Review Sony Xperia E5: Smartphone Kelas Menengah, Kamera Kelas “Wah”!

Sinyaliti.com – Sony Mobile kembali mengumumkan jajaran smartphone terbarunya dengan mengusung nama Sony Xperia E5. Namun lebih dikhususkan untuk segmen entry level, jadi kemungkinan besar smartphone ini akan dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Ya, smartphone ini merupakan ponsel Android kelas menengah. Namun meski masih berada pada segmentasi smartphone kelas menengah, seperti biasa Sony selalu menghadirkan performa tangguh pada setiap generasi Xperia, khususnya dari segi kamera.

Lalu seperti apa spesifikasi lengkap dari Sony Xperia E5 ini? Yuk, mari lihat jawabannya pada artikel berikut ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia E5

Desain Sony Xperia E5

Smartphone Sony Xperia E5 merupakan smarpthone terbaru besutan  Sony Mobile di bursa handphone Android. Smartphone ini memiliki ukuran yang lumayan kecil. Meski demikian, tetap memberikan desain nan elegan. Bahkan cukup proporsional, karena tidak terlalu besar. Sehingga sangat nyaman saat digenggam.

Namun sayang, Sony tidak membalut bodi ponsel dengan bahan metal. Melainkan dengan bodi berbahan plastik yang didesain cukup tipis. Sementara pada bagian belakang telah terpasang logo NFC dan sebuah kamera.

Desain Sony Xperia E5

Beralih ke bagian depan. Ada navigasi On-Screen Button yang dipadukan dengan layar berukuran 4.6 inci atau tidak lebih dari 5 inci. Ukuran layarnya cukup kecil, namun justru membuatnya nyaman dan mudah dioperasikan walaupun hanya dengan satu tangan.

Layar tersebut mengadopsi panel IPS LCD 720 x 1280 piksel capacitive touchscreen, atau setara dengan resolusi HD. Menariknya, layar Xperia E5 juga memberikan sudut pandang lebih luas, yakni mencapai 178 derajat dengan kerapatan layar hingga 319 ppi. Dengan perangkat visual yang demikian, layarnya mampu menampilkan setiap objek visual dengan kualitas gambar dan warna yang lebih cerah. Namun tetap nyaman dan aman di mata untuk bermain game ataupun menonton film.

Tak ketinggalan, Sony juga melapisi layar dengan pelindung anti-gores, sehingga layarnya akan terlindung dari goresan ataupun pecah ketika terjatuh.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke sektor fitur. Sony Xperia E5 menjamin akses internet yang sangat handal. Pasalnya, ponsel Android ini mendukung jaringan GSM yang nantinya akan support dengan jaringan 4G LTE. Sehingga dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi, yaitu dengan kecepatan download sebesar 150 Mbps dan kecepatan upload sebesar 50 Mbps.

Jika berada pada lokasi yang memang tidak ada cakupan 4G LTE, maka bisa memanfaatkan jaringan 3G atau 2G. Bisa juga dengan memanfaatkan jaringan GPRS juga EDGE.

Fitur Sony Xperia E5

Kemudian untuk konektivitas nirkabelnya, Sony Xperia E5 sudah dibekali dengan perangkat WiFi 802.11 b/g/n dengan tambahan fitur Wi-Fi Direct serta WiFi Hotspot. Komponen-komponen ini nantinya yang akan menerima dan juga membagi jaringan dimanapun dan kapanpun.

Lalu ada pula Bluetooth versi 4.1, A2DP, apt-X dan NFC untuk mempermudah pengiriman file. Dengan tambahan perangkat ini nantinya akan membuat sharing data secara nirkabel menjadi lebih cepat. Namun aying, Sony tidak melengkapinya dengan teknologi USB Type-C.

Selain itu, ponsel pintar ini juga sudah dilengkapi dengan microUSB v2.0. Sehingga memungkinkan untuk melakukan debug USB. Untuk navigasi, ponsel menggunakan A-GPS. Meski masih standar, namun akan membantu melakukan penguncian lokasi.

back to menu ↑

Performa

Sebagai smartphone Android yang menyasar pada kelas menengah, ponsel pintar Sony Xperia E5 ini hadir dengan mengusung spesifikasi yang cukup baik. Sony membekali sektor dapur pacunya dengan chipset besutan mediate, yakni chipset Mediatek MT6735. Kemudian dipadukan dengan processor berkekuatan Quad Core dengan clock speed 1.3 GHz Cortex-A53. Sehingga mampu menyemburkan performa yang cukup baik untuk menjalankan berbagai proses.

Tidak hanya itu saja, Sony juga membekali ponsel dengan memori RAM berkapasitas 1,5 GB. Sehingga ponsel memiliki kemampuan multitasking saat menjalankan banyak aplikasi. Namun sayangnya, kapasitas memori RAM tersebut terasa sangat tanggung jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya yang rata-rata sudah memakai RAM 2 GB. Untungnya ponsel besutan Sony ini sudah memakai processor berteknologi 64-Bit serta kartu grafis dari GPU Mali-T720MP2. Penggabungan komponen ini diperkirakan mampu menjalankan game-game berat sekaligus. Dimana mesin ponsel akan dengan mudah mencapai titik maksimalnya. Sehingga ponsel mampu mengoptimalkan kinerjanya ketika menjalankan aplikasi ataupun game-game HD dengan lancar, dan juga menampilkan grafis yang sangat memukau.

Performa Sony Xperia E5

Tak lupa, ponsel juga dibekali dengan memori internal berukuran 16 GB. Namun apabila memori internal ini tidak mencukupi, pengguna bisa menambahkan dengan memori microSD hingga kapasitas 64 GB.

Sementara segala kualitas dari handphone super canggih ini akan bekerja pada sistem operasi yang tidak kalah canggihnya, yaitu Android Marshmallow v6.0. Sehingga pengguna tidak perlu repot bila ingin mendownload tampilan terbaru serta mencari game Android di Play Store. Dengan sistem operasi Android terbaru ini pula ponsel menjadi sangat nyaman saat dioperasikan. Selain itu, sistem ini juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti Sony Walkman dan user interface simple.

back to menu ↑

Kamera

Berlanjut pada sektor kamera. Meskipun handphone Sony Xperia E5 ini dikhususkan berada pada segment ponsel entry level, namun pihak Sony tetap memberikan kualitas kamera yang jauh lebih bagus dari ponsel sekelasnya. Jadi jangan heran apabila ponsel ini hadir dengan kamera utama sebesar 13 MP yang dimaksimalkan dengan fitur Autofocus serta lampu LED Flash. Ya, kamera ini siap digunakan kapan saja untuk mengabadikan momen bersama keluarga ataupun teman.

Kemampuan kamera utama tersebut didukung pula oleh fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Sehingga foto yang dihasilkan akan tampil dengan sangat maksimal jernih, detail, dan warna yang lebih natural.

Kamera Sony Xperia E5

Sementara kualitas yang diberikan pada video juga tidak kalah bagusnya. Sebab kamera utama dari Sony Xperia E5 tersebut bisa menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi, mencapai resolusi Full HD 1080p@ dengan kecepatan 30 fps. Kualitas video tersebut tentunya terbilang profesional dalam membidik objek dan menghasilkan gambar yang tidak patah-patah, sebagaimana sering ditemukan pada ponsel berkelas low-end lainnya.

Sebagai pelengkap dari sektor kamera, pihak Sony juga menyematkan kamera depan berukuran 5 MP yang menghiasi sisi depan pada bodi. Kamera ini berguna sebagai kamera sekunder yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan foto selfie ataupun video call. Nah, jadi bagi yang suka foto selfie bisa mengabadikan setiap momen indah dengan hasil foto yang berkualitas ini.

back to menu ↑

Baterai

Berbicara tentang baterai Sony Xperia E5, sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapasitas baterainya. Juga belum diketahui apakah smartphone ini memiliki fitur Fast Charging atau tidak. Namun jika melihat dari spesifikasi dan fitur-fitur yang dibawanya, kemungkinan besar baterai yang dibawa oleh handphone ini berkapasitas di atas 2.300 mAh. Demi memenuhi kebutuhan operasional selama satu hari penuh.

Sementara mengenai harga dari Sony Xperia E5 ini, juga belum ada informasi resmi dari pihak Sony berapa nantinya harga dari ponsel pintar ini akan dibandrol. Namun diperkirakan handphone ini akan dibandrol dengan harga kisaran Rp 2 hingga 3 jutaan. Untuk harga-harga smartphone Sony lainnya, bisa dilihat di sini.

8 Total Score
Good!

Smartphone Sony Xperia E5 merupakan smarpthone yang dikhususkan untuk segmen entry level. Memiliki desain yang elegan dan cukup proporsional, karena tidak terlalu besar, sehingga sangat nyaman saat digenggam. Namun meskipun ditujukan pada segment ponsel entry level, namun pihak Sony tetap memberikan kualitas kamera yang jauh lebih bagus dari ponsel sekelasnya.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
7
0
PROS
  • Harga Sony Xperia E5 cukup terjangkau.
  • Memiliki layar berkuran 4.6 inci dengan resolusi HD yang nyaman dioperasikan dengan satu tangan.
  • Sudah memakai processor 64-Bit berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A53.
  • Mendukung 4G LTE dan NFC.
  • Mengadopsi Android Marshamallow.
  • Kamera dengan resolusi 13 MP.
CONS
  • Spesifikasi hardwarenya tergolong standard.
  • Tidak ada fitur fingerprint sensor.
  • Bodinya masih berbahan plastik.
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0