Review Sony Xperia XA1: Punya Kamera Utama 23 MP dan Kamera Selfie 8 MP

Sinyaliti.com – Sony Mobile kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang bertajuk Sony Xperia XA1. Dirilisnya smartphone ini tampaknya menjadi angin segar bagi para konsumen di kelas bawah. Pasalnya, kebanyakan seri ponsel baru Sony yang hadir akhir-akhir ini masuk dalam kategori premium dan menengah. Oleh sebab itu, Sony menghadirkan sebuah perangkat baru yang dibekali dengan kemampuan fotografi mumpuni, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Sony Xperia XA1 membawa spesifikasi yang cukup menarik, hal ini tentunya agar semakin memanjakan pengguna ketika mengoperasikan perangkat ini. Penasaran dengan fitur-fitur menarik lainnya yang dibawa oleh ponsel ini? Langsung saja yuk ikuti ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Sony Xperia XA1

Desain Sony Xperia XA1

Jika dilihat dari segi desain, spesifikasi Sony Xperia XA1 masih membawa desain klasik khas Sony. Dimana bagian atas dan bawah tajam serta sisi bagian kanan dan kiri yang dibuat sedikit melengkung, agar lebih mudah untuk digenggam. Namun kali ini Sony memberikan sedikit sentuhan modern dengan pilihan warna putih, hitam, emas, dan pink pada Xperia XA1. Sehingga tampilannya memang sedikit lebih menarik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dimensi ponsel ini sendiri hadir dengan panjang 145 mm, lebar 67 mm, dan tebal 8 mm. Sementara bobotnya mencapai 143 gram. Meskipun cukup berat, namun sedikit bisa diatasi dengan desain ergonomis yang dibawanya.

Desain Sony Xperia XA1

Sedangkan pada bagian mukanya, ponsel ini hadir dengan layar berukuran 5.0 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi piksel density. Meskipun resolusinya terbilang standar, namun pemakaian teknologi panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors membuatnya cukup nyaman ketika dipandang.

Apalagi layar tersebut juga telah didukung oleh Multitouch 4 jari dan Scratch Resistant Glass, sehingga semakin aman dari goresan dan benturan.

back to menu ↑

Fitur

Beralih ke bagian konektivitasnya. Ponsel ini ternyata sudah dibekali dengan komponen-komponen yang cukup lengkap. Sebagai contohnya, smartphone ini mendukung baik penggunaan Single SIM maupun Dual SIM, sehingga pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan komunikasinya.

Selain itu, Sony Xperia XA1 juga telah didukung dengan teknologi jaringan 4G LTE yang diklaim menyuguhkan akses internet super kencang karena aktivitas download bisa dijalankan pada kecepatan 150 Mbps dan upload pada 50 Mbps. Meski begitu, Sony juga masih mempertahankan jaringan lama GSM dan HSPA.

Fitur Sony Xperia XA1

Akses jaringan secara nirkabel pun bisa dioptimalkan pada Sony Xperia XA1 ini dengan hadirnya fitur WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot. Sedangkan untuk kebutuhan transfer data, bisa terpenuhi dengan maksimal berkat fitur Bluetooth v4.2, A2DP, LE, aptX, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Tak lupa, Sony juga menghadirkan pemetaan lokasi yang akurat pada Xperia XA1 lewat teknologi navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS.

back to menu ↑

Performa

Kini beralih menuju spesifikasi yang paling kompleks, yaitu bagian dapur pacunya. Sektor ini ternyata benar-benar diisi dengan komponen yang memiliki kualitas low mid-end. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan chipset Mediatek MT6757 Helio P20, yang bisa dibilang cukup berat jika harus bersaing dengan smartphone-smartphone lain di kelasnya. Pasalnya, banyak pihak yang menyayangkan smartphone ini memakai chipset buatan Mediatek. Seharusnya Sony Xperia XA1 memakai chipset buatan Qualcomm, yang lebih disukai pecinta smartphone masa kini.

Namun tak perlu kecewa, sebab Chipset dari Sony Xperia XA1 itu akan berpadu dengan prosesor Quad-Core 2.3 GHz Cortex-A53 dan Quad-Core Cortex-A53 berkecepatan 1.6 GHz yang performanya memang cukup bisa diandalkan. Sektor ini juga mendapatkan dukungan dari RAM berkapasitas 3 GB, sehingga aktivitas multitasking standar pun mampu dijalankan dengan lancer tanpa lag.

Kehadiran kartu grafis Mali-T880MP2 memungkinkan berbagai macam game dan multimedia ditampilkan dengan cukup baik. Terakhir, sistem operasi Android Nougat v7.0 akan menjalankan semua komponen yang terdapat pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Sony Xperia XA1 ini.

