Review Moto Z Play: Handphone Transformer dengan Fitur Sound JBL SoundBoost Speaker

Sinyaliti.com – Motorola Moto Z Play menjadi salah satu andalan lainya dari Lenovo untuk bersaing dikelas mid – range. Jika dilihat dari desain dan tampilanya, Lenovo Moto Z Play masih membawa desain yang sama dengan Motorola Moto Z, hanya spesifikasi yang dibawa sedikit lebih rendah. Sebut saja Layar 5.5 inchi Full HD, OS Android terbaru Marsmallow dan adanya dukungan jaringan 4G LTE. CPU tangguh Snapdragon 625 Octa Core 2.4 GHz yang dipasangkan dengan RAM 3 GB dan GPU Adreno 506 untuk kinerja komputasinya. Beralih ke sektor kamera Lenovo Moto Z Style akan ditenagai sepasang kamera canggih yang memiliki resolusi 16 MP & 5 MP. Selain itu ada juga baterai 3510 mAh lengkap dengan fast charging. Nah untuk kalian yang berniat membeli Motorola Moto Z Play ini, berikut spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi Detail Moto Z Play

Desain Moto Z Play

 Moto Z Play

Sebagai varian dari keluarga Moto Z, Z Play masih memiliki desain dasar yang serupa dengan kakaknya tersebut. Moto Z Play hadir dengan desain unibody dengan kombinasi bahan metal, dan kaca yang menghasilkan bodi yang kokoh. Ketebalan bodi smartphone ini mencapai 6.9 mm, berbeda cukup jauh dari Moto Z yang hanya berketebalan 5.2 mm saja. Namun, ketebalan “ekstra” itu membuat smartphone yang satu ini memiliki suatu keunggulan tersendiri.

 Moto Z Play

Bodi Z Play, walaupun terasa cukup tebal, smartphone ini tetap nyaman dalam genggaman. Menggunakan lapisan kaca, bodi smartphone ini tidak licin, sehingga tidak mudah terlepas dari tangan penggunanya. Namun, lapisan kaca tersebut mudah sekali kotor terkena bekas minyak dan kotoran yang menempel di tangan. Hal ini dapat diatasi dengan mods cover Style Shell , yang juga telah tersedia pada paket penjualannya. Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki dimensi 156.4 x 76.4 x 6.99 mm.

 Moto Z Play

Smartphone ini hadir dengan ukuran layar yang sama dengan Moto Z, yaitu 5.5″, tetapi dengan resolusi yang lebih rendah, yaitu 1920 x 1080 piksel, alias Full HD. Jenis panel yang digunakan adalah Super AMOLED. Membuatnya memiliki tampilan yang baik di layarnya. Bila dibandingkan dengan dimensi keseluruhan dari Z Play, layar ini memiliki rasio sekitar 69% dari keseluruan sisi depan perangkat.

back to menu ↑

Fitur

Moto Z Play memiliki layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD. Desainnya lebih tebal, karena mencapai 7 mm. Selain itu, Moto Z Play  juga sangat powerfull karena ditenagai chipset Snapdragon 625, Ram 3GB, dan memori internal 32GB. Kemudian untuk sektor fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama 16 Megapixel dengan fitur PDAF, Laser Autofocus, serta kemampuan merekam video 4K. Lalu ada pula kamera depan 5 Megapixel yang sama-sama memiliki fitur LED Flash.

yang menjadi keunggulan smartphone ini, adalah pengguna tidak harus pusing memilih antara menggunakan konfigurasi dual-SIM atau SIM + Micro SD karena slot yang tersedia bukanlah slot “hybrid”. Micro SD yang bisa ditampung smartphone ini memiliki kapasitas hingga 256 GB. Motorola Moto Z Play dilengkapi fitur magnetic connector yang dapat digunakan untuk menambahkan berbagai perangkat modular yang dijual secara terpisah.

Moto Z Play dibekali juga dengan fingerprint scanner yang diposisikan di bawah layar. Namun, sama seperti Moto Z, fingerprint scanner ini tidak mengusung fungsi sebagai tombol “Home”. Semua tombol navigasi di smartphone ini merupakan tombol virtual pada layar. Fingerprint scanner di smartphone ini juga hanya mengusung fungsi tambahan yang mirip dengan tombol power, untuk lock-unlock perangkat. Penempatan fingerprint scanner sendiri berada pada sisi depan, di bawah layar sobat Sinyaliti.

Motorola Moto Z Play juga dilengkapi fitur magnetic connector yang bisa digunakan untuk menambahkan berbagai perangkat modular yang dijual secara terpisah. Tak hanya itu, Motorola juga melengkapinya dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan konektivitas internet yang berjalan pada jaringan 3G HSPA serta 4G LTE. Motorola menyediakan dua varian berbeda, yaitu varian single sim dan dual sim.

back to menu ↑

Performa

Motorola Moto Z Play ini sudah menggunakan komponen premium semacam chipset dari Qualcomm dengan nomor seri Snapdragon 625. Chipset tersebut sudah berisi 8 inti CPU yang siap mengantarkan Motorola Moto Z Play ini menggarap pengolahan data yang berat.

