Review Nokia 8: Smartphone Flagship Dengan RAM 4 GB

Sinyaliti.com – Akhirnya smartphone high-end Nokia 8 resmi melenggang di pasar smartphone Tanah Air. HMD Global, selaku pemegang lisensi merek ponsel legendaris Nokia, telah resmi mengumumkan kehadiran Nokia 8 di Indonesia dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (13/2/2018) beberapa hari yang lalu.

Smartphone Nokia 8 sendiri pertama kali diperkenalkan secara Internasional pada pertengahan Agustus 2017 lalu. Sementara dalam hirarki produknya, HMD Global mendudukkan Nokia 8 pada posisi teratas sebagai perangkat flagship. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan berbagai komponen kelas atas yang canggih dengan tampilan desain maupun visual yang begitu memukau.

“Nokia 8 adalah smartphone Android kami yang  paling bertenaga saat ini.”, ujar Mark Trundle, selaku Country Manager Indonesia and ANZ HMD Global, ketika berbicara dalam acara peluncuran Nokia 8 di Jakarta beberapa hari lalu.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jelas tentang spesifikasi dan harga dari Nokia 8 ini, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

 Spesifikasi Detail Nokia 8

Desain Nokia 8

Sebagai perangkat kelas menengah atas, spesifikasi Nokia 8 mengusung tampilan eksterior yang tampak begitu mewah dan elegan pada setiap sisi bodinya.

Selain itu, dari segi visualnya pun juga tak kalah atraktif. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan layar seluas 5.3 inci yang memiliki kemampuan resolusi tinggi, yaitu 1440 x 2560 piksel dengan kerapatan 515 ppi. Sehingga mampu menampilkan tampilan yang sangat memukau pada layarnya.

Tak hanya itu saja, flagship garapan Nokia ini juga mengusung panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang akan semakin membuat visualisasinya tampak begitu jernih dan sangat tajam. Apalagi pada layarnya juga sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5, yang akan selalu siap melindungi layar dari setiap benturan dan goresan.

Tubuh Nokia 8 sendiri berbalut cangkang logam aluminium yang tersedia dalam dua varian warna seperti: Polished Blue dan Silver, yang bakal mampu memikat para calon konsumen.

back to menu ↑

Fitur

Selain sektor desain yang menjadi fitur unggulannya, pada spesifikasi Nokia 8 ini juga sudah dibekali dengan beberapa fitur konektivitas dan akses jaringan internet yang cepat. Dimana flagship besutan Nokia ini sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk menjamin kelancaran koneksi internet. Yang mana dukungan jaringan ini, maka diharapkan pengguna dapat menikmati akses internet yang super cepat.

Di sisi lain, perangkat premium milik Nokia ini juga sudah mendukung slot Dual SIM yang dapat digunakan secara bersamaan dalam satu waktu. Sehingga akan mendukung kebutuhan komunikasi yang lebih efisien.

Nokia 8

Sementara untuk urusan konektivitas jarak dekat, smartphone ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur handal, seperti WiFi, dual-band, WiFi Direct, dan Hotspot, dimana keempat fitur tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memperoleh internet secara gratis. Sedangkan jika pengguna ingin bertukar data, maka dapat menggunakan Bluetooh dan microUSB.

Handset ini juga dibekali dengan teknologi sistem navigasi A-GPS dan Glonass. Yang akan memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan pencarian lokasi dengan akurasi yang bisa dibilang cukup tinggi.

Terakhir, smartphone ini juga telah dibekali dengan port USB type-C, ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP54, serta pemindai sidik jari di bagian depan perangkat.

back to menu ↑

Performa

Mengulas sektor dapur pacu dari spesifikasi Nokia 8. Pada sektor ini, produsen ponsel asal Finlandia ini telah membenamkan beberapa komponen handal untuk memberikan performa yang handal pada perangkat besutannya ini.

Salah satunya adalah dengan mengandalkan hardware berupa chipset Snapdragon 835 yang akan dikombinasikan dengan prosesor Octa-Core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo). Sehingga tidak mengherankan jika performa yang akan dihasilkan Nokia 8 terbilang cukup tangguh untuk sekelas perangkat menengah atas. Apalagi dengan adanya RAM berkapasitas 4 GB dan media penyimpanan 64 GB atau 128 GB, yang akan membuat aktivitas multitasking pada Nokia 8 ini dapat dijalankan dengan lancar dan responsif.

Sementara itu, untuk pengolahan grafisnya, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan GPU Adreno 540 yang akan mendukung jalannya berbagai game dengan grafis standar.

Nah, yang paling menarik dari ponsel Nokia 8 ini adalah sudah dijalankannya di atas platform sistem operasi (OS) Android 7.1 Nougat yang sedang dikembangkan menjadi Android 8.0 Oreo. Yang nantinya akan memiliki banyak fitur baru, sehingga kinerjanya sudah pasti lebih ringan dan tangguh.

Sementara untuk urusan simpan menyimpan file atau data, smartphone Nokia 8 sudah dilengkapi dengan dua varian memory internal yang berkapasitas 64 GB atau 128 GB, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna.

