Review Oppo R11s: Punya Display AMOLED 18:9 dan Setup Dual-Camera

Sinyaliti.com – Sebelumnya perusahaan telah memperkenalkan Oppo R11 Plus. Dan kini Oppo kembali memperkenalkan seri terbarunya yang bernama Oppo R11s. Ya, Oppo tampaknya sedang rajin mengeluarkan ponsel flagship ke pangsa pasar Internasional. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Oppo merupakan salah satu vendor yang selalu mengutamakan lini kamera sebagai ciri khasnya.

Begitu pula dengan ponsel Oppo R11s yang pasti tidak kalah dengan pendahulunya tersebut, yang mana masih menerapkan dual-camera untuk kamera utamanya yang pastinya akan menghasilkan visual gambar yang lebih tajam.

Selain itu, Oppo juga menghadirkan smartphone ini dengan layar yang lebih kecil dari sebelumnya, namun tetap menghadirkan visual layar yang tajam dan jernih. Namun, meskipun layar yang dibawa oleh Oppo R11s ini lebih kecil dari pendahulunya, layar tersebut sudah tergolong mewah lho! Karena layar tersebut terbilang cukup besar untuk sekelasnya.

Tidak hanya dari lini kamera dan desainnya saja yang menarik, melainkan juga performa dari mesinnya juga tangguh.

Semakin penasaran dengan Oppo R11s ini kan? Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi smartphone ini, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Oppo R11s

Desain Oppo R11s

Adapun spesifikasi Oppo R11s pada bagian desain hampir sama dengan ponsel flagship pendahulunya yang mengandalkan bahan metal sebagai bagian luar dan desain yang sedikit membulat pada setiap sudutnya. Tampilannya juga semakin mewah dengan dibalut tiga warna, yaitu: Black, Gold, dan Rose Gold.

Sementara pada bagian depan, kita masih bisa menemukan tombol fisik “Home” yang baisa digunakan sebagai sensor pemindai sidik jari.

Oppo R11s sendiri hadir dengan ukuran layar yang lebih kecil dari pendahulunya, yaitu 5,8 inci, yang dilengkapi dengan tipe layar AMOLED capacitive touchscreen.

Dan untuk menunjang visualisasi layar agar semakin tangguh, Oppo R11s menggunakan resolusi layar dengan ukuran yang besar, yaitu Full HD 1080 x 2160 piksel dengan kerapatan 416 ppi.

Agar memberikan tampilan yang menarik, Oppo pun menyematkan interface ColorOS, sehingga tidak akan membosankan. Tak hanya itu saja, pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 juga telah melengkapi spesifikasi Oppo R11s ini.

back to menu ↑

Fitur

Perangkat flagship pastinya membutuhkan sinyal internet untuk mengakses beragam aplikasi sebagai kebutuhan komunikasi dan informasi. Begitu pula dengan smartphone Oppo R11s ini, yang pastinya tidak lepas dari jaringan internet. Dimana perangkat terbaru Oppo ini menerapkan jaringan 4G LTE untuk mengakses internet atau aplikasi pada smartphone tersebut.

Jaringan 4G LTE memang menjadi jaringan internet yang tepat tersemat pada ponsel flagship, karena memang aksesnya yang cepat. Dan untuk membantu sarana komunikasi kamu, Oppo juga memberikan ruang SIM.

Namun sayangnya, Oppo masih menerapkan hybrid Dual SIM, dimana pada SIM 2 harus dikorbankan untuk microSD jika menginginkan ruang penyimpanan eksternal.

Konektivitas lainnya yang juga mendukung untuk mengakses internet adalah sudah adanya fitur-fitur seperti WiFi 802.11 a/b/g/n, Dual-Band, WiFi Direct dan Hotspot.

Sedangkan untuk kebutuhan pemindahan data, perangkat ini dilengkapi dengan Bluetooth 4.2 dan USB On-The-Go. Sedangkan untuk navigasi, teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS juga turut melengkapi spesifikasi dari perangkat Oppo R11s ini.

back to menu ↑

Performa

Untuk dapur pacu, bisa dikatakan Oppo selalu memberikan performa yang tangguh dan sangat mumpuni. Hal ini pun rupanya juga dilakukan Oppo pada R11s ini, yang mana mengandalkan chipset asal Amerika, yaitu Qualcomm MSM8959 Plus Snapdragon 660 dan didukung prosessor Quad-Core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.3 GHz Kryo 260). Performa Oppo R11s pun semakin gahar dengan disematkannya operasi sistem Android v7.1.1 Nougat.

Tak hanya itu, untuk pengelolaan grafis agar semakin tangguh, perangkat ini menggunakan GPU Adreno 512, yang pastinya akan mendukung permainan game pada ponsel tersebut.

Sektor dapur pacunya ini juga semakin mumpuni berkat dukungan RAM berkapasitas 4 GB yang tersemat di dalamnya. Tentu saja, beberapa komponen tersebut akan membuat spesifikasi Oppo R11s ini semakin sempurna.

Namun akan percuma jika smartphone yang dilengkapi dengan dapur pacu yang tangguh yang mumpuni tetapi ruang penyimpanannya tidak mendukung. Untuk itulah, pada perangkat barunya ini, Oppo telah membekali dengan ruang simpan yang mumpuni. Dimana Oppo R11s ini akan membawa ruang penyimpanan yang lapang, sehingga akan memudahkan kamu dalam menyimpan beragam file penting kamu seperti foto, audio, video, data aplikasi, dokumen dll.

