Review Samsung Galaxy A7: Smartphone Gahar Dengan Rasa High Class

Sinyaliti.com – Samsung Mobile kembali meluncurkan sebuah phablet terbaru bernama Samsung Galaxy A7. Phablet ini masih dari jajaran Galaxy A Series, yang dipersiapkan untuk segmen kelas menengah ke atas atau high class. Selain membawa desain elegan khas Samsung, kabarnya phablet besutan pabrik asal Negeri Ginseng ini juga akan dibekali dengan beragam komponen gahar di kelasnya. Sehingga dipastikan akan memberikan pengalaman yang lebih seru kepada para penggunanya.

Penasaran kan? Yuk, sobat sinyaliti.com, kita simak ulasan spesifikasi Samsung Galaxy A7 berikut ini.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy A7

Desain Samsung Galaxy A7

Jika dilihat dari segi dimensinya, phablet besutan Samsung ini hampir memiliki ketebalan bodi yang tipis, namun masih cukup nyaman bila digenggam. Bodinya berbalut bahan logam berkualitas dengan model candybar, dimana bezelnya hadir dalam paduan logam dan kaca sehingga terlihat mewah. Hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensinya yang memiliki panjang 156,8 mm, lebar yang mencapai 77.6 mm, dan ketebalan hanya 7,9 mm. Namun walaupun bodinya agak tipis, smartphone ini tetap terlihat premium dengan membawa desain yang khas bersama sentuhan mewah, elegan serta stylish.

Banyak pilihan warna untuk ponsel Samsung Galaxy A7 ini, dengan berbagai macam warna seperti pearl white, midnight black, platinum silver, soft pink, light blue,dan champagne gold.

Desain Samsung Galaxy A7

Selain itu, ponsel ini memiliki layar berukuran 5.7 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar tersebut mengadopsi panel Super AMOLED Display capacitive touchscreen 16 juta warna dan memiliki kerapatan hingga 368 piksel per inci. Hal ini tentunya akan membuat layar terlihat sangat tajam dan berkualitas tinggi.

Kehebatan dari teknologi layar Samsung Galaxy A7 yang mendukung multitouch cukup resposnif tersebut akan semakin terlindungi dan terjaga dengan adanya sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass yang sanggup menahan segala goresan, termasuk benda tajam. Menariknya, tak hanya bagian depan, bagian belakang dari Galaxy A7 pun juga berlapis kaca.

back to menu ↑

Fitur

Banyak fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A7 ini. Beberapa jaringan juga tersedia di ponsel ini, diantaranya adalah jaringan 2G dengan kecepatan akses data GSM 850/ 900/ 1800/ 1900. Kemudian ada jaringan 3G dengan kecepatan akses data HSDPA 42.2/5.76 Mbps 850/ 900/ 1900/ 2100. Setelah itu, ada juga jaringan 4G dengan kecepatan akses data yang digunakan adalah LTE Cat4 dan dapat melakukan aktivitas downloading hingga mencapai kecepatan 300 Mbps serta upload speed mencapai 50 Mbps. Jaringan ini merupakan jenis terbaru dengan kecepatan dan frekuensi yang cukup tinggi.

Layaknya smartphone kelas atas, Samsung Galaxy A7 ini telah mengantongi sertifikat IP68. Jadi bisa dibawa ketika berenang ataupun hujan-hujanan. Dan juga bisa bertahan terhadap partikel debu dan rendaman air sedalam 1.5 meter selama 30 menit.

Fitur Samsung Galaxy A7

Selain itu, tersedia pula untuk sektor konektivitas, dimana Samsung merubah port MicroUSB 2.0 dan menggantikannya dengan konektor USB Type-C. Alhasil, pengiriman file dari komputer akan berjalan lebih cepat dan mempermudah pengisian daya baterai.

Di sisi lain, tersedia pula WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, NFC, Bluetooth v4.2, dan navigasi GPS berteknologi A-GPS serta Glonass yang berguna untuk menunjang kebutuhan pemetaan lokasi. Dan tak ketinggalan MP3 Player, MP4 Player, Game dan yang lainnya.

back to menu ↑

Performa

Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A7 dibekali dengan chipset Exynos 7870 yang merupakan chipset terbaru buatan Samsung sendiri. Chipset tersebut ditenagai dengan prosesor Octa-Core 1,9 GHz Cortex-A53 yang juga didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. Dengan kombinasi dari kedua hardware tersebut, tentu akan membuat kinerja ponsel besutan Samsung ini semakin bekerja lebih maksimal dan stabil juga lebih responsif ketika digunakan untuk multitasking sebelum dikerjakan oleh sistem.

Samsung Galaxy A7 sendiri menyediakan memory internal berkapasitas 32 GB sebagai media penyimpanan utamanya. Dengan memory internal tersebut, tentunya ponsel dapat menyimpan banyak file di dalamnya dan juga dapat dengan leluasa memasang aplikasi maupun game yang banyak tersedia di Play Store.

Namun jika dirasa kapasitas memory internal tersebut masih kurang, pengguna masih bisa memperluas kapasitasnya dengan cara memasang microSD pada slot microSD yang telah disediakan. Slot microSD yang disediakan tersebut mampu menampung microSD dengan kapasitas yang besar mencapai 256 GB. Kehadiran slot microSD ini tentu sangat berguna bagi yang menginginkan ruang penyimpanan lebih luas. Terutama untuk menyimpan beberapa file yang membutuhkan space besar seperti aplikasi, game, dan video. Jadi, spesifikasi Galaxy A7 pada sektor penyimpanan ini bisa dibilang cukup memadai.

