Review Samsung Galaxy A9 Pro: Smartphone Elegan Samsung yang Berlapis Kaca

Sinyaliti.com – Merupakan versi tertinggi dari dari Samsung Galaxy A Series, Galaxy A9 kini bahkan telah rilis dalam bentuk versi Pro nya. Samsung Galaxy A9 Pro ini dibekali dengan berbagai spesifikasi yang lebih canggih dari versi biasanya. Masih mengusung layar 6 inchi dengan resolusi full hd, kini Samsung Galaxy A9 Pro juga dibekali dengan memori RAM sebesar 4GB ( versi biasa hanya 3gb saja sobat sinyaliti). Tak hanya itu peningkatan fitur juga ada pada sisi fotografinya. Galaxy A9 Pro ini dibekali dengan kamera belakang 16MP dan depan 8MP. Nah untuk kalian yang tertarik dengan smartphone ini, berikut ini spesifikasi detailnya sobat Sinyaliti. Yuk kita simak ulasannya.

Spesifkasi Detail Samsung Galaxy A9 Pro

Desain Samsung Galaxy A9 Pro

Samsung Galaxy A9 Pro mengadopsi layar 6 inci berteknologi Super Amoled dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Cukup disayangkan resolusi layarnya tak sebaik Galaxy Note 5 yang mengusung layar Quad HD, namun tak jadi masalah selama kerapatan layarnya mencapai 376 ppi.

Lebih kerennya lagi, A9 Pro memiliki dimensi 161.7 x 80.9 x 7.4 mm, dan bobotnya hanya sekitar 200 gram saja. Lapisan kaca Gorilla Glass 4 yang  tidak hanya berada pada sisi depan, namun juga melapisi sisi belakang smartphone ini membuat ponsel ini terlihat sangat kokoh dan tahan terhadap segala bentuk goresan.

Sementara dari segi desainnya A9 Pro memiliki bentuk unibodi yang memadukan frame metal dan kaca, sehingga tampilan luar Galaxy A9 Pro akan tampak lebih elegan. Agar terkesan lebih mewah, tak lupa Samsung membalutnya dengan beragam pilihan warna cantik dan menarik, seperti Pearl White, Midnight Black, Champagne Gold,dan Pink. Jadi tak masalah walaupun bodinya cukup berat, namun sebanding dengan desain yang dimilikinya sobat sinyaliti, terlebih kamu bisa memilih warna apa yang kamu inginkan sesuai dengan selera.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke segi fiturrnya, A9 Pro dilengkapi dengan fitur NFC dan LTE sebagai konektivitas andalan untuk menarik minat konsumen. Sayangnya Samsung tak membekalinya dengan fitur infrared yang biasanya diapat difungsikan sebagai remote televisi. Namun sebagai gantinya, Samsung telah menghadirkan teknologi 4G LTE Cat.7 dengan kecepatan 350/50 Mbps.

Selain itu, ponsel ini juga dibekali fitur Dual Sim dan mengusung Wi-Fi (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac) canggih berteknologi Dual Band yang mendukung fitur Wi-Fi Direct dan Wi-Fi Hotspot. Pengguna bisa berkomunikasi dan mengakses internet dengan sangat nyaman. Bahkan ponsel ini juga telah dibekali dua slot sim card yang keduanya sama-sama berbentuk nano-sim. Kemudian untuk bagian navigasinya, A9 Pro telah dilengkapi oleh GPS (A-GPS, GLONASS) yang diklaim sangat cepat dan akurat saat digunakan untuk mencari lokasi. Sayangnya port USB yang digunakan masih bertipe MicroUSB 2.0.

Samsung Galaxy A9 Pro

Di dalam memori internal Galaxy A9 Pro telah terpasang sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 dengan tampilan antarmuka Touchwiz UI terbaru. Berbekal sistem operasi terbaru dan Ram 4GB tersebut. A9 Pro sudah pasti menjadi pilihan smartphone dengan performa yang sangat cepat, sehingga semua aplikasi dan game akan berjalan lancar. Sedangkan untuk bagian konektivitas, sobat sinyaliti bisa menikmati kecepatan internet hingga 350 mbps, yang dimaksimalkan lagi oleh fitur Dual Sim.

Tak sampai disitu, Fitur pemindai sidik jari atau fingerprint sensor menjadi bagian tak terpisahkan pada smartphone premium buatan Samsung A9 Pro ini. A9 Pro juga mendukung fitur pengisian baterai cepat atau sering kita sebut sebagai fitur fast charging. Berbicara mengenai baterai, pastinya Samsung membekali A9 Pro dengan baterai berkapasitas besar, sehingga penggunanya bisa beraktivitas tanpa terkendala daya baterai yang terbatas.

Samsung Galaxy A9 Pro

back to menu ↑

Performa

Berbicara mengenai dapur pacu, smartphone ini tetap mengandalkan chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 sama seperti yang dipakai A9 (2016). Menariknya, didalam chipset tersebut telah terpasang processor Octa Core 64-Bit yang berlari pada 2 inti processor berkecepatan Quad-core 1.8 GHz Cortex-A72, dan quad-core 1.2 GHz Cortex-A53.

Kemudian untuk sektor grafisnya, telah terpasang GPU Adreno 510 yang siap mengoptimalkan kinerja A9 Pro dalam mengeksekusi beragam aplikasi dan game yang sobat Sinyaliti  instal kedalamnya.

Samsung Galaxy A9 Pro

Yang paling menarik dari spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro ialah memiliki Ram sebesar 4GB. Meningkat dari seri sebelumnya yang masih memakai Ram 3GB. Otomatis hal ini akan membuat kinerja multitasking Galaxy A9 Pro satu tingkat lebih baik dari pendahulunya. Dan pastinya membuat harga Samsung Galaxy A9 Pro menjadi lebih mahal. Namun jangan khawatir, kocek yang telah sobat sinyaliti keluarkan untuk membelinya tak akan sia-sia, karena smartphone ini memiliki memori internal berkapsitas 32GB, dan didukung penyimpanan ekternal dengan daya tampung mencapai 128GB.

Samsung Galaxy A9 Pro

back to menu ↑

Kamera

Kamera A9 Pro mengalami peningkatan cukup signifikan. Untuk versi Pro ini telah tersedia kamera beresolusi 16 Megapixel yang mampu mengabadikan setiap momen disegala kondisi pecahayaan dengan hasil yang lebih memukau. Dan pastinya tetap tajam dan jernih. Pasalnya sudah terdapat aperture f/1.9 yang dipadukan fitur Autofocus, LED Flash, dan teknologi OIS.

Teknologi OIS atau Optical Image Stabilization memungkinan pengguna A9 Pro untuk mengambil gambar dan merekam video dengan hasil lebih stabil, sehingga gambarnya semakin terlihat tajam. Kemudian untuk urusan selfie, sudah tersedia kamera depan dengan resolusi 8 Megapixel, serta didukung aperture f/1.9 yang siap megoptimalkan hasil jepretan foto selfie dimalam hari. Sayangnya kedua kamera smartphone ini hanya bisa mengabadikan video hingga resolusi maksimal Full HD 1080p dengan kecepatan 30 fps.

Di sisi lain, A9 Pro juga membawa fitur Quick Launch yang mempermudah membuka aplikasi kamera, hanya dengan dua kali memencet tombol home yang didalamnya sudah ada sensor sidik jari. Sungguh sangat menarik bukan? Berikut dibawah ini merupakan hasil foto yang diambil dengan A9 Pro sobat Sinyaliti. Nah, berikut dibawah ini adalah salah satu contoh foto yang diambil dengan A9 Pro.

Samsung Galaxy A9 Pro

back to menu ↑

Baterai

Nah yang lebih menarik A9 Pro ini dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mah dan didukung teknologi fast charging. Berkaca dari A9 yang dilengkapi baterai berdaya 4.000 mah. Tentunya daya tahan baterai smartphone ini akan jauh lebih mumpuni dalam menunjang berbagai aktivitas menyenangkan penggunanya. Seperti untuk bermain game atau mendengarkan musik serta berbagai aktivitas lainnya. Lebih lengkap mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro dalam bentuk video, klik disini Sobat Sinyaliti.

Dari review diatas dapat diambil kesimpulan bahwa spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro tergolong memuaskan. Walaupun smartphone ini belum dilengkapi teknologi USB-Type C serta masih memakai layar beresolusi Full HD dan dengan harga yang dipatok Samsung Galaxy A9 Pro sudah memungkinkan pemakaian layar Quad HD, namun sepertinya Samsung lebih memilih meningkatkan memori Ram. Serta meningkatkan resolusi kamera dibandingkan mengurusi sektor layarnya. Selain itu, smartphone ini juga menawarkan desain premium yang memadukan frame metal dan kaca. Sehingga membuatmu tampil lebih stylish ketika menggunakannya sobat Sinyaliti. Jadi bagaimana? Tertarik memilikinya?

8 Total Score
Good!

Samsung Galaxy A9 Pro (2016) akan menjadi unggulan terbaru dari Samsung untuk bersaing dikelas high-end. Jika dilihat dari desainya sendiri smartphone ini memiliki tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan flagship Samsung Galaxy S6. Tak cukup sampai disitu saja spesifikasi yang ditawarkan dari Samsung Galaxy A9 Pro (2016) bisa dikatakan sangat tangguh dikelasnya.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Desain elegan dengan balutan bahan full metal alumunium
  • Layar Super AMOLED 6.0 inchi yang memberikan tampilan warna yang jernih dan tajam, selain itu, juga sangat nyaman untuk kegiatan sehari-hari seperti menonton video maupun bermain game.
  • Layar dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 4
  • Mendukung kemampuan Dual-SIM stanby
  • Support Jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint sensor
  • CPU Snapdragon 652 Octa Core yang dipadukan dengan RAM 4 GB mampu menghasilkan kinerja yang tangguh dan tanpa lag.
  • Penyimpanan internal berkapasitas 32 GB untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi.
  • Kamera Utama 16 MP lengkap dengan fitur optical image stabilization, autofocus, LED flash yang mampu melakukan perekaman video Full HD 1080p@30fps
  • Kamera depan 8 MP yang siap memanjakan para penggunanya yang suka foto selfie
  • Baterai berkapasitas 5000 mAh dan sudah dilengkapi fitur fast charging
CONS
  • Slot SIM 2 menyatu dengan slot microSD
  • Baterai Non-Removable
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0