Untuk memori internal, perangkat Oppo R11s ini menyediakan ruang berkapasitas 64 GB. Masih kurang? Jangan khawatir, sebab Oppo juga masih memberikan ruang penyimpanan eksternal microSD hingga 256 GB.

Namun yang perlu diingat adalah microSD pada perangkat ini menggunakan slot SIM 2, sehingga harus memastikan kebutuhan SIM ketika ingin menggunakan microSD. Meskipun demikian, hal tersebut tidak akan mempengaruhi spesifikasi Oppo R11s ini secara keseluruhan.

back to menu ↑

Kamera

Kelebihan lain dari Oppo R11s ada pada bagian lini kameranya. Ya, tentu kita sudah sangat familiar jika Oppo merupakan vendor yang selalu mengunggulkan sektor kamera. Hal ini karena menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern saat ini yang tidak bisa lepas dari aktivitas selfie.

Tidak diragukan lagi kalau Oppo akan mengandalkan kamera yang berkelas, sehingga mengasilkan visual gambar yang tangguh. Dan kali ini Oppo R11s dibekali dengan dual kamera utama dengan ukuran resolusi yang besar, yaitu 20 MP dan 16 MP.

Menariknya, kamera ini akan memiliki fungsi yang sama dengan kamera DSLR, karena memiliki aperture kecil f/2.6 AF dan f/1.7 PDAF yang akan membuka layar dari Oppo R11s ini semakin lebar dan akan menjangkau gambar lebih luas.

Pada bagian kamera utama dilengkapi pula dengan phase detection autofocus dan LED flash. Tidak hanya untuk bagian kamera utama saja, Oppo juga menyuguhkan kamera depan yang tangguh dengan ukuran resolusi 20 MP dengan aperture f/2.0.

Adapun fitur lainnya pada Oppo R11s ini yang mendukung kinerja kamera lebih mudah diantaranya ½.8” sensor size, 1.0 µm pixel size & ½.8” sensor size, 1.12 µm pixel size, geo tagging, touch focus, face detection, HDR dan panorama.

Pada kamera utama, bisa juga digunakan untuk merekam dengan resolusi 4K berkecepatan 30 fps. Sedangkan untuk kamera depan mampu merekam gambar dengan resolusi Full HD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Oppo R11s pada sektor kamera memang cukup memukau.

 

back to menu ↑

Baterai

Terakhir, adalah baterai yang digunakan untuk segala kebutuhan, karena baterai bisa dikatakan sebagai jantung dari perangkat tersebut. Jika perangkat tidak dilengkapi dengan baterai yang tangguh, maka performa dari smartphone juga tidak akan bisa maksimal. Begitu pula Oppo R11s yang dilengkapi dengan daya yang cukup besar yaitu mengandalkan Non-removable Li-Po 3.200 mAh.

Dengan kapasitas yang cukup besar tersebut, tentu sudah memadai untuk menyuplai segala kebutuhan dari masing-masing komponen di dalam perangkat ini. Bahkan Oppo R11s ini sudah dilengkapi dengan fitur fast battery charging yang akan memberikan efisiensi waktu ketika pengisian daya. Sehingga dari segala spesifikasinya yang mumpuni tersebut sektor baterai ini menjadi salah satu yang akan diunggulkan.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Oppo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Hal pertama yang bisa dirasakan apa yang ditawarkan oleh Oppo R11s adalah layarnya, karena menggunakan layar AMOLED dengan bentang 5.8 Inci. Selain itu, tampilan layar juga semakin kece dengan dukungan resolusi layar Full HD. Sedangkan untuk sektor dapur pacu, Oppo R11s mengandalkan OS Android Nougat yang akan meringankan kinerja operasionalnya. Dan untuk mendukung kinerja operasional, mesin tersebut juga mengandalkan chipset Snapdragon 660 dan prosessor Octa-Core berkapasitas RAM 4 GB. Oppo R11s juga mengunggulkan lini kamera, dimana pada kamera utama menggunakan dual kamera yang menghasilkan visual gambar nan tajam.

Desain
8
Performa
7.5
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Tampilan begitu menggoda dengan desain body full metal aluminium.
  • Dilengkapi dengan dual SIM yang aktif secara bersamaan.
  • Konektifitas internet super cepat 4G LTE.
  • Layar 5,5 inci dengan teknologi IPS LCD yang sangat nyaman digunakan untuk main game atau striming vidio.
  • Resolusi layar Full HD untuk tampilan layar terlihat lebih jernih.
  • Smartphone sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari.
  • Smartphone sudah menjalankan OS Android terbaru v7.1 Nougat.
  • Prosesor Snapdragon 660 + Adreno 512 untuk kinerja lebih responsif.
  • Kapasitas RAM besar 4 GB.
  • Dual Kamera utama yang beresolusi 20 MP dan 16 MP lengkap dengan PDAF LED Flash.
Kekurangan
  • Tidak dilengkapi dengan sertifiikat IP68 tahan air dan debu.
  • Baterai bersifat Non-Removable, alias tidak bisa dilepas.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0