Review Sony Xperia XA2: Smartphone Selfie Bertenaga Snapdragon 630

Sinyaliti.com – Untuk mengisi perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), yang digelar mulai 9 Januari hingga 12 Januari 2018, Sony dikabarkan baru saja memperkenalkan dua perangkat terbaru miliknya dari XA2 Series, yaitu Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah varian standar, yakni Xperia XA2.

Produk anyar dari Sony tersebut dikabarkan memiliki desain khas Sony yang hadir dalam balutan pilihan warna Silver, Black, Blue dan juga Pink.

Tak hanya itu saja, seakan tidak ingin kalah dengan para kompetitornya, Sony juga dikabarkan telah membenamkan sistem operasi paling baru, yaitu OS Android versi 8.0 (Oreo). Sistem operasi ini lalu dikolaborasikan dengan berbagai komponen hardware mumpuni dengan kinerja yang gahar, yang siap memanjakan pengguna.

Selain memiliki layar yang apik, ponsel pintar ini juga sudah dilengkapi dengan lini fotografi yang handal. Dimana smartphone ini bisa untuk dijadikan rekomendasi bagi kamu yang ingin memiliki smartphone terbaru di tahun 2018 ini. Terkenal dengan kualitas kameranya yang sangat baik, Sony mempersenjatai perangkat terbarunya ini dengan kamera yang luar biasa.

Tak ketinggalan, berbagai spesifikasi dan fitur canggih seperti layar full HD dengan proteksi corning gorilla glass, ruang penyimpanan lega, serta baterai berukuran besar yang handal, yang memang sengaja disematkan pada Sony Xperia XA2 ini.

Penasaran dengan spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone anyar besutan Sony ini? Yuk, simak selengkapnya mengenai ulasan spesifikasi dan harga Sony Xperia XA2 secara lebih lengkap di bawah ini!

Spesifikasi Detail Sony Xperia XA2

Desain Sony Xperia XA2

Mengulas spesifikasi Xperia XA2 dari segi desain, Sony memang cukup tradisionalis dalam merancang sebuah produk. Tidak terkecuali ponsel XA Series terbarunya ini, dimana tidak ada layar 18 : 9, tidak ada tampilan futuristik, namun yang ada hanya persegi panjang yang memang sudah terkenal menjadi desain khas Sony yang cantik.

Sony Xperia XA2 memiliki resolusi full HD 1080 x 1920 pixels dengan aspek rasio tradisional 16 : 9 dan kerapatan 424 ppi, menjadikan layarnya tampak jernih dan tajam. Smartphone ini pun sangat apik, karena berbekal dimensi panjang 142 mm, lebar 70 mm, ketebalan 9.7 mm, dan memiliki berat 171 gram.

Sony Xperia XA2

Hadir dalam balutan warna-warna cantik seperti Silver, Balck, Blue, dan juga Pink, perangkat ini mengandalkan layar berukuran 5,2 inci dengan luas 74.5 cm² dengan rasio layar ke bodi mencapai 75.0 %.

Pengguna juga tak perlu khawatir apabila ponsel ini terkena goresan maupun benturan, karena perusahaan telah melengkapinya dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass.

back to menu ↑

Fitur

Di sektor konektivitas, Sony Xperia XA2 telah dilengkapi dengan jaringan cepat 4G LTE yang akan membuat pengguna bisa internetan dengan cepat.

Tak lupa, perangkat dengan pilihan jenis kartu Single atau Dual SIM ini pun sudah dilengkapi pula dengan berbagai konektivitas yang lengkap seperti WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, dan juga Hotspot untuk mendukung pengguna agar dapat terkoneksi ke jaringan internet rumah ataupun kantor.

Selain itu, untuk kebutuhan bertukar data, perangkat anyar besutan Sony ini pun sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.0, A2DP, aptX, HD, LE, port USB 2.0, dan juga Type-Chipset 1.0 reversible connector; USB Host.

Sementara itu, untuk sistem navigasinya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan A-GPS, GLONASS yang dapat memetakan lokasi dengan cukup baik. Tak ketinggalan, smartphone ini juga sudah mendukung sensor pemindai sidik jari guna melengkapi spesifikasinya.

back to menu ↑

Performa

Di segmen performa, tahun ini merupakan penyegaran bagi seluruh smartphone Sony. Pasalnya, di tahun ini perusahaan akan membekali perangkat-perangkat terbarunya dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android Oreo.

Dengan berjalan di atas sistem operasi Android Oreo, Sony pun ingin mengajak konsumen untuk menjajal ponsel anyar besutannya dengan teknologi sistem operasi (OS) Android tercanggih yang ada saat ini.

Untuk melengkapi OS canggih tersebut, chipset terbaik seperti Qualcomm Snapdragon 630 – SoC Octa-Core yang mampu melakukan kecepatan clock hingga 2,2 GHz dan juga RAM berkapasitas 3 GB pun sudah disematkan pada perangkat ini, untuk mendukung aktivitas multitasking.

Grafisnya pun tak kalah menarik dengan adanya GPU Adreno 510 yang siap memanjakan pengguna saat melakukan aktivitas gaming.

Berkaitan dengan ruang penyimpanannya, perangkat ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB, dan dapat diperluas atau diekspansi dengan microSD berkapasitas hingga 256 GB. Meski tidak dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB seperti perangkat lainnya di kelas yang sama, namun ruang penyimpanan tersebut sudah tergolong sangat luas dan besar untuk menyimpan berbagai kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Bagi kamu para gamers, pastinya smartphone ini dapat kamu andalkan untuk menyimpan berbagai mobile game dengan kapasitas besar tanpa harus takut kehabisan ruang untuk menyimpannya.  Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan jika spesifikasi Sony Xperia XA2 pada bagian dapur pacunya ini cukup mumpuni.

back to menu ↑

Kamera

Mengulas secara detail lini fotografinya, Sony Xperia XA2 memiliki kamera belakang beresolusi 23 MP yang telah dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED Flash. Sehingga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas fotografi dengan hasil yang sangat memukau.

Yang lebih memukau lagi untuk kamera depannya, tak tanggung-tanggung Sony melengkapi Xperia XA2 ini dengan resolusi Dual 16 MP + 8 MP, yang akan mampu membuat foto selfie kamu tambah kece untuk diposting di berbagai platform media sosial yang kamu miliki.

Apalagi berbagai fitur kamera juga disematkan dalam ponsel ini seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan juga panorama.

Sementara itu, untuk mengabadikan setiap momen yang dimiliki pengguna, spesifikasi Sony Xperia XA2 di sektor kamera ini juga telah disediakan perekaman video beresolusi 4K, yaitu 2160p@30fps, 1080p@30fps yang dilengkapi dengan stereo sound rec.

back to menu ↑

Baterai

Di segmen terakhir, yaitu sektor pemasok daya yang terdapat pada Sony Xperia XA2. Untuk pemasok daya perangkat ini, Sony pun mempercayakannya pada baterai yang cukup besar berjenis Non-removable Li-Ion berkapasitas 3.300 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar itu, maka smartphone ini pun dapat digunakan seharian tanpa takut akan boros baterai.

Oleh karena itu, pengguna tak perlu khawatir apabila tidak membawa pengisi daya ketika pergi seharian dalam kondisi full daya atau hampir penuh.

Sony Xperia XA2

Tak lupa, fitur suite Battery Care dan Qnovo Adaptive Charging berjenis Quick Charge 3.0 yang bekerja di belakang untuk memastikan waktu pengisian daya yang cepat dan kesehatan baterai yang panjang. Sehingga pengguna tidak perlu berlama-lama dalam mengisi baterainya.

Nah, dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan Sony Xperia XA2 di atas, kira-kira berapa harganya ya?

Soal harga, handset ini masih belum diketahui, dan akan diumumkan Sony berdasarkan pasarnya saat tanggal peluncurannya mendekat. Namun jika kita merujuk di tahun-tahun sebelumnya, biasanya untuk varian XA Series yang lebih kecil berada di sekitar angka $300 atau sekitar Rp 4 jutaan.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Sony yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Sony Xperia XA2 tergolong sebagai perangkat kelas menengah ke atas yang berjalan pada sistem operasi Android 8.0 Oreo dan padukan dengan komponen hardware handal, yakni chipset terbaik Qualcomm Snapdragon 630 dan RAM berkapasitas 3 GB, sehingga untuk dapur pacunya tak bisa dibilang remeh. Selain itu, bagi kamu pecinta fotografi maupun selfie, handset ini tampaknya dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin memiliki smartphone terbaru di tahun 2018 ini. Terkenal dengan kualitas kameranya yang sangat baik, Sony mempersenjatai perangkat terbarunya ini dengan kamera yang luar biasa. Dimana handset ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 23 MP dan kamera depan beresolusi Dual 16 MP + 8 MP.

Desain
7.5
Fitur
8
Performa
7.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Desain cantik dengan Body Metal.
  • Mendukung 4G LTE untuk akses internet super cepat.
  • Dual SIM yang mampu beroperasi secara bersamaan.
  • Layar lebar 5,5″ resolusi Full HD akan mampu menghasilkan warna yang sangat jernih dan nyata.
  • Dilengkapi dengan Corningg Gorilla Glass 5 sebagai pelindung layar.
  • Sudah menggunakan OS versi terbaru yaitu Android Oreo.
  • Kinerja tanpa lemot dengan chipset Snapdragon 630 dengan RAM 3 GB.
  • Memery internal kapasitas lebih lega yang disupport microSD hingga 256 GB
  • Kamera utama 23 MP lengkap dengan Dual LED Flash dan Phase Detection Autofocus.
  • Kamera depan 16 MP + 8 MP lengap dengan LED Flash sangat mendukung untuk selfie dan video call.
  • Baterai kapasitas cukup besar dengan 3.300 mAh yang sudah dilengkapi dengan Fast Charging.
CONS
  • Tidak punya sertifikasi IP68 yang artinya tidak dapat bertahan didalam air.
  • Kamera depan minus fitur LED Flash, sehingga kurang maksimal untuk selfie malam hari.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami