Review Oppo F5 Youth: Punya Desain Full-Screen dan Kamera Selfie 16 MP

Sinyaliti.com – Oppo akhirnya secara resmi merilis perangkat terbarunya untuk pasar Indonesia pada hari Kamis (30/11/2017) lalu. Varian terbaru dari keluarga F5 ini diberi nama Oppo F5 Youth. Hadir dengan harga yang lebih terjangkau, perangkat anyar ini tetap membawa ungulate A.I Beauty Recognition Technology.

Sama seperti Oppo F5 yang menjadi pendahulunya, perangkat ini juga mengusung tagline “Selfie Expert”. Smartphone yang bakal hadir dengan tiga varian warna tersebut juga membawa spesifikasi yang mumpuni, sama halnya seperti halnya Oppo F5. Hanya saja, beberapa spesifikasinya lebih diperkecil. Hal ini untuk mengesankan bahwa F5 Youth cocok dan praktis untuk digunakan oleh generasi muda millenial.

Sesuai dengan namanya, Oppo F5 Youth akan menyasar kaum muda dengan spesifikasi handal di sektor permesinan, lini kamera, penyimpanan, baterai, dan juga konektivitasnya. Menarik bukan?

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi dan harga smartphone ini, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Oppo F5 Youth

Desain Oppo F5 Youth

Jika kita menilik tampilan luas dari Oppo F5 Youth, phablet ini memiliki ukuran layar yang sangat lebar, yaitu 6,0 inci dengan luas 92.9 cm². Dengan ukuran tersebut, pastinya dapat dibayangkan bahwa phablet ini memiliki dimensi yang besar dan tentunya tidak mudah untuk digenggam, serta cukup sulit pula untuk dimasukkan ke dalam saku.

Layar yang digunakannya tersebut bertipe IPS LCD capacitive touchscreen 16 M Colors, yang biasa disematkan di smartphone kelas bawah hingga kelas atas.

Oppo F5 Youth

Dengan adanya kolaborasi tipe layar dan juga resolusi layar Full HD+ (1080 x 2160 pixel) dengan aspek rasio 18 : 9, serta kerapatan 402 ppi, maka pengguna akan mendapatkan tampilan layar yang jernih dan tajam. Keindahan layar tersebut juga akan terjaga berkat sistem proteksi yang dibawanya, yakni Corning Gorilla Glass 5.

Selain itu, terdapat pula sensor fingerprint di bagian belakang bodi. Hadir dengan warna Black, Gold dan Rose Gold, pastinya tampilan luar spesifikasi Oppo F5 Youth ini semakan menawan.

back to menu ↑

Fitur

Sementara untuk sisi konektivitas pada spesifikasi Oppo F5 Youth, sama seperti halnya smartphone lain, ponsel pintar ini membawa jenis kartu Dual SIM yang juga telah dibekali dengan jaringan 4G LTE. Jaringan 4G LTE yang diusungnya tersebut merupakan jenis Cat 6, dimana dengan jaringan yang dibawanya ini, F5 Youth memiliki kecepatan download 600 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps.

Meski hanya Cat 6, namun pengguna tak perlu khawatir. Karena smartphone ini sudah dapat berselancar di internet dengan lancar.

Tak lupa, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas lainnya seperti WiFi 802.11, WiFi Direct, dan juga Hotspot yang bisa digunakan untuk berbagi ataupun mendapatkan sinyal WiFi secara gratis.

Selain itu, untuk urusan transfer atau pindah data, Bluetooth 4.2, microUSB 2.0 USB On-The-Go juga tersemat pada spesifikasi Oppo F5 Youth ini. Sementara untuk menunjang sistem navigasinya, perangkat ini menggunakan A-GPS.

Tak ketinggalan, Oppo juga menyematkan fitur-fitur yang sangat menarik seperti Facial Unlock yang siap membuka perangkat dengan cepat. Serta sensor sidik jari di bagian belakang bodi untuk keamanan perangkat serta fitur berbagi antar perangkat Oppo, yakni O-Share.

back to menu ↑

Performa

Dilihat dari sisi hardware, tampaknya sang vendor tidak mau memberikan mesin yang ecek-ecek untuk “saudara” dari Oppo F5 ini. Hal itu tampak dari dipilihnya sistem operasi Android 7.0 Nougat yang disematkan pada smartphone.

Oppo F5 Youth juga menawarkan sistem antarmuka ColorOS 3.2 yang lebih hemat energi. Sehingga mampu menghasilkan kenaikan kinerja 20% dan juga pengiritan daya sebesar 10%. Dan untuk memaksimalkan kinerja smartphone, sistem operasi tersebut pun dikolaborasikan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan CPU Octa-Core Helio P23 dengan fabrikasi 16nm yang merupakan processor yang tinggi di kelasnya, serta RAM berkapasitas besar, yaitu 4 GB.

Sangat jarang smartphone kelas menengah yang dibekali dengan RAM berkapasitas besar tersebut. Tak pelak, hal ini membuat dapur pacu dari Oppo F5 Youth ini akan sangat responsif untuk ukuran smartphone di kelasnya. Tampilan grafisnya pun juga menawan dengan disematkannya GPU Adreno 506 yang merupakan seri pengolah grafis yang terbaik.

Sementara untuk sektor penyimpanannya, ponsel pintar ini dibekali ruang internal sebesar 32 GB. Ruang penyimpanan initernal tersebut sudah mencukupi untuk menyimpanan berbagai files berukuran besar.

