Review ZTE Nubia N1 Lite: Smartphone 4G Entry-Level Dengan Harga Terjangkau

Sinyaliti.com – Tampaknya ZTE akhir-akhir ini tengah sibuk untuk mempromosikan produk-produk ponselnya. Buktinya, belum lama merilis Nubia N1, kini ZTE kembali meluncurkan smartphone teranyarnya Nubia N1 Lite. Apalagi kedua smartphone tersebut sama-sama diluncurkan untuk segmen entry-level. Langkah ZTE meluncurkan Nubia N1 Lite juga sepertinya memang tak mau kalah dengan vendor lain yang kini juga tengah berlomba-lomba meluncurkan produk ponsel murah. Meski perangkat ini hadir dengan tampilan mirip dan sama-sama dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun kedua ponsel tersebut mengusung spesifikasi yang berbeda.

Kehadiran Nubia N1 Lite sendiri cukup menarik perhatian publik, sebab menawarkan spesifikasi yang cukup berkualitas. Sehingga bakal memanjakan para pengguna smartphone pemula yang memang menginginkan perangkat berkualitas pula. Nah, semakin penasaran kan dengan smartphone besutan vendor ZTE ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 Spesifikasi Detail ZTE Nubia N1 Lite

Desain ZTE Nubia N1 Lite

Membicarakan spesifikasi dari segi desainnya, sebenarnya tampilan yang diusung Nubia N1 Lite sangat mirip dengan Nubia N1. Ponsel ini tampak begitu sederhana namun tetap terlihat menarik. Secara dimensi, Nubia N1 Lite memiliki panjang 143 mm, lebar 71 mm, dan tebal 8 mm, sehingga bodinya terlihat slim dan simple. Sedangkan bobotnya sendiri untuk saat ini masih belum diketahui. Namun yang pasti, perangkat ini mengusung layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna seluas 5.5 inci.

Nubia N1 Lite

Sementara pada layarnya sendiri memiliki resolusi HD 720 X 1280 piksel dengan kerapatan 267 ppi dan menghasilkan tampilan visual yang cukup nyaman untuk pandangan mata. Layarnya juga telah didukung Multitouch, sehingga memungkinkan pengoperasian banyak jari. Sayangnya, layar tersebut belum dilengkapi dengan proteksi. Sehingga pengguna harus menambahkan sendiri lapisan proteksi anti-gores layar berupa screen guard untuk membuatnya lebih aman.

Sentuhan premium pada ponsel ini pun makin terasa dengan disematkannya sensor Fingerprint atau sensor sidik jari yang ada pada tombol “Home”. Sensor sidik jari ini sangat berguna untuk menjaga data pribadi dari tangan-tangan jahil. Sehingga walaupun spesifikasi pada sektor eksterior dan visualnya terlihat sederhana, namun tetap menarik dari segi visualnya.

back to menu ↑

Fitur

Berikutnya kita beralih pada bagian konektivitasnya. Ternyata sektor ini juga telah dibekali ZTE dengan fitur-fitur konektivitas yang lumayan lengkap. Sebagai contohnya, smartphone ini hadir dengan fitur Dual SIM sehingga mampu digunakan untuk mengaktivasi dua kartu seluler sekaligus. Nubia N1 Lite juga telah memberi dukungan akses jaringan 4G LTE, sehingga perangkatnya ini mampu menawarkan koneksi internet super cepat. Bahkan aktivitas download data bisa dipacu pada 150 Mbps dan upload data pada 50 Mbps.

Pengguna pun masih bisa menikmati koneksi internet dengan jaringan lain pada Nubia N1 Lite ini dengan menggunakan GSM dan HSPA. Sedangkan fitur WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hostpot bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis.

, Nubia N1 Lite

Untuk kebutuhan berbagi file, Nubia N1 Lite menghadirkan fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE dan juga microUSB v2.0. Spesifikasi Nubia N1 Lite juga memiliki sistem navigasi yang mengandalkan teknologi A-GPS, sehingga mampu melakukan penguncian lokasi dengan cukup baik.

back to menu ↑

Performa

Setelah menjelajah setiap sudut di bagian desain dan fiturnya, kini akan dibahas pada bagian permesinannya. Bagian yang memiliki peran utama dalam kinerja operasional ini dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT673. Chipset kelas menengah ini bekerja dengan prosesor Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz. Sehingga performa yang dihasilkan bisa dibilang cukup tangguh di kelasnya.

Sektor dapur pacu dari Nubia N1 Lite ini pun di dukung RAM berkapasitas 2 GB yang sanggup menjalankan aktivitas multitasking dengan cukup lancar dan responsif.  Sementara untuk urusan gaming, ZTE mengandalkan kartu grafis GPU Mali-T720MP2 agar bisa menyuguhkan konten visual yang berkualitas.

Yang membuat sektor dapur pacu Nubia N1 Lite ini makin lengkap adalah dijalankannya sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0 yang diklaim menawarkan kinerja ringan serta fitur-fitur baru yang lebih banyak. Dan yang pasti, tampilan visual yang lebih menarik pun dapat disuguhkan pada spesifikasi Nubia N1 Lite berkat adanya sistem operasi Android Nougat tersebut.

