Review Samsung Z2: HP Made in Indonesia ala Samsung

Sinyaliti.com – Kalau kamu merupakan pengguna feature phone yang ingin beralih ke smartphone, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Samsung Z2. Diperuntukkan bagi anak muda atau siapa pun yang mau beralih ke smartphone (dari feature phone), juga untuk mereka yang mau mencicipi device 4G dengan harga Rp 899 ribuan saja. Lalu bagaimana dengan spesifikasi detailnya sobat sinyaliti? Berikut ini ulasan singkatnya.

Spesifikasi Detail Samsung Z2

Desain Samsung Z2

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Samsung kembali menghadirkan smartphone berbasis OS Tizen. Namun spesifikasinya dibuat cukup rendah, mungkin juga agar mendapatkan harga jual yang lebih murah. Dimana untuk layarnya hanya berukuran 4 inci dan masih mengandalkan panel layar TFT beresolusi 480 x 800 pixels. Layar tersebut memiliki kepadatan 233 pixel per inci, sehingga kualitas gambarnya terasa kurang tajam jika dibandingkan Samsung Z3 yang memiliki layar 5 inci beresolusi HD 720p serta mengadopsi teknologi Super Amoled.

Selain itu, layarnya juga belum dilindungi lapisan anti gores, jadi sobat sinyaliti harus melapisinya dengan screen guard. Soal desain, Samsung Z2 memiliki desain minimalis dengan bodi yang terbuat dari material berbahan plastik.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Dibekali sistem operasi Tizen versi 2.4, user interface Samsung Z akan sangat menarik, serta tersedia berbagai pilihan thema untuk mempercantik tampilan luar smartphone berlayar 4 inci ini. Selanjutnya, smartphone yang tersedia dalam tiga pilihan warna–gold, black, red wine ini juga sudah mengusung fitur S bike mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkendara dengan lebih aman.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

back to menu ↑

Fitur

Smartphone ini juga dilengkapi fitur Dual Sim yang akan mempermudah penggunanya berkomunikasi dengan menggunakan dua nomer telepon secara bersamaan. Lalu terdapat pula konektivitas tambahan berupa Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port microUSB 2.0. Harga Samsung Z2 yang murah membuat smartphone ini belum dilengkapi fitur NFC dan USB Type-C. Namun kekurangan tersebut tak jadi masalah berarti, karena smartphone ini sudah dilengkapi teknologi 4G LTE yang dianggap lebih penting dibandingkan fitur NFC.

Dibanding kakaknya, Samsung Z2 telah mendukung jaringan 4G LTE Cat.4 dengan kecepatan download maksimal 150 Mbps dan upload maksimal 50 Mbps. Menariknya, jaringan 4G LTE dari beberapa operator besar di Indonesia sudah bisa digunakan pada smartphone yang satu ini. Untuk layarnya, Samsung Z2 menggunakan layar sentuh berukuran 4 inci yang beresolusi 480 x 800 piksel dan berteknologi TFT. Sepertinya Samsung ingin membuat smartphone ini menjadi sangat murah sehingga layarnya tidak menggunakan teknologi Super AMOLED seperti Samsung Z3.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Fitur lainnya adalah ultra power saving mode. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghemat baterai smartphone. Pada saat fitur ini aktif, beberapa hal yang berubah adalah: home screen menjadi sangat simpel, tampilan menjadi hitam putih, mobile data menjadi nonaktif ketika layar tidak aktif, serta WiFi dan Bluetooth menjadi nonaktif. Kemudian terdapat pula ultra data saving mode. Ketika fitur ini diaktifkan, penggunaan data untuk aplikasi yang memerlukan koneksi internet menjadi lebih hemat, serta penggunaan data di background process dibatasi.

Fitur menyenangkan lainnya adalah S Bike Mode, memudahkan pengguna saat sedang berkendara sehingga dapat mengakses hanya telepon darurat. Fitur ini juga mampu secara otomatis merespons beberapa kontak dengan fitur Smart Reply. Samsung Z2 sudah dilengkapi fitur USB OTG,

back to menu ↑

Performa

Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Tizen OS v2.4 yang menawarkan pengalaman berbeda dibanding smartphone berbasis Android. Antarmukanya memang berbeda cukup jauh dengan TuchWiz UI yang selama ini digunakan smartphone Android buatan Samsung. Pasalnya, Tizen OS tidak memiliki app drawer, namun sudah tersedia dalam berbagai pilihan thema yang akan mempecantik user interfacenya. Beragam aplikasi andalan Samsung juga dimilikinya, seperti S Bike Mode, Ultra Data Saving, dan beberapa aplikasi pendukung lainnya.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Ekosistem aplikasi Tizen OS memang lebih sedikit dibanding iOS ataupun Android. Namun sobat sinyaliti tak perlu khawatir, karena tetap dapat menginstal aplikasi populer sekelas WhatsApp, Facebook, Messenger, dan berbagai macam aplikasi lainnya. Kemudian untuk dapur pacunya, Samsung Z2 akan ditenagai processor Quad Core 1.5 Ghz yang terintegrasi pada chipset Spreadtrum SC9830A dan pengolahan grafis Mali-400MP2. Lalu terdapat pula Ram berkapasitas 1GB dan memori internal berukuran 8GB.

Spesifikasinya cukup lumayan, dan dipastikan mampu menjalankan beragam aplikasi Tizen OS dengan lancar. Selain itu, Samsung juga menyediakan memori internal berkapasitas 8GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD hingga kapasitas 32GB. Lalu terdapat ada pula Ram 1GB yang mengoptimalkan kinerja multitasking ketika sobat sinyaliti menjalankan banyak aplikasi. Asal sobat ketahui, ekosistem aplikasi Tizen OS memang tak sebanyak Android ataupun iOS.

Namun sobat sinyaliti tetap bisa menginstal berbagai aplikasi populer, seperti Facebook, WhatsApp, Messenger, dan berbagai aplikasi lain yang sebelumnya kita jumpai pada Android dan iOS. Untuk hiburan, beberapa game sudah tersedia seperti Despicable Me: Minion Rush dan Plants vs. Zombies. Selain itu, sobat sinyaliti juga dapat mengunduh dari Tizen Store, termasuk Temple Run 2 dan Chhota Bheem Jungle Run.

back to menu ↑

Kamera

Kamera utama 5 Megapixel yang dilengkapi fitur Autofocus, LED Flash, dan HDR. Masih banyak fitur menarik didalamnya, serta pada bagian depan telah terpasang kamera beresolusi 0.3 Megapixel. Resolusi kameranya memang tergolong kecil, namun hal ini sebanding dengan harga Samsung Z yang murah. Apabila sobat menginginkan smartphone Samsung dengan kamera superior, lebih baik sobat membeli Samsung Galaxy Note 7 atau tipe lainnya. Pasalnya smartphone ini hanya dikhususkan untuk kebutuhan komunikasi dan akses internet. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan samsung galaxy z2 sobat sinyaliti.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Spesifikasinya tergolong standar, dan sebanding dengan harga Samsung Z yang tergolong murah. Adapun harga Samsung Z sendiri dibanderol dengan harga dibawah 1 Juta Rupiah, jadi wajar apabila smartphone ini hanya memiliki kamera depan beresolusi VGA. Sedangkan untuk bagian belakang, telah tersedia kamera beresolusi 5 Megapixel dengan fitur LED Flash. Yah, resolusi kameranya memang sangat kecil, sehingga kurang bisa diandalkan ketika dipakai berfoto selfie ataupun merekam video. Berikut dibawah ini satu lagi hasil foto yang diambil dengan samsung galaxy z2 sobat sinyaliti.

harga, spesifikasi, Samsung Z2

Untungnya smartphone ini sudah mampu merekam video beresolusi HD 720p@30fps. Lalu ada pula berbagai fitur kamera standar seperti Geo-tagging, face detection, panorama dan HDR.

back to menu ↑

Baterai

Kapasitas baterainya tergolong kecil, karena Samsung Z hanya memiliki baterai berkapasitas 1.500 mAh. Alhasil smartphone ini hanya memiliki waktu bicara selama 5 Jam (3G). Ada baiknya sobat sinyaliti mempersiapkan powerbank, agar tidak kehabisan daya baterai ketika menggunakan Samsung Z2 untuk bermain game ataupun mengakses internet. Baterai ini bisa dilepas dan diklaim memiliki waktu bicara selama 5 jam, serta massa standby mencapai 180 Jam. Jangan harap smartphone ini memiliki fitur fast charging, karena harga Samsung Z2 yang murah akan membatasi fitur smartphone ini.Lebih detail mengenai spesifikasi Smasung Z2, klik disini sobat Sinyaliti.

Walaupun spesifikasinya pas-pasan, namun yang menarik yang dimiliki Samsung Z2 adalah sudah mendukung teknologi 4G LTE dan berjalan pada sitem operasi Tizen OS. Smartphone ini sangat cocok bagi sobat yang bosan memakai smartphone berbasis Android, dan ingin mencoba smartphone baru yang memiliki user interface dan fitur berbeda sobat Sinyaliti.

7 Total Score
Good!

Samsung kini telah resmi meluncurkan penerus Samsung Z1 dengan nama Samsung Z2. Membawa tampilan yang sangat stylish dengan warna gold yang membalut bodynya. Telah di dukung jaringan 4G LTE dan yang paling penting HP ini ” Made In Indonesia ”

Desain
7
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
7
PROS
  • Harga yang sangat murah cuma 900 ribuan saja
  • Tampilan yang sangat keren dan stylish dengan balutan warna yang menarik
  • Layar 4.0 inchi TFT Capacitive yang sangat responsif dan nyaman dioperasikan dengan satu tangan
  • Internetan yang sangat cepat dengan dukungan Jaingan 4G LTE.
  • Menjalankan OS Tizen 2.4 yang mnawarkan kustomisasi tampilan UI yang sangat keren
  • Menggunakan Prosesor Spreadtrum SC9830 Quad Core 1.5 GHz yang peformanya cukup bagus
  • RAM 1GB dan memori internal 8GB yang membantu kinerja smartphone lebih ringan dan responsif
  • Kamera utama 5 MP dengan LED Flash yang hasilnya cukup bagus
  • Perekaman video HD 720p@30fps
  • Kapasitas baterai 1500 mAh yang mampu bertahan seharian
  • Dilengkapi berbagai fitur menarik seperti Ultra Data Saving, S Bike mode, Esential Apps dan beragam transaksi pembayaran elektronik melalui HP ( My Money )
CONS
  • Resolusi layar rendah
  • Belum bisa BBMan, Line dan Google Chrome
  • Aplikasi yang tersedia untuk OS Tizen tak sebanyak HP dengan OS Android
  • Kamera depan hanya VGA saja
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0