Review Oppo F3: Smartphone “Selfie Expert” Dengan Dual Kamera Selfie 16 MP

Sinyaliti.com – Oppo kembali melanjutkan gebrakannya dengan mengusung satu lagi produk smartphone terbarunya. Kali ini hadir dengan Oppo F3 yang merupakan produk ponsel pintar dari jajaran F series besutan perusahaan asal Tiongkok tersebut. Tetap membidik segmen menengah, Oppo F3 memang sempat menjadi buah bibir saat teasernya diunggah melalui akun resmi Weibo. Diberitakan bahwa ponsel pintar ini akan mengandalkan kemampuannya di sektor kamera dengan membawa embel-embel “Selfie Expert” sebagai nilai jual utamanya.

Namun pastinya Oppo tak hanya berfokus pada kemampuan di lini kamera saja. Sebab, Oppo F3 ini pun tentunya juga mengusung beragam spesifikasi teknis yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Nah, untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah review lengkap mengenai spesifikasi Oppo F3. Simak ya!

Spesifikasi Detail Oppo F3

Desain Oppo F3

Untuk urusan desain, Oppo F3 dibekali dengan desain khas ala Oppo yang terlihat semakin elegan dan stylish. Pada bagian dimensi, seperti biasa smartphone besutan Oppo memang selalu dibekali dengan desain minimalis dan ramping. Sehingga pengoperasiannya juga semakin nyaman.

Smartphone Oppo F3 sendiri mengusung dimensi berukuran 153.3 x 75.2 x 7.3 mm dengan bobot 153 gram. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup minimalis dan efisien di dalam genggaman satu tangan.

Sementara pada bagian visual, Oppo membekali smartphone terbarunya ini dengan jenis layar  IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors yang membentang seluas 5.5 inci. Meskipun layar pada Oppo F3 ini masih belum mengusung teknologi Super AMOLED, namun berkat resolusi Full HD yang dibekalkan, smartphone ini tetap sanggup menyajikan tampilan visual yang jernih dan nyaman di mata.

Desain Oppo F3

Layar tersebut juga terlindungi secara maksimal dengan sistem proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang telah terpasang secara built-in pada ponsel pintar ini. Secara umum, spesifikasi Oppo F3 di bagian desain dan layar ini memang sudah cukup oke. Karena memiliki bekal layar yang lapang didukung teknologi terbaik.

back to menu ↑

Fitur

Layakanya smartphone modern lainnya, smartphone Oppo F3 juga telah didukung oleh pilihan konektivitas yang cukup lengkap. Selain membawakan slot Dual SIM Card untuk memudahkan komunikasi data seluler, smartphone ini juga telah support dengan konektivitas jaringan 4G LTE. Berbekal jaringan data super cepat 4G LTE, kamu bisa menikmati akses internet hingga mencapai kecepatan 150 Mbps untuk download. Sementara untuk upload, ponsel pintar ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps.

Jika kamu berada di daerah yang belum tercover oleh jaringan 4G pun, tak perlu khawatir. Karena smartphone ini telah didukung oleh pilihan jaringan alternatif yang lengkap, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA.

Fitur Oppo F3

Selain dibekali dengan pilihan mode jaringan seluler yang lengkap, kamu juga bisa memanfaatkan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n, dan juga WiFi Direct yang sudah disematkan pada Oppo F3 ini. Dan jika ingin berbagi akses data dengan teman-teman, maka kamu pun bisa menggunakan fitur portable Hotspot yang ada pada smartphone ini.

Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, smartphone ini juga telah memiliki fitur Bluetooth serta slot microUSB. Sementara untuk kamu yang memiliki hobi travelling, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah ada pada spesifikasi Oppo F3 ini. Meski masih sebatas A-GPS biasa, namun keberadaannya pasti sudah sangat membantu kamu yang hobi travelling.

back to menu ↑

Performa

Untuk sector performa, Oppo memang mengandalkan kinerja dari komponen-komponen yang berkualitas. Berkat kombinasi chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 yang ditenagai oleh prosesor Octa-Core 1.5 GHz (4×1.95 GHz Cortex-A72 & 4×1.44 GHz Cortex-A53), tentu saja aktivitas pengolahan data pada Oppo F3 akan menjadi semakin maksimal dan lancar.

Lalu, Oppo juga menyematkan kapasitas RAM 4 GB yang sangat berguna untuk mendukung kinerja lebih optimal terutama untuk kebutuhan kinerja multitasking. Sementara untuk kebutuhan pengolah grafis, Oppo F3 dibekali dengan kartu pengolah grafis GPU Mali-T860MP2, dimana perangkat pengolah grafis tersebut diketahui sanggup menampilkan vusialisasi game sekelas HD atau memutar film dan video dengan pemandangan yang maksimal.

Sementara untuk menciptakan kinerja dapur pacu yang lebih sempurna, spesifikasi Oppo F3 di bagian software dipercayakan pada platform sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0 dengan balutan tampilan antar muka Color OS 3.0 yang akan membawa segudang fitur menarik di dalamnya.

Performa Oppo F3

Selain didukung dengan spesifikasi mesin yang mumpuni, Oppo F3 juga didukung oleh ruang penyimpanan yang cukup luas. Untuk menunjang kebutuhan penyimpanan yang maksimal, Oppo menawarkan memori internal sebesar 64 GB untuk menyimpan berbagai macam file atau aplikasi berukuran besar ke dalam ponsel.

