Review Motorola Moto Z2 Play: Smartphone Mid-Range Dengan Dukungan Moto Mods

Sinyaliti.com – Motorola kembali memproduksi perangkat terbarunya yang bernama Motorola Moto Z2 Play. Produk ini merupakan versi pembaruan dari Moto Z Play generasi sebelumnya, yang sukses meluncur pada pertengahan 2016 lalu dengan bekalan spesifikasi yang tangguh dan mumpuni. Versi ini akan membawa perubahan yang cukup signifikan dari segi jeroan atau spesifikasi. Sehingga pengguna dari Motorola Moto Z2 Play nantinya bisa mengharapkan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Smartphone yang akan dipasarkan membawa label flagship ini bocoran spesifikasinya sudah beredar di dunia maya, dan sempat menjadi perbincangan hangat publik karena spek-nya yang cukup gahar.

Motorola Moto Z2 Play yang merupakan next generation dari Motorola Moto Z Play ini diprediksi akan mengulang kesuksesan dari perangkat pendahulunya di pasaran pada tahun ini. Penasaran dengan smartphone flagship baru milik Motorola ini? Yuk, langsung saja simak pembahasan spesifikasi dan harga Motorola Moto Z2 Play berikut ini.

Spesifikasi Detail Motorola Moto Z2 Play

Desain Motorola Moto Z2 Play

Motorola Moto Z2 Play tampaknya tetap mempertahankan kualitas dari segi tampilan fisik. Hal ini bisa dilihat dari desain premium yang terlihat stylish, terlebih dengan masih digunakannya casing keren khas Motorola yang cukup mudah dikenali.

Motorola Moto Z2 Play sendiri membawa desain dengan ketebalan yang sangat tipis sekali, yakni hanya berukuran 6 mm saja, dengan bobot yang cukup ringan seberat 145 gram. Meskipun tipis, namun Motorola Moto Z2 Play ini sangat kokoh dan tetap ringan, karena bodinya terbalut dengan material metal yang hadir dengan berbagai pilihan warna.

Sementara pada bagian layarnya mengusung layar lebar seluas 5.5 inci dengan kemampuan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel, yang siap memberikan tampilan visual yang begitu jernih dan tajam.

Tak ketinggalan, untuk memperkuat kesan aura elegan, maka perangkat ini juga telah melengkapi dengan sektor layar panel berteknologi Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors. Layar tersebut hadir dengan kerapatan 534 ppi, sehingga tampilan visual yang disuguhkan benar-benar memukau mata.

Selain dukungan multitouch yang membuat layar makin responsif, spesifikasi Motorola Moto Z2 Play juga disemati proteksi shatterproof yang melapisi layar. Sehingga membuatnya mampu bertahan dalam berbagai goresan.

Kelebihan lainnya yang dimiliki smartphone ini terletak pada dukungan modul Moto Mods, seperti jajaran smartphone flagship Moto Z lainnya. Perusahaan sendiri menjanjikan 11 hingga 15 Moto Mods untuk setiap tahunnya.

back to menu ↑

Fitur 

Beralih pada ulasan spesifikasi Motorola Moto Z2 Play pada bagian konektivitas dan jaringannya. Handset baru milik Motorola ini mendukung penggunaan SIM bertipe nano yang sudah membawa akses jaringan 4G LTE dengan koneksi internet super kencangnya.

Penggunaan jaringan 4G LTE memungkinkan aktivitas download data pada perangkat Motorola Moto Z2 Play ini bisa dipacu pada kecepatan 150 Mbps dan upload data pada 50 Mbps.

Motorola pun masih mempertahankan akses jaringan lama GSM dan HSPA untuk menyediakan koneksi internet. Kedua varian tersebut bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Moto Z2 Play

Selain itu, koneksi secara wireless bisa dilakukan dengan optimal berkat hadirnya fitur WiFi 802.11, dual-band, WiFi Direct, dan juga Hotspot.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan bertukar file, perangkat ini bisa melakukan dengan optimal berkat adanya fitur Bluetooth 4.2, A2DP, EDR, LE, USB Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, dan magnetic connector.

Sistem navigasinya pun tak kalah canggih, karena teknologi A-GPS dan GLONASS juga turut disematkan untuk melengkapi spesifikasi Motorola Moto Z2 Play ini.

back to menu ↑

Performa

Dari sektor terluarnya, kita akan beralih untuk membahas spesifikasi Motorola Moto Z2 Force pada bagian dapur pacunya. Di sektor ini rupanya perangkat mengandalkan kinerja dari chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626 sebagai bagian utama pemrosesannya.

Chipset yang diusung oleh Motorola Moto Z2 Play ini terintegrasi dengan prosesor delapan inti yang terdiri dari dua cluster, yakni Quad-Core 2.35 GHz Kryo dan Quad-Core 1.9 GHz Kryo untuk menghasilkan performa operasional yang gahar. Belum lagi dukungan dua RAM berkapasitas besar 4 GB atau 6 GB yang memastikan segala aktivitas multitasking bisa dijalankan dengan mulus tanpa halangan yang berarti.

Motorola juga menyematkan kartu grafis Adreno 506 agar bisa dipakai untuk memutar game-game canggih dan multimedia terkini.

