Review Samsung Galaxy A3: Smartphone Android Kelas Menengah

Sinyaliti.com – Belum lama ini Samsung baru saja mengeluarkan produk terbarunya dengan nama Samsung Galaxy A3, yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah atau low entry level. Samsung Galaxy A series sendiri berbasis smartphone mid-end. Kabarnya Smartphone ini dibekali dengan berbagai hal menarik oleh Samsung, mulai dari desain yang menawan hingga spesifikasi yang mumpuni. Sehingga menjadi pilihan utama bagi para calon pembeli smartphone.

So, sobat sinyaliti.com, penasaran dengan spesifikasi yang terdapat pada smartphone Samsung Galaxy A3 ini? Yuk, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy A3

Desain Samsung Galaxy A3

Secara fisik, tampilan Samsung Galaxy A3 tidak terlalu besar. Terdapat lengkungan di setiap sudut body serta di bagian belakangnya. Body ponsel sendiri mengusung dimensi panjang 130.1 mm, lebar 65.5 mm, dan ketebalan 6.9 mm, sehingga sangat nyaman saat digenggam. Memiliki unibody yang berbahan plastik, ponsel pintar ini hadir dengan berbagai varian warna pilihan seperti black sky, gold sand, blue mist, dan peach cloud.

Sementara pada bagian frame seluruhnya terbuat dari material berbahan metal berwarna chrome yang memancarkan warna mengkilat, sehingga ponsel terlihat lebih elegan dan premium.

Desain Samsung Galaxy A3

Body yang terlihat mewah tersebut membawa layar yang cukup berkualitas dan berteknologi Super AMOLED capacitive touchscreen. Meskipun tak sejernih dan setajam layar Full HD, namun setidaknya layar ponsel sudah sangat bagus bila dibanding layar IPS dengan resolusi Full HD sekalipun.

Layar pada ponsel sendiri berukuran seluas 4.7 inci serta memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan mencapai 312 piksel per inci dengan kekayaan 16 juta warna yang tingkat kedalaman warnanya mencapai 245 ppi piksel density. Sehingga warna pada layar terlihat sangat tajam.

Layar kaca 2,5D itupun sudah dilapisi dengan pelindung dari Corning Gorilla Glass 4, sehingga tidak perlu khawatir karena layarnya akan tahan terhadap goresan yang tidak diinginkan. Tak hanya aman, pelindung Corning Gorilla Glass 4 ini justru menambah kesan premium pada ponsel. Dan agar lebih kekinian, Samsung pun menyematkan sertifikat IP68 yang membuat bodinya anti debu dan tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

back to menu ↑

Fitur

Soal konektivitas, Samsung Galaxy A3 berjalan menggunakan jaringan GSM yang menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Salah satunya adalah fitur Dual SIM dan teknologi 4G LTE Cat4 yang dapat dipacu hingga kecepatan 150 Mbps. Sehingga sangat memungkinkan untuk mengakses internet lebih lancar.

Lalu bagimana jika tidak tersedia jaringan LTE? Jangan khawatir, sebab telah tersedia pula jaringan 3G dengan mengandalkan HSDPA yang mampu mengakses internet dengan kecepatan 42.2 Mbps dan HSUPA mencapai 5.76 Mbps.

Untuk kebutuhan navigasi, ponsel ini menawarkan GPS dengan teknologi A-GPS dan Glonass. Yang memiliki kecepatan mengunci lokasi secara cepat dengan menggunakan aplikasi Google Maps dan aplikasi pemetaan yang lainnya. Sementara untuk transfer data, bisa memanfaatkan Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, LE dan microUSB v2.0.

Fitur Samsung Galaxy A3

Selain itu, beberapa sensor yang dibenamkan di dalamnya meliputi accelerometer, proximity, geomagnetik, RGB Light, dan Hall. Peningkatan lain pada Samsung Galaxy A3 adalah dengan dibenamkannya fitur keamanan kilat super nyaman, yakni sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol home di bawah layar. Dan satu lagi fitur tambahan yang sangat mendukung, yaitu fitur NFC yang tentu akan menjadi salah satu fitur yang begitu didambakan oleh pecinta konten multimedia.

Samsung Galaxy A3 sendiri tidak membawa fitur Samsung Pay dan Fingerprint Scanner. Hal ini cukup dimaklumi, mengingat ponsel ini datang dengan membawa Samsung KNOX serta dukungan S-Voice. Dan agar lebih kekinian, Samsung pun menyematkan sertifikat IP68 yang membuat bodinya anti debu dan tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

back to menu ↑

Performa

Peforma apik yang dimiliki Galaxy A3 sesungguhnya berasal dari perpaduan hardaware berkualitas, yaitu chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Processor Quad-core 1.2 GHz, dan RAM berukuran 2 GB. Namun walaupun hanya berbekal dengan kapasitas RAM 2 GB, kinerja yang diberikan pada ponsel akan sudah cukup terasa responsive dan tidak ada nge-lage pada tiap pembukaan aplikasi secara beruntun di samrtphone ini.

