Review Oppo F1s “New Edition”: Meluncur Dengan RAM 4 GB dan Memory Internal Hingga 64 GB

Sinyaliti.com – Vendor smartphone Oppo Mobile memang selalu memberi kejutan dengan produk-produk smartphone terbarunya. Masih segar di ingatan saat Oppo merilis generasi baru ponsel pintarnya, yaitu seri F1s pada bulan Febuari 2017 yang lalu. Saat merilis smartphone seri F1s tersebut, vendor asal Negeri Tiongkok itu memanfaatkan momentuk gelaran CES 2017 sebagai ajang debut untuk seri F1s. Kini, generasi lanjutan dari F1s telah diperkenalkan, yaitu Oppo F1s New Edition, yang mulai diperkenalkan pada awal bulan Mei 2017.

Terkait hal tersebut, smartphone ini hadir sebagai versi upgrade dari Oppo F1s dengan embel-embel nama “New Edition” di belakangnya. Versi upgrade dari Oppo F1s ini tentu saja membawakan beberapa bagian yang telah diperbarui. Nah, spesifikasi apa saja yang dibekalkan Oppo pada produk terbarunya? Yuk, simak melalui ulasan ini!

Spesifikasi Detail Oppo F1s New Edition

Desain Oppo F1s New Edition

Dari sektor desain, smartphone Oppo seri F1s New Edition ini menyajikan penampilan visual yang masih khas seperti versi standar Oppo F1, yaitu desain elegan ala smartphone premium yang dipercantik oleh balutan warna cassing mewah. Oppo F1s “New Edition” sendiri memiliki dimensi sebesar 154.5 x 76 x 7.35 mm, dan memiliki bobot 160 gram.

Berbicara masalah layar, ponsel model New Edition ini hadir dengan ukuran layar yang luas, yakni 5,5 inci. Layar jenis IPS LCD capacitive touchscreen berukuran 5.5 inci tersebut hadir dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar 267 ppi piksel density. Meskipun layarnya masih belum AMOLED, tetapi dengan kualitas layar tersebut, tentu sudah sanggup memberi penampilan visual yang nyaman dan aman di mata.

Kemudian, layar tampilan tersebut semakin lebih atraktif berkat adanya sistem antar muka Color 0S 3.0. Dan dengan adanya sistem tersebut, tentu saja akan menghasilkan user interface yang lebih menarik dan mempesona.

Desain Oppo F1s New Edition

Tak ketinggalan, layar pada ponsel juga telah terlindungi secara maksimal berkat adanya proteksi Corning Gorilla Glass dan fitur 2.5D Curved Glass Screen. Hal ini akan membuat layar ponsel pintar ini semakin aman dan terlindungi dari berbagai macam goresan. So, secara kualitas memang spesifikasi Oppo F1s New Edition pada bagian layar ini sedikit di atas versi standarnya.

back to menu ↑

Fitur

Guna memenuhi segala kebutuhan akses data penggunanya, spesifikasi Oppo F1s “New Edition” pun sudah dibekali dengan kelengkapan teknologi konektivitas terbaik. Meski ponsel pintar yang satu ini merupakan smartphone Dual SIM. Namun tetap harus memprioritaskan penggunaan dua slot yang ada. Apakah untuk tempat SIM 2 atau memori eksternal microSD.

Kemudian untuk kebutuhan akses internet, Oppo F1s “New Edition” sudah support jaringan terbaik 4G LTE. Kehadiran koneksi 4G LTE yang menjadi koneksi paling cepat saat ini, sudah bisa kamu dinikmati pada smartphone ini. Mengandalkan teknologi LTE, ponsel pintar ini bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps. Sementara itu, untuk keperluan upload speddnya mencapai 50 Mbps.

Sementara pada jaringan 3G, bagi area yang belum masuk dalam cakupan jaringan 4G LTE, maka ponsel berjalan dengan kecepatan HSDPA. Selain itu, ponsel juga dibekali dengan pilihan mode jaringan seperti WiFi Direct dan WiFi hotspot yang telah terpasang pada gadget ini.

Fitur Oppo F1s New Edition

Kemudian bagi yang menginginkan transfer data tanpa lemot, perangkat ini telah menyediakan fitur koneksi nirkabel untuk keperluan transfer data. Pada smartphone ini terdapat fitur Bluetooth versi 4.0 dan A2DP yang bisa mentransfer data secara lebih cepat tanpa menguras daya. Kemudian ponsel juga memanfaatkan microUSB v2.0 dan USB Host yang mampu melakukan transfer data lebih cepat. Spesifikasi Oppo F1s pada lini konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS. Navigasi tersebut cukup membantu untuk kebutuhan pemetaan lokasi.

back to menu ↑

Performa

Ponsel pintar terbaru dari vendor asal Tiongkok ini hadir dengan komponen-komponen terbaik yang dibekalkan pada ruang dapur pacu. Untuk menghadirkan performa maksimal, Oppo mengandalkan kombinasi kerja dari MediaTek MT6750 bertenaga prosesor Octa-Core 1,5 GHz yang disematkan pada ruang dapur pacu ponsel ini. Selain itu, ponsel pintar ini juga mengandalkan GPU Mali-T860MP2 sebagai kartu pengolah grafis.