Selain itu, komponen-komponen yang ada di dalamnya juga telah dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Android Nougat v7.0. Sehingga kinerja dari komponen pada spesifikasi Motorola Moto Z2 Play akan lebih optimal.

Motorola Moto Z2 Play juga dibekali dengan dua opsi memori internal sebesar 64 GB atau 128 GB. Kedua kapasitas memori internal yang ditawarkan Moto Z2 Play tersebut tentu sudah menyediakan ruangan yang super luas untuk menampung berbagai macam file, baik itu file aplikasi maupun hiburan.

Bahkan, ruang penyimpanan dari perangkat ini masih memiliki kemampuan untuk diperluas dengan menggunakan microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Sehingga pengguna bisa melakukan aktivitas penyimpanan file dengan sangat maksimal.

Dengan kapasitas yang begitu memadai tersebut, nantinya sektor penyimpanan dari spesifikasi Motorola Moto Z2 Play ini memang akan menjadi sektor yang cukup diunggulkan.

back to menu ↑

Kamera

Salah satu hal menarik dari spesifikasi Motorola Moto Z2 Play ternyata bisa ditemukan pada lini kamera. Pasalnya, sektor ini dibekali dengan perangkat kamera yang memiliki resolusi cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya.

Untuk sektor belakang, tersemat fitur dual kamera beresolusi 12 MP, lengkap dengan fitur laser dan phase detection autofocus, OIS, dan dual LED flash. Sehingga foto yang dihasilkan melalui kamera tak hanya terlihat tajam, tanpa blur, serta tetap jernih meski diambil dalam kondisi low light.

Selain mumpuni untuk fotografi, kamera utamanya juga bisa menghasilkan beberapa jenis video seperti 2160p@30fps, 1080p@30fps/120fps, dan juga HDR.

Moto Z2 Play

Sektor depan dari Motorola Moto Z2 Plus pun telah dipersenjatai dengan kamera 5 MP dengan fitur dual LED flash. Sehingga memberikan dukungan yang baik untuk aktivitas selfie dan video call.

Fitur-fitur pendukung lain seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR juga turut disematkan pada spesifikasi Motorola Moto Z2 Play ini. Untuk membantu pengguna mendapatkan dokumentasi yang maksimal.

back to menu ↑

Baterai

Melihat perangkat ini yang berada di kategori flagship, maka bisa dipastikan jika komponen-komponen yang menyusunnya membutuhkan daya yang besar. Dan sebagai salah satu sektor yang sangat penting, maka baterai yang diusung ponsel pintar ini pun juga tak sembarangan. Hal itu bisa dilihat dari baterainya, di mana smartphone buatan Motorola ini mengusung baterai Lithium-Ion yang memiliki kapasitas daya hingga 3000 mAh.

Jika ditelusur pada kebutuhan daya dari perangkat ini, sepertinya kapasitas baterai yang diusung olehnya tersebut sudah cukup memadai untuk mencukupi kebutuhan daya.

Yang menarik dari Motorola Moto Z2 Play pada sektor ini adalah sudah dilengkapinya peragkat dengan fitur fast charging, sehingga memungkinkan pengguna mengisi daya dalam waktu yang singkat. Tentu saja dengan keunggulan tersebut akan menjadikan smartphone ini kian menarik.

Nah, dengan kelebihan yang diusung dan disematkan pada Motorola Moto Z2 Play ini, sudah siapkah kamu untuk membelinya?

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Motorola yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Perangkat pintar bernama Motorola Moto Z2 Play ini membawa sejumlah komponen mesin pacu super yang siap memberikan kinerja optimal. Sebut saja RAM 4 GB dan OS Android Nougat terbaru yang dipastikan akan membuat performa kinerja operasionalnya semakin tangguh dan anti lemot. Tak hanya itu saja, Motorola Moto Z2 Play ini pun juga sudah mendukung jaringan 4G LTE dan dual kamera yang cukup canggih sebagai salah satu fitur penunjang kebutuhan setiap penggunanya. Keren bukan?

Desain
8
Performa
8
Fitur
7
Kamera
7.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Smartphone ini mendukung aksesoris modular MotoMods yang membuatnya semakin multifungsi.
  • Tersedia dapur pacu cukup powerfull dan bisa diandalkan untuk bermain game dan menjalankan banyak aplikasi.
  • Memiliki baterai berkapasitas cukup besar yang awet dan bisa terisi sangat cepat, karena didukung fitur fast charging.
  • Tersedia fingeprint sensor untuk meningkatkan sistem keamanan smartphone ini.
  • Memiliki kamera belakang 12 MP dengan kemampuan low light sangat baik.
  • Kamera depannya beresolusi 5MP dengan fitur Dual Tone LED Flash.
  • Desainnya sangat premium, karena dibalut bodi metal dengan bentuk dimensi sangat tipis dan bobot cukup ringan.
  • Mendukung jaringan 4G LTE berkecepatan tinggi dan memiliki fitur Dual SIM.
Kekurangan
  • Harga Motorola Moto Z2 Play akan dibanderol cukup mahal
  • Smartphone ini belum mengantongi sertifikat IP68, sehingga kita tidak bisa membawanya berenang.
  • Resolusi layarnya belum Quad HD, namun layar Moto Z2 Play tetap jernih dan tajam, karena sudah mengadopsi layar Super Amoled Display dengan resolusi Full HD.
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0