Perform Sony Xperia XA1

Sementara dari bagian dapur pacunya, Sony membekali perangkat Xperia XA1 ini dengan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal yang tersedia ini pastinya sudah menyediakan ruangan yang cukup memadai untuk menyimpan baik file sistem dan file hiburan koleksi pengguna. Namun, jika dipakai untuk menyimpan file-file berukuran jumbo, tentu kapasitas penyimpanannya kurang memadai. Oleh sebab itu, ruang penyimpanan milik Xperia XA1 masih bisa diekspansi dengan penambahan microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Sehingga pengguna tidak akan kekurangan dengan ruang penyimpanan.

Dengan demikian sektor penyimpanan dari spesifikasi Sony Xperia XA1 ini memang dapat dikatakan cukup memadai.

back to menu ↑

Kamera

Spesifikasi Sony Xperia XA1 pada lini kamera mengusung dua piranti kamera yang sesuai dengan segmen mid-range. Kedua kamera dengan resolusi yang baik tersebut bakal sanggup untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya.

Pada sektor belakang, terdapat kamera utama 23 MP dengan aperture f/2.0, dengan hasil jepretan foto yang jernih dan tajam. Kamera utama dari Sony Xperia XA1 ini telah dilengkapi dengan fitur Autofocus untuk penguncian fokus yang lebih mudah. Tak ketinggalan fitur LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan ketika pengambilan foto di tempat dengan cahaya minim. Kamera tersebut bisa merekam video beresolusi 4K atau setara 1080p@30fps.

Kamera Sony Xperia XA1

Menariknya, rupanya kemampuan kamera depan Sony Xperia XA1 tak kalah canggih dari kamera belakang. Pasalnya Sony melengkapi kamera depannya dengan kamera 8 MP dengan aperture f/2.0 dan lensa wide angle 23 mm yang sanggup menghasilkan selfie dan video call dengan cukup bening.

Sony Mobile juga melengkapinya dengan fitur-fitur pendukung kamera seperti 1/2.3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan juga panorama. Yang akan semakin melengkapi spesifikasi Sony Xperia XA1 pada sektor ini.

back to menu ↑

Baterai

Nah, pada bagian terakhir dari segmen ini kita akan mengetahui seberapa tangguh spesifikasi Sony Xperia XA1 bertahan dari sisi operasionalnya.

Melihat dari bekalan spesifikasinya yang dipenuhi dengan komponen-komponen khas smartphone mid-range, maka bisa dipastikan bahwa kebutuhan dayanya cukup besar. Konsumsi daya Sony Xperia XA1 yang paling banyak tentu berada pada layarnya, fitur kamera serta, koneksi internetnya yang kencang. Untuk itu, Sony memilih baterai berjenis Non-removable Lithium Ion yang memiliki kapasitas 2.300 mAh sebagai pemasok daya dari ponsel barunya ini. Tak ketinggalan, ponsel pintar besutan Sony ini juga dilengkapi teknologi Fast Charging (Pump Express+ 2.0). Sehingga aktifitas pengisian baterai dapat terisi sangat cepat.

Kapasitas baterai Sony Xperia XA1 ini meski mampu menunjang operasionalnya, namun dirasa kurang optimal. Sebab smartphone-smartphone lain di kelas yang sama telah dibekali dengan kapasitas baterai minimal 3.000 mAH. Sehingga penyediaan suplai daya cadangan seperti powerbank memang diperlukan untuk menunjang kehidupannya saat sedang aktif digunakan. Nah, demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan Sony Xperia XA1 yang perlu dicatat.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Sony yang populer di Indonesia. Klik di sini.

 

8 Total Score
Excelent!

Sony Xperia XA1 membawa spesifikasi yang cukup menarik. Didukung dengan teknologi jaringan 4G LTE yang diklaim menyuguhkan akses internet super kencang Sony Xperia XA1 juga membawa dua piranti kamera yang menjadi andalannya. Adanya kamera utama 23 MP dan kamera depan 8 MP dengan aperture f/2.0, menjadikan hasil jepretan foto yang jernih dan tajam.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
7.5
PROS
  • Desain smartphone ini terlihat sangat premium, karena memakai bodi metal yang berpadu dengan layar 6 inci yang memiliki bezel sangat tipis.
  • Performanya tetap powerfull, berkat perpaduan RAM 4 GB dan processor Octa-Core yang berasal dari chipset Helio P20.
  • Tersedia kamera utama 23 MP dengan fitur fotografi sangat lengkap.
  • Kamera depannya 16 MP dan mendukung fitur OIS, LED Flash, serta Autofocus.
  • Smartphone ini bisa merekam video 4K.
  • Tersedia konektivitas memadai yang didukung teknologi 4G LTE berkecepatan tinggi.
  • Sudah mengadopsi sistem operasi Android Nougat.
CONS
  • Smartphone ini belum dilengkapi sertifikat IP68, sehingga belum memiliki kemampuan tahan air dan debu.
  • Chipset yang dipakainya adalah chipset buatan Mediatek.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0