Di balik seluruh komponen hardware pada mesin yang telah tersusun rapi tersebut, sistem operasi OS Android Lollipop v5.1 juga turut serta menyediakan platform pengolahan data yang memiliki fitur-fitur menarik serta lebih ringan dijalankan.

Perform Oppo F1s New Edition

Sebagaimana dikatakan di atas bahwa Oppo F1s “New Edition” hadir sebagai versi upgrade dari Oppo F1s dengan embel-embel nama “New Edition” di belakangnya. Nah, salah satu pembaharuan tersebut adalah Oppo membekali ponsel seri “New Edition” ini dengan memory on-board atau memori internal dengan kapasitas sebesar 64 GB. Sementara kita tahu bahwa Oppo F1s versi standar hanya dibekali dengan memory internal sebesar 32 GB saja. Dengan kapasitas memory internal 64 GB, sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file sistem dan file pribadi seperti file hiburan atau aplikasi lainnya. Sementara untuk ruang memori eksternal, Oppo masih membekalinya dengan kapasitas 128 GB.

Hanya saja, untuk penggunaan microSD pada Oppo F1s masih opesional pada slot SIM 2, sehingga harus memilih salah satu yang lebih dibutuhkan dari slot tersebut. Dengan ruang penyimpanan pada spesifikasi Oppo F1s yang cukup luas itu, tentu tak perlu lagi khawatir akan cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Pembaharuan juga terjadi pada kinerja multitasking. Jika pada Oppo F1s versi standar hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB. Maka untuk seri “New Edition” ini, Oppo menghadirkan performa RAM maksimal hingga 4 GB. Sehingga kinerja multitaskingnya akan berjalan semakin lancar jika dibandingkan dengan Oppo F1s versi standar. Pembaharuan dari kombinasi tersebut dinilai lebih dari cukup sebagai standar pengolahan data pada ponsel pintar kelas menengah.

back to menu ↑

Kamera

Menjadi sebuah produk smartphone yang hadir di era modern, tentu saja Oppo F1s New Edition juga tidak meninggalkan fitur kamera modern. Pasalnya, saat ini tidak jarang pengguna yang mengandalkan aktivitas foto selfie dengan menggunakan kamera pada ponsel pintarnya. Untuk memenuhi hal tersebut, Oppo pun membekali dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama dan kamera sekunder.

Untuk senjata andalannya sendiri, Oppo menyematkan teknologi kamera berukuran 13 MP dengan resolusi sebesar 4128 x 3096 piksel, yang lengkap bersama fitur aperture f2/2. Tak ketinggalan, fitur Phase Detection Autofocus dan juga LED Flash juga disematkan di dalamnya.

Sementara fitur modern lain yang juga disematkan pada kamera utama ini adalah fitur geo-tagging, touch focus, face/smile detection, serta HDR. Dan dengan kamera tersebut, ponsel mampu melakukan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p.

Kamera Oppo F1s New Edition

Selain kamera utama yang canggih dan modern, Oppo F1s New Edition juga membekali ponsel pintar terbarunya ini dengan kamera sekunder berukuran 16 MP lengkap dengan fitur f/2.0, dan 1/4″ sensor size. Dan inilah keunggulan dari smartphone Oppo F1s ini. Kamera sekunder yang ada pada ponsel ini sudah lebih dari cukup dalam menyajikan hasil yang maksimal untuk berselfie dan melakukan panggilan video call.

back to menu ↑

Baterai

Untuk kapasitas ruang suplay, Oppo F1s New Edition memiliki konsumsi daya yang cukup besar. Mengandalkan baterai jenis dari Non-removable Lithium Ion, smartphone ini mendukung baterai dengan kapasitas sebesar 3.075 mAh. Kapasitas baterai sebesar 3.075 mAh tersebut tentunya tak lepas dari penggunaan komponen berkualitas tinggi pada smartphone ini. Dan dengan berbekal baterai kapasitas besar tersebut pula, ponsel pintar ini mampu beraktivitas secara normal selama seharian.

Nah, dengan bekal spesifikasi di atas, berapakah harga Oppo F1s New Edition ini? Sobat sinyaliti bisa melihatnya di sini.

7.5 Total Score
Good!

Hadir sebagai versi upgrade dari Oppo F1s dengan embel-embel nama “New Edition” di belakangnya. Versi dari Oppo F1s "New Edition" ini membawa beberapa bagian yang telah diperbarui. Salah satunya adalah RAM berkapasitas 4 GB, sehingga untuk kinerja multitasking akan berjalan secara lancar. Selain itu, ponsel ini juga didukung dengan memory on-board atau memori internal dengan kapasitas sebesar 64 GB.

Desain
7.5
Fitur
7.5
Performa
8
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB.
  • Kapasitas memory internal sangat lapang yakni 64 GB.
  • Kemampuan kamera depan sangat memuaskan dengan lensa 16 MP.
  • Mendukung jaringan 4G.
  • Layar menggunakan kaca 2.5D dan dilapisi Corning Gorilla Glass 4.
  • Dilengkapi sensor fingerprint.
CONS
  • Masih menjalankan OS Android Lollipop.
  • Belum mendukung USB type C.
  • Tidak menyediakan NFC.
  • Baterai tidak dapat dilepas.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0