Review Samsung Galaxy J7 Duo (2018): Hadir Dengan Dual-Camera

Sinyaliti.com –  Samsung Galaxy J7 Duo (2018) akhirnya resmi meluncur di pasar Indonesia. Smartphone Android yang membidik pasar kelas menengah dan generasi milenial ini hadir dengan mengusung dual-camera serta fitur-fitur yang ditujukan untuk menunjang aktivitas keseharian penggunanya.

Galaxy J7 Duo (2018) bahkan diklaim sebagai seri paling sesuai untuk kaum milenial, baik dari spesifikasi, fitur, maupun harga. Hal ini disebabkan smartphone ini paling affordable. Selain itu, Galaxy J7 Duo (2018) juga mengusung bukaan untuk kondisi low-light.

Untuk sektor fotografi, kamera depan Samsung Galaxy J7 Duo (2018) juga disesuaikan untuk target milenial, yang mana pada kamera depannya memiliki efek bokeh yang halus.

Tak hanya itu saja, hal menarik lainnya dari Samsung Galaxy J7 Duo (2018) ini adalah disematkannya sebuah fitur canggih bernama Bixby. Fungsi dari fitur ini sangat kompleks sebagai alat untuk mempelajari rutinitas, dan berfungsi sebagai aplikasi untuk menyelesaikan tugas penggunanya.

Fitur ini digunakan cukup dengan bicara, ketuk, atau ketik fungsi yang diperlukan, dan Bixby akan mengerjakannya.

Penasaran dengan keunggulan lainnya yang dimiliki Galaxy J7 Duo (2018) ini? Berikut ulasan singkatnya.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy J7 Duo (2018)

Desain Samsung Galaxy J7 Duo (2018)

Sebagai salah satu perangkat mid-end, Samsung Galaxy J7 Duo (2018) telah dilengkapi dengan casing aluminium uni-body. Sehingga terkesan kokoh dengan tampilan yang cukup mewah. Sementara pada bagian depan, tersemat sensor pemindai sidik jari yang berjajar dengan tombol navigasi di bezel (bingkai) bagian bawah.

Jika kita lihat dari fisiknya, perangkat pintar besutan pabrikan asal Korea Selatan ini memiliki bodi yang simple dan sederhana, tetapi tetap terkesan kekinian. Dimana smartphone ini memiliki berat 1,74 gram dengan dimensi 153,5 x 77,2 x 8,2 mm serta dari sisi layar.

Ponsel pintar ini membawa ukuran layar yang cukup luas berukuran 5,5 inci dengan kemampuan resolusi HD 720 x 1280 pixels, dan mengandalkan teknologi panel Super AMOLED beresolusi HD dengan aspek rasio 16:9.

samsung galaxy j7 duo

Layarnya sendiri menghasilkan kepadatan pixels hingga 401ppi. Sehingga dapat dipastikan mampu memberikan tampilan visual yang lebih tajam dan nyaman ketika dipandang. Layarnya pun memiliki sensor cahaya ambient yang dapat mengatur kecerahan layar. Namun kecerahan maksimum hanya dapat dicapai ketika sensor diaktifkan.

Kedua tombol kapasitif di samping tombol Home pun bereaksi dengan andal. Namun, sayang keduanya tak dilengkapi back-lit yang berguna saat gelap.

Mode satu tangan dibuat sangat simpel, namun efektif. Namun jempol harus sedikit diregangkan agar mencapai sudut berlawanan.

Sensor kamera sedikit tersembunyi ke dalam casing, sehingga bisa terlindung dari kemungkinan mengalami goresan. Sayangnya, slot kartu dan penutupnya seluruhnya terbuat dari plastik, yang mungkin menyebabkan perubahan warna dibandingkan dengan casing aluminium setelah penggunaan beberapa waktu.

Namun jika dibandingkan dengan model tahun 2017 lalu, Samsung Galaxy J7 Duo (2018) ini telah melakukan perombakan dalam hal desain. Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Black, Gold, dan Blue.

back to menu ↑

Fitur

Membawa nama dengan embel-embel “Duo” di belakang namanya, mungkin untuk menggambarkan fitur Dual SIM yang dibawanya. Slot kartu pertama lebih kecil dimaksudkan untuk tipe Nano SIM, sedangkan slot yang lebih lebar untuk kartu SIM kedua atau kartu microSD.

Fitur-fitur konektifitas secara umum sama seperti yang dimiliki saudaranya di tahun 2017 lalu. Samsung Galaxy J7 Duo (2018) terhubung ke internet melalui jaringan LTE Cat 6 (max 300 MBit/s untuk unduhan dan 50 MBit/s untuk upload).

Selain itu, handset ini juga mendukung Voice over LTE (VoLTE) dan telepon Wi-Fi bila memang disediakan oleh operator. Kinerja penerimaan sinyal pun terbilang sangat bagus, dan begitupun saat digunakan menelepon atau menerima panggilan.

samsung galaxy j7 duo

Samsung sepertinya memang telah meningkatkan fitur Wi-Fi yang kini sudah mendukung standar IEEE-802.11 a/ b/ g/ n/ ac yang berjalan di pita frekuensi 2,4 dan 5,0 GHz.

Jangkauan Wi-Fi sangat bagus. Sinyal Wi-Fi bahkan kuat dalam jarak sekitar 12 m ke router dan menembus dinding pun pengguna dapat melakukan streaming video HD tanpa masalah.

Di sisi lain, tak lupa juga beberapa fitur konektivitas canggih dan fungsional pun turut dibenamkan pada smartphone ini. Salah satu di antaranya yaitu Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth, micro USB, dan USB On The Go (OTG).

Di samping itu, pada spesifikasi Galaxy J7 Duo (2018) ini juga sudah dilengkapi sistem navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS, yang pasti bakal mampu membidik titik peta lokasi secara akurat.

Berbagai sensor pun telah ditanamkan untuk menambah kesan mewah pada Galaxy J7 Duo (2018) ini. Sensor Fingerprint, Accelerometer, dan Proximity sudah sangat lumrah untuk ponsel pintar masa kini. Sensor sidik jari berada di tombol Home dan memiliki kinerja yang sangat bagus.

back to menu ↑

Performa

Berlanjut ke sektor performa, smartphone Samsung terbaru ini dilengkapi dengan chipset buatan Samsung sendiri, yakni GPU Exynos 7870 Octa-Core dengan GPU seri Mali 830 T MP1 sebagai “otak” dari smartphone ini.

Chipset tersebut adalah jeroan yang sama yang juga dibenamkan ke Galaxy J7 (2016) dan J7 (2017). Chipset memiliki prosesor dengan delapan inti Cortex-A53 berfabrikasi 14 nm yang mampu memberikan clock hingga 1,6 GHz.

Kemudian untuk menunjang kemampuan multitasking, Samsung mengandalkan RAM sebesar 4 GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal 32 GB.

samsung galaxy j7 duo

Dan untuk mendukung aplikasi yang ada, spesifikasi Galaxy J7 Duo ini pun dilepas dengan OS Android terbaru, yaitu v.8.0 Oreo.

Kombinasi dapur pacu yang tak akan membuat smartphone bermasalah saat menjalankan berbagai aplikasi, atau ketika multitastking dijalankan. Kinerja CPU juga sama tingginya dengan yang diberikan oleh Snapdragon 625.

Jika dirasa kurang, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 256 GB dengan menggunakan microSD. Slot memori tambahan ini juga sudah dedicated, bukan hybrid yang harus mengorbankan salah satu slot kartu SIM. Sehingga aktivitas penyimpanan pada spesifikasi Galaxy J7 Duo (2018) ini tidak perlu diragukan lagi.

back to menu ↑

Kamera

Untuk urusan pemotretan, Galaxy J7 Duo (2018) juga sudah dibekali dengan dual-camera pada bagian belakang, yang masing-masing beresolusi 13 MP + 5 MP. Kedua kamera belakang ini mampu memberikan efek bokeh yang keren. Pasalnya, Samsung menyematkan fitur live focus di dalamnya.

Sementara untuk kamera depan, perusahaan asal Korea Selatan ini menggunakan sensor 8 MP.

Menariknya, kamera depan Galaxy J7 Duo (2018) ini bukan hanya diperuntukkan mengambil swafoto saja, namun juga dapat digunakan untuk membuka kunci ponsel lewat Face Recognition.

Baik kamera depan maupun belakang sama-sama memiliki diafragma atau bukaan lensa dengan besaran f/1,9.

samsung galaxy j7 duo

Jepretan yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy J7 Duo (2018) cukup memuaskan di siang hari, meski bagian terang bisa menjadi terlalu terang. Karena itu smartphone ini mengkompensasinya dengan membuat subjek sedikit lebih gelap.

Saat digunakan untuk menjepret di kondisi cahaya yang buruk pun, masih memadai meski noise tetap muncul. J7 Duo pun dapat merekam video dalam format Full HD (30 fps) dengan sangat paling baik. Ber-selfie saat suasana cerah maupun gelap tetap menyenangkan dengan hasil yang jelas dan tajam.

Samsung Galaxy J7 Duo (2018) hadir dengan pilihan tool kreatif seperti stamps, filter, dan stiker AR yang bekerja menggunakan deteksi wajah untuk menambah unik foto yang baru saja diambil.

back to menu ↑

Baterai

Lalu bagaimana dengan baterai? Tenang, baterai Galaxy J7 Duo (2018) berukuran cukup besar mencapai 3.000mAh. Dengan chipset Exynos di dalamnya dan baterai berukuran 3.000mAh tersebut, maka akan mencukupi untuk berkegiatan seharian.

Konsumsi daya Galaxy J7 Duo (2018) pun cukup rendah. Saat berada di mode Siaga, handset hanya melampaui level 1 Watt dan meningkat sedikit saja saat layar diatur ke kecerahan maksimum.

Namun, kebutuhan daya mungkin lebih tinggi bila sensor cahaya ambient aktif. Saat sensor cahaya berada di level maksimum, maka konsumsi daya meningkat sebesar 0,73 Watt.

Sayangnya, smartphone ini tidak mendukung pengisian nirkabel atau pengisian daya cepat. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk charging dari posisi baterai kosong ke penuh sekitar 2,5 jam.

Smasung Galaxy J7 Duo (2018) dibanderol dengan harga Rp 3,7 juta, yang hadir secara eksklusif di Blibli.com mulai tanggal 3 – 9 Mei 2018.

 

*Sinyaliti.com juga melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Penggantian LCD, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part orginal bergaransi. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Samsung Galaxy J7 Duo (2018) memiliki sejumlah keunggulan mumpuni. Dimana perangkat ini datang dengan layar panel 16:9 berukuran 5,5 inci dan beresolusi 1.280 x 720 piksel. Selain itu, dari segi performa pun sudah dipersenjatai chipset Exynos 7885 dengan sistem operasi Android Oreo. Sehingga tak heran ponsel ini mampu memberikan kinerja secara optimal. Di samping itu, hal menarik dari Samsung Galaxy J7 Duo (2018) ini yaitu disematkannya sebuah fitur canggih bernama Bixby. Fitur ini digunakan cukup dengan bicara, ketuk, atau ketik fungsi yang diperlukan, dan Bixby akan mengerjakannya.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
7.5
Baterai
7
PROS
  • Desain terlihat cukup keren dengan kombinasi bahan metal dan polycarbonat.
  • Koneksi internetnya sudah suport 4G LTE.
  • Layar Super AMOLED berukuran 5,5 inchi yang sangat nyaman digunakan.
  • Lebih dari itu layarnya juga sudah dilapsisi dengan Gorila Glass.
  • Fotografi jadi lebih asyik dengan dual kamera utama 13 MP + 2 MP.
  • Kamera utamanya dilengkapi dengan fitur live focus dan art bokeh.
  • Kamera selfie juga akan dimanjakan dengan kamera depan 5 MP + LED Flash
  • Kinerja komputasi cepet dengan prosesor Exynos 7885 Octa-Core yang dipadukan dengan RAM 3 GB.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan banyak data dengan memori internal 32 GB dan slot MicroSD 256 GB.
  • Sudah menjalankan OS Android versi terbaru 8.0 Oreo.
  • Dilengkapi dengan baterai 3.000mAh yang cukup awet digunakan.
CONS
  • Belum support IP67/IP68 Certified supaya tahan jika terkena air.
  • Baterai menempel permanen pada bodi ( Non-removeable ).
  • Tanpa didukung teknologi Fast Charging untuk isi daya baterai cepat.
Add your review

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password