Review Samsung Galaxy S8: Smartphone Bezel-Less Dengan Baterai Jumbo

Sinyaliti.com – Vendor raksasa asal Korea Selatan, Samsung, baru-baru ini meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, yakni Galaxy S8. Meluncur dengan kapasitas layar dan baterai yang lebih besar tentu saja akan membuat aktivitas online semakin lebih seru dan lebih lama, tanpa takut harus kehabisan daya.

Seperti kita ketahui, ketika seseorang tengah berselancar di dunia maya, tentunya secara tidak terasa menghabiskan banyak waktu, sehingga sangat menguras daya baterai. Karena terus menerus menggunakan GPS yang ada di smartphone tersebut dan mengharuskan layar tetap menyala dengan tingkat kecerahan yang tinggi. Namun dengan Galaxy S8, hal tersebut tak akan jadi kendala.

Selain itu, Galaxy S8 juga mengincar kalangan high-class yang membutuhkan kecepatan konektivitas tinggi serta spesifikasi smartphone yang ideal. So, mari mengenal lebih dalam lagi spesifikasi dari Samsung Galaxy S8 ini.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy S8

Desain Samsung Galaxy S8

Kita awali dari segi desain. Samsung Galaxy S8 membawa desain yang nyaris tanpa bezel, sehingga membuat tampilanya begitu elegan. Samsung sendiri menyebut model layar seperti ini dengan nama “Infinity Display”. Karena bentuknya yang begitu keren, dengan lengkungan di bagian samping dan juga di sudut-sudut layar.

Layar lengkung bukanlah hal yang baru bagi Samsung, karena sebelumnya mereka juga pernah menyematkan fitur ini pada Samsung Galaxy S7 Edge.

Namun perubahan yang paling mencolok dari Galaxy S8 adalah tidak adanya tombol “Home” di bagian depan. Hal ini dikarenakan perangkat mengusung rasio screen to body yang sangat tinggi, sehingga membuat ukuran layarnya semakin luas, tanpa harus membuat bodi bertambah lebar.

galaxy s8

Sementara pada tampilan mukanya didominasi oleh layar super lebar berukuran 5,8 inchi Super AMOLED QHD+ dengan aspek rasio 18.5 : 9. Dengan aspek rasio yang tak lazim tersebut membuat dimensinya jadi lebih memanjang.

Jadi, meskipun layarnya termasuk besar, dimensi ini tetap tergolong compact. Resolusi pada layar tersebut juga sudah berkelas QHD dengan resolusi 2960 x 1440 piksel. Sehingga mampu menyajikan gambar yang jelas, dan pastinya akan terasa nyaman saat siapa pun menatapnya. Belum lagi layar tersebut sangat tangguh, karena telah diproteksi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

back to menu ↑

Fitur 

Untuk urusan konektivitas, Samsung Galaxy S8 mendukung pemakaian Single SIM dan juga Dual SIM berukuran nano yang sudah terdukung dengan akses jaringan 4G LTE Cat16. Sehingga menyuguhkan koneksi data yang super kencang.

Dengan jaringan ini, pengguna bisa mengunduh data pada kecepatan 1024 Mbps, dan mengunggah data pada kecepatan 150 Mbps. Selain 4G LTE, Samsung juga masih memberi dukungan pada penggunaan jaringan GSM dan HSPA.

Koneksi secara nirkabel pun juga bisa dilakukan dengan optimal pada Samsung Galaxy S8 ini, berkat fitur-fitur seperti WiFi 802.11, dual-band, WiFi Direct, dan Hotspot.

Kebutuhan transfer data pun tercukupi dengan maksimal lewat fitur Bluetooth v5.0, A2DP, LE, aptX, USB v3.1, dan USB Type-C 1.0 Reversible Connector.

Spesifikasi Galaxy S8 juga dibekali dengan teknologi navigasi yang terdiri dari A-GPS, GLONASS, BDS, dan juga GALILEO. Sehingga penguncian lokasi bisa dilakukan dengan akurasi tinggi.

back to menu ↑

Performa

Nah, yang tak kalah menarik adalah spesifikasi Samsung Galaxy S8 pada sektor permesinannya. Dimana di dalamnya telah tertanam beragam fitur terkini yang membuat smartphone ini menjadi salah satu smartphone terbaik di dunia saat ini.

Kemampuannya ini semakin menarik tatkala kebutuhan multitasking juga ikut mendukung demi kemampuan yang sempurna. Dan langkah Samsung untuk memberikan performa terbaiknya pada Galaxy S8 tentunya akan memicu banyak kalangan untuk meliriknya. Mengenai hal tersebut, pihak Samsung pun menawarkan kualitas yang tak kalah premium.

Sebagai otak pemrosesan data, Samsung mengandalkan chipset terbaik saat ini, yaitu Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. Yang di dalamnya terdapat prosesor delapan inti dari hasil konfigurasi Quad-core 2.35 GHz Kryo dan Quad-core 1.9 GHz Kryo.

Namun perlu diingat, untuk pasar Indonesia, Galaxy S8 ini hanya akan menggunakan chipset Exynos 8895 Octa dengan prosesor dua inti yang terdiri dari dua cluster, yaitu Quad-core 2.35 GHz dan Quad-core 1.7 GHz.

Performa berbeda yang disuguhkan ini tak kalah kencang dengan Snapdragon 835. Karena kedua jenis prosesor tersebut akan dipasangkan dengan RAM 4 GB. Sehingga kinerja yang dihasilkan Galaxy S8 untuk menunjang aktivitas multitasking memang sangat lancar.

galaxy s8

Dijalankannya sistem operasi Android v7.0 Nougat pun akan membuat kinerja Galaxy S8 semakin ringan, dan fitur-fitur baru yang disediakan pun menjadi lebih berlimpah.

Samsung juga membekali ponsel premium terbarunya ini dengan memori internal sebesar 64 GB. Kapasitas memori internal dari Galaxy S8 ini dirasa sudah menyediakan ruangan yang lumayan luas bagi pengguna untuk menyimpan file-file hiburan koleksinya, serta menampung file-file sistem.

Bahkan, untuk lebih memuaskan penggunanya, ruang penyimpanan pada Samsung Galaxy S8 tersebut masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimum 256 GB.

Namun sayangnya, penggunaan microSD ini nantinya harus merelakan slot SIM 2. Sehingga perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, mana yang lebih diutamakan. Meski demikian, secara keseluruhan performa dari dapur pacu Galaxy S8 tetap memadai.

back to menu ↑

Kamera

Tak hanya gahar dalam urusan performa saja, Galaxy S8 juga dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi yang siap mengabadikan semua momen dengan hasil foto serta video terbaik. Dimana kamera belakangnya mengusung lensa 12 MP.

Selain itu, adanya teknologi Dual Pixel Autofocus yang bisa membidik semua objek dengan sangat cepat dan menghasilkan foto berkualitas tinggi yang tajam serta jernih. Kamera pada ponsel juga memiliki kemampuan low light yang memukau.

Untuk menghasilkan rekaman video lebih stabil, Samsung pun melengkapinya dengan teknologi OIS. Lalu ada pula fitur LED Flash yang akan mengurangi noise ketika kita mengambil foto dan video pada kondisi low light.

Sementara untuk bagian depannya, smartphone ini mengusung kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 dan memiliki fitur Autofocus. Sehingga bisa kita andalkan ketika berfoto selfie pada kondisi minim cahaya.

Pada spesifikasi kamera ini juga bisa membuat beberapa jenis video seperti 1440p@30fps, dual video call, dan Auto HDR. Menariknya lagi, kameranya juga bisa kita gunakan di dalam air, berkat adanya sertifiat IP68. Keren bukan?

back to menu ↑

Baterai

Pada sektor penyuplai daya, Samsung Galaxy S8 memilih baterai berjenis Non-removable Lithium Ion sebesar 3.000 mAh untuk menjadi bagian penyuplai dayanya. Kapasitas baterai yang dipakai Galaxy S8 ini tentu sudah lebih dari cukup untuk menunjang kinerja operasionalnya.

Samsung Galaxy S8 juga sudah menyediakan fitur fast charging, agar daya bisa diisi lebih cepat jika baterai lebih cepat habis karena pemakaian yang sangat aktif. Selain itu, ponsel ini telah didukung fitur wireless charging, sehingga pengisian daya lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja.

Nah, dengan demikian spesifikasi Samsung Galaxy S8 pada semua sektornya memang sangat menunjukan keunggulan yang dibawanya.

Lantas, dengan bakalan spesifikasi dan fitur yang sangat mumpuni tersebut, kira-kira berapakah banderol harga Samsung Galaxy S8 ini? Silahkan klik di sini.

 

8.5 Total Score
Good!

Kualitas terbaik sudah bisa dilihat dari desainnya yang sangat premium dan penggunaan layar Super AMOLED kapasitif 5.8 inci dengan resolusi 4K yang mampu menghasilkan tampilan visual sangat berkelas. Ketangguhan pun juga ditunjukkan di sektor dapur pacunya, dimana Samsung mengandalkan prosesor delapan inti dari dua jenis chipset berbeda yang akan dipadukan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Digunakannya sistem operasi terbaru Android Nougat pun semakin mengoptimalkan kinerjanya. Tak hanya itu, ponsel ini pun menawarkan koneksi internet yang sangat cepat dengan dukungan akses jaringan 4G LTE Cat16.

Desain
8.5
Performa
8
Fitur
8.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Desain super premium dengan bezel sangat tipis dan layar lengkung di kedua sisinya.
  • Resolusi layarnya sangat tinggi dan dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 5.
  • Tersedia dapur pacu sangat powerfull dengan mengandalkan chipset Exynos 8895.
  • Fitur konektivitas sangat lengkap.
  • Kamera depannya sudah dilengkapi fitur Autofocus.
  • Tersedia baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan fitur Fast Charging.
  • Smartphone ini tahan air dan debu.
CONS
  • Harga Samsung Galaxy S8 dibanderol sangat mahal.
  • Samsung belum membekalinya dengan RAM berkapasitas 6 GB.
  • Smartphone ini belum dilengkapi speaker stereo.
  • Tidak ada perubahan berarti pada kamrea belakang Galaxy S8.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0