Review Samsung Galaxy J7: Handphonenya Para Pecinta Selfie

Sinyaliti.com – Belum lama ini kami telah mengulas salah satu jajaran smartphone entry level Samsung, Galaxy J5. Nah kini giliran mengulas smartphone dijajaran yang sama namun satu tingkat di atasnya, yakni Samsung Galaxy J7. Smartphone ini tergolong cukup mumpuni untuk sekelas smartphone entry level karena telah mengalami pembaruan dibandingkan dengan sang adik dan varian Galaxy J5 yang telah dirilis tahun 2015 silam. Seperti apa pembaruan yang dilakukan Samsung pada Galaxy J7 ini? Berikut detail spesifikasinya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy J7

Desain Samsung Galaxy J7

Sekilas, Samsung Galaxy J7 ini sangat mirip dengan sang adik, Galaxy J5, malah bisa dikatakan kembar identik mungkin. Namun bila dibandingkan seri tahun lalu, tidak ada yang berubah pada Galaxy J7 2016. Seperti tata letak tombol fisik power dan tombol volume pun masih sama.

Pada bagian depan kita bakal menjumpai sebuah kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan lampu kilat, serta layar 5,5 inci. Desain tata letak tombol fisik untuk mengakses menu dan tombol kapasitifnya juga masih sama seperti jajaran smartphone entry-level Samsung yang lain. Sayangnya tidak terdapat lampu LED backlit pada tombol kapasitifnya sehingga bila tidak terbiasa menggunakan di ruangan yang kurang cahaya cukup menyulitkan.

Samsung Galaxy J7

Samsung Galaxy J7 tidak mengusung desain uni bodi, sehingga pada bagian belakang ini cover yang berbahan plastik dapat dilepas. Setelah cover dibuka, kita bakal menemukan dua slot untuk kartu SIM yang berukuran micro dan sebuah slot untuk kartu memori micro SD, yang lagi-lagi letaknya tidak jauh berbeda dengan Galaxy J5. Kedua kartu SIM tertahan oleh sebuah baterai berukuran 3300mAh yang dapat dilepas. Lalu di bagian tengah atas terdapat kamera dengan kekuatan 13 megapiksel yang diapit oleh lampu kilat dan sebuah speaker berukuran kecil.

Samsung masih menggunakan ukuran layar yang sama dengan seri tahun lalu, yakni seluas 5,5 inci. Resolusi yang digunakan pun juga tidak berbeda, yakni HD 720p dengan panel yang masih sama dan menjadi andalan Samsung, Super AMOLED. Sayangnya lagi-lagi Samsung tidak membekali layar pada Galaxy J7 dengan pelindung layar, layaknya Galaxy J5. Jadi mau tidak mau jika tidak ingin tergores sobat Sinyaliti wajib menggunakan anti gores untuk menjaga kemulusan layar smartphone ini.

back to menu ↑

Fitur

Untuk bersaing melawan smartphone dikelas menengah yang dibanderol dengan harga setara harga Samsung Galaxy J7, mengandalkan teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses internet mencapai 150 mbps. Jaringan internet generasi ke empat tersebut, akan dipadukan dengan fitur Dual Sim yang mempermudah berkomunikasi dengan 2 nomer telepon berbeda.

Selain itu, tersedia pula beragam konektivitas pendukung seperti Wifi, Bluetooth v4.1, microUSB v2.0, dan GPS (A-GPS, GLONASS), dan port microUSB 2.0 sebagai navigasi pengguna Samsung Galaxy J7.

Dilengkapi dengan adanya fitur outdoor mode, menggunakan smartphone ini di luar ruangan bukanlah masalah. Kita masih dapat menggunakannya dengan nyaman sekalipun dibawah sinar matahari sekalipun, kita masih dapat menatap layar smartphone dengan jelas. Kemudian ada empat pilihan mode dalam menampilkan warna pada layar smartphone yang diantaranya adalah mode Adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED photo dan basic. Keempat mode ini memiliki konfigurasi yang berbeda, jadi bisa diterapkan sesuai penggunaan.

