Review Samsung Galaxy J5 Pro: Ponsel Entry Level Bertenaga Jumbo

Sinyaliti.comSamsung kembali menghadirkan perangkat bernama Samsung Galaxy J5 Pro di Indonesia. Perangkat ini disebut-sebut merupakan generasi penerus atau pembaruan dari Samsung Galaxy J5 yang mendapatkan sejumlah peningkatan pada spesifikasi yang dibawanya.

Samsung Galaxy J5 Pro ini akan diluncurkan untuk mengisi segmen menengah ke bawah, sehingga banderol harga jualnya pun kemungkinan bakal cukup bersahabat bagi para konsumen. Kehadiran Galaxy J5 Pro ini juga akan menjadi senjata baru Samsung untuk melawan vendor-vendor lain seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang diketahui juga memiliki banyak produk di segmen menengah ke bawah.

Semakin penasaran dengan Samsung Galaxy J5 Pro ini kan? Yuk, mari langsung berkenalan lebih jauh lewat spesifikasi dan harganya berikut ini.

Spesifkasi Detail Samsung Galaxy J5 Pro

Desain Samsung Galaxy J5 Pro

Kita awali dari sisi desain. Jika dilihat dari tampilannya, generasi terbaru dari Galaxy J5 Pro masih mengadopsi desain pendahulunya yang ringan dengan bezel tipis di kedua sisinya. Namun ponsel ini tampak lebih premium. Karena Samsung Galaxy J5 Pro ini memang menggunakan bodi full metal serta garis antena berbentuk U pada bagian atas dan bawah punggungnya untuk memberikan tampilan baru. Sehingga tak hanya terlihat mewah, tetapi juga kokoh.

Ponsel ini menawarkan visualisasi yang cukup memukau dengan layar berukuran 5.2 inci beresolusi HD yang telah mengadopsi teknologi Super AMOLED. Sehingga visual yang disuguhkan melalui layar Samsung Galaxy J5 Pro ini terlihat tajam.

Samsung Galaxy J5 Pro juga dibekali dengan layar yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 282 ppi. Bagian visual ini juga dilapisi dengan 2.5D Curved Glass Screen, sehingga semakin memperkuat kesan premiumnya.

samsung galaxy j5 pro

Meski belum dilengkapi dengan proteksi layar, namun sistem keamanannya jauh lebih baik. Karena spesifikasi Galaxy J5 Pro ini telah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang digabungkan dengan tombol “Home”.

Smartphone yang memiliki dimensi 146.2 x 71.3 x 8.0 mm dan bobot 160 gram ini juga hadir dengan sensor fingerprint yang terintegrasi pada tombol fisik “Home”. Sayangnya, keamanan layarnya belum terjamin karena spesifikasi dari Galaxy J5 Pro pada layarnya belum dilengkapi dengan proteksi.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro pada bagian konektivitasnya. Sebagai smartphone masa kini, sektor ini juga telah dibekali dengan komponen-komponen yang cukup lengkap seperti sektor yang lain. Ada dua slot SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan untuk memberikan kemudahan komunikasi, hingga akses jaringan 4G LTE Cat6 yang akan memberikan akses internet kencang pada Samsung Galaxy J5 Pro ini.

Dengan mengandalkan jaringan tersebut, aktivitas unduh data pun bisa dilakukan dengan kecepatan 300 Mbps dan unggah data pada kecepatan 50 Mbps.

samsung galaxy j5 pro

Jaringan alternatif GSM dan HSPA yang masih dipertahankan Samsung pada smartphone ini pun menawarkan akses internet yang tak kalah handal. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan akses internet secara gratis dengan memanfaatkan fitur WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot.

Sementara untuk kebutuhan transfer data, ponsel ini menghadirkan fitur Bluetooth 4.2, A2DP, dan microUSB 2.0. Terakhir, pada bagian konektivitasnya, ponsel ini juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS . Sehingga mampu melakukan pencarian lokasi dengan tingkat keakuratan yang tinggi yang semakin melengkapi spesifikasi Galaxy J5 Pro.

back to menu ↑

Performa

Setelah menjelajahi sektor fiturnya, kini kita akan berpindah untuk membedah spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro di bagian dalam. Sektor dapur pacu yang notabene memiliki peran penting dalam kinerja operasional ponsel ternyata mengandalkan chipset buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 7870 Octa.

Chipset tersebut membawa prosesor Octa-Core 1.6 GHz Cortex-A53 untuk menghasilkan performa kinerja pada Samsung Galaxy J5 Pro ini yang powerfull. Ditambah lagi, kehadiran RAM berkapasitas 3 GB juga memastikan jalannya aktivitas multitasking yang cukup lancar.

Samsung juga menyematkan kartu grafis Mali-T830 MP2 untuk menampilkan konten visual yang berkualitas ketika Samsung Galaxy J5 Pro dipakai untuk memainkan game.

