sementara untuk varian RAM 3 GB + memory internal 32 GB, dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Meizu yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Yang menarik dari Meizu M6 adalah bodinya menggunakan bahan metal berkelas dengan layar HD seluas 5.2 inci. Apalagi pada sisi sektor dapur pacunya, Meizu M6 dibekali prosesor Octa-Core dengan dua pilihan RAM berkapasitas 2 GB atau 3 GB. Selain itu, Meizu juga menyematkan dual-camera 13 MP dan 8 MP yang siap memberikan hasil bidikan foto berkualitas.

Desain
8
Performa
7.5
Fitur
7.5
Kamera
7.5
Baterai
8
PROS
  • Didukung akses jaringan internet berkecepatan 4G.
  • Daya baterai besar 3070 mAh yang awet dan tahan lama.
  • Fitur konektivitas yang lengkap.
  • Kamera utama mengusung lensa 13 MP.
  • Kamera depan untuk selfie menggunakan lensa 8 MP.
  • Sektor internal luas mengusung ruang penyimpanan 32 GB.
  • Performa dapur pacu mumpuni dengan 3 GB RAM.
  • Layar jernih 5,2 inch dengan resolusi full HD.
  • Sudah didukung fitur fingerprint dan fast battery charging.
CONS
  • Menggunakan baterai tanam.
  • Belum ada proteksi layar.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password