Review Sharp A2 Lite: Phablet Mid-Range Dengan Dual-Camera

Sinyaliti.com – Sharp kembali meluncurkan smartphone terbaru miliknya untuk pasar Indonesia. Smartphone kelas mid-range yang digadang-gadang siap meneruskan kesuksesan pendahulunya ini hadir dengan membawa komponen fitur yang cukup baik, serta mampu untuk di andalkan.

Smartphone yang dimaksud adalah Sharp A2 Lite, yang merupakan perangkat fullscreen dengan aspek rasio 18:9 pertama perusahaan yang dibawa ke pasar Tanah Air.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa smartphone terbaru milik Sharp ini hadir sebagai varian “Lite” dari model utama, yaitu Sharp A2.

Tak hanya itu saja, dengan harga kelas menengah, perangkat ini juga disokong dengan kamera ganda yang menjanjikan, yang ada pada bodi belakang. Sementara kelebihan lainnya dari seri A2 Lite besutan vendor asal Jepang ini juga telah ditenagai oleh baterai bertenaga.

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari Sharp A2 Lite ini, mari simak review singkat berikut ini, tentang seberapa tangguh spesifikasi dan harga Sharp A2 Lite ini.

Spesifikasi Detail Sharp A2 Lite

Desain Sharp A2 Lite

Perangkat kelas menengah besutan Sharp ini hadir dengan mengusung layar yang cukup cantik, dengan aspek rasio 18:9 dengan desain FullView display kekinian, dan memiliki resolusi HD+. Resolusi ini berukuran pasti 720 x 1440 piksel dengan ke dalaman mencapai 16 juta warna. Sehingga mampu menyuguhkan gambar yang cukup natural dan cemerlang.

Layar yang digunakannya sendiri adalah jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen, dengan bentang layar lapang seluas 5.7 inchi, yang cukup khas di kalangan smartphone fullscreen di kelas mid-range. Sehingga cukup layak disebut phablet.

Permukaan layarnya juga menawarkan kemampuan multitouch yang memang resposnif. Sayangnya, layar yang memiliki kerapatan hingga 282 ppi ini tidak menawarkan perlindungan khusus seperti Gorilla Glass atau semacamnya.

Desain yang ditawarkan oleh phablet ini juga terbilang cukup kompak dan ramping. Bahkan masih terbilang cukup stylish dan elegan. Pasalnya, meski ukurannya 8,8 mm, namun tidak bisa dikatakan tipis untuk ketebalan bodi ponsel zaman now.

Sedangkan untuk bobotnya sendiri mencapai 152 gram, yang mana memang tidak terlalu berat.

Tersedia dalam varian warna Gold dan Black, smartphone yang dikemas dengan material keramik ini memiliki dimensi tubuh 72,4 mm x 152,3 mm untuk ukuran panjang dan lebarnya.

back to menu ↑

Fitur

Berlanjut menuju jaringan dan konektivitas yang dibekalkan dalam perangkat Sharp A2 Lite dengan label harga kelas menengah ini. Di dalam bodinya telah dibekali dengan fitur Dual SIM Nano yang dapat disiagakan bersama-sama dengan dua nomor.

Selain itu, perangkat ini juga membawakan jaringan 2G GSM, 3G HSDPA dan jaringan 4G LTE, yang siap mengantarkan pengguna berselancar dunia maya dalam speed HSPA Plus hingga LTE Cat4 150/50 Mbps.

Sharp A2 Lite juga sudah dibekali dukungan teknologi 4G LTE, yang sebenarnya bisa dibilang fitur wajib di kelas ponsel layak saat ini. Yang juga sudah didongkrak dengan teknologi VoLTE untuk memaksimalkan kinerja dan pengalaman pengguna.

Untuk koneksi lainya, ada dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n yang siap memuaskan pengguna. Meski kekurangan Sharp A2 Lite kembali tampak dari dukungan Bluetooth yang hanya mentok di versi 4.0 saja.

Port microUSB v2.0 ditempel di bagian bawah ponsel, berfungsi ganda sebagai pengisi daya dan transfer data, lebih lagi fitur USB OTG sudah siap dinikmati.

Khusus fitur keamanan, smartphone ini menawarkan dua model fungsi pengaman. Seperti kebanyakan smartphone zaman now, Sharp A2 Lite juga telah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian punggung ponsel.

Sementara untuk alternatif lain, Sharp juga menghadirkan teknologi pengenal wajah pada kamera depan, sehingga memungkinkan pengguna menikmati kemudahan dari fitur Face Unlock di perangkat ini.

Selain itu, dibekalkan pula beberapa fitur mumpuni seperti Fingerprint sensor, FM Radio, hingga Multi Window menarik.

back to menu ↑

Performa

Berlanjut ke sektor performa, smartphone ini dibekali dengan processor Quad-Core berkecepatan 1.3 GHz yang dibawa oleh chipset MediaTek MT6737T. Meski terbilang cukup disayangkan, karena chip ini masih menggunakan desain Quad-Core berbasis Cortex-A53 dengan clockspeed mencapai 1,4 GHz saja, namun masih mampu menghasilkan kinerja yang begitu menjanjikan.

Processor 4 inti tersebut bahkan disokong oleh RAM sebesar 3 GB, sehingga mampu menjalankan multitasking dan komputasi secara lancar tanpa lag. Dan sebuah chip memori internal 32 GB yang dapat menampung data ponsel lebih banyak.

Jika dirasa masih kurang, tersedia slot microSD yang juga kompatibel dengan microSDHC dan SDXC untuk menambah kapasitas simpan pada smartphone.

Untuk kualitas grafisnya sendiri sudah ditunjang oleh GPU Mali-T720 MP2, yang meskipun agak kasar dan bisa dibilang sudah cukup kuno dengan perkembangan zaman ini, namun cukup mampu menyuguhkan kinerja yang cukup halus.

Kelemahan smartphone ini juga tampak dari bagian software, dimana untuk sistem pengoperasian yang dijalankan pada phablet ini belum mendukung Android Oreo terbaru. Pasalnya, Sharp A2 Lite masih berjalan dalam sistem operasi Android Nougat v7.0, dengan antarmuka khas Sharp.

back to menu ↑

Kamera

Kemudian di sektor fotografi. Di bodi belakangnya telah tertanam dual-camera dengan resolusi cukup menawan, yakni kamera ganda 13 MP dan 5 MP. Kamera utamanya ini mampu menghasilkan gambar yang cukup cemerlang dan jernih, karena menggunakan double capture pada masing-masing kameranya.

Kamera ganda ini juga telah didukung pula oleh beberapa fitur pendukung lainnya seperti fitur LED Flash, Autofocus, HDR, Bokeh mode, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamera ini juga menggunakan sensor CMOS BSI, dengan kemampuan merekam video dengan kualitas Full HD 1080p@30fps yang memang cukup cemerlang saat ditonton kembali.

Sharp A2 Lite

Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur, seperti ISO Setting, dukungan Digital Zoom, Continous shooting, Autofocus dan LED Flash.

Dan bagi para pecinta selfie, phablet Sharp A2 Lite ini juga telah dibekali dengan kamera depan berkekuatan 8 MP, yang selain bisa menambah kecantikan dengan Beauty mode-nya, juga bisa untuk memberikan efek bokeh selfie.

Kamera depan ini juga telah dilengkapi LED Flash kamera, sehingga mendukung aktivitas swafoto di tempat dengan pencahayaan rendah maupun saat malam hari.

Bahkan, pengguna juga dapat memanfaatkan kamera depannya untuk aktivitas video call, video chat, maupun perekaman video selfie.

back to menu ↑

Baterai

Untuk menambah kenyamanan saat menggunakan smartphone Sharp A2 Lite ini, perusahaan pun telah membenamkan baterai Non-removable, Li-Po berkapasitas 4.000 mAh, lengkap dengan fitur Quick Charge.

Baterai yang digunakan ini memiliki power density yang tinggi. Sehingga walaupun dayanya besar, namun ukuran dan beratnya tetap nyaman bagi pengguna. Namun baterai yang digunakan ini adalah jenis baterai yang ditanam secara paten di dalam bodi ponsel.

Belum lagi dukungan teknologi Fast Charging juga sudah hadir di ponsel keren satu ini, dengan pengisian 5V/2A yang akan membuat pengguna lebih nyaman, karena dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat.

Sharp A2 Lite diluncurkan secara exclusive di JD.id pada tanggal 26-28 April 2018, dengan harga Rp 2.399.000.

Tak hanya di online store saja, Sharp A2 lite juga bisa didapatkan di semua offline store Sharp smartphone yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

*Sinyaliti.com juga melayani Jasa Service iPhone Panggilan untuk Penggantian LCD, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part orginal bergaransi. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Smartphone SHARP A2 lite ini merupakan smartphone full screen 18:9 yang pertama dibawa ke Indonesia oleh SHARP setelah kolaborasi dengan Foxconn di tahun 2016. Tak hanya menawarkan panel layar ciamik, SHARP A2 Lite juga dilengkapi dengan dual camera 13MP + 5MP yang cukup berbeda dengan yang lain. Selain itu, smartphone kelas mid-range ini juga hadir dengan membawa komponen fitur yang cukup baik, serta mampu untuk di andalkan.

Desain
7
Performa
7.5
Fitur
7
Kamera
7.5
Baterai
8
PROS
  • Bodynya solid dan menggunakan desain full screen.
  • Bisa menggunakan Dual SIM secara bersamaan aktifnya.
  • Koneksi yang digunakan sudah support jaringan 4G LTE.
  • Layar IPS LCD 5,7 inchi resolusi 720 x 1440 piksel yang nyaman digunakan.
  • Kapasitas RAM 3GB & Memori internal lega.
  • Terdapat face unlock dan Fingerprint sensor untuk keamanan data.
  • Kamera belakang Dual 13 MP + 5 MP yang bisa hasilkan foto dengan efek bokeh.
  • Selfie bisa maksimal dengan kamera 8 MP.
  • Kapasitas baterainya 4.000mAh dengan daya tahan maksimal.
CONS
  • Dual SIM yang digunakan bertipe hybrid.
  • Tidak terdapat pelindung layar.
  • Sistem operasi masih Android Nougat, belum up to date.
  • Prosesornya jadul Mediatek MT6737T Quad Core.
Add your review

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password