Terakhir, seluruh komponen yang ada di dalamnya sudah berjalan pada sistem operasi Android 7.1 Nougat. Sehingga kinerjanya lebih ringan, dan fitur baru yang ditawarkannya juga lebih berlimpah.

samsung galaxy j5 pro

Perangkat ini juga hadir dengan menawarkan memori internal sebesar 16 GB. Dengan kapasitas memori tersebut, memungkinkan pengguna bisa menyimpan berbagai macam file di dalamnya. Baik itu file sistem maupun file hiburan yang berupa foto, audio, dan video.

Namun, bagi kamu yang hobi mengkoleksi file-file berukuran besar, tentu space memori yang ada dari Samsung Galaxy J5 Pro ini masih kurang memuaskan. Sehingga Samsung menghadirkan slot memori eksternal yang bisa diisi microSD dengan batas kapasitas 256 GB.

Kemampuan ekspansi ruang penyimpanan ini tentu akan membuat pengguna lebih leluasa dalam mengakomodasi berbagai file miliknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Galaxy J5 Pro pada dapur pacunya memang cukup unggul.

back to menu ↑

Kamera

Sektor kamera dari spesifikasi Xiaomi Mi6 ini dibekali dengan komponen-komponen mumpuni. Pasalnya, untuk sektor yang satu ini dipersenjatai dengan piranti kamera yang berkualitas. Sehingga akan sanggup memenuhi kebutuhan penggunanya.

Samsung membekali spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro ini dengan dua piranti kamera yang memiliki resolusi lumayan tinggi untuk mendukung aktivitas memotret penggunanya. Hal ini bisa dilihat dari kamera utama 13 MP dengan bukan f/1.7. Lengkap dengan fitur Autofocus dan LED Flash yang tersemat di bagian belakang bodi, untuk menghasilkan jepretan foto yang detail dan jernih dalam kondisi low light sekalipun.

Tak hanya mumpuni untuk membidik foto, kamera belakangnya juga mampu menghasilkan video sebesar 1080p@30fps.

samsung galaxy j5 pro

Sedangkan di sektor depan, Samsung Galaxy J5 Pro juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.9, yang ditemani LED Flash serta mampu merekam video 1080p. Sehingga terbilang mumpuni untuk mendukung aktivitas swafoto dan akses video call.

Berbagai fitur pendukung seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR juga turut dihadirkan Samsung untuk melengkapi spesifikasi Galaxy J5 Pro ini.

back to menu ↑

Baterai

Jika dilihat dari komponen-komponen yang digunakan, memang sepertinya ponsel ini membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Terlebih lagi karena hadirnya fitur kamera beresolusi cukup tinggi serta akses internet super kencang yang bakal membuat daya Galaxy J5 Pro ini cepat terkuras. Sehingga Samsung mengandalkan baterai berjenis Non-removable Lithium Ion dengan kapasitas jumbo 3.000 mAh untuk menjadi bagian pemasok dayanya.

Kapasitas baterai yang cukup besar ini tentu untuk memasok kebutuhan daya masing-masing komponen dari Galaxy J5 Pro ini dengan optimal. Bahkan baterai ini cukup awet, karena mampu menyokong kehidupan perangkat dalam waktu seharian penuh dalam penggunaan yang standar. Namun tak ada salahnya jika pengguna menyediakan powerbank jika memang sering menggunakan ponsel ini secara aktif.

Sebagai informasi, baterai berjenis Non-removable Lithium Ion ini tidak bisa dilepas.

Nah, dengan mengetahui spesifikasi dari Samsung Galaxy J5 Pro tersebut, kira-kira berapa harganya ya? Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe Handphone Samsung yang populer di Indonesia. Silahkan klik di sini.

8 Total Score
Good!

Selain memiliki desain yang cukup mewah, ponsel ini juga menawarkan visualisasi yang cukup memukau dengan layar berukuran 5.2 inci beresolusi HD yang telah mengadopsi teknologi Super AMOLED. Kinerja dari Samsung Galaxy J5 Pro sendiri menjadi salah satu yang diunggulkan karena sektor dapur pacunya ditenagai prosesor delapan inti yang memiliki clock speed 1.6 GHz dan dukungan RAM berkapasitas 3 GB. Belum lagi, perangkat ini juga telah menjalankan sistem operasi Android Nougat. Tak sampai di situ, keunggulan lain juga bisa ditemukan pada lini kamera yang handal dengan duet kamera beresolusi tinggi, yakni kamera depan dan belakang yang sama-sama berkekuatan 13 MP.

Desain
7.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
7.5
Baterai
8
Kelebihan
  • Desain Premium dengan bodi metal.
  • Layar Super AMOLED 5,2 inchi..
  • Triple slot (Dual sim nano + 1 slot SD Card) serta mendukung jaringan 4G LTE.
  • Sensor fingerprint cepat dan akurat.
  • Memori internal dan RAM besar.
  • Tampilan UI dan OS Android terbaru.
  • Performa multitasking dan komputasi cukup memuaskan.
  • Kamera belakang dan kamera selfie beresolusi tinggi dengan bukaan lensa lebar.
  • Bisa rekam video Full HD.
  • Baterai cukup besar.
Kekurangan
  • Layar masih beresolusi HD.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0