Review Oppo A57: Didukung CPU Octa-Core dan Kamera Selfie 16 MP

Sinyaliti.com – Oppo Mobile kembali meramaikan pasaran gadget Tanah Air dengan meluncurkan smartphone terbarunya yang diketahui mengusung nama Oppo A57. Langkah Oppo untuk kembali memperkenalkan produk terbarunya ini seperti ingin membuktikan bahwa vendor asal Tiongkok itu tak mau kalah dari para rivalnya. Jika pada saat ini para vendor lain tengah berlomba-lomba untuk meluncurkan produk-produk ponsel high-end dengan segudang fitur canggihnya, Oppo justru memilih untuk memperbaiki jajaran ponsel di kelas mid-range. Hal ini sepertinya memang sengaja dilakukan Oppo untuk lebih mengekspansi pangsa pasar, sehingga bisa mencakup berbagai segmen.

Tak hanya itu, dengan hadirnya smartphone Oppo A57 ini juga tampaknya semakin mempersengit persaingan di pasar gadget. Ini karena produk besutan Oppo kerap menghadirkan ponsel dengan spesifikasi berkualitas. Selain itu, smartphone Oppo juga dianggap tak kalah dengan vendor smartphone terkemuka lainnya seperti Samsung dan Apple. Oleh sebab itu, tak bisa dipungkiri bahwa dengan dirilisnya Oppo A57 akan semakin memeriahkan pangsa pasar smartphone.

So, ingin tahu kelebihan yang dibawa ponsel Oppo A57 ini? Yuk, ikuti pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Oppo A57

Desain Oppo A57

Membuka pembahasan pada sektor desain dari spesifikasi Oppo A57. Oppo sendiri selama ini dikenal dengan perangkat-perangkatnya yang mengusung desain simpel namun terlihat elegan. Hal ini pun nampaknya juga masih bisa ditemukan pada perangkat yang satu ini.

Namun, meski nantinya dibanderol dengan harga yang tak begitu mahal, tetapi Oppo A57 justru menyuguhkan desain premium. Dengan kontruksi unibodi yang dikombinasikan dengan balutan bodi metal (aluminium alloy), ponsel Oppo A57 tersedia dalam varian warna gold dan rose gold.

Desain Oppo A57

Dimensinya sendiri meliputi panjang 149.1 mm, lebar 72.9 mm, dan ketebalannya 7.65 mm. Sedangkan beratnya adalah 147 gram, sehingga masih terasa nyaman ketika digenggam dan dioperasikan.

Sementara pada bagian visualnya, Oppo A57 menghadirkan layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang 5.2 inci. Layar ini mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 282 ppi. Sedangkan untuk melindunginya dari berbagai goresan dan benturan, maka layar pada ponsel telah dimaksimalkan dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4 dan kaca lengkung 2.5D.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke sesi berikutnya, mengenai sektor konektivitas dari spesifikasi Oppo A57. Sektor ini ternyata sudah dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap untuk menunjang komunikasi dan akses internet. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran fitur Dual SIM yang memungkinkan pengguna untuk bisa berkomunikasi dengan lebih mudah.

Selain itu, untuk urusan akses internet, Oppo A57 nampaknya sudah menggunakan teknologi jaringan terkini 4G LTE Cat7 sebagai jaringan utamanya. Dimana jaringan ini internet ini mampu menawarkan aktivitas unduh data berkecepatan 150 Mbps dan unggah data berkecepatan 50 Mbps.

Selain jaringan 4G LTE Cat7, ada juga jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA yang bisa digunakan oleh pengguna apabila daerahnya belum terjangkau akses jaringan 4G LTE.

Fitur Oppo A57

Lalu untuk konektivitas jarak dekatnya, tersedia WiFi 802.11 dan Hotspot. Sementara itu, jika pengguna ingin mentransfer data, maka bisa menggunakan Bluetooth v4.0, A2DP, dan microUSB v2.0. Ditambah lagi dengan adanya teknologi navigasi A-GPS yang cukup baik untuk memetakan lokasi, juga turut melengkapi spesifikasi Oppo A57 ini.

back to menu ↑

Performa

Setelah melihat tampilan fisik dan fitur-fiturnya secara lebih mendetail, maka kini bagian dapur pacu dari spesifikasi Oppo A57. Seperti yang sudah disinggung di awal, meski hadir untuk di kelas mid-range, namun performa yang dihasilkan Oppo A57 ini tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 435 yang notabene-nya merupakan chip kelas menengah dengan performa di atas rata-rata didaulat sebagai otak dari Oppo A57 ini.

Menariknya, chip ini berpadu dengan prosesor Octa-Core 64-Bit yang merupakan hasil konfigurasi dari Quad-Core  1.4 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core 1.1 GHz Cortex-A53. Sehingga menyuguhkan operasional yang lebih optimal. Tak hanya itu, dukungan RAM berkapasitas 3 GB juga mendukung jalannya aktivitas multitasking yang lancar dan responsif.

