Review Samsung Galaxy J3: HP Menengah dengan Harga Terjangkau

Sinyaliti.com -Samsung, produsen smartphone asal Korea Selatan akhirnya mengeluarkan varian baru dari seri Galaxy J. Setidaknya ada 2 seri yang sudah mulai diperkenalkan yakni Galaxy J3 dan Galaxy J1 Mini. 2 ponsel terbaru Samsung yang ditujukan untuk pasar smartphone menengah ini hadir dengan design yang menarik dan spesifikasi yang cukup mumpuni dikelasnya. Khusus untuk Samsung Galaxy J3, layarnya memiliki luas sebesar 5 inci dengan resolusi 720×1280 piksel dengan teknologi layar sentuh AMOLED HD. Dengan spesifikasi layar tersebut, gambar yang di hasilkan cukup jernih dan sangat tajam, cocok sekali untuk sobat Sinyaliti yang tengah mencari smartphone untuk berbagai macam kebutuhan seperti menonton video, video call dan bermain game 3d berkualitas HD. Penasaran seperti apa detailnya? yuk kita simak ulasannya berikut ini sobat Sinyaliti.

Harga, spesifikasi, Samsung Galaxy J3

Spesifkasi Detail Samsung Galaxy J3

Desain Samsung Galaxy J3

Harga, spesifikasi, Samsung Galaxy J3

Smartphone terbaru dari raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut, memiliki layar berukuran 5 inci yang dioptimalkan ketajaman layarnya dengan teknologi Super Amoled Display yang mampu mengeluarkan warna natural, dan gambar tajam pada panel layar beresolusi 720 x 1280 pixels. Berbekal resolusi cukup tinggi, layar tersebut akan terlihat sempurna ketika membuka berbagai konten multimedia, karena kerapatan layarnya mencapai 294 pixel per inci, dan didukung layar sentuh dengan kedalaman 16 juta warna.

Dukungan teknologi Multitouch akan membuat layar Samsung Galaxy J3 semakin responsif. Namun sayangnya layar tersebut belum dimaksimalkan dengan pelindung layar anti gores, sehingga rawan tergores apabila sobat sinyaliti tidak menambahkan screen guard. Kemudian untuk desainnya, Samsung masih mengandalkan material berbahan plastik dengan balutan bodi berdimensi panjang 142.2 mm, lebar 71 mm, dan ketebalan 7.9 mm. Sedangkan untuk berat keseluruhan smartphone ini mencapai 138 gram.

Harga, spesifikasi, Samsung Galaxy J3

Samsung menyediakan 3 pilihan warna yang terdiri dari warna emas, hitam, dan putih. Ketiga warna tersebut siap membalut bodi Samsung Galaxy J3 yang terbukti lebih tipis dibandingkan Galaxy J2. Sebagai pembanding Galaxy J2 memiliki ketebalan 8.4 mm, sedangkan Galaxy J3 hanya 7.9 mm. Alhasil tampilan luarnya akan terlihat lebih premium, dan pastinya semakin mantap digenggaman.  Sayangnya smartphone ini masih memakai material berbahan plastik, dan cover belakangnya dibuat polos tanpa adanya texture khusus.

Harga, spesifikasi, Samsung Galaxy J3

 

back to menu ↑

Fitur

Konektivitas lengkap menjadi kelebihan lain dari hp buatan vendor asal Korsel ini. Disertakan dual-SIM slot Samsung Galaxy J3 mengusung jaringan 4G LTE untuk aktivitas internet berkecepatan tinggi. Kemudian untuk kebutuhan mengirim file dan mentransfer data, sobat bisa mengandalkan Bluetooth v4.1, atau memakai fitur Wi-Fi Direct. Selain itu, disediakan pula port MicroUSB 2.0 dengan dukungan teknologi USB-OTG, serta GPS berteknologi (A-GPS, dan GLONASS), namun sayangnya Samsung Galaxy J3 ini belum dilengkapi NFC dan Wi-Fi berteknologi Dual Band.

Kemampuan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy J3. Smartphone ini bisa mengunduh sebuah file dengan kecepatan mencapai 150 mbps, dan upload 50 mbps, karena mendukung teknologi 4G LTE Category 4. Selain itu, sobat sinyaliti juga bisa mengakses internet pada jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan mencapai 42.2 mbps, apabila sobat tidak mendapatkan sinyal 4G LTE karena masalah jaringan yang belum merata.

back to menu ↑

Performa

Harga, spesifikasi, Samsung Galaxy J3

Samsung Galaxy J3 ini beroperasi dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Yang di dalamnya terdapat Quad-core 1.3 GHz ARM Cortex A-53 dan didukung teknologi pemrosesan 64-Bit. Penggunaan prosesor Snapdragon 410 tersebut merupakan suatu pembaruan dari prosesor Exynos 3475 yang diaplikasikan pada Galaxy J2.

Sistem operasi tersebut mempunyai beragam fitur menarik dan menyenangkan. Kinerja dari Samsung Galaxy J3 didukung dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri untuk smartphone dengan segmen kelas menengah ke bawah. Samsung Galaxy J3 juga diperkuat oleh GPU jenis Andreno 360 yang akan membuat tampilan grafis pada Samsung Galaxy J3 menjadi lebih berkualitas dan baik.

Smartphone ini dapat bekerja secara optimal apabila didukung dengan kapasitas ruang penyimpanan file yang mumpuni. Samsung Galaxy J3 didukung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB ini dapat digunakan untuk menyimpan file-file berukuran besar. Dengan spesifikasi tersebut, berbagai aktivitas seperti browsing akan lebih cepat, bermain game tanpa adanya lag. Selain itu memori internal, dilengkapi pula slot external memori dengan daya tampung hingga kapasitas maksimal 128 GB.

Chipset Samsung Galaxy J3 tersebut sebelumnya telah di gunakan oleh Samsung Galaxy J5, dan terbukti sangat powerfull setelah dipadukan Ram berkapasitas 1.5 GB, dan pengolahan grafis Adreno 306. Perpaduan komponen hardware tersebut semakin sempurna dengan hadirnya slot ekspansi microSD hingga kapasitas mencapai 128GB. Kemudian untuk bagian sistem operasinya, Samsung Galaxy J3 sudah terinstal Android Lollipop 5.1 dengan berbagai fitur menarik, termasuk fitur Smart Manager yang memungkinkan penggunanya untuk melihat sisa memori, ram, baterai, dan pengaturan security.

back to menu ↑

Kamera

Beralih ke sektor kamera. Samsung Galaxy J3 dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel serta lampu flash untuk membidik objek dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan kamera depannya berkekuatan 5 megapiksel yang dapat menemanimu untuk keperluan video call atau berphoto selfie. Dan yang lebih menariknya lagi, kelebihan Samsung galaxy J3 di lengkapi dengan fitur radio sehingga dapat menghibur di segala tempat dan suasana.

Untuk memaksimalkan pengambilan foto Samsung Galaxy J3 beresolusi 3264 x 2448 pixels, dan video beresolusi Full HD 1080@30fps pada kondisi low light atau tempat bercayaha rendah, sobat sinyaliti dapat memanfaatkan lampu LED Flash untuk meningkatkan kecerahan foto maupun rekaman video.

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy J3 yang dibanderol lebih mahal dari Galaxy J2, smartphone ini telah didukung fitur autofocus yang meningkatkan ketajaman jepretan kamera. Lalu untuk kamera depan, sudah ada lensa berkekuatan 5 Megapixel yang siap sobat sinyaliti gunakan untuk berfoto selfie dan berkomunikasi via video call. Selain itu, disediakan pula fitur “Quick Launch” yang mampu mempercepat akses kamera, dengan cara menekan tombol home 2 kali secara cepat, maka akan langsung membuka aplikasi kamera. Berikut dibawah ini adalah hasil foto menggunakan Galaxy Samsung Galaxy J3 sobat Sinyaliti,

back to menu ↑

Baterai

Untuk urusan daya tahan baterai, sobat Sinyaliti bisa mengandalkan baterai Li-ion berkapasitas 2.600 mah untuk mengalirkan daya baterai selama seharian penuh. Waktu standby baterai Samsung Galaxy J3 mencapai 330 jam. Sehingga cukup awet dalam memenuhi kebutuhan daya ketika sobat mengakses internet, bermain game, dan kebutuhan mobile lainnya. Menariknya lagi, Samsung juga menyertakan fitur super power-saving mode yang menjamin daya tahan baterai semakin awet ketika dalam keadaan darurat.

Berbekal Harga Samsung Galaxy J3 yang murah, dan dukungan teknologi 4G LTE serta layar berteknologi Super Amoled. Tentunya Galaxy J3 mampu bersaing melawan smartphone murah buatan Xiaomi, Lenovo, ataupun vendor lokal lainnya. Selain itu, Samsung juga menawarkan kamera beresolusi tinggi yang membuatnya layak sobat sinyaliti gunakan dalam mengabadikan setiap momen berharga. So, apakah sobat sinyaliti tertarik memilikinya? Yuk intip spesifikasi lengkapnya dalam review videonya, klik disini

7.5 Total Score
Good!

Perangkat Samsung Galaxy J series merupakan seri andalan Samsung dengan strategi pasar untuk kelas menengah bawah. Sehinga, Samsung Galaxy J3 kali ini akan mengusung spesifikasi yang berbasis sama dengan seri Galaxy J sebelumnya. Didukung oleh quad-core 1.2GHz CPU dan 5-inch 720p Super AMOLED display. Komponen lainnya adalah berupa RAM 1.5GB, 8GB memori internal dan kapasitas daya pada baterai sebesar 2000mAh. Wow sungguh sangat menarik bukan

Desain
7
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
7.5
PROS
  • Desain keren & stylish, cocok untuk anak muda
  • Sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Layar 5.0 Inch Super AMOLED yang memiliki tampilan gambar kualitas tinggi dan sudut pandang yang luas, sehingga sangat nyaman untuk menonton video, streaming youtube dan browsing internet.
  • Memori internal dengan pilihan 16 GB dan RAM berkapasitas 1.5 GB untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi.
  • OS Android Lollipop yang menawarkan banyak kelebihan dan aplikasi terbaru
  • Kamera Utama 8 MP dengan dengan Autofokusdan LED Flash yang memiliki kemampuan perekaman video Full HD.
  • Kamera depan 5 MP untuk menunjang aktivitas selfie dan video call.
  • Konektifitas yang cukup lengkap seperti, 4G-LTE, Wifi, Bluetooth serta Micro USB.
  • Support USB OTG untuk kemudahan membaca file secara langsung dari flash disk
  • Baterai 2600 mAh yang mampu menunjang kinerja smartphone
CONS
  • Tidak dilengkapi dengan pelindung layar
  • Resolusi layar hanya sebatas VGA
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0