Review Sony Xperia XA: Tampil Stylish Dengan Kamera 13 MP

Sinyaliti.com – Sony kali ini menawarkan smartphone berkualitas untuk mengisi kelas menengah bernama Sony Xperia XA. Smartphone ini diperkenalkan bersamaan dengan momentum Mobile World Congress (MWC) 2016 yang berlangsung di Barcelona Spanyol. Sony Xperia XA sendiri dipastikan akan dijejali dengan sejumlah perangkat fotografi yang mumpuni. Walaupun begitu, smartphone ini tetap menawarkan desain premium dan dapur pacu powerfull. Di sektor yang terakhir, dukungan jaringan 4G LTE kian menambah nilai jual smartphone untuk bertarung di pasaran.

Nah, itu baru sekilas saja tentang ponsel pintar Sony Xperia XA ini. Mau tahu spesifikasi teknisnya secara lengkap? Yuk, sobat sinyaliti.com temukan jawabannya pada ulasan khusus di bawah ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia XA

Desain Sony Xperia XA

Secara konsep, desain Sony Xperia XA mengadopsi bodi premium yang memiliki bezel layar sangat tipis. Yang paling menarik, smartphone ini memiliki bezel layar sangat tipis, bahkan bezelnya hampir tak terlihat. Sehingga terlihat begitu stylish dan eye catchy. Namun secara dimensional, ponsel ini memiliki ukuran bodi mencapai 143.6 x 66.8 x 7.9 mm dan bobot 137,4 gram. Sony Xperia XA sendiri tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti white, graphite black, lime gold, dan rose gold.

Desain Sony Xperia XA

Sementara untuk urusan visual, ponsel pintar ini menyuguhkan layar yang mengusung bentang seluas 5 inci. Yang menarik, smartphone ini memiliki layar 5 inci dengan lapisan kaca melengkung yang menghiasi sisi kanan dan kirinya. Layar tersebut menggunakan panel layar IPS LCD dengan kedalaman warna sebesar 16 juta warna. Kemampuan layarnya dalam menampilkan gambar cukup mumpuni, karena mengusung resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar sebesar 294 ppi.

Dengan spesifikasi layar tersebut, secara visual terbilang standar, namun masih terlihat cukup mumpuni dalam menghasilkan warna yang tajam. Sayang, layar tersebut belum mengusung resolsui Full HD. Meski demikian, layar tersebut telah dibekali teknologi Bravia Engine 2, sehingga tampilan gambarnya akan terlihat lebih realistis dan jernih. Artinya, dengan layar yang membentang penuh, ponsel ini sangat cocok bagi yang membutuhkan smarpthone canggih dan nyaman dipakai untuk browsing dan nonton video streaming.

Sementara itu untuk sistem proteksinya, ponsel sudah mengadopsi pelindung layar berupa Scratch-resistant Glass. Pelindung layar ini siap memproteksi permukaan layar dari resiko goresan saat pemakaian atau akibat kecelakaan.

back to menu ↑

Fitur

Layaknya smartphone modern lainnya, Sony Xperia XA sudah mengusung teknologi jaringan seluler terbaik. Dan untuk memberikan jaminan komunikasi dan akses data yang lancar, ponsel sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE Cat4. Dimana dengan kecepatan 4G LTE Cat4 yang dimilikinya, ponsel sangat mampu melakukan aktivitas downloading hingga mencapai kecepatan 150 Mbps serta upload speed mencapai 50 Mbps. Dan sebagai back-up untuk koneksi 4G, ponsel juga sudah dibekali dengan koneksi 3G dengan memanfaatkan kecepatan HSPA. Yang memiliki kecepatan download speed dan upload speed cukup stabil, yakni 42,2 mbps.

Fitur Sony Xperia XA

Untuk dapat memanfaatkan jaringan Hotspot yang ada di sekitar dalam mengakses internet, maka bisa dengan mengaktifkan fitur WiFi Hotspot yang di miliki ponsel canggih ini. Sementara dalam upaya membantu kegiatan saat berbagi file, data, gambar maupun video pada perangkat lainnya, pada ponsel sudah menyediakan koneksi WiFi Direct yang memiliki kecepatan transfer lebih maksimal. Bahkan koneksi WiFi Direct ini dapat digunakan pada jarak transfer maksimum mencapai 100 meter sekalipun.

Sementara itu, sistem navigasi berupa A-GPS dan juga Glonass pun sudah tersedia dan siap menunjang kebutuhan pemetaan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu, piranti konektivitas lainnya seperti WiFi, NFC, Bluetooth dan juga Hotspot juga sudah tersedia lengkap pada ponsel pintar Sony ini. Dengan bekal fitur dan teknologi yang lengkap tersebut, dijamin pada sektor konektivitas ponsel ini akan memberikan kelancaran komunikasi di mana saja dan kapan saja.

back to menu ↑

Performa

Beralih ke sektor performa milik Sony Xperia XA. Untuk bagian mesinnya, ponsel pintar ini dibekali dengan dukungan processor yang sangat berkualitas. Processor tersebut tersemat di dalam sebuah chipset kelas atas, yakni Mediatek MT6755 Helio P10. Sedangkan untuk bagian prosesor, ponsel dibekali dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 sebagai otak komputasi untuk mengolah segala instruksi. Sehingga performa dari ponsel ini akan sangat mumpuni dan mampu menjalankan berbagai proses yang dijalankannya.

Untuk yang suka bermain game, tidak perlu khawatir ponsel akan melambat. Karena di bagian kartu pengolah grafisnya telah ditunjang oleh pengolahan grafis yang sangat baik berupa GPU Mali-T860MP2. Sehingga game yang dimainkan akan berjalan dengan sangat lancar dan menampilkan grafis animasi yang sangat jernih dan memukau.

Sementara untuk memaksimalkan kinerja dari hardware yang dibawanya Sony menyematkan sistem operasi terbaru, yakni Android OS v6.0.1 atau Android Marsmallow.

Performa Sony Xperia XA

Selain itu, untuk memudahkan menyimpan berbagai data pribadi langsung pada ponsel, pihak Sony telah membekali ponsel canggihnya ini dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut memang tidak begitu banyak, untuk itu Sony juga menyediakan slot berukuran microSD yang dapat digunakan untuk menambahkan sebuah memori eksternal yang memiliki kapasitas penyimpanan maksimum mencapai 200 GB.

Sony juga telah menyiapkan slot memori eksternal yang begitu besar berkapasitas RAM 2 GB untuk mengoptimalkan kinerja smartphone canggih ini. Kehadiran slot memori eksternal ini memang sangat berguna bagi yang menginginkan ruang penyimpanan lebih luas.

back to menu ↑

Kamera

Kabar baik untuk yang suka fotografi. Sebab kemampuan yang terdapat pada kamera utama pada ponsel ini memiliki ukuran lensa yang cukup tinggi, yakni 13 MP pada bagian belakang. Selain itu, berbagai fitur pendukung kamera seperti Phase Detection Autofocus, dan LED flash juga telah disematkan pada ponsel. Sementara pada bagian olah foto, ponsel juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur fotografi modern seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan juga panorama.

Kamera belakang ini juga mampu mengabadikan video dengan resolusi maksimal Full HD 1080p@30fps. Meskipun resolusi videonya tergolong standar, namun Sony mengoptimalkan kemampuan Autofocus dengan menambahkan teknologi Phase Detection Autofocus.

Kamera Sony Xperia XA

Beralih pada kamera bagian depan, dimana ponsel dibekali kamera beresolusi 8 MP. Kamera depan ini terbilang sangat fungsional untuk kebutuhan video call, terlebih lagi untuk mengabadikan momen foto selfie Anda dengan hasil foto selfie yang sangat jernih dan berkualitas tinggi.

back to menu ↑

Baterai

Sangat ironi jika mempertimbangkan spesifikasi yang diusung pada Sony Xperia XA yang menyasar pada segmen kelas menengah ini. Pasalnya, ponsel pintar ini telah dibekali dengan spesifikasi mesin dan kamera yang mumpuni di kelasnya, maka konsumsi daya dari smartphone pun juga besar. Namun sayangnya, kualitas baterai menjadi salah satu kekurangan yang cukup mengecewakan. Untuk urusan suplay daya, baterai yang digunakan Sony Xperia XA tergolong cukup standar. Karena hanya menggunakan baterai Li-Ion berdaya 2.300 mAh Non-removable.

Lebih parahnya lagi, waktu bicara dari baterai Sony Xperia XA ini hanya mampu bertahan selama 10 jam (3G) atau sekitar 11 Jam 20 menit saat mengakses jaringan (2G). Selain itu, baterai tidak bisa dilepas dan belum mendukung fitur Fast Charging.

8 Total Score
Good!

Sony Xperia XA mengadopsi bodi premium yang memiliki bezel layar sangat tipis, bahkan bezelnya hampir tak terlihat. Sehingga terlihat begitu styilish dan eye catchy. Sementara untuk performa, Sony Xperia XA, dibekali dengan dukungan komponen yang sangat berkualitas. Kabar baik ada pada kamera utama yang memiliki resolusi cukup tinggi, yakni 13 MP.

Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
6
0
Desain
8.5
0
Kelebihan
  • Tampilan layar smartphone terlihat lebih jelas dengan dukungan Sony Mobile BRAVIA Engine 2.
  • Kamera utama menggunakan lensa berukuran 13 MP.
  • Hasil selfie anda akan terlihat jernih dengan dukungan kamera depan berkualitas 8 MP.
  • Koneksivitas sudah dapat mengandalkan jaringan 4G dengan kecepatan akses LTE Cat4 150/50 Mbps.
  • Sudah dapat menggunakan fitur Wifi hotspot, Direct serta DLNA melalui ponsel canggih ini.
  • Sistem operasi mengandalkan Android Marshmallow v6.0.1 dengan dukungan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53.
Kekurangan
  • Jenis layar yang di gunakan lebih boros baterai.
  • Daya baterai yang kurang memadai, hanya mengandalkan baterai Non-removable Li-Ion 2300 mAh.
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0