Performa Samsung Galaxy A7

Sementara untuk urusan gaming dan grafisnya, ponsel Samsung serie Galaxy A7 ini mempercayakan pengolah grafisnya pada GPU Mali-T830MP2 yang akan memberikan tampilan grafis berkualitas tinggi untuk menjalankan game atau memutar video dengan kualitas Full HD.

Sedangkan untuk menunjang kinerja dari Samsung Galaxy A7, Samsung membekalinya dengan sistem operasi Android OS v4.4.4 atau Android Kitkat yang mendapatkan update ke Android OS v5.0.2 atau Android Lollipop.

back to menu ↑

Kamera

Seakan ingin memenuhi kebutuhan penggunanya, maka Samsung Galaxy A7 hadir dengan sepasang kamera berkemampuan sangat baik. Pasalnya, ponsel Galaxy A7 datang dengan memanfaatkan dua buah kamera (belakang dan depan) yang sama-sama memiliki ketangguhan resolusi 16 MP dengan lebar aperture f/1.9. Dengan kedua kamera tersebut, pengguna pun bisa menghasilkan foto yang begitu tajam dan jernih. Selain itu, fitur touch-focus juga sudah disematkan pada kamera tersebut, yang akan membuat hasil foto semakin optimal.

Kemudian pada kamera belakang juga telah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang akan lebih mengoptimalkan pengaturan pencahayaan yang bagus. Tak sebatas menghasilkan foto berkualitas, kamera utama pada ini juga dapat membantu penggunanya untuk menghasilkan video dengan resolusi 1080p@30fps. Menariknya lagi, smartphone ini mengadopsi teknologi OIS, sehingga rekaman videonya tetap jernih dan halus.

Kamera Samsung Galaxy A7

Sementara itu, pada bagian depan perangkat ini akan didapati kamera sekunder beresolusi sama dengan kamera belakang, yaitu 16 MP. Dan karena kedua kamera tersebut sama-sama memiliki aperture f/1.9, sehingga bisa diandalkan untuk mengabadikan momen pada kondisi low light. Sehingga tak hanya sebatas menghasilkan foto selfie berkualitas, kamera depan tersebut juga mampu memberikan hasil rekaman video call yang berkualitas tinggi.

back to menu ↑

Baterai

Sebagai perangkat premium, adalah wajar jika Samsung Galaxy A7 ini dipersenjatai dengan komponen-komponen canggih berkualitas tinggi. Seperti pada sektor kameranya yang memiliki kamera utama dan kamera sekunder dengan resolusi sama besar, yakni 16 MP. Atau layarnya yang sudah menggunakan panel layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD, tentunya membuat tampilan semakin menawan. Namun sayangnya, baterai yang disematkan pada perangkat Galaxy A7 ini adalah baterai berjenis Non-Removable sehingga tidak dapat dilepas.

Samsung Galaxy A7 sendiri dipersenjatai dengan baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion) yang memiliki kapasitas daya sebesar 3600 mAh. Dengan besaran kapasitas tersebut, diharapkan baterai tersebut mampu memenuhi kebutuhan daya pada setiap komponen ponsel. Tak ketinggalan fitur Fast Charging yang berguna untuk mempercepat waktu pengisian baterai.

Lantas berapa kira-kira harga Samsung Galaxy A7 ini? Nah, kamu bisa lihat harganya di sini.

8 Total Score
Good!

Layaknya smartphone kelas atas, Samsung Galaxy A7dibekali dengan beragam komponen gahar di kelasnya seperti chipset Exynos 7870 yang ditenagai dengan prosesor Octa-Core 1,9 GHz Cortex-A53 dan juga didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. Sementara dua buah kamera (belakang dan depan) sama-sama memiliki ketangguhan resolusi 16 MP dengan lebar aperture f/1.9.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Tampilan yang premium dan elegan layaknya flagship Samsung Galaxy S7.
  • Support jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Mendukung dual SIM stanby yang bisa aktif bersamaan.
  • Layar 5.7 inchi Super AMOLED capacitive.
  • Resolusi layar 1080 x 1920 piksel menampilkan gambar yang detail dan jernih.
  • Dilapisi pelindung Gorilla Glass 4.
  • Dilengkapi Fitur IP68 (tahan air dan debu).
  • Teknologi keamanan fingerprint sensor.
  • Prosesor Exynos 7880 Octa Octa Core 1.9 GHz dan GPU Mali-T830MP2.
  • Memori internal 32 GB & RAM berkapasitas 3GB.
  • Dilengkapi dengan slot MicroSD hingga 256GB.
  • Kamera utama memiliki resolusi 16MP lengkap dengan PDAF, OIS dan LED flash.
  • Kamera depan 16 MP untuk berfoto selfie dan video call.
  • Support USB Type C.
  • Baterai 3600 mAh + fitur fast Charging.
Kekurangan
  • Body dari metal + glass yang mudah kotor dan menempelkan bekas sidik jari.
  • Kamera depan tak ada LED flash.
  • Baterai Non-removable yang susah dibukanya.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0