Selain itu, smartphone Oppo seri F3 ini juga masih didukung oleh slot memori eksternal yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas memori menjadi lebih besar. Daya tampung memori eksternal pada spesifikasi Oppo F3 ini juga merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya, yakni hingga 256 GB (dedicated slot). Namun sedikit catatan, jika ingin menambahkan microSD Card, maka harus mengorbankan SIM 2, karena slotnya menempati ruang yang sama.

So, melihat spesifikasi komponen-komponen mesin yang tersusun di ruang dapur pacunya, tentu saja Oppo F3 telah membuktikan bahwa dapur pacunya siap bersaing dengan produk dari vendor lain.

back to menu ↑

Kamera

Sekarang saatnya membahas spesifikasi yang memang menjadi andalan Oppo F3, yakni pada bagian kamera. Sebenarnya, kekuatan utama pada lini kamera ini bukanlah kekuatan atau ukuran lensanya, namun pada kelengkapan fitur-fitur dan teknologi pendukungnya.

Mengusung tema “Selfie Expert”, ponsel Oppo F3 ini mengusung kamera utama berkekuatan 13 MP. Kamera belakang pada smartphone ini mampu menghasilkan jepretan foto yang cukup baik dan memiliki resolusi tinggi. Apalagi, kamera belakang tersebut juga didukung oleh fitur apperture f/2.2, Phase Detection Autofocus dan LED Flash. Tak ketinggalan, ponsel juga sudah dilengkapi dengan fitur olah fotografi modern lainnya, semisal  1/3″ sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan juga panorama.

Tak hanya bisa diandalkan untuk membidik foto, kamera primer pada smartphone Oppo F3 ini juga bisa digunakan sebagai media perekam dengan cukup baik. Kualitas rekaman video yang bisa mencapai 2160p@30fps atau FHD ini sudah cukup bagus untuk video dari smartphone.

Kamera Oppo F3

Lalu kemampuan smartphone ini pada sektor fotografi juga disempurnakan dengan penggunaan Dual Kamera depan yang masing-masing berukuran 16 MP (1/3.1″ sensor size, f/2.0) dan 8 MP (f/2.4). Dengan adanya Dual Kamera depan tersebut, pastinya akan memudahkan kamu yang memiliki hobi selfie atau sering melakukan panggilan video call. Apalagi, kamera depan tersebut juga sudah dibekali dengan fitur screen flash dan juga apperture f/2.0.

Jadi, spesifikasi Oppo F3 di bagian fotografi ini tentu akan menghasilkan jepretan foto yang sangat berkualitas.

back to menu ↑

Baterai

Jika melihat spesifikasinya, Oppo F3 memang tergolong smartphone yang memiliki konsumsi daya cukup besar. Hal ini karena komponen-komponen hardware yang ada di dalamnya merupakan komponen berkualitas tinggi. Salah satu contoh bagian yang membutuhkan pasokan daya cukup tinggi adalah dapur pacunya. Selain itu, layar dan sistem koneksi pada Oppo F3 juga membutuhkan pasokan daya yang cukup besar.

Guna memberikan jaminan kinerja yang maksimal, Oppo pun membekali produk smartphone terbarunya ini dengan baterai jenis Non-removable Li-Io berkapasitas 3200 mAh. Besaran kapasitas daya baterai yang dibekalkan pada spesifikasi Oppo F3 ini sebenarnya memang sudah cukup memadai. Selain itu, tersedia pula fitur VOOC Flash charger, sehingga proses pengisian baterai lebih cepat. Jadi bisa dipastikan bahwa kinerja operasional ponsel pintar yang satu ini akan semakin maksimal.

So, berbekal kualitas tersebut, lalu berapakah harga Oppo F3 ini ya? Untuk panduan Harga Oppo F3 secara resmi, silahkan sobat Sinyaliti klik di sini.

7.5 Total Score
Good!

Oppo F3 hadir dengan mengandalkan kemampuannya di sektor kamera dengan membawa embel-embel “Selfie Expert” sebagai nilai jual utamanya. Kemampuan smartphone pada sektor fotografi disempurnakan dengan penggunaan Dual Kamera depan yang masing-masing berukuran 16 MP dan 8 MP. Namun Oppo tak hanya berfokus pada kemampuan di lini kamera saja. Beragam spesifikasi teknis yang memiliki kualitas di atas rata-rata.

Desain
7
Fitur
7.5
Performa
7
Kamera
8
Baterai
7
Kelebihan
  • Desain elegan dengan bodi metal.
  • Layar terlapisi kaca gorilla glass 5, kuat dan tahan berbagai goresan.
  • Internetan ngebut dengan jaringan 4G.
  • Sensor fingerprint dapat mengunci layar, aplikasi dan file.
  • Memori internal dan RAM besar.
  • Kamera dapat diandalkan.
  • Bisa rekam video berkualitas tinggi hingga resolusi 4K.
  • Terdapat fitur VOOC Flash charger sehingga proses pengisian baterai lebih cepat.
  • Fitur one handed mode sehingga lebih mudah di operasikan dengan satu tangan.
Kekurangan
  • Slot Micro SD Hybrid.
  • Over proce atau harga terlalu mahal.
User Rating: 2.5 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0