Review Motorola Moto M: Hadir Membawa Kamera Utama 16MP 4K

Sinyaliti.com – Perusahaan yang kini telah bergabung dengan vendor Lenovo, yaitu Motorola, resmi merilis smartphone terbaru yang disasarkan ke pasar menengah ke bawah. Motorola Moto M namanya. Smartphone yang satu ini merupakan smartphone yang memiliki bodi terlihat flagship dan juga premium.

Kabarnya smartphone ini mematok harga yang cukup tinggi. Dengan mematok harga yang cukup tinggi, tentu smartphone ini juga dibekali dengan beragam fitur canggih dan mumpuni untuk bersaing dengan smartphone lain di pasaran smartphone Indonesia. Ya, smartphone ini tak hanya mengandalkan layar besar, namun juga performa powerfull yang membuatnya memiliki kinerja multitasking dan mobile gaming sangat lancar. Performanya diklaim memiliki RAM dengan kapasitas besar yang dipadukan dengan baterai berkapasitas monster pula. Di sisi lain, tersedia pula kamera beresolusi tinggi untuk menunjang kebutuhan fotografi. Dan masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki smartphone canggih ini.

Penasaran kan dengan ponsel pintar besutan Motorola ini? Yuk, kita ulas berbagai keunggulan yang dimilikinya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Motorola Moto M

Desain Motorola Moto M

Dengan tampilan desain yang dinamis, dijamin bahwa ponsel pintar yang satu ini tak butuh waktu lama untuk menarik perhatian seluruh penggila smartphone flagship di Indonesia. Ya, Motorola Moto M datang dengan mengusung desain unibody. Mengusung material full metal, ponsel pintar ini memiliki bentangan layar yang cukup luas, yakni 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel yang sudah dilapisi dengan lapisan Gorilla Glass. Dari segi rasio layar dengan body memang terlihat masih memiliki tepian bezel yang cukup luas dengan rasio 73.1% screen to body.

Layar Motorola Moto M sendiri memiliki kerapatan piksel sebesar 401 ppi dengan kedalaman warna 16 juta warna dan dilindungi pula oleh kaca lengkung 2.5D. Layar tersebut terlihat sangat tajam, karena smartphone ini mengadopsi panel Super AMOLED Display yang membuat setiap gambar terlihat tajam dan aman saat bermain game ataupun menikmati berbagai konten video beresolusi tinggi.

Desain Motorola Moto M

Sementara untuk dimensinya sendiri, Motorola Moto M memiliki ukuran panjang 151.4 mm, lebar 75.4 mm, dan ketebalan hanya 7.9 mm. Sedangkan bobotnya mencapai 163 gram. Jadi meskipun berbody tipis dan menggunakan material full metal, toh terasa cukup nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan tangan. Hal ini disebabkan adanya lengkungan bodi belakang yang disesuaikan dengan tekstur kulit manusia.

Tampilan depan ponsel ini juga terlihat cukup simple dan tidak neko-neko. Cukup hanya menaruhkan kamera depan pada tepian atas serta logo khas Motorola yang terletak pada tepian bagian bawah. Dengan menempatkan logo pada tepian bawah menjadikan ponsel ini harus menempatkan tiga tombol capcitive-nya berada di dalam layar, sama dengan tampilan pada tombol dari Motorola Moto Z. Sedangkan pada bagaian belakangnya terdapat kamera utama bersama bulatan sensor fingerprint, menambahkan kesan kece dari desain back cover-nya.

back to menu ↑

Fitur

Motorola Moto M sendiri hadir dengan berbekal koneksi jaringan yang bisa diandalkan dalam mengarungi dunia maya. Selain adanya kemampuan 4G LTE Cat.6 yang memungkinkan akses internet lebih cepat saat menonton video streaming, browsing, ataupun bermain game online, Motorola Moto M juga datang dengan koneksi yang terbilang cukup komplit dari segi jaringan koneksi. Yaitu jaringan GSM, CDMA, dan HSPA untuk kemampuan kecepatan akses koneksi HSPA yang kecepatannya menembus 42.2 dan bisa dipakai mengupload file pada kecepatan 5.76 Mbps.

Sementara untuk kemampuan 4G LTE Cat.6, kecepatan internetnya mampu menembus 300 Mbps dan bisa dipakai mengupload file pada kecepatan 50 Mbps.

Fitur Motorola Moto M

Di sisi lainnya, tersedia pula sistem keamanan Fingerprint Sensor yang ditempatkan pada cassing bagian belakang. Fitur Fingerprint Sensor ini dipersiapkan untuk mengoptimalkan sistem keamanan data dan menjaga privacy penggunanya. Teknologi Audio Dolby Atmos juga dimiliki oleh smartphone ini.

