Review Smartfren Andromax L: Si Jagonya Jaringan 4G LTE

Sinyaliti.com – Untuk mengisi segmen entry level tahun 2017, Smartfren baru saja merilis dua smartphone baru, yaitu Andromax B dan Smartfren Andromax L. Harga keduanya berbeda, karena Andromax L memiliki spesifikasi lebih tinggi dan dibekali fitur lebih canggih, sehingga harganya dibanderol melebihi 1 Juta Rupiah. Menariknya lagi, Smartfren telah memberikan bonus kuota data 30GB selama setahun dengan catatan sobat harus mengusung ulang 60 ribu rupiah setiap bulan hingga 12 kali. Yuk kita simak seperti apa detailnya sobat Sinyaliti:

Spesifikasi Detail Smartfren Andromax L

Desain Smartfren Andromax L

New Smartfren Andromax L menggusung layar 4.0” WVGA display (480 x 800) with IPS Screen Technology + OCA (Optically Clear Adhesive) plus di lengkapi Capacitive multi touch screen (5 finger touch point). Sehingga tampilan layarnya lebih jernih dengan sudut pandang yang lebih luas.

Smartfren Andromax L juga mengadopsi fitur SVI (Sunlight Visibility Improvement) yang dikembangkan oleh Qualcomm. Berbekal teknologi ini, layar Smartfren Andromax L tetap terlihat jernih dan nyaman dipandang dibawah terik matahari. Sayangnya smartphone ini belum mengadopsi bodi metal, karena dirancang dengan bodi plastik yang memiliki tiga pilihan warna, yaitu Hitam, Putih Emas, dan warna Hitam Emas. Setiap pilihan warnanya terlihat elegan dan dipercantik oleh kaca 2.5D yang memberikan kesan melengkung pada setiap sisi layar Smartfren Andromax L.

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

Desain stylish dan elegan menjadi kelebihan utama smartphone ini. Smartfren melengkapinya dengan layar 5 inci yang dipadukan dengan layar lengkung 2.5D dan dilindungi lapisan kaca Dragontraill. Layarnya terbentang sangat luas dan siap menampilkan semua konten dengan kualitas grafis tajam dan jernih. Pasalnya, layar Andromax L memakai panel IPS OCA beresolusi HD 720 x 1280 pixels, sehingga kerapatan layarnya menembus 294 ppi.

Namun yang pasti, Andromax A dibalut bodi plastik dengan ukuran dimensi cukup tipis dan memiliki bobot cukup ringan. Menariknya lagi, smartphone ini dilengkapi teknologi DTS Audio Ehancer yang menjamin keluaran audio semakin berkualitas ketika dipakai mendengarkan musik ataupun menonton video.

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

back to menu ↑

Fitur

Walaupun harga Smartfren Andromax E2 dibanderol terjangkau, akan tetapi ponsel ini menawarkan fitur premium berupa teknologi VolTE. Teknologi ini akan menghasilkan panggilan suara lebih jernih saat dipakai melakukan telepon pada jaringan 4G LTE milik Smartfren. Selain menghasilkan HD Voice, teknologi VoLTE juga membuat koneksi video call lebih stabil, sehingga memaksimalkan komunikasi pengguna Andromax E2. Di sisi lain, ponsel ini juga memiliki fitur Dual Sim yang memadukan jaringan 4G LTE Smartfren dengan jaringan GSM (EDGE).

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

 

Terdapat juga fitur Dual Sim, namun Smartfren Andromax L memang mengunci slot sim pertama, sehingga hanya bisa digunakan untuk kartu Smartfren. Sedangkan slot sim kedua bisa digunakan semua operator GSM, dengan penggunaan sebatas pada jaringan GPRS atau EDGE. Selain itu, tersedia pula fitur Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Selain itu, tersedia pula beberapa fitur konektivitas pendukung lainnya yang terdiri dari Bluetooth 4.0, Wi-Fi, GPS, dan port MicroUSB 2.0.

Fitur DTS Audio Enhancer telah tertanam didalam Smartfren Andromax L. Fitur tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas audio, sehingga menghasilkan audio sinematik yang cocok dipakai mendengarkan musik dan menonton video. Selain itu, tersedia pula sistem operasi Android Marshmallow 6.0 yang mudah dioperasikan dan mengoptimalkan produktivitas pengguna Andromax L. Nah itulah ulasan semua fitur dan spesifikasi yang dimiliki Andromax L. Selanjutnya mari kita simak informasi harga Smartfren Andromax L terbaru saat ini.

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

Di sisi lain, tersedia pula memori internal berkapasitas 16GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD hingga kapasitas 32GB. Kemudian untuk sektor suplai daya, Smartfren Andromax L dibekali baterai berdaya 2.400 mAh. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi fitur Fast Charging. Mungkin hal ini dilakukan agar harga Smartfren Andromax L bisa dibanderol lebih murah. Buktinya smartphone ini dipasarkan dengan harga kurang dari 1 Juta Rupiah.

back to menu ↑

Performa

Sistem operasi Smartfren Andromax L merupakan Android Marshmallow 6.0 yang telah tertanam didalam memori internal berkapasitas 16GB. Agar sistem operasi Smartfren Andromax L tersebut berjalan lancar, Smartfren melengkapinya dengan Ram berkapasitas 2GB. Lalu terdapat pula processor berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz yang berasal dari chipset Snapdragon 212 buatan Qualcomm. Berbekal inilah, Smartfren Andromax L siap menjalankan berbagai macam aplikasi dan game dengan lancar.

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

Selain itu, tersedia pula GPU bertipe Adreno 304 dan slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 32GB. Sayangnya smartphone ini belum mengadopsi processor 64-Bit, sehingga performanya dibawah Smartfren Andromax R2. Walaupun begitu, performa Smartfren Andromax L tetap bisa diandalkan untuk semua kebutuhan, termasuk kebutuhan komunikasi secara online maupun offline.

back to menu ↑

Kamera    

Banderolan harga Smartfren Andromax L yang memang terjangkau di pasar Indonesia ini juga telah dibekali dengan kamera beresolusi tinggi yang siap menghasilkan gambar bening dan jernih. Pada bodi belakangnya terdapat kamera utama dengan resolusi 8 MP dengan sensor BSI-CMOS yang dipadukan dengan fitur Autofocus serta LED Flash sehingga hasil bidikannya cukup jernih, terang dan cemerlang.

Harga, spesifikasi, Smartfren Andromax L

Kamera utama Smartfren Andromax L ini juga mampu digunakan untuk merekam video dengan hasil yang cukup bening dan cemerlang. Apalagi kamera utama ponsel ini telah didukung dengan sensor BSI yang keren, kekurangan terletak pada kamera utama yang belum bisa merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps. Alhasil sobat Sinyaliti harus puas dengan video beresolusi HD 720p@30fps dengan hasil rekaman apa adanya, karena belum ada fitur OIS ataupun EIS.

Kamera depan yang disematkan dalam smartphone Smartfren Andromax L ini sendiri juga cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, disematkan kamera selfie 5 MP yang telah dibekali fitur Fixed Focus dan lensa wide angle bahkan dukungan LED Flash yang akan menghasilkan kualitas bidikan bening. Bahkan pengguna juga dapat lebih nyaman berselfi ditempat minim cahaya menggunakan kamera depan Smartfren Andromax L dengan hasil lebih terang, bening dan memiliki sudut pandang luas. Kamera depan dalam ponsel ini juga dapat digunakan untuk video call, video chatt dan video selfie

back to menu ↑

Baterai

Smartfren Andromax L membekalinya dengan baterai berkapasitas 2.400 mAh  yang siap mengalirkan daya baterai lebih lama ketika digunakan untuk mendengarkan musik, bermain game, dan menjalankan banyak aplikasi. Agar baterainya tetap irit ketika mengakses jaringan 4G LTE, Smartfren Andromax L membekalinya dengan fitur Smart Data Optimizer. Teknologi Smart Data Optimizer mampu membuat konsumsi daya menjadi lebih irit. Namun sayangnya Smartfren Andromax L belum dilengkapi fitur Fast Charging, sehingga waktu pengisian baterainya agak berjalan lebih lama. Lebih detail mengenai spesifikasi Andromax L, klik disini

Seperti yang sobat lihat diatas, harga Smartfren Andromax L dibanderol Rp. 1.2 Jutaan. Harga Smartfren Andromax L jauh lebih mahal dibandingkan Andromax A dan Andromax B. Pasalnya, smartphone ini memiliki performa hardware lebih baik dan dilengkapi layar beresolusi HD yang  dibentangkan seluas 5 inci. Melihat harga Smartfren Andromax L tersebut, bisa dikatakan smartphone ini akan menjadi lawan sepadan bagi Advan i5e Glass Gold 2 yang dibanderol dengan harga tak jauh berbeda. Bagaimana sobat Sinyaliti, tertarik memilikinya?

Sumber: dari berbagai sumber

8.5 Total Score
Good!

Selain menawaarkan kamera berkualitas tinggi, Smartfren Andromax L juga memiliki desain premium yang memadukan layar 5 inci dengan lapisan kaca 2.5D Dragontrail Glass. Layarnya terlindung sempurna dari goresan dan benturan, sehingga kita tak perlu menambahkan screen guard ataupun tempered glass. Lalu ada pula sistem operasi Android terbaru yang siap mengoptimalkan performa multitasking dan mobile gaming Andromax L sobat Sinyaliti.

Desain
7.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
Kelebihan
  • Harga Smartfren Andromax L dibanderol sangat murah
  • Mengadopsi Ram 2GB dan memori internal 16GB
  • Desain ergonomis dan memiliki layar HD berukuran 5 inci
  • Layarnya dilindungi lapisan kaca 2.5D Dragontrail Glass
  • Usung kamera depan 5 Megapixel dengan fitur LED Flash
  • Kamera belakangnya 8 Megapixel dengan sensor BSI
  • Kapasitas baterainya mencapai 2.400 mAh
  • Mendukung jaringan 4G LTE dan teknologi VoLTE
Kekurangan
  • Masih memakai processor berarsitektur 32-Bit
  • Bodinya terbuat dari material plastik plastik
  • Tidak ada fitur Fast Charging dan Fingeprint
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0