Review Samsung Galaxy J5 Prime: Stay in charge, Stay Secure

Sinyaliti.com –  India menjadi negara beruntung yang dipilih Samsung untuk merilis Samsung Galaxy J5 Prime untuk pertama kalinya. Smartphone ini memiliki spesifikasi lebih baik, dan fiturnya jauh lebih canggih dibandingkan Galaxy J5 generasi pertama ataupun edisi 2016 yang belum lama ini hadir di Indonesia. Pasalnya, didalamnya sudah tertanam processor lebih cepat dan fitur fingerprint sensor yang tak dimilikinya. Desainnya juga berubah drastis dan dibuat dengan bodi metal yang tipis dan ringan.

Desain Galaxy J5 Prime tampak lebih mewah dan berkesan lebih premium. Pasalnya harga Samsung Galaxy J5 Prime dibanderol kurang dari 3 Juta Rupiah, sehingga harganya hanya berselisih sangat sedikit. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga menawarkan kamera mumpuni yang siap mengabadikan semua momen pada kondisi low light ataupun di siang hari. Nah, bagi sobat sinyaliti yang penasaran ingin mengetahui spesifikasi lengkap dan harga Samsung Galaxy J5 Prime, silahkan simak informasi yang telah kami rangkum dibawah ini. Simak seperti apa detailnya berikut ini sobat Sinyaliti:

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy J5 Prime

Desain Samsung Galaxy J5 Prime

Samsung Galaxy J5 Prime resmi dipasarkan di India bersamaan dengan Galaxy J7 Prime yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dan fitur tak kalah canggih. Yang menarik dari kedua smartphone ini adalah bodinya. Pasalnya, keduanya sama-sama dibalut bodi full metal yang dipadukan dengan layar berpelindung 2.5D Corning Gorilla Glass. Kualitas layarnya sangat baik, meski belum mengadopsi teknologi Super Amoled Display.

Samsung Galaxy J5 Prime hadir dengan layar berukuran 5 inci yang dilindungi lapisan kaca lengkung 2.5D. Layar tersebut mampu menampilkan setiap objek dengan kualitas grafis yang tajam dan jernih, karena memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels jenis IPS LCD 16 juta warna serta kerapatan layar hingga 294 pixel per inci, Alhasil layar tersebut mampu menampilkan setiap objek dengan kualitas grafis lebih detail, dan tajam.

Samsung Galaxy J5 Prime

Tak hanya mengandalkan layar jernih dan tajam, Samsung Galaxy J5 Prime ini juga memiliki desain premium yang seluruh bodinya dibalut material full metal. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy J5 Prime memiliki bodi berukuran panjang 142.8 mm, lebar 69.5 mm, dan ketebalan 8.1 mm.

Samsung Galaxy J5 Prime

Desainnya sangat tipis, memiliki ukuran panjang 142. mm, lebar 69.5 mm, dan ketebalannya sekitar 8.1 mm. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 143 gram, sehingga smartphone ini nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Samsung Galaxy J5 Prime memiliki bobot yang sangat ringan, hanya 143 gram sobat Sinyaliti, berikut tampilannya dari berbagai sisi sobat Sinyaliti.

 

Samsung Galaxy J5 Prime

back to menu ↑

Fitur

Samsung Galaxy J5 Prime Memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap. Pasalnya, sudah ada fitur Fingerprint Sensor yang nantinya bisa digunakana sebagai autentifikasi membuka lock screen. Lalu ada pula fitur S Secure yang berguna untuk mengunci aplikasi, file, dan melakukan enskripsi terhadap koneksi Wi-Fi publik yang kita akses menggunakan teknologi Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Selain itu, tersedia pula fitur konektivitas pendukung yang terdiri dari Bluetooth v4.1, navigasi GPS berteknologi A-GPS, Glonass, dan port MicroUSB 2.0.

Samsung Galaxy J5 Prime juga mendukung teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses data mencapai 150 mbps dan dapat digunakan untuk mengupload file hingga kecepatan 50 mbps. Di sisi lain, tersedia pula sistem operasi Android Marshmallow yang menawarkan antarmuka Touch Wiz UI. Berikut dibawah ini tampilan antarmukanya.

Samsung Galaxy J5 Prime

Sama seperti Galaxy J5 generasi terdahulu, Samsung Galaxy J5 Prime telah mendukung beragam pilihan themes yang bisa diunduh secara gratis ataupun berbayar. Dengan teknologi 4G LTE yang dimilikinya, sobat Sinyaliti dapat mengunduh themes dengan sangat cepat. Konektivitas Samsung Galaxy J5 Prime juga didukung fitur Dual Sim yang bisa mengaktifkan dua nomer secara bersamaan.

MicroUSB v2.0 dengan dukungan USB On-The-Go. Dukungan USB OTG bisa sangat bermanfaat jika ingin mentransfer data ke USB Flash Disk atau ingin membuka data dari Flash Disk. USB OTG Samsung Galaxy J5 Prime juga dapat berfungsi sebagai alternatif untuk menambah kapasitas penyimpanan. Apalagi saat ini banyak tersedia USB Flash Disk yang sangat mini dan sudah dilengkapi colokan microUSB dengan harga yang terjangkau.

back to menu ↑

Performa

Soal performa, Samsung mengandalkan processor Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 sebagai dapur pacu smartphone berlayar 5 inci ini. Kemungkinan Samsung memakai chipset buatannya sendiri untuk mendongrak performa Galaxy J5 Prime, jadi sobat Sinyaliti tak perlu meragukan performa smartphone ini ketika dipakai menjalankan aplikasi ataupun game yang terinstal didalamnya. Aktivitas multitasking juga berjalan lancar, karena Meski quad-core, namun versi dari Exynos ini memiliki performa hampir menyamai dengan Octa-core kelas menengah-bawah dari Snapdragon (615).