Dengan kapasitas sebesar ini, maka sudah dapat dipastikan nantinya pengguna akan dapat menyimpan berbagi macam file data pribadi dengan bebas. Baik itu file sistem maupun file hiburan yang biasanya dikoleksi oleh pengguna.

Bahkan, jika kapasitas ruang penyimpanan dirasa masih kurang, maka ruang penyimpanannya masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD Card, dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB. Sehingga pengguna dapat menyimpan beberapa file yang berukuran besar, seperti aplikasi, game, foto, maupun video.

back to menu ↑

Kamera

Sektor fotografi menjadi salah satu andalan dari perangkat flagship Nokia 8 ini. Pasalnya, pada sektor fotografi ini perusahaan membekali smartphone dengan kamera ganda dengan lensa Carl Zeiss yang memiliki kemampuan resolusi cukup tinggi. Dimana masing-masing kamera tersebut memiliki sensor dengan resolusi 13 MP, phase detection autofocus, satu sensor warna, dengan OIS, Dual-LED (dual tone) Flash, dan juga sensor monokrom.

Dengan adanya fitur-fitur keren ini, dipastikan akan mampu menghasilkan jepretan gambar yang terlihat jernih, tajam, dan juga berkualitas.

Sedangkan untuk kamera depannya akan mengandalkan kamera beresolusi 13 MP yang akan mendukung aktivitas foto selfie maupun video call.

Tak hanya itu saja, selain sensor size, fitur pendukung kamera lain seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR juga turut melengkapi spesifikasi pada sektor fotografi Nokia 8 ini.

Salah satu keunggulan Nokia 8 adalah dilengkapinya dengan fitur OZO Audio. Yang memungkinkan pengguna merekam video dengan suara 360 derajat, sehingga sangat nyata. Selain itu, terdapat pula fitur Dual-Sight yang memungkinkan pengguna memakai kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk sosial media.

back to menu ↑

Baterai

Beralih pada pembahasan berikutnya, yaitu pada sektor penyuplai daya baterai, dimana perangkat ini sudah mendapatkan peningkatan yang lebih handal dibadingkan dengan kapasitas baterai yang disematkan pada seri pendahulunya.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang tersemat pada smartphone ini, sektor penyuplai daya dari Nokia 8 ini pun sudah dilengkapi dengan baterai dari jenis Lithium Ion berkapasitas cukup besar, yakni 3.090 mAh.

Nokia 8

Tak ketinggalan, perusahaan juga sudah melengkapinya dengan fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya dengan lebih cepat. Sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi daya baterainya. Namun sayangnya, jenis baterai yang digunakannya adalah Non-removable, sehingga tidak bisa dilepas.

Bicara soal harga, Nokia 8 dibanderol dengan harga Rp 6.499.000 untuk pasaran smartphone di Indonesia. Penjualannya sendiri sudah dibuka lewat flash sale di e-commerce Lazada sejak tanggal 15 Februari 2018 kemarin.

Sementara khusus untuk sesi flash sale, sebanyak 200 pembeli pertama akan memperoleh Nokia 8 hanya dengan harga Rp 5.999.000.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Hadir sebagai flagship premium, Nokia 8 hadir dengan mengusung tampilan yang sangat elegan. Hal ini bisa dilihat dari sisi visualnya yang mengusung layar seluas 5.3 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixels dan mengusung panel IPS LCD, yang mampu memberikan tampilan visual yang tajam, jernih, dan begitu menawan. Tak hanya itu saja, pada sektor dapur pacu, perangkat ini juga sudah dibekali oleh chipset Snapdragon 835 yang dipadu dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Dan untuk urusan fotografi, smartphone ini sudah dibekali dual-camera yang masing-masing beresolusi 13 MP. Tak ketinggalan kamera depan beresolusi 13 MP untuk mendukung aktivitas selfie dan video call.

Desain
7.5
Performa
8
Fitur
7.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Desain istimewa dengan body metal.
  • Mendukung 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Dual-SIM yang mampu beroperasi secara bersamaan.
  • Layar lebar 5.3 inchi Super AMOLED sangat responsive.
  • Dilengkapi dengan Corningg Gorilla Glass 5 sebagai pelindung layar dari goresan dan benturan.
  • Sudah menggunakan OS versi terbaru yaitu 7.0 Nougat yang akan di-upgrade ke Androis Oreo 8.0.
  • Sudah mendukung chipset Snapdragon 835 yang dipadu RAM 4 GB serta GPU Adreno 540 sebagai pengolah Grafisnya.
  • Memory internal kapasitas lebih lega yaitu 64 GB yang disupport dengan microSD hingga 256 GB
  • Dual-camera utama 13 + 13 MP.
  • Kamera depan beresolusi 13 MP.
  • Baterai berkapasitas cukup besar 3.090 mAh.
  • Dilengkapi dengan Fingerprint Sensor.
CONS
  • Belum menggunakan fullscreen display 18 : 9.
  • Baterai bersifat Non Removable, sehingga cukup susah pada saat terjadi kerusakan.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password