Perpaduan ketiga hardware tersebut semakin sempurnya dengan adanya OS Android Kitkat 4.4.4 yang mampu meningkatkan kinerja multitasking dan mengendalikan tampilan grafis pada saat bermain HD Gaming.

Performa Samsung Galaxy A3

Sementara untuk fitur penyimpanannya terdapat dua pilihan kapasitas media storage yang disediakan, yaitu 8 GB atau 16 GB. Untuk kapasitas memori 16 GB pada memori internal cukup mumpuni untuk menyimpan hasil download. Baik itu gambar, audio, maupun video.

Jika file-file tersebut belum tertampung juga pada ponsel, maka bisa dengan bantuan microSD eksternal dengan kapasitas yang bisa diperbesar hingga 128 GB, pasti akan sangat membantu.

back to menu ↑

Kamera

Kelengkapan kamera dari Samsung Galaxy A3 ini pun cukup baik dengan disematkannya Dual Kamera, kamera utama dan kamera depan. Untuk kamera utama, Samsung memberikan bekal dengan resolusi sebesar 13 MP. Menariknya, kamera utama ini sudah dibekali dengan aperture atau bukaan lensa pada point f/1.9. Yang tentunya akan membuat performa kamera utama akan berasa menjadi lebih baik dan mampu memberikan ruang cahaya yang masuk menjadi lebih luas. Sehingga hasil jepretan lebih terang meskipun di area minim cahaya.

Selain itu, beragam fitur tambahan seperti Autofocus dan LED Flash juga turut melengkapi kehadiran kamera pada ponsel. Kedua fitur tersebut membuat performa kamera menjadi sempurna dalam membidik gambar dengan sangat cepat, penguncian fokus yang juga cepat, dan kestabilan warna yang sangat terjaga. Jika saat pengambilan foto suasana dalam kondisi gelap, bisa mengaktifkan LED Flash yang dimiliki oleh kamera utama agar bisa menghasilkan gambar yang lebih terang.

Kemampuan kamera utama 13 MP yang ada pada ponsel juga bisa merekam video dengan kualitas Full HD 1080p30fps. Namun sayangnya, belum bisa merekam video dengan 4K.

Kamera Samsung Galaxy A3

Kehadiran kamera depan juga sangat membantu dalam menjalankan peran smartphone ini agar lebih maksimal. Memiliki kamera depan beresolusi 8 MP serta ditunjang dengan bermacam fitur foto menarik seperti geo-tagging, touch focus, face detection, dan panorama. Tentunya hal ini akan sangat membantu kualitas gambar dari kamera depan, agar bisa menjadi lebih smooth dan layak untuk dishare ke akun media sosial.

Sayangnya, kamera depan ini tidak dilengkapi dengan fitur OIS sebagai penyetabil bidikan kamera. Namun setidaknya kamera ini sudah mampu memberikan hasil gambar yang tergolong cukup sempurna dan menarik.

back to menu ↑

Baterai

Untuk urusan suplay daya, Samsung Galaxy A3 ini dibekali dengan baterai Li-Ion 2350 mAh. Baterai buatan Samsung ini memiliki daya tahan yang sangat bagus, meskipun kapasitasnya relatif kecil. Tak ketinggalan, ponsel juga dibekali dengan fitur Fast Charging yang dapat membuat proses pengisian daya lebih cepat dari pada biasanya.

Melihat kelengkapan spesifikasi Samsung Galaxy A3 di atas, mungkin sobat sinyaliti.com mulai menerka-nerka kisaran harganya. Berapa ya kira-kira? Nah, untuk mengetahui harga Samsung Galaxy A3 ini, kamu bisa klik di sini.

8 Total Score
Good!

Samsung Galaxy A3 merupakan ponsel pintar yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah. Peforma apiknya berasal dari perpaduan tiga hardaware berkualitas, yaitu chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Processor Quad-core 1.2 GHz, dan RAM berukuran 2 GB. Kelengkapan kamera dari Samsung Galaxy A3 ini pun cukup baik. Dengan resolusi sebesar 13 MP serta fitur tambahan seperti Autofocus dan LED mampu menghasilkan gambar yang lebih terang.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar 4.7″ Super AMOLED yang menawarkan tampilan lebih tajam dan jernih.
  • Layar dilindungi dengan dukungan Corning Gorilla Glass 4.
  • Didukung dengan dukungan Dual SIM Card dan akses internet 4G LTE.
  • Ada Fingerprint Scanner untuk keamanan.
  • Mengadopsi OS v6.0 Marshmallow yang menawarkan berbagai fitur baru.
  • RAM 2 GB yang sangat optimal buat Multitasking dan memainkan Game HD.
  • Performa yang bisa diandalkan dengan prosessor Exynoss 7578 Quad core dengan speed 1.6 GHz.
  • Kamera utama 13 MP dengan aperture lebar f/1.9 lengkap dengan LED Flash dan Autofocus.
  • Mampu merekam video dengan hasil Full HD.
  • Kamera dean beresolusi 8 MP juga dengan aperture lebar f/1.9 sangat cocok buat Selfie dan Video Call.
Kekurangan
  • Kapasitas Baterai kecil dan Non Removable.
  • Belum didukung fast charging.
  • Resolusi layar cukup rendah.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0