Smartphone ini dibekali dengan RAM DDR3 3 GB dengan storage internal 32 GB. Kapasitas RAM yang diusung Z Play memang tidak lagi bisa dibilang besar untuk kelasnya, tetapi seharusnya sudah cukup untuk berbagai kebutuhan penggunaan smartphone kelas menengah saat ini. Sementara untuk storage, bila dirasa kurang, pengguna dapat dengan mudah menambahkan Micro SD ke Z Play tanpa harus memilih antara SIM #2 atau Micro SD karena memang smartphone ini tidak mengusung slot “hybrid”.

 Moto Z Play

Sementara itu, pada kartu pengolah grafis, Motorola mempercayakan Motorola Z Play ini pada GPU Adreno 506 yang akan memberikan kualitas visual grafis yang luar biasa mengagumkan pada saat sobat Sinyaliti bermain game atau menjalankan aplikasi multimedia. Kemudian untuk platformnya, spesifikasi Motorola Moto Z Play ini menanamkan sistem operasi Android Marshmallow yang dapat memberikan berbagai fitur-fitur terbaru.

 Moto Z Play

back to menu ↑

Kamera

 Moto Z Play

Sumber Foto: android guys

Selanjutnya, pada segi fotografi, spesifikasi Z Play ini membawakan spesifikasi yang berkelas profesional. Tentu saja dengan dibekali kamera utama berukuran 16 MP yang mengadopsi lensa dengan aperture berukuran f/2.0 sobat Sinyaliti akan mendapatkan hasil jepretan yang sangat maksimal. Kamera tersebut akan menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Selain itu, Motorola Moto Z Play ini dilengkapi dengan fitur geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR,, phase detection dan laser autofocus serta dual-LED flash yang bekerja dengan dual tone untuk memaksimalkan pencahayaan ketika sobat mengambil foto pada kondisi low light. Berikut dibawah ini adalah Foto Hasil jepretan kamera Moto z Play.

 Moto Z Play

Kemampuan kameranya semakin sempurna dengan hadirnya fitur video recording yang bisa merekam video hingga resolusi 2160p@30fps, 1080p@30fps, dan 720p@120fps. Kemudian untuk bagian depan, Motorola memanjakan pengguna Moto Z Play dengan kamera beresolusi 5 Megapixel yang memiliki sensor berukuran 1.4 µm dan aperture F/2.2. Menariknya lagi, kamera depan Moto Z Play juga dibekali fitur LED Flash dan kemampuan merekam video Full HD 1080p. Alhasil sobat sinyaliti bisa mengabadikan semua momen dengan hasil foto dan rekaman video terbaik. Berikut dibawah ini juga merupakan hasil foto yang diambil dengan Moto Z Play sobat Sinyaliti.

back to menu ↑

Baterai

Baterai yang digunakan smartphone ini berkapasitas 3510 mAh, lebih besar dari yang digunakan oleh Moto Z. Kapasitas yang lebih besar itu dimungkinkan karena smartphone ini memiliki bodi yang lebih tebal dari Moto Z, sehingga seharusnya memiliki ruang lebih untuk baterai. Kapasitas besar itu tentu saja menarik, mengingat SoC yang digunakan smartphone ini seharusnya cukup hemat daya, yang tentunya menjanjikan waktu penggunaan yang cukup lama dalam sekali isi ulang penuh baterai sobat Sinyaliti, lebih detail mengenai Spesifikasi Moto Z Play, klik disini

Harga

Harga:   -    

Layar

Resolusi:  
Ukuran:
8.5 Total Score
Good!

Mengusung konsep modular (bongkar pasang), Moto Z dan Moto Z Play, sekaligus juga menandai kembalinya Moto di pasar Smartphone premium Tanah Air.

Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Desain stylish dengan balutan bahan metal
  • Layar IPS LCD 5.5 inchi resolusi Full HD yang sangat nyaman digunakan
  • Layar dilapisi dengan Gorilla Glass 4
  • Mendukung kemampuan Dual-SIM stanby
  • Support Jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint sensor
  • Kemampuan terhadap cipratan air ( Splash and dust resistant )
  • CPU Snapdragon 625 Octa Core 2.4 GHz
  • RAM 3GB dan memori internal internal 32 GB.
  • Kamera Utama 16 MP, Hybrid Autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Perekam Video 4K / Ultra HD
  • Baterai 3510 mAh untuk menunjang kinerja HP
  • Dilengkapi fitur fast charging
Kekurangan
  • Harga yang terlalu mahal
  • Kamera depan hanya 5MP saja
  • Baterai Non-removable
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0