Review Sony Xperia Z5 Compact: HP Z5 Spesifikasi Mumpuni Versi Mini

Sinyaliti.com – Sony Xperia Z5 Compact merupakan smartphone terbaru dari Sony yang ditujukan untuk pasar smartphone kelas menengah, sangat cocok bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan spesifikasi tinggi dan harga yang terjangkau. Meskipun merupakan versi murah dari Xperia Z5, smartphone ini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti sertifikasi IP68 (dust & water proff) serta fingerprint scanner. Sony Xperia Z5 Compact mengusung spesifikasi seperti, layar IPS LCD 4.6 inchi resolusi HD, telah didukung Chipset Snapdragon 810, RAM 2 GB, penyimpanan Internal 32 GB, kamera utama 23 MP yang dilengkapi Autofocus, OIS, LED Flash, kamera depan 5 MP dan baterai berkapasitas 2700 mAh. Hm.. yuk kita simak seperti apa spesifikasi detailnya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Sony Xperia Z5 Compact

Desain Sony Xperia Z5 Compact

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Xperia Z5 Premium dual dan single memiliki layar 4K. Sedangkan Xperia Z5 Compact harus puas dengan resolusi HD saja. Berbekal layar berukuran 4.6 inches yang lebih kecil dibanding kedua seri diatasnya. Memungkinkan harga Sony Xperia Z5 Compact akan dibandrol dengan lebih murah karena Resolusi HD 720 x 1280 yang diusungnya.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Sementara untuk tingkat kerapatan layar yang ditawarkan cukup baik, yaitu ~323 ppi. Untuk panel yang dipakai Sony menyamakan semua seri Z5 dengan IPS. Kemampuan IPS yaitu mampu menyajikan tampilan yang lebih stabil jika dipandang dari berbagai arah. Proteksi layar juga sama dengan seri lainya dengan dukungan Scratch-resistant glass yang melindungi layar dari bermacam goresan. Selain itu lapisan oleophobic coating memberikan rasa nyaman ketika sobat sinyaliti mengoperasikan smartphone ini karena kotoran maupun minyak tak akan dengan mudah menempel pada layarnya.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

 

Sony Xperia Z5 Compact memiliki ketebalan 8.9 mm yang justru lebih tebal dibanding Z5 maupun Z5 premium. Namun untuk ukuranya tentunya lebih kecil dengan dimensi 127 x 65 mm. Sedangkan untuk bobotnya sendiri paling ringan dengan 138 g jadi sangat optimal sekali bila diletakkan kedalam saku. Ukuran yang lebih kecil ini tentunya sangat mempengaruhi harga Sony Xperia Z5 Compact yang dibandrol lebih murah dibanding kedua seri lainya.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Selain itu Sony Xperia Z5 Compact juga dilengkapi dengan fitur Triluminos display yang berguna untuk menampilkan warna yang kaya dalam layar sehingga gambar akan lebih jelas terlihat. Sedangkan X-Reality Engine berfungsi meningkatkan kualitas konten yang sobat sinyaliti biasa