Samsung Galaxy J5 Prime didukung oleh OS Android Marshmallow dengan TouchWiz UI memberikan fitur lengkap yang sangat membantu seperti Power Saving mode, one hand mode, dll. OS ini juga terkenal cukup irit resource dan RAM.

Samsung Galaxy J5 Prime

 

 

RAM 2 GB tergolong standar namun sudah cukup untuk mendukung performa CPU dan GPU Galaxy J5 Prime. Dengan internal storage sebesar 16 GB, kita juga tidak perlu khawatir kehabisan kapasitas penyimpanan untuk menginstal banyak aplikasi. Slot memori ekternal berkapasitas maksimum 256GB telah dipersiapkan untuk menambah ruang penyimpanannya.

Sebagian besar memorinya akan dipakai untuk menyimpan sistem operasi Android Marshmallow yang didalamnya telah dilengkapi berbagai fitur menarik untuk mengoptimalkan sistem keamanan serta daya tahan smartphone ini. Pasalnya, sudah ada fitur S Secure yang dipersiapkan untuk mengunci aplikasi dan beragam file penting yang bersifat pribadi. Menariknya lagi, Samsung melengkapinya dengan fitur Wi-Fi Secure untuk melakukan enkripsi terhadap konektivitas nirkabelnya.

Samsung Galaxy J5 Prime

back to menu ↑

Kamera

Selain itu, tersedia pula kamera beresolusi tinggi yang ditempatkan pada sisi depan serta belakang Samsung Galaxy J5 Prime. Dimana untuk bagian belakang mengandalkan kamera utama beresolusi 13 Megapixel dengan lebar aperture f/1.9 serta sensor berukuran 28mm.

Samsung Galaxy J5 Prime

Kemampuan kamera Samsung Galaxy J5 Prime sangat baik, dan dijamin mampu mengabadikan setiap momen pada kondisi low light dengan hasil tajam, jernih, dan kaya warna. Spesifikasi kamera Samsung Galaxy J5 Prime semakin lengkap dengan fitur Autofocus serta LED Flash. Lalu ada pula beragam fitur tambahan seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Berikut dibawah ini salah satu contoh foto yang diambil dengan J5 Prime.

Samsung Galaxy J5 Prime

Selain itu, Samsung Galaxy J5 Prime juga dibekali kemampuan merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps yang terlihat jernih dan halus. Sedangkan untuk bagian depan, Galaxy J5 Prime mengandalkan kamera beresolusi 5 Megapixel dengan aperture f/2.2 dan beberapa fitur pendukung seperti Wide Selfie, dan Beauty Selfie Effects. Berikut dibawah ini juga hasil foto yang diambil dengan Galaxy J5 Prime sobat Sinyaliti.

Samsung Galaxy J5 Prime

back to menu ↑

Baterai

Baterai Galaxy J5 Prime lebih kecil dari J5, dengan kapasitas 2400 mAh. Baterai ini tidak dapat dilepas dengan mudah karena desain ponsel yang unibody. Satu lagi yang kekurangan dari Samsung Galaxy J5 Prime, yakni fitur fast charging. Samsung Galaxy J Prime series tidak dibekali dengan fitur fast charging. Ini artinya, Kamu harus menunggu lebih lama saat mengisi daya baterai Samsung Galaxy J5 Prime. Yup, Lebih lengkap mengenai spesifikasinya dalam bentuk video, klik disini sobat sinyaliti.

8 Total Score
Good!

Samsung kembali menghadirkan pasar smartphone global kelas menengah kebawah, dengan varian Galaxy J5 series terbarunya, yang diberi nama Samsung Galaxy J5 Prime. J5 series terbaru ini datang dengan tampilan premium, berkat balutan bahan metal allumunium pada seluruh bodinya, serta dibekali spesifikasi gahar, yang lebih up to date, seperti sudah dilengkapi Fingerprint sensor untuk keamanan data penggunanya, dan lain-lain.

Desain
7.5
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Menbawa desain mewah dan elegan berkat balutan bahan metal
  • Sudah dilengkapi Fitur keamanan Fingerprint sensor
  • Disuport akses internet tercepat, dengan koneksi jaringan 4G LTE
  • Mendukung kemampuan dual-SIM stanby yang dapat dioprasikan secara bersamaan
  • Mengusung layar IPS LCD, seluas 5.0 inchi, beresolusi 720 x 1280 pixels
  • Berjalan dengan sistem oprasi OS Android v 6.0 Marshmallow, yang memilikikinerja lebih smooth
  • Didukung prosesor Exynos 7578, CPU Quad Core 1.4 GHz, yang memiliki laju ngebut dan stabil
  • Mengdpsi RAM 2 GB, melancarkan saat melakukan multitasking
  • Memory Internal 16 GB, dilengkapi microSD 256 GB, yang dapat menyimpan banyak file atau data
  • Membawa kamera utama 13 MP, Autofocus, LED flash, yang mendukung aktivitas fotografie
  • Didukung perekam video full HD, cocok untuk mengabadikan momen-momen penting
  • Dilengkapi kamera depan 5 MP, untuk selfie maupun chat video
  • Disokong baterai berkapasitas 2400 mAh, yang dapat menunjang kegiatan HP seharian
CONS
  • Tidak dilengkapi pelindung layar, jadi masih cukup riskan bila terjadi benturan atau goresan
  • Kamera depan minim LED flash / Screnn flash, yang kurang mendukung selfie bila ditempat kurang cahaya
  • Baterai berjenis Non-Removable / Tak dapat dilepas, sihingga merepotkan jika HP ngeblank
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0