Nubia N1 Lite

Sementara itu, agar mampu menunjang operasionalnya dengan optimal, ZTE menghadirkan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB pada perangkat barunya ini. Kapasitas memori internal ini tentu sudah mampu menampung semua file-file sistem dan file-file pribadi milik pengguna yang biasanya berupa foto, audio, dan video dengan sempurna. Tetapi jika daya tampung memori internal ini dirasa masih kurang, maka ruang penyimpanannya bisa diperluas dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Tentu dengan batas kapasitas tinggi tersebut, pengguna bisa menyesuaikan kapasitas microSD yang akan digunakannya dengan kebutuhan.

Sayangnya perluasan space memori dengan microSD pada Nubia N1 Lite ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2. Sehingga pengguna harus mempertimbangkan mana yang lebih penting. Namun demikian, jika untuk penggunaan standar, memori internal yang telah disediakan untuk menyimpan file pada spesifikasi Nubia N1 Lite ini sudah dirasa cukup memadai.

So, tampaknya sektor performa dari Nubia N1 Lite ini memang terbilang cukup memadai. Dalam hal untuk menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan file pribadi ataupun aplikasi tentunya.

back to menu ↑

Kamera

Walaupun smartphone ZTE ini bakal diluncurkan dengan harga yang murah, namun hal ini tak lantas membuat spesifikasi Nubia N1 Lite pada lini kamera luput dari perhatian. Buktinya, sektor ini dibekali dengan dua piranti kamera yang memiliki resolusi cukup baik untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya.

Hal ini bisa dilihat dari hadirnya Dual Kamera beresolusi 8 MP yang menghiasi bagian punggung dari ponsel. Bahkan, kamera ini mampu menghasilkan jepretan foto cukup berkualitas. Kamera ini pun sudah ditemani dengan fitur Autofocus untuk membantu tangkapan fokus yang lebih stabil, serta fitur LED Flash yang mendukung pengambilan foto dalam kondisi low light.

Nubia N1 Lite

Sedangkan pada bagian muka Nubia N1 Lite tersemat kamera beresolusi 5 MP yang cukup baik untuk menunjang aktivitas selfie dan video call. Yang menarik, bahwa kamera ini bisa digunakan untuk merekam dengan kualitas rekaman 1080p@30fps.

ZTE juga menghadirkan fitur-fitur pendukung kamera seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, dan juga HDR untuk melengkapi spesifikasi Nubia N1 Lite pada sektor ini.

back to menu ↑

Baterai

Sementara untuk mengusung kinerja komponen-komponen di atas, ZTE membenamkan baterai berjenis Non-removable Lithium Ion (Li-Ion) yang memiliki kapasitas 3000 mAH sebagai pemasok daya dari perangkat barunya ini. Namun sayangnya baterai tersebut bertipe Non-removable, sehingga pengguna tidak bisa melepasnya sewaktu-waktu.

Meski demikian, kapasitas baterai ini memang sudah cukup memadai untuk menunjang operasional Nubia N1 Lite dengan optimal. Namun untuk penggunaan yang aktif, memang sebaiknya menyediakan suplai daya cadangan seperti powerbank untuk mengantisipasi habisnya daya saat perangkat sedang dipakai. Itulah tadi beberapa hal yang perlu dicatat dari kelebihan dan kekurangan ZTE Nubia N1 Lite.

Nah, setelah mengetahui detail dari spesifikasi samrtphone ZTE Nubia N1 Lite ini, apakah sobat Sinyaliti ingin mengetahui harganya? Jika ya, kamu bisa klik di sini.

7 Total Score
Good!

Hadir sebagai smartphone kelas entry-level, Nubia N1 Lite dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT673 yang bekerja dengan prosesor Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz. Dan sektor dapur pacu Nubia N1 Lite makin lengkap dengan adanya sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0. Tak ketinggala hadirnya Dual Kamera beresolusi 8 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto cukup berkualitas.

Desain
7.5
Fitur
7.5
Performa
7.5
Kamera
7
Baterai
7.5
PROS
  • Mendukung 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Layar lebar 5.5″ dengan teknologi IPS Capasitive sangat responsive pada saat digunakan & cocok sekali untuk main game.
  • Performa yang sangat cepat dengan Chipset Mediatek MT6750 yang didukung dengan RAM 2 GB serta GPU Mali T720MP2.
  • Memory internal berkapasitas cukup lega yaitu 16 GB yang disupport Micro SD hingga 256 GB.
  • Kamera utama 8 MP lengkap dengan Autofocus & LED Flash.
  • Kamera Depan 5 MP sangat cocok sekali untuk selfie karena sudah dilengkapi dengan LED Flash.
  • Baterai kapasitas 3000 mAh yang mampu bertahan lama pada saat digunakan.
  • Dilengkapi Fingerprint Sensor untuk menjaga data pribadi.
CONS
  • Tidak dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass untuk memproteksi layar.
  • Baterai bersifat Non-removable, yang menyatu dengan body smartphone, sehingga perlu keahlian khusus pada saat menggantinya.
  • Butuh waktu yang cukup lama pada saat pengisian baterai karena tidak dilengkapi dengan pelindung layar.
User Rating: 3 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0