Review Samsung Galaxy Tab S3: Tablet Nougat Dengan S-Pen dan Keyboard

Sinyaliti.com – Samsung Mobile kembali meluncurkan sebuah tablet premiumnya, dengan branding Samsung Galaxy Tab S3 9.7. Perangkat ini kabarnya akan menyasar pada segmen kelas menengah dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mengingat spesifikasi yang diusungnya juga cukup mumpuni. Tablet ini pun akan tampak lebih berkelas dengan dibekalinya segudang komponen tangguh. Melihat hal tersebut, tentunya geliat Samsung Galaxy Tab S3 di pasar gadget akan semakin memperketat persaingan di antara para vendor.

Tak hanya itu saja, dukungan akses jaringan 4G LTE pun juga akan ikut tersematkan pada tablet ini, sehingga kegiatan internet pun akan semakin lancar. Dan masih ada lagi berbagai macam spesifikasi yang akan diusung Samsung Galaxy Tab S3 ini. Penasaran? Yuk, kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 berikut ini.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy Tab S3

Desain Samsung Galaxy Tab S3

Sebuah tablet tentunya dikenal memiliki ukuran dimensi dan layar yang lebih besar dan luas dari pada umumnya. Begitu juga dengan spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 ini yang hadir dengan dimensi yang cukup besar yaitu panjang 237.3 mm, lebar 169 mm, ketebalan 6 mm, dan bobot mencapai 429 gram. Meskipun ukuran dimensinya tergolong cukup besar, namun tablet ini memiliki ketebalan yang cukup slim untuk sebuah tablet. Sehingga akan mudah untuk dibawa oleh penggunanya.

Selain itu, untuk sektor layarnya akan mengusung sebuah layar seluas 9.7 inci dengan kemampuan resolusi 4K, 1536 x 2048 piksel dengan kerapatan 264 ppi. Dengan kemampuan layar yang diusungnya tersebut, pengguna akan lebih nyaman dalam mengoperasikan tablet ini, dan akan dimanjakan dengan tampilan yang sangat tajam.

Samsung Galaxy Tab S3

Selain itu, untuk tetap memberikan tampilan yang terkesan elegan, Samsung Galaxy Tab S3 akan dipersenjatai dengan tipe layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan kekayaan warna 16 M. Dimana layar ini akan memberikan visualisasi yang begitu menggoda dan sedap dipandang mata.

Melihat spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 pada sektor desainnya ini, tampaknya tablet ini memang pantas menyandang desain kelas premium.

back to menu ↑

Fitur

Satu hal lagi yang menarik pada tablet ini, yaitu pada sektor konektivitasnya. Dimana spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 ini akan dibekali dengan akses jaringan internet 4G LTE. Dengan begitu, tentunya aktivitas internet para pengguna pun akan terasa semakin lancar dan cepat. Apalagi untuk aktivitas komunikasinya, Samsung Galaxy Tab S3 ini hanya menyediakan opsi yang mendukung jaringan 3G dan 4G LTE (SM-T825) dengan jenis kartu Nano SIM. Selain itu, Samsung Galaxy Tab S3 ini juga akan diberi pilihan alternatif, dimana pengguna bisa memakai jaringan GSM dan HSPA.

Samsung Galaxy Tab S3 ini juga dibekali dengan fitur konektivitas jarak dekat, yaitu berupa fitur WiFi, Dual-Band WiFi Direct, dan Hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet secara gratis. Di sisi lain, untuk kegiatan transfer data akan didukung dengan fitur Bluetooth v4.2, A2DP, LE dan microUSB.

Samsung Galaxy Tab S3

Tak sampai di situ saja, untuk mendukung aktivitas pencarian atau pemetaan lokasi, spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 ini akan mengandalkan A-GPS, GLONASS, dan Beidou agar bisa melakukan pemetaan lokasi dengan akurasi yang tinggi.

back to menu ↑

Performa

Kini saatnya masuk ke bagian dapur pacunya. Samsung Galaxy Tab S3 dibekali dengan komponen yang handal dan mumpuni. Untuk seri chipset yang menjadi otak dari seluruh kinerjanya mengandalkan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 sebagai otak dari perangkat. Salah satu chip terbaik tersebut kemudian dipadukan dengan prosesor Quad-Core yang merupakan hasil konfigurasi dari Dual-Core 2.15 GHz Kryo dan Dual-Core 1.6 GHz Kryo. Sehingga performa yang dihasilkan tablet cukup tangguh dan siap memberikan kinerja operasional menjadi lebih optimal.

Bahkan aktivitas multitasking pun akan lebih lancar berkat disematkannya sebuah RAM yang memiliki kapasitas cukup besar, yaitu 4 GB. Selain itu, untuk memberikan visual grafis yang lebih baik, maka Samsung membekali tablet terbarunya ini dengan kartu grafis terbaik, yaitu GPU Adreno 530. Sehingga tampilan grafisnya akan terkesan lebih mantap dan menyejukkan setiap mata yang memandang.

Di sisi lain, Samsung Galaxy Tab S3 ini akan mengandalkan sebuah sistem operasi OS Android Nougat v7.0 yang akan menjadi platformnya. Dengan demikian, sudah tentu bahwa kinerja mesin dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 ini akan memberikan kinerja yang handal dan mumpuni.

Samsung Galaxy Tab S3

Untuk sektor ruang penyimpanan pun juga tak kalah penting, mengingat tablet terbaru garapan Samsung ini juga dibekali spesifikasi dapur pacu yang mumpuni. Dimana sudah tentu akan membutuhkan kapasitas ruang simpan yang luas untuk mengcover berbagai macam file. Artinya, tablet ini tentunya wajib menampung file system yang merupakan bawaan sistem operasi, file sistem dari aplikasi instalan, hingga file-file hiburan seperti foto, video dan audio.

Untuk mendukung kebutuhan tersebut, maka Samsung menyediakan sebuah memory internal dengan kapasitas ruang sebesar 32 GB. Namun apabila kapasitas tersebut kurang memenuhi, tablet ini juga diberikan fitur slot memori eksternal yang dapat diekspansi dengan menggunakan microSD mencapai kapasitas 256 GB. Melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 tersebut, pengguna pun juga bisa menyimpan beragam file berukuran besar di memory eksternal ini.

back to menu ↑

Kamera

Beralih ke sektor kamera. Pada sektor ini, sebagai tablet yang menyasar pada segmen kelas premium, maka Samsung membekali Galaxy Tab S3 ini dengan fitur duet dual kamera. Untuk kamera utama atau belakang akan dibekali dengan kamera yang beresolusi 12 MP. Kualitas foto yang dihasilkan dari jepretan kamera utama Samsung Galaxy Tab S3 tersebut tentu sudah lumayan baik. Sebab kamera ini juga sudah didukung fitur Autofocus dan LED Flash.

Bahkan kamera ini mampu menghasilkan video sebesar 1080p@30fps. Sehingga rekaman video yang dihasilkan melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 tersebut akan semakin menarik dan tampak nyata.

Samsung Galaxy Tab S3

Sementara itu, untuk kamera depan akan dipersenjatai kamera berkualitas 5 MP. Kedua kamera yang terpasang pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 ini tentunya akan menambah nilai jual dari tablet terbaru garapan Samsung ini. Apalagi ditambah fitur-fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Maka semakin melengkapi spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S3 pada sektor ini.

back to menu ↑

Baterai

Mengulas pasokan daya baterai yang digunakan untuk menyuplai kebutuhan tiap-tiap komponen perangkat terbaru dari Samsung Galaxy Tab S3. Pada sektor daya baterai ini, Samsung mengandalkan sebuah baterai dari jenis Non-removable Li-Po (Lithium Polymer) sebagai nyawa bagi Galaxy Tab S3. Meskipun kualitasnya masih di bawah dari jenis baterai Li-Po (Lithium Polymer), namun baterai yang dibawa tablet ini memiliki daya yang cukup besar, yaitu 6000 mAh. Sehingga mampu menunjang setiap komponen akan kebutuhan daya, terutama pada sektor mesin pacunya.

Menariknya, pada sektor suplay daya ini telah disemati dengan teknologi Fast battery charging. Dimana fitur ini akan membantu memenuhi seluruh kebutuhan pada masing-masing komponen dari tablet.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review dari berbagai tipe HP Samsung yang populer di Indonesia. Silahkan klik di sini.

 

8 Total Score
Good!

Satu hal yang menarik pada tablet Samsung Galaxy Tab S3 9.7 ini, yaitu pada sektor kinerjanya mengandalkan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 yang dipadukan dengan prosesor Quad-Core. Sehingga performa yang dihasilkan tablet cukup tangguh. Tak ketinggalan fitur duet Dual Kamera yang dibekali dengan kamera yang beresolusi 12 MP.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
7.5
Baterai
8
Kelebihan
  • Dapat diakses dengan kecepatan akses internet hingga 4G.
  • Didukung fitur fingerprint dengan tipe front-mounted.
  • Dibekali fitur konektivitas yang lumayan lengkap.
  • Mengusung kamera berlensa 12 MP untuk kamera utama dan lensa 5 MP untuk kamera depan.
  • Disediakan kapasitas internal yang luas 32/64 GB dan 4 GB RAM.
  • Mengadopsi tampilan terbaru dari OS Android Nougat.
  • Layar jumbo 9,7 inch yang menghasilkan gambar lebih jelas.
  • Gambar semakin jernih dengan adanya teknologi super AMOLED.
  • Menggunakan processor mumpuni.
Kekurangan
  • Hanya didukung fitur single SIM.
  • Kapasitas baterai belum diketahui.
  • Belum didukung akses fast charging.
  • Belum didukung USB tipe C untuk transfer data lebih cepat.
User Rating: 4.5 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0