Review Sony Xperia XA Ultra: Kamera Keren Dengan Desain Elegan

Sinyaliti.com – Nampaknya Sony Corporation benar-benar memanfaatkan tahun 2017 ini sebagai momentum unjuk gigi bagi deretan produk handset terbarunya. Setelah kemarin meluncurkan Xperia XA, maka pada kesempatan kali ini kembali Sony menelurkan ponsel anyar bernama Sony Xperia XA Ultra.

Smartphone ini menjadi salah satu smartphone kelas menengah yang memiliki desain premium dan spesifikasi hardware kelas atas. Performanya tentu sangat cepat, karena di dalamnya telah terpasang processor canggih yang dipadukan RAM berukuran besar. Agar kinerja multitasking-nya bisa berjalan lancar, dan semakin mulus dalam menjalankan berbagai aplikasi.

Seperti yang kita kenal, Sony adalah rajanya sensor kamera. Dimana saat ini banyak dipakai oleh berbagai smartphone flagship. Sesuai informasi dari situs resmi Sony, Xperia XA Ultra akan membawa kemampuan kamera mumpuni karena dukungan Dual Camera. Dapat dikatakan Xperia XA Ultra adalah smartphone selfie terbaik saat ini karena spesifikasi kamera yang dibawanya.

Nah, untuk mengetahui spesifikasi dari Sony Xperia XA Ultra ini beserta spesfikasinya, silahkan sobat simak review berikut ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia XA Ultra

Desain Sony Xperia XA Ultra

Sony Xperia XA Ultra hadir dengan tampilan lebih fresh lewat warna cassing yang elegan antara lain white, graphite black, dan lime gold. Warna-warna tersebut menampilkan unsur keren, mewah dan elegan, sehingga membuat penggunanya puas. Nilai plus dari smartphone ini adalah memiliki desain premium yang memadukan frame berbahan stainless steel.

Dengan dimensi yang cukup besar, yaitu 164.2 x 79.4 x 8.4 mm dengan bobot 190. Untuk sebuah phablet, dimensi ini termasuk sangat slim. Ukurannya yang besar menuntut Sony untuk memberikan resolusi yang lebih tinggi agar visualisasi tetap nyaman dan terjaga. Menariknya, meski ukuran dimensinya lumayan besar namun ponsel ini memiliki bezel sangat tipis, sehingga menambah kesan premium.

Desain Sony Xperia XA Ultra

Tipe layar smartphone Sony Xperia XA Ultra sendiri menggunakan dukungan IPS LCD 16 juta warna dengan lebar 6 inci. Sementara resolusi layarnya mampu menghasilkan resolusi berkualitas Full HD serta 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan mencapai 367 ppi. Artinya, layar ponsel cukup memberikan hasil foto atau tampilan 3D. Dengan ukuran layarnya tersebut semakin mengasyikan ketika dipakai bermain game ataupun menonton film. Terlebih Sony menambahkan teknologi Mobile Bravia Engine 2, sehingga tampilan layarnya akan jauh lebih jernih. Namun sayang, resolusi layarnya belum sampai Quad HD.

Sementara untuk melindung layar dari goresan, Sony melapisinya dengan lapisan kaca Scratch-resistant Glass yang lebih berkualitas. Sehingga layar akan terlindung saat terkena benda tajam ataupun hal lainnya.

back to menu ↑

Fitur

Seperti smartphone Sony serie Xperia lainnya, Xperia XA Ultra pun tetap mengoptimalkan sektor konektivitas dengan berbagai fitur canggih yang siap memanjakan penggunanya. Ponsel pun hadir dengan dukungan jaringan 2G GSM 850/ 900/ 1800/ 1900 – SIM 1 dan SIM 2, 3G HSDPA 850/ 900/ 1900/ 2100 dengan kecepatan hingga 42.2/ 5.76 Mbps. Sementara untuk kecepatan tertingginya ponsel ini didukung dengan adanya jaringan terbaru, yaitu 4G LTE 800/ 850/ 900/ 1700/ 2100/ 1800/ 1900/ 2100/ 2600 dengan kecepatan hingga Cat4 150/50 Mbps. Hadirnya fitur Dual-SIM tersebut untuk mempermudah berkomunikasi memakai smartphone ini. Sedangkan konektivitas internet yang ada pada jaringan 3G HSPA dan 4G LTE Cat4 mampu memanjakan pengguna untuk menjelajah data internet dengan cepat.

Selain itu, ponsel juga dilengakapi dengan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n, DLNA, WiFi Hotspot, Direct, dan Display. Sedangkan untuk berbagi file dengan smartphone lainnya bisa menggunakan Bluetooth v4.1, A2DP, AVCTP, AVDTP, AVRCP, BNEP, DIP, GAVDP dan USB v2.0. Sedangkan untuk menjelajah lokasi Google Earth, ponsel ini didukung dengan adanya GPS.

Fitur Sony Xperia XA Ultra

Sementara untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dimanapun Anda berada dengan salah satunya menggunakan pengiriman pesan melalui SMS, MMS, Email, IM, dan Push Email yang lebih sempurna. Browser Sony Xperia XA Ultra sudah menggunakan HTML5 yang memberikan kecepatan browser lebih sempurna.