Untuk keperluan gaming dan multimedia, Oppo A57 mengandalkan kartu grafis GPU Adreno 505 yang tak hanya menyuguhkan tampilan apik tetapi juga mengurangi konsumsi daya. Disisi lain, sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0 yang kinerjanya lumayan baik akan menjalankan semua komponen yang tersemat pada spesifikasi Oppo A57 ini.

Fitur Oppo A57

Sementara untuk sektor ruang penyimpanan, Oppo A57 mengimbangi sektor olah datanya dengan ruang simpan data yang memadai, sehingga bisa mendukung kebutuhan para penggunanya. Oppo A57 diketahui hadir dengan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas ini tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar untuk menyimpan berbagai macam file aplikasi serta koleksi file hiburan.

Ruang penyimpanan ini pun masih bisa diperluas lagi dengan menambahkam microSD Card dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB. Namun sayangnya, dengan adanya perangkat ini maka pengguna harus rela mengorbankan slot SIM 2. Karena spesifikasi Oppo A57 hanya menyediakan hybrid slot microSD

 

back to menu ↑

Kamera

Lalu bagaimana spesifikasi Oppo A57 ini pada lini kamera? Seperti diketahui, Oppo kerap menghadirkan piranti kamera beresolusi tinggi pada perangkat-perangkatnya. Maka tak heran jika kali ini Oppo pun sama, menyematkan kamera dengan resolusi yang besar pada ponsel seri A57 ini untuk menunjang kebutuhan dokumentasi.

Sebut saja kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 yang menghiasi bagian punggungnya. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan LED Flash, sehingga minim getaran ketika digunakan untuk menangkap objek serta bisa dipakai dalam kondisi kurang cahaya. Kamera utama tersebut juga sanggup menghasilkan video beresolusi full HD 1080p@30fps.

Berbeda dengan ponsel canggih kebanyakan, yang biasanya kamera utamanya lebih besar resolusinya dari pada kamera sekunder. Namun pada ponsel ini kamera sekunder justru lebih bagus jika dibandingkan dengan kamera utamanya. Iya, di bagian kamera depannya bisa ditemukan kamera sekunder 16 MP dengan aperture f/2.0 yang tak hanya mendukung aktivitas swafoto tetapi juga video call. Dengan resolusi sebesar 16 MP, tentunya foto selfie yang dihasilkan tak hanya akan terlihat tajam, tetapi juga jernih.

Kamera Oppo A57

Selain itu, berbagai fitur pendukung kamera seperti 1/3.2” sensor size dan 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, dan panorama juga turut melengkapi spesifikasi Oppo A57 ini.

back to menu ↑

Baterai

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daya komponen-komponen standar namun berkualitas yang ada pada dapur pacunya, maka perangkat ini dibekali dengan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 2.900 mAH. Kapasitas baterai yang dipakai oleh Oppo A57 ini memang dirasa sudah mampu memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada. Selain itu, penggunaan ponsel untuk aktivitas yang normal tentu akan membuatnya bisa bertahan dalam kurun waktu seharian. Namun sayangnya, baterai yang dipakai oleh perangkat ini adalah jenis Non-removable, sehingga tidak bisa dilepas sewaktu-waktu.

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu dicatat dari kelebihan dan kekurangan smartphone Oppo A57. Sementara untuk mengetahui Panduan Harga dan Review dari berbagai tipe Handphone Oppo yang populer di Indonesia, silahkan sobat Sinyaliti klik di sini.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Review HP untuk semua Handphone yang ditawarkan. Silahkan klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Mengusung nama Oppo A57, ponsel di kelas mid-range ini hadir dengan segudang fitur canggihnya. Penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 435 dengan performa di atas rata-rata pun didaulat sebagai otak dari Oppo A57 ini. Sementara adanya kamera sekunder 16 MP dengan aperture f/2.0, tentu membuat foto yang dihasilkan tak hanya terlihat tajam, tetapi juga jernih.

Desain
7.5
Fitur
7
Performa
7.5
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Harga Oppo A57 dibanderol murah.
  • Memiliki layar IPS berukuran 5.2 inci dengan teknoloi layar lengkung 2.5D
  • Dibekali RAM 3 GB dan Internal 32 GB.
  • Dilengkapi dapur pacu powerfull dengan chipset Snapdragon 435 dan Processor Octa Core 64-Bit.
  • Dilengkapi fitur Fingerprint Sensor.
  • Support Dual SIM dan 4G LTE.
  • Desain premium dengan bodi tipis dan ringan yang terbuat dari material metal.
CONS
  • Baterainya tidak bisa dilepas.
  • Masih memakai layar beresolusi HD 720p.
User Rating: 4 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0