Dan untuk memori eksternalnya, Oppo F5 Youth dibekali dengan kapasitas hingga 256 GB, sama seperti Oppo F5. Dengan kapasitas besar tersebut, tentunya pengguna hanya tinggal menyematkan microSD ketika ingin menyimpan berbagai files, game, aplikasi berukuran besar pada Oppo F5 Youth  ini. Belum diketahui apakah slot microSD tersebut berjenis dedicated slot ataukah hybrdi slot. Yang pasti dengan kapasitas sebesar itu, membuat sektor penyimpanan dari spesifikasi Oppo F5 Youth ini terbilang cukup sempurna.

Dengan komponen-komponen hardware mumpuni tersebut, tentunya menjadikan keunggulan tersendiri bagi Oppo F5 Youth.

back to menu ↑

Kamera

Untuk sektor fotografi, kemampuan smartphone yang mengusung tagline “Selfie Expert” ini pastinya sudah tak bisa diragukan lagi. Bahkan smartphone ini bisa jadikan opsi, bagi kamu pecinta selfie maupun pecinta forografi, jika ingin membeli smartphone terbaru yang dapat menghasilkan fotografi sempurna.

Karena Oppo  F5 Youth sendiri memang diciptakan untuk memperluas kesempatan konsumen untuk merasakan pengalaman keunggulan yang diberikan oleh F5. Seperti layar penuh Full HD+ dengan teknologi kamera A.I Beauty Recognition Technology untuk memanjakan siapa pun yang hobi berselfie ria.

Maka sesuai tagline-nya, Oppo pun membekali F5 Youth ini dengan resolusi kamera depan mumpuni, yaitu Dual 12 MP, sama seperti halnya Oppo F5. Sementara untuk kamera belakangnya, smartphone ini dibekali resolusi yang lebih kecil dibandingkan Oppo F5, yaitu 16 MP. Tentu saja dengan besarnya resolusi kamera tersebut, hasil selfie pada F5 Youth ini akan terlihat begitu menawan, jernih, dan tajam.

Tak ketinggalan, pada kamera belakang Oppo f5 Youth juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti phase detection, autofocus, dan juga LED Flash. Menarik bukan?

Apalagi kamera pada Oppo F5 Youth ini juga dapat menghasilkan rekaman video dengan resolusi video full HD 1080@30fps.

Dengan keunggulan lini kamera dan lini videografi tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Oppo F5 Youth pada lini fotografi ini menjadi salah satu sektor yang paling diunggulkan.

back to menu ↑

Baterai

Sama seperti saudaranya, yakni Oppo F5, ponsel pintar ini juga dibekali dengan baterai Non-removable Li-Ion sebesar 4.000 mAh. Selain itu, baterai tersebut juga tidak dibekali dengan fitur fast charging. Baterai berkapasitas besar tersebut tentu dapat menunjang berbagai aktivitas pengguna dalam waktu seharian, tanpa harus men-charge smartphone ini sebelum beraktivitas.

Dengan daya yang besar tersebut, pengguna juga tak perlu membawa pengisi daya, baik itu charger atau powerbank ketika seharian melakukan aktivitas di luar rumah.

Sayangnya, baterai berkapasitas besar itu tidak bisa dicopot sesuka hati. Meski demikian, secara keseluruhan hal tersebut tidak akan berpengaruh banyak pada kinerja dari komponen Oppo F5 Youth ini.

Oppo F5 Youth sudah bisa didapatkan di gerai-gerai yang menjual perangkat Oppo seperti Oppo Store, peritel modern, dan jaringan e-commerce terkemuka di Indonesia dengan harga Rp 3.599 jutaan.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Oppo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Oppo F5 Youth memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Oppo F5. Perangkat ini dibekali dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang dikolaborasikan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan processor Octa-Core 1.8 GHz dan RAM 4 GB. Sebagai smartphone yang mengusung tagline “Selfie Expert”, smartphone ini mengandalkan kamera depan Dual 12 MP dan kamera belakang 16 MP. Tak hanya itu, ponsel Oppo F5 Youth ini juga dibekali dengan baterai sebesar 4000 mAh untuk menunjang aktivitas pengguna.

Desain
7.5
Performa
7.5
Fitur
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Mengadopsi dual kamera selfie beresolusi 12 MP yang bisa menghasilkan foto selfie berkualitas dengan tangkapan gambar jernih dan tajam.
  • Oppo melengkapinya dengan fitur intelligent beauty filters yang akan mempercantik wajah saat berfoto selfie menggunakan kamera depan ataupun belakang.
  • Tersedia RAM berkapasitas 4 GB dan processor Octa Core yang akan mengoptimalkan performa smartphone ini.
  • Memiliki layar FullView beresolusi Full HD+ yang dibentangkan seluas 6 inci, sehingga cocok dipakai bermain game dan menonton film.
  • Konektivitasnya dioptimalkan fitur Dual Sim dan 4G LTE.
  • Resolusi kamera belakangnya sangat tinggi dan didukung fitur fotografi yang cukup lengkap.
  • Tersedia fitur Facial Unlock.
  • Dibekali baterai berkapasitas sangat besar.
CONS
  • Cover terbuat dari bahan plastik yang mengurangi kesan premium pada desainnya.
  • Tidak memiliki sertifikasi IP68 yang artinya tidak dapat bertahan didalam air.
  • Baterai tanam (Non-Removable) yang tidak dapat dilepas secara manual.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami