Review Sony Xperia X Compact: Bukan Sekedar Xperia Mini

Sinyaliti.com – Ponsel pintar buatan vendor Sony memang banyak diburu oleh pecinta gadget di Indonesia. Wajar, karena inovasi dan keunikan produk-produk Sony mampu mengambil hati para pecinta gadget tanah air. Salah satunya adalah smartphone Sony Xperia X Compact, yang memiliki segala fitur high-end untuk menunjang kehidupan modernitas Anda yang padat.

Sebagaimana dilansir di sonymobile.com, bahwa ponsel Xperia X Compact diklaim sebagai ponsel yang memiliki kamera berkualitas terbaik daripada kamera smartphone lainnya. Sektor kamera memang hal yang paling diunggulkan oleh vendor sekelas Sony. Dengan resolusi yang dinilai berkualitas tinggi, menjadikan produk-produk Sony tiada banding.

Penasaran kan dengan ponsel pintar Sony Xperia X Compact ini? Yuk, mari kita ulas berbagai keunggulan yang dimiliki smartphone besutan Sony ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia X Compact

Desain Sony Xperia X Compact

Konsep desain yang diusung Sony Xperia X Compact tak jauh berbeda seperti seri Xperia lainnya. Memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan ukuran layar yang tidak terlampau besar. Bahkan terbilang mini. Namun walaupun memiliki ukuran mini, smartphone ini tetap memiliki performa sangat powerfull. Karena di dalamnya sudah terpasang komponen hardware canggih yang akan membantu Anda meraih performa terbaik.

Resolusi layarnya masih dibawah Sony Xperia XZ yang memiliki resolusi Full HD. Untungnya tipe layar adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta. Sehingga kekurangannya tertutupi oleh tampilannya yang terlihat sangat cerah dan enak dilihat. Ditambah lagi dengan adanya teknologi Triluminos Display dan X-Reality Engine yang mampu mengoptimalkan tampilan pada layar. Sehingga kualitas layarnya semakin tajam dan jernih ketika dipakai untuk memutar video, walaupun beresolusi tinggi sekalipun.

Desain Sony Xperia X Compact

 

Sony Xperia X Compact sendiri memiliki ukuran layar 720 x 1280 piksel dengan bentang 4 inci yang tingkat kedalaman warnanya 319 ppi piksel density. Menjadikan tampilan layarnya terlihat jernih dan tajam. Selain itu, desain layar juga telah dibekali Scaracth Resistant Glass yang dapat melindungi layar handphone.

Sementara untuk ukuran bodinya adalah 129 x 65 dengan ketebalan 9.5 mm dan berat 135 gram. Walaupun bodinya cukup tebal, namun ponsel ini tetap terasa ringan. Juga sangat nyaman untuk dibawa berpergian menemani aktivitas mobilitas Anda seharian. Namun sayangnya, bodi Sony Xperia X Compact masih memakai berbahan plastik dan tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu.

back to menu ↑

Fitur

Di sektor roaming data, Sony Xperia X Compact menemukan keunggulannya dengan berada pada semua jaringan, dimulai dari EDGE, GPRS, 3G dan kecepatan maksimal 4G LTE Cat9. Pada jaringan 3G, Anda akan mendapatkan teknologi HSDPA hingga 5.76 Mbps.

Sementara untuk 4G LTE Cat9 mampu mencapai Cat6 50 Mbps. Sehingga mampu memanjakan pengguna untuk menjelajah dan menemani aktivitas Anda sehari-hari. Seperti streaming youtube, bernyanyi smule dan lain sebagainya dengan lancar. Dengan catatan, provider yang digunakan mendukung jaringan 4G LTE dan lokasi juga mendukung.

Selain itu, terdapat pula WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (Dual Band) untuk dapat mengakses internet pada tempat yang terdapat jaringan Hotspot. Dimana Anda bisa mengubah ponsel menjadi router menuju akses internet.

Fitur Sony Xperia X Compact

 

Sementara untuk kebutuhan transfer antar perangkat, pihak Sony menyediakan konektor USB berbentuk Micro USB v2.0 yang dilengkapi dengan USB Host dan Bluetooth v4.0. Juga ada navigasi GPS yang dilengkapi teknologi A-GPS serta Glonass. Tersedia pula fitur NFC dan konektor USB Type-C yang jarang dimiliki smartphone sekelasnya.

Smartphone juga mendukung Audio dengan dukungan teknologi Clear Audio plus, Clear Audio+ dan S-Force 3D Surround Sound untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan saat Anda menikmati musik.

back to menu ↑

Performa

Meskipun memiliki layar mini untuk serie Xperia, namun dapur pacu yang ada pada Xperia X Compact termasuk gahar. Pasalnya, ponsel ini dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 yang dipadukan dengan processor enam inti, yaitu Hexa-Core 4×1.4 GHz. Dimana masing-masing intinya terbagi dalam Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan Dual Core 1.8 Ghz Cortex-A72.

