Review Sony Xperia XA1 Ultra: Usung Android Nougat dan Kamera 23 MP

Sinyaliti.com – Sony kembali meluncurkan perangkat terbarunya yang akan menyasar ke segmen mid-range. Ponsel yang sebelumnya telah diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 yang lalu ini juga dikenal dengan sebutan Xperia XA1 Ultra.

Dengan membawa embel-embel nama “Ultra” di belakang namanya, sudah pasti kalau perangkat ini membawa beberapa kelebihan dibandingkan dengan varian regulernya, yakni Xperia XA1, yang kurang laku di pasaran. Meskipun produk-produk buatan Sony menawarkan berbagai fitur dan teknologi canggih, namun tampaknya tidak cukup sukses untuk menggaet konsumen.

Oleh sebab itu, dengan Xperia XA1 Ultra ini tampaknya Sony berusaha menghadirkan sebuah perangkat baru yang dibekali dengan kemampuan kamera yang mumpuni, namun dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini tentu bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang kini memang lebih menyukai perangkat yang unggul dalam urusan kamera, seperti Sony Xperia XA1 Ultra ini.

So, penasaran dengan fitur-fitur menarik yang dibawa handset ini? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia XA1 Ultra

Desain Sony Xperia XA1 Ultra

Untuk urusan desain, smartphone Sony Xperia XA1 Ultra memang terlihat tak ada perubahan signikan dengan pendahulunya, Xperia XA1, yang masih mengusung desain edge to edge. Dimana tampilan depannya ditutupi semua oleh layar dengan bezel yang terlihat sangat tipis, sehingga tampilan bisa disuguhkan dengan maksimal.

Sementara pada bagian sisi-sisinya diberi sentuhan yang cukup bagus, sehingga menampakkan kesan premium. Apalagi ponsel ini tersedia dalam pilihan warna White, Black, Gold, dan juga Pink. Menariknya, terdapat sensor Fingerprint yang justru terletak pada bagian samping.

Selain memiliki berat 188 gram, Sony Xperia XA1 Ultra juga hadir dengan panjang 165 mm, lebar 79 mm, dan ketebalan mencapai 8 mm. Meski dimensinya cukup bongsor, namun bodinya yang slim membuatnya cukup ramah ketika dioperasikan.

xperia xa1 ultra

Smartphone ini juga dibekali dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen seluas 6 inci. Layarnya memiliki resolusi  Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 367 ppi. Sehingga tampilan visual yang disuguhkannya cukup baik.

Selain didukung Multitouch 4 jari, layarnya juga sudah semakin aman dari goresan dan benturan. Karena layar sudah dilindungi Scratch Resistant Glass.

back to menu ↑

Fitur

Berikutnya kita beralih ke bagian konektivitas dan jaringan dari Sony Xperia XA1 Ultra. Tak berbeda dengan sektor-sektor yang lain, sektor konektivitas pun telah dibekali dengan komponen-komponen yang cukup lengkap.

Ini bisa dilihat dari hadirnya fitur Dual SIM yang sudah mendukung pemakaian jaringan 4G LTE, dengan akses internet super cepatnya. Dukungan jaringan ini memungkinkan aktivitas download bisa dipacu pada 150 Mbps dan upload pada 50 Mbps. Selain 4G LTE, perangkat ini juga masih memakai jaringan lama GSM dan HSPA untuk menyediakan koneksi internet.

xperia ax1 ultra

Sedangkan untuk menikmati akses internet secara gratis, pengguna bisa memanfaatkan fitur WiFi 802.11, WiFi Direct dan Hotspot pada ponsel pintar ini. Aktivitas transfer data juga bisa dijalankan dengan maksimal lewat fitur Bluetooth v4.2, A2DP, aptX, LE, USB v2.0, USB Host, dan juga USB Type-C reversible connector.

Tak hanya itu, kemampuannya dalam memetakan lokasi pun sangat akurat. Karena ponsel ini dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS.

back to menu ↑

Performa

Setelah menjelajahi bagian fiturnya, kini kita akan mengetahui seperti apa kualitas dari spesifikasi Sony Xperia XA1 Ultra pada ruang teknisnya. Chipset Mediatek MT6757 Helio P20 ternyata dipercaya menjadi otak pemrosesan data dari ponsel ini. Chipset ini memiliki tenaga prosesor dua inti yang terdiri dari dua cluster, yaitu Quad-Core 2.3 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core 1.6 GHz Cortex-A53. Sehingga performa yang dihasilkannya pun cukup tangguh.

Sektor ini juga ditandem dengan RAM berkapasitas 4 GB, sehingga perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa berjalan dengan lancar tanpa lag.

Selain itu, Sony juga mengandalkan kartu grafis Mali-T880 MP2 untuk menunjang tampilan game dan streaming video yang berkualitas. Tak hanya itu, untuk mengoptimalkan kinerjanya, Sony telah membenamkan sistem Android Nougat v7.0 yang juga menawarkan berbagai fitur baru berlimpah. Sehingga dengan komponen yang tersemat pada dapur pacunya, tak heran jika Sony menjadikan spesifikasi dari Xperia XA1 Ultra ini menjadi daya tarik konsumennya.

Sementara itu, untuk mengimbangi kinerja ruang teknisnya yang tangguh, Sony pun membekali dua varian memori internal dengan ukuran yang lumayan besar. Pada sektor ruang penyimpanannya, Xperia XA1 Ultra menawarkan memori internal berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Kedua kapasitas tersebut tentu sangat mampu menampung file-file sistem dan koleksi file-file hiburan ataupun pribadi dengan maksimal.

xperia xa1 ultra

Jika masih belum puas dengan kapasitas memori internal yang ada, pengguna bisa memperluas ruang penyimpanan dengan menambahkan microSD yang kapasitasnya mencapai 256 GB. Sehingga tak perlu khawatir lagi akan kehabisan space memori pada Sony Xperia XA1 Uktra ini. Meskipun kamu tipe pengguna smartphone yang hobi menyimpan file-file berukuran besar.

Pasalnya, ruang penyimpanan yang disediakan perangkat ini memang cukup memadai. Apalagi dengan slot microSD yang juga tersemat pada spesifikasi Xperia XA1 Ultra ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sektor performa dari perangkat ini memang akan menjadi salah satu daya tarik dari Sony Xperia XA1 Ultra.

back to menu ↑

Kamera

Salah satu daya tarik utama dari spesifikasi Sony Xperia XA1 Ultra bisa dilihat pada lini kameranya. Pasalnya, sektor ini telah dilengkapi dengan kamera yang resolusinya tinggi. Sehingga akan mumpuni dalam urusan bidik membidik foto.

Pada bagian belakang tersemat kamera utama beresolusi 23 MP dengan aperture f/2.0. Sehingga foto yang diproduksi dari kamera Xperia XA1 Ultra ini terlihat begitu jernih dan nyata. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Phase Detection dan Laser Detection Autofocus dan LED Flash. Selain bisa menangkap fokus dengan lebih mantap, kemampuannya untuk menghasilkan jepretan foto di tempat gelap pun tak perlu diragukan lagi.

xperia xa1 ultra

Kamera yang tertanam di bagian belakang Sony Xperia XA1 Ultra ini juga mampu menghasilkan video 1080p@30fps dan HDR. Selain itu, Sony juga melengkapi sektor ini dengan fitur-fitur pendukung kamera seperti 1/2.3” Sensor Size, Geo-Tagging, Touch Focus, Face/Smile Detection, HDR, dan juga Panorama.

Sementara itu, untuk kamer bagiana depan, Sony sudah membekalinya dengan kamera beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Sehingga tak hanya mumpuni untuk selfie saja, tetapi juga video call. Karena dibekali dengan kemampuan merekam video 1080p.

back to menu ↑

Baterai

Hadir dengan spesifikasi kelas mid-range, tentu komponen-komponen berkualitas yang ada di dalamnya membutuhkan daya yang cukup besar. Terlebih lagi ponsel ini memiliki dapur pacu tangguh, kamera canggih, dan juga koneksi internet yang kencang. Untuk itu, Sony membenamkan baterai Non-removable Lithium Ion berkapasitas 2.700 mAH sebagai sektor pemasok dayanya.

Meski baterai ini sudah mampu mendukung operasionalnya, namun tampaknya baterai ini tergolong pas-pasan untuk menunjang seluruh kinerja operasionalnya. Meskipun diklaim dapat bertahan selama 466 jam dalam kondisi siaga, dan 11 jam 20 menit jika dipakai untuk waktu bicara.

Hal ini tampaknya sudah diantisipasi oleh Sony dengan menyediakan fitur Fast Charging yang membantu pengisian daya secara lebih cepat. Dengan demikian, meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, namun baterai ini tetap mampu mendukung kinerja komponen dari spesifikasi Xperia XA1 Ultra ini.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Sony yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Smartphone dengan layar 6 inci ini bernama Sony Xperia XA1 Ultra. Tak hanya memiliki layar super besar, smartphone ini juga dibekali dapur pacu cukup powerfull dengan mengandalkan chipset Mediatek Helio P20 yang dipacu bersamaan dengan processor Octa Core 64-Bit yang memiliki konfigurasi Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A53 dan Quad Core 1.6 Ghz Cortex-A53. Selain itu, tersedia pula GPU Mali-T880MP2 sebagai pengolah grafisnya.

Desain
7.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Desain smartphone ini terlihat sangat premium, karena memakai bodi metal yang berpadu dengan layar 6 inci yang memiliki bezel sangat tipis.
  • Performanya tetap powerfull, berkat perpaduan Ram 4GB dan processor Octa Core yang berasal dari chipset Helio P20.
  • Tersedia kamera utama 23 Megapixel dengan fitur fotografi sangat lengkap.
  • Kamera depannya 16 Megapixel dan mendukung fitur OIS, LED Flash, serta Autofocus.
  • Smartphone ini bisa merekam video 4K.
  • Tersedia konektivitas memadai yang didukung teknologi 4G LTE berkecepatan tinggi.
  • Sudah mengadopsi sistem operasi Android Nougat.
CONS
  • Belum dilengkapi sensor pemindai sidik jari, padahal harga Sony Xperia XA1 Ultra akan sangat cukup mahal.
  • Smartphone ini belum dilengkapi sertifikat IP68, sehingga belum memiliki kemampuan tahan air dan debu.
  • Chipset yang dipakainya adalah chipset buatan Mediatek.
User Rating: 4 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0