Motorola Moto M juga menawarkan perangkat konektivitas jarak dekat yang akan dibutuhkan dalam melakukan akses internet lebih hemat secara gratis kapan saja dan dimana saja ataupun berbagi file-file seperti konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band dan Hotspot. Kemudian ada pula Bluetooth v4.1 dan microUSB yang akan memungkinkan berbagi data menjadi lebih cepat. Smartphone ini juga telah menggunakan sistem navigasi GPS yang dimaksimalkan oleh fitur A-GPS dan GLONASS.

back to menu ↑

Performa

Motorola Moto M mengandalkan kinerja pada chipset MediaTek Helio MT6750, yang akan terasa cukup solid dengan perpaduan tenaga dari processor Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53. Spesifikasi hardware tersebut tentunya akan menyuguhkan performa kerja yang tak perlu ditanyakan lagi kecanggihannya. Apalagi dengan adanya dukung RAM 3 GB yang akan turut serta membantu proses kinerja multitasking yang lancar anti lag dan juga untuk aplikasi-aplikasi dengan kapasitas besar.

Sementara untuk kartu pengolah grafis, smartphone mengandalkan pada GPU Mali-T860MP2 yang akan menambah performa smartphone ini ketika dipakai saat bermain game ataupun aplikasi berat. Artinya, Motorola Moto M ini akan mampu mengolah kinerja grafis pada game yang sekelas FHD untuk bekerja secara sempurna dengan tampilan yang berkualitas tinggi.

Perform Motorola Moto M

Lalu untuk sistem operasi, Motorola Moto M menerapkan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 yang merupakan OS terbaru besutan robot hijau. Sistem operasi Android ini telah terinstal ke dalam memori internal berkapasitas 32 GB.

back to menu ↑

Kamera

Kali ini merupakan fitur yang paling banyak dicari oleh kebanyakan dari pengguna smartphone, yaitu kamera. Kamera dari ponsel ini sendiri tidak bisa kita pandang sebelah mata. Pasalnya, untuk kamera Motorola Moto M memiliki kamera utama yang resolusi lensanya cukup besar. Selain itu, lensa tersebut juga bisa menghasilkan bidikan gambar yang begitu mantap.

Berbekal lensa beresolusi 16 MP, Motorola juga melengkapinya dengan LED Flash yang begitu solid serta fitur Phase Detection Autofocus yang nantinya akan mempercepat pengambilan focus objek foto. Beberapa fitur-fitur modern yang dimiliki Moto M juga sangat komplit seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR.

Kamera Motorola Moto M

Untuk fitur video recording, kamera utama mampu menghasilkan video dengan resolusi Full HD 1080p@30fps. Sayangnya, kamera belakang Moto M belum bisa digunakan untuk merekam video beresolusi 4K.

Dan untuk kamera bagian dapan kita akan mendapati kamera dengan lensa 8 MP. Meski kamera depan ini tanpa LED Flash yang bisa mencerahkan bidikan gambar, namun hasil jepretan fotonya tidak terlalu mengecewakan. Sehingga bisa diandalkan ketika menikmati konten multimedia ataupun foto selfie dengan menggunakan fitur seperti Face Detection, Beautify, dan yang lainnya.

back to menu ↑

Baterai

Motorola membekali smartphone Moto M ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu baterai berkapasitas 3.050 mAh. Nantinya baterai ini dapat terisi dengan sangat cepat. Pasalnya, Motorola melengkapinya dengan fitur Fast Charging. Namun sayang, baterai tersebut tidak bisa dilepas.

Berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga dari Motorola Moto M di Indonesia? Jika sobat sinyaliti.com penasaran dan berminat ingin memiliki ponsel ini, kamu bisa klik harganya di sini.

8 Total Score
Good!

Motorola Moto M merupakan smartphone yang dibekali dengan beragam fitur canggih dan mumpuni. Mengandalkan kinerja pada chipset MediaTek Helio MT6750, kinerja spek Moto M terasa cukup solid dengan perpaduan tenaga dari processor Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53. Ditambah lagi dengan kehadiran kamera beresolusi 16 MP, RAM dengan kapasitas besar, dan baterai berkapasitas monster, menjadika smartphone ini semakin canggih dan mumpuni untuk bersaing dengan smartphone lain di pasaran smartphone Indonesia.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar 5.5 inches dengan panel IPS LCD.
  • Menggunakan kaca lengkung 2.5 D serta lapisan Gorilla Glass.
  • RAM besar serta storage yang mencukupi.
  • Koneksi internet yang begitu cepat dengan koneksi 4G LTE.
  • Kemampuan dapur pacu yang cukup apik.
  • Dimensi ukuran yang cukup tipis.
  • Desain yang cukup mantap.
  • Support USB OTG.
  • Support Fast Charging.
Kekurangan
  • Baterai yang sangat sulit untuk dilepas.
  • Tidak menyediakn slot microSD dan harus mengorbankan slot SIM jika ingin menggunakan microSD.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0