J7 Juga dilengkapi dengan fitur Ultra Data Saving yang dapat menghemat penggunaan kuota data hingga 50%. Fitur ini bahkan mampu mengkompresi trafik data melalui server milik Opera. Jadi pada dasarnya fitur Ultra Data Saving ini menggunakan aplikasi dari Opera Max untuk menghemat penggunaan paket data, dengan memanfaatkan jaringan Virtual Private Network (VPN) milik Opera.

Membahas bagian antarmuka pada jajaran smartphone buatan Samsung nampaknya tidak asing lagi karena kita tahu bahwa TouchWiz UI menjadi andalan Samsung untuk seluruh jajaran smartphone Android buatannya. Android yang digunakan oleh Galaxy J7 2016 ini sudah versi 6.0.1 Marshmallow.

Samsung Galaxy J7

back to menu ↑

Performa

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada sektor hardware menjadi nilai lebih smartphone ini. Pasalnya, didalamnya sudah tersimpan teknologi processor Samsung Exynos 7580 yang dipacu pada kecepatan Octa Core 1.5 Ghz Cortex A53. Processor yang dibuat dengan fabrikasi 20 nanometer tersebut menawarkan peforma lebih cepat, dan lebih hemat daya baterai dibandingkan Galaxy J7 yang memakai Chipset Qualcomm Snapdragon 615. Samsung memang menawarkan 2 varian processor untuk mempersenjatai Galaxy J7, dimana keduanya sama-sama dilengkapi proessor Octa Core.

Samsung Galaxy J7

Untuk meningkatkan performa smartphone buatannya, Samsung juga melengkapinya dengan menempatkan Ram 1.5 GB serta pengolahan grafis Mali-T720MP2 yang mampu menopang kinerja multitasking dalam menjalankan banyak aplikasi, dan meningkatkan kelancaran dalam mengeksekusi game-game berkualitas HD dengan peforma lebih mulus dan tanpa adanya lag. Tidak sampai disitu saja kelebihan pada spesfikasi Samsung Galaxy J7, karena masih ada Android Lollipop 5.1 sebagai sistem operasinya.

Samsung Galaxy J7

Sistem operasi Android Lollipop yang dihadirkan Samsung, telah dioptimalkan oleh beragam fitur terbaru. Diantaranya “Quick Lauch” yang berfungsi untuk mempercepat akses kamera dengan cara menekan tombol home 2 kali. Serta aplikasi “Smart Manager” yang berisi informasi mengenai status baterai, security anti virus, pemakaian ram, dan sisa ruang penyimpanan. Berbicara mengenai ruang penyimpanan, smartphone ini memiliki memori internal 16GB dan dukungan microSD mencapai 128GB. Sehingga akan terasa lega saat sobat Sinyaliti menyimpan banyak file kedalam ponsel ini.

Menggunakan antarmuka TouchWiz UI ini nampaknya cukup memakan RAM pada Galaxy J7, lantaran sisa RAM yang dapat digunakan sekitar 700MB atau 40% dari keseluruhan RAM yang ada. Meski dengan kapasitas RAMnya tidak banyak, smartphone ini masih dapat mengoperasikan game dengan lancar sobat Sinyaliti.

Mencoba bermain game Real Racing 3 dan Modern Combat 5: Blackout Galaxy J7 masih sanggup menyuguhkan grafis yang lumayan dan lancar. Grafis yang ditampilkan pun menurut kami cukup mumpuni untuk sebuah smartphone kelas entry level.

back to menu ↑

Kamera

Urusan fotografi Samsung masih mempercayakan sensor sebesar 13 megapiksel pada bagian belakang dengan bukaan diafragma f/1.9. Sensor tersebut sama persis dengan Galaxy J7 yang dirilis tahun lalu dan Galaxy J5. Sedangkan untuk kamera depannya Samsung memperbaruinya dengan sensor 5 megapiksel yang memiliki bukaan diafragma f/1.9.

Menggunakan aplikasi kamera bawaan Samsung yang telah cukup mumpuni untuk sebuah smartphone entry level, karena akan disuguhkan dengan beberapa mode yang lebih lengkap bila dibanding Galaxy J5. Terdapat berbagai mode menarik pada kamera ini, diantaranya Auto, Pro, Panorama, Continuous shot, Beauty face, Sound & shot, HDR, Sports dan Night.

Samsung Galaxy J7

Sayangnya kita tidak dapat mengunduh mode tambahan seperti yang terdapat pada jajaran Samsung Galaxy A. Pada mode Pro sendiri akan disuguhkan pengaturan yang sedikit lebih kompleks, diantaranya kita dapat mengatur eksposure, memilih besarnya ISO, serta ada juga pengaturan white balance. Berikut dibawah ini salah satu contoh foto yang diambil dengan Samsung Galaxy J7.

Samsung Galaxy J7

Cukup disayangkan pada mode Pro ini kita tidak dapat mengganti jarak fokus secara manual. Hasil kamera dari Samsung Galaxy J7  ini mirip sekali dengan Galaxy J5. Selain menggunakan diameter sensor yang sama besar, yakni 28mm, bukaan diafragma juga mirip, yakni f/1.9. Jadi bisa disimpulkan bahwa hasil kamera Samsung Galaxy J7 dengan Galaxy J5 adalah sama persis, baik dari kecepatan fokus membidik objek dan kecepatan menangkap gambar. Namun bagi yang masih penasaran berikut juga hasil kamera Samsung Galaxy J7.

Samsung Galaxy J7

back to menu ↑

Baterai

Baterai awet, kuat, dan tahan lama, menjadi salah satu kelebihan smartphone ini. Pasalnya, Samsung Galaxy J7 telah dibekali baterai berkapasitas 3.000 mah yang menjamin sobat Sinyaliti dalam menikmati konten multimedia lebih lama, tanpa perlu khawatir kehabisan daya baterai. Selain itu, baterainya juga bisa dilepas, dan memiliki waktu bicara mencapai 18 jam (3G), serta dapat digunakan untuk mendengar musik selama 76 jam nonstop. Lebih Detail mengenai spesifikasi Samsung Galaxy J7, klik disini

8 Total Score
Good!

Ponsel pintar Samsung Galaxy J7 sudah dibekali dengan jaringan 3G dan jaringan 4G untuk mengakses internet dengan kecepatan maksimal. Selain itu smartpone Samsung Galaxy J7 juga sudah dilengkapi dengan jaringan data GPRS serta EDGE yang dapat difungsikan sebagai pengganti jaringa 3G dan juga jaringan 4G sobat Sinyaliti.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Layar 5,5 inch SuperAMOLED
  • Dual SIM GSM/GSM & Sudah Mendukung jaringan 3G /HSDPA dan 4G LTE
  • Android sudah versi v5 Lollipop
  • Processor Cepat Exynos 7580 Octacore 1,5 Ghz dengan GPU Mali-T720MP2 menawarkan performa maksimal
  • Memori internal cukup besar yaitu 16 GB bisa untuk menympan banyak file , aplikasi maupun game
  • Kamera 13 Mega Pixels dengan fitur Autofous, LED Flash yang bisa merekam video HD
  • Kamera Depan 5 MP dilengkapi LED Flash membuat foto Selfie jadi lebih bagus
  • Kapsitas baterai lumayan besar 3000 mAh
Kekurangan
  • Resolusi layar belum Full HD
  • Ram cuma 1,5 GB
  • Tidak Ada LED Notifikasi
  • Tidak ada plindung layar
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0