Jadi seluruh aplikasi yang berat sampai dengan HD Gaming dapat Anda mainkan di ponsel pintar ini dengan lancar. Karena sudah ditunjang dengan dapur pacu yang begitu tangguh.

 

Performa Sony Xperia X Compact

 

Sistem operasi yang berjalan pada Sony Xperia X Compact menggunakan Android OS v6.0 Marshmallow yang didampingi antarmuka Xperia UI keren. Sony Xperia X Compact juga telah mendukung sensor Fingerprint pada bodi sampingnya. Adanya pengolahan grafis bertipe Adreno 510 yang membuat kinerja grafis smartphone ini semakin mumpuni.

Sementara pada sektor RAM, pihak Sony membekali ponsel dengan kapasitas ekstra besar, yaitu 3 GB. Kapasitas ini sudah cukup untuk menunjang proses multitasking yang Anda lakukan. Keunggulan lainnya dari Sony Xperia X Compact justru terletak pada sektor memorinya.

Tersedia memori internal sebesar 32 GB yang siap untuk menunjang segala kebutuhan penyimpanan data Anda. Mulai dari musik, gambar, foto, video atau file-file multimedia lainnya. Kapasitas ruang penyimpanan ini pun masih bisa diekspansi lagi dengan menambahkan MicroSD Card berkapasitas maksimal hingga 256 GB.

back to menu ↑

Kamera

Masuk ke unggulan utama yang ada pada Sony Xperia Compact, yaitu sektor kamera. Kemampuan kamera Sony Xperia X Compact memang sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Bahkan ponsel mampu menandingi smartphone flagship lainnya yang dibanderol lebih mahal dari harga Sony Xperia Compact.

Pada kamera bagian belakang terdapat sensor Sony Exmor RS dengan resolusi mencapai 23 MP dengan lebar aperture berukuran f/2.0. Selain itu, kamera yang juga disemati oleh lensa Wide Angle 22mm yang mendukung besaran ISO mencapai ISO 6.400. Sehingga sangat cocok untuk aktivitas selfie. Tersedia pula fitur Phase Detection Autofocus yang mampu meningkatkan ketajaman foto yang diambil. Menjadikan foto terlihat tajam dan jernih.

Kamera Sony Xperia X Compact

Sementara untuk kamera bagian depan, Sony Xperia X Compact mengandalkan kamera beresolusi 5 MP dengan lebar aperture f/2.0. Dan juga mengusung sensor Sony Exmor RS berukuran 1/2.3 inci. Di sisi lain, tersedia pula SteadyShot dengan 5-Axis Stabilization yang berguna untuk menstabilkan hasil rekaman video dengan kualitas Ultra HD.

Namun sayangnya, kamera depan tidak dilengkapi dengan video 4K. Sebab hanya mampu mengabadikan momen dalam format video Full HD 1080p@60fps.

back to menu ↑

Baterai

Kapasitas baterai Sony Xperia X Compact terbilang kecil, hanya dengan baterai Non-removable Li-Ion berkapasitas 2700 mAh.  Sehingga apabila layar yang terlalu cerah, maka dapat memakan konsumsi baterai yang berlebihan. Itu sebabnya perlu mengurangi kecerahan pada layar dan juga timeout delay. Karena semakin lama layar kita menyala, maka akan semakin banyak daya yang di perlukan. Apalagi jika kedua-duanya ini berjalan bersama, menggunakan layar yang cerah dan timeout delay yang lama. Tentu ponsel akan semakin boros dalam mengkonsumi daya baterai. Maka perlu melakukan pengurangan kecerahan layar dan lamanya timeout delay.

Sony Xperia X Compact bisa dikatakan murah dari segi harga, bagi pengguna yang memperhatikan kualitas. Sebab ponsel ini telah dibekali dengan “mata” dan “otak” yang serba canggih. Jadi jika Anda penasaran dengan harganya, silahkan cek di sini.

8 Total Score
Good!

Ponsel Sony Xperia X Compact merupakan ponsel yang memiliki kamera kualitas terbaik dari kamera smartphone lainnya. Sektor kamera memang hal yang paling diunggulkan. Dengan resolusi yang berkualitas tinggi, menjadikan Xperia X Compact tiada banding dalam segi kamera. Dapur pacu yang ada pada Xperia X Compact juga termasuk gahar. Sayangnya, bodi Sony Xperia X Compact masih berbahan plastik dan tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Di usung teknologi jaringan 4G LTE.
  • Dibekali Kamera 23 MP Super Jernih.
  • Memiliki RAM 3 GB, sehingga mampu menjalankan beberapa aplikasi yang cukup besar bersamaan.
  • Di usung dengan system operasional android versi 6.01 Marshmallow.
CONS
  • Dengan spesifikasi yang cukup tinggi, hanya dibekali baterai berkapasitas 2700 mAh menjadikan daya tahan ponsel sebentar.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0