Ponsel juga menerapkan dukungan accelerometer, proximity, compass untuk sensor yang sudah pada smartphone tersebut. Adanya teknologi navigasi A-GPS dan GLONNAS akan membantu keperluan penggunanya akan kebutuhan pemetaan lokasi dengan hasil lebih akurat.

back to menu ↑

Performa

Mengupas bagian performa pada Sony Xperia XA Ultra. Pada sistem operasi, ponsel memberikan dukungan versi terbaru dari Android v6.0.1 Marshmallow agar lebih sempurna. Pada seri ini juga Sony masih mengandalkan chipset MediaTek Helio P10. Yang di dalamnya telah terpasang 8 inti processor dengan arsitektur 64-Bit. Ini untuk mendukung processor berkekuatan tangguh yang memiliki kecepatan mencapai Octa Core 2.0 Ghz Cortex-A dengan dukungan Mali T860MP2. Dengan sistem operasi tersebut, dijamin ponsel akan berjalan lancar pada phablet ini. Pengguna pun akan semakin puas karena ponsel ini mampu menjalankan aplikasi berukuran besar. Seperti memutar konten video ataupun game untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.

Performa Sony Xperia XA Ultra

 

Kemudian untuk media penyimpanan internal yang terdapat dalam smartphone, Sony hanya memberikan dukungan 16 GB. Kapasitas memorinya memang sangat kecil, namun Anda tak perlu khawatir. Karena Sony telah memberikan tambahan dukungan media penyimpanan eksternal dengan MicroSD berukuran besar, yaitu 200 GB serta 3 GB RAM yang cukup berkualitas, yang bisa memberikan penerapan data atau aplikasi lebih banyak.

back to menu ↑

Kamera

Masuk ke sektor kamera. Sama seperti smartphone seri Xperia lainnya, Sony Xperia XA Ultra pun memiliki komponen fotografi terbaik di kelasnya. Dan inilah kelebihan utama dari Sony Xperia XA Ultra, yakni kualitas kamera utama yang beresolusi 21,5 MP juga Autofocus serta sensor size ½.4 inci. Menjadikan jepretan gambar semakin detail dan jelas. Alhasil, kualitas kamera utama dari ponsel pun mampu menghasilkan foto selfie yang berkualitas tajam dan sangat jernih. Sementara fitur-fitur olah foto modern yang terdapat dalam ponsel adalah geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama.

Sony juga sudah melengkapi kamera depan dengan ukuran resolusi yang sangat besar, yakni 16 MP. Plus dengan teknologi yang tak kalah dengan kamera utamanya, yaitu Optical Image Stabilization serta LED Flash. Kamera ini bisa digunakan untuk skype, video call dan sangat pas untuk Anda yang hobi foto selfie.

Kamera Sony Xperia XA Ultra

 

Selain itu, tersedia juga kemampuan untuk merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps. Untuk mengabadikan momen terbaik Anda dalam bentuk video berkualitas tinggi. Sayang, pihak Sony belum melengkapi kameranya dengan sempurna. Sebab kamera pada ponsel belum bisa merekam video beresolusi 4K.

back to menu ↑

Baterai

Sony menanamkan baterai berkapasitas 2.700 mAh dengan tipe Li-Ion untuk ponsel Xperia XA Ultra ini. Baterainya tidak bisa dilepas sewaktu-waktu atau Non-removable, dan kapasitasnya masih standar. Baterai tersebut diklaim Sony mampu menopang kebutuhan daya ponsel selama satu hari penuh untuk kebutuhan operasional secara normal. Tapi jika Anda ingin menggunakan ponsel ini untuk kebutuhan waktu yang lebih lama, maka sebaiknya Anda sediakan suplai daya cadangan dari powerbank. Hal ini untuk mengantisipasi kehabisan daya baterai di saat beroperasi.

Untuk informasi mengenai harga Sony Xperia XA Ultra, nampaknya pecinta ponsel Sony harus sabar menunggu. Karena smartphone ini baru akan dipasarkan secara resmi pada bulan Juli 2017 mendatang. Namun untuk harga-harga smartphone Sony serie Xperia lainnya bisa Anda lihat di sini.

8 Total Score
Good!

Seperti smartphone Sony serie Xperia lainnya, Xperia XA Ultra pun tetap mengoptimalkan sektor konektivitas dengan berbagai fitur canggih yang siap memanjakan penggunanya. Sony Xperia XA Ultra adalah smartphone Kamera Selfie terbaik saat ini karena spesifikasi kamera yang dibawanya. Performanya pun sangat cepat, karena di dalamnya telah terpasang processor canggih yang dipadukan RAM berukuran besar.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
8
PROS
  • Desain Menawan dengan Bezel super tipis.
  • Mendukung 4G – LTE Cat 4 150/50 Mbps untuk akses internet super cepat.
  • Layar 6.0″ IPS LCD sangat nyaman sekali digunakan untuk main game serta Streaming video.
  • Resolusi Full HD 1080p akan mampu memanjakan mata dengan tampilan warna yang dihasilkan.
  • OS Android v6.0 Marshmallow yang menawarkan tampilan antar muka yang menawan.
  • Performa dari jeroan yang sangat tangguh berbekal Helio P10 yang dipadukan 3 GB RAM serta GPU Mali T860MP2.
  • Kamera beresolusi tinggi 21.5 MP yang didukung LED Flash & Hybrid Autofocus,
  • Mampu merekam video dengan hasil Full HD.
  • Kamera depan sangat kece dengan lensa 16 MP didukung Optical Image Stabilisation, LED Flash serta Autofocus.
CONS
  • Memory Iternal hanya berkapasitas 16 GB.
  • Tidak dilengkapi dengan Finger Print Sensor sebagai pelindung data pribadi.
  • Baterai hanya berkapasitas 2700 mAh.
  • Tidak dilengkapi dengan Fast Charging
User Rating: 4 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0