Review Samsung Galaxy J1: Smartphone Kitkat dengan Harga Terjangkau

Sinyaliti.com – Samsung  Galaxy J1, yang pada awal mulanya sudah di kenal dengan nama Samsung SM-J100 dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Smartphone ini memiliki layar sentuh seluas 4, 3 inci beresolusi WVGA 480 x 800 piksel. Layar Samsung Galaxy J1 ini dilapisi oleh tehnologi layar sentuh berjenis TFT LCD kapasitif dengan tingkat kerapatan meraih ~218 ppi (piksel per inch). Begitu juga dengan dapur pacunya yang tak kalah mumpuni. Yuk kita simak seperti apa review detailnya berikut ini sobat Sinyaliti!

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy J1

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy J1

Desain Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1 hadir membawa luas layar 4.3 inches beresolusi 480 x 800 pixels serta mampu menciptakan kepadatan layar yang cukup yakni ~217 ppi pixel density. Perpaduan antara luas layar serta kerapatan layar yang dihasilkan Samsung Galaxy j1 cukup seimbang sehingga akan membuat layar Samsung Galaxy J1 memiliki kualitas kepadatan yang cukup baik. Vendor Samsung membekalkan layar berteknologi TFT capacitive touchscreen pada Samsung Galaxy J1 namun sudah mampu menciptakan hingga 16 juta warna.

Dengan menggunkana desain khas dari Samsung, ponsel ini memiliki dimensi 129 x 68.2 x 8.9 mm dan berat hanya 122 serta mengusung layar berukuran 4.3 inches, 480 x 800 pixels. Sehingga lebih leluasa untuk digenggam, karena bodinya tidak terlalu besar. Layar Galaxy J1 juga berjenis capacitive touchscreen, yang otomatis akan membawa fungsi multitouch, sehingga dapat mendeteksi komando dari multi jari.

 

 

Secara fisik, Samsung juga memang belum membekali spesifikasi Galaxy J1 ini dengan perlindungan anti gores. Mungkin karena harga jualnya yang tergolong sangat ekonomis. Selain itu terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi, di bagian kiri terdapat tombol volume dan bagian kanan terdapat tombol power. Dan bagian depan terdapat tombol navigasi. Samsung Galaxy J1 memiliki banyak varian warna yang dapat dipilih seperti White, Black, dan Blue yang dapat kamu pilih sesuai selera sobat Sinyaliti.

back to menu ↑

Fitur

Dalam melakukan browsing data di interet, tentu saja setiap ponsel memiliki kemampuan dan spesifikasi jaringan data internetnya. Samsung Galaxy J1 sendiri memiliki jaringan yang mendukung data internet yakni EDGE, GPRS, dengan kecepatan cukup tinggi adalah jaringan 3G yang memiliki kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps, dan juga sudah mendukung 4G LT.

Untuk jaringan tersebut menggunakan jaringan 2G dan jaringan 3G. Yang mana jaringan 2G menggunakan frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (optional), sedangkan untuk jaringan 3G menggunakan frekuensi HSDPA 900 / 2100. Serta jenis kartu yang di pakai adalah Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by).

Apabila tidak memiliki data pengguna bisa menggunakan jaringan Wi-Fi dengan detil perangkat yang terdapat di dalam ponsel ini adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot. Syaratnya cuma di sekitar anda terdapat jaringan wifi. Samsung Galaxy J1 mampu mendownload dengan kecepatan  21.1 Mbps. Sementara upload mampu melesat hingga 5.76 Mbps.

Berpetualang bersama Samsung Galaxy J1 di zona asyik WiFi juga akan menjadi hal yang menyenangkan, karena Handset ini memang memiliki jenis koneksi WiFi yang beragam, seperti Wi-Fi Direct dan hotspot.  Selain itu terdapat juga tambahan piranti Bluetooth 3. 0, serta GPS/GLONASSS.

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy J1

Bergeser ke jalur navigasi, kamu bisa memanfaatkan GPS yang ada pada phablet ini dengan bantuan A-GPS dan GLONASS. Sistem navigasi tersebut menyediakan signal pendamping atau pembantu dari signal GPS biasa. Jadi, anda yang memang aktif memakai GPS untuk membantu mencari arah, akan mendapatkan petunjuk arah secara lebih akurat

back to menu ↑

Performa

Samsung Galaxy J1 menggunakan chipset buatan China, yaitu Spreadtrum. Chipset yang satu ini diklaim cukup agresif dalam menggeber ponsel kelas low end. Prosessornya yang mengandalkan dua inti (dual core) 1.2 GHz Cortex-A7 berkolaborasi dengan RAM yang kapasitasnya cukup ciut, 512 MB. Jadi tak perlu heran jika Samsung Galaxy J1 tidak begitu bertenaga. Namun hal tersebut cukup terbantu dengan kehadiran sistem operasi Android Kitkat, yang mampu meningkatkan kinerja mesin, sehingga ponsel berjalan lebih responsif, walaupun harus menjalankan multitasking.

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy J1

Urusan grafis, Samsung menyerahkan kepada GPU Mali-400. Namun jika dilihat kapasitas RAM yang tergolong kecil, kinerja GPU dalam mengolah grafis pastinya idak maksimal. Jadi jangan heran jika HD gaming pada Samsung Galaxy J1 tidak terlalu berjalan dengan mulus.

Samsung Galaxy J1 J100H ini menggunakan sistem operasi berbasis android dengan versi Android OS, v4.4.x (KitKat) yang mana menggunakan CPU dan GPU yang di guankan untuk mengoptimalkan kinerja dari ponsel ini. Galaxy J1 juga nantinya akan mendapatkan update LolliPop.

Pada bagian memori yang terdapat di dalam Samsung Galaxy J1 J100H terdapat memori internal dan eksternal serta memori RAM. Untuk memori internalnya memiliki ukuran 4GB dan memori eksternalnya mampu menampung memori tambahan dengan kapasitas hingga 128GB. Jika dilakukan perbandingan antara Samsung Galaxy J1 vs Samsung Galaxy V, spesifikasinya lebih tinggi Galaxy J1, karena eksternalnya mampu hingga microSd 128GB. Sedangkan Galaxy V hanya 64GB. Untuk memori RAM nya berukuran 512MB yang berfungsi membantu pengoptimalan kinerja dari ponsel tersebut.

back to menu ↑

Kamera

Ponsel ini sangat tepat bagi anda yang gembar berfoto selfie, karena kamera depannya memiliki lensa 2 Megapixel, atau diatas rata-rata smartphone 1 jutaan milik Samsung. Kemudian untuk kamera utamanya menggunakan lensa 5 Megapixel yang dilengkapi fitur seperti face deteciton, dan palm selfie. Dengan hasil jepretan beresolusi 2592 х 1944 pixels.

Fitur Palm Selfie merupakan fitur yang bisa mendeteksi gerakan tangan, jadi anda cukup menggerakan tangan secara sederhana apabila ingin berfoto selfie tanpa perlu menekan tombol pada layar. Untuk menambah kualitas foto yang dihasilkan kamera belakang tersebut, sudah disediakan autofocus, dan LED Flash sehingga kualitas gambarnya akan tetap terang dan tajam walaupun memotret di kondisi rendah cahaya.

Selain handal dalam menghasilkan foto, kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 juga cukup handal untuk menghasilkan video dengan resolusi 720p pada 30fps.

back to menu ↑

Baterai

Kehadiran baterai sangatlah penting buat sebuah smartphone, karena baterai merupakan sumber kehidupan buat smartphone, begitu juga buat Samsung Galaxy J1. Samsung Galaxy J1 menggunakan baterai Li-Ion berdaya tampung 1850 mAh battery. Daya tampung baterai Samsung Galaxy J1, saya rasa merupakan salah satu kekurangan Samsung Galaxy J1. Karena jika dibanding luas layar serta tipe layar Samsung Galaxy J1 masih TFT (menguras baterai) baterai tersebut belum cukup bertahan lama apalagi jika digunakan untuk online data sepanjang hari plus membuka aplikasi yang cukup berat.

Namun Samsung juga menyediakan mode ultra power saving, yang mampu menjaga agar baterai tetap awet dengan cara menutup beberapa aplikasi yang tak digunakan pada background process. Sehingga pengguna tetap bisa mengirim sms dan melakukan panggilan telepon saat baterai mau habis. Meski demikian hal itu sudah cukup setara dengan harga Samsung Galaxy J1 yang murah apalagi HP tersebut keluaran vendor berkualitas, Samsung. Lebih detail mengenai spesifikasinya, klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

7.5 Total Score
Good!

Smartphone terbaru dari Samsung ini memiliki layar sentuh seluas 4, 3 inci beresolusi WVGA 480 x 800 piksel. Layar Samsung Galaxy J1 ini dilapisi oleh tehnologi layar sentuh berjenis TFT LCD kapasitif dengan tingkat kerapatan meraih ~218 ppi (piksel per inch).Performa Samsung Galaxy J1 ini ditenagai oleh suatu chipset dari Marvell PXDA1908 dengan diotaki sebuah processor quad core ARM Cortex-A53 64 bit yang mempunyai clock speed 1, 2 GHz. Processor itu dipadukan berbarengan dengan memori RAM berkapasitas 1GB dan dengan pengolah grafis atau GPU Vivante GC7000UL yang dimaksimalkan oleh system operasi Android v4. 4. 2 KitKat dengan sentuhan interface TouchWiz Essence UI dan kabar terbarunya Galaxy J1 juga nantinya akan mendapatkan update LolliPop nantinya.

Desain
8
Fitur
7.5
Performa
7.5
Kamera
7.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Luas layar 4.3 inches, 480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Kamera utama 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur kamera Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
  • Kamera depan 2 MP
  • Memori internal 4 GB
  • Memori eksternal microSD, up to 128 GB
  • Sistem operasi Android OS, v4.4.x (KitKat)
  • Varian warna White, Black, Blue
  • Jaringan 2G, jaringan 3G
  • Jaringan data GPRS serta EDGE
  • Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
  • Fitur Wi-Fi, Bluetooth, USB, NFC, Radio
Kekurangan
  • Belum didukung jaringan 4G
  • Layar masih TFT capacitive touchscreen
  • Li-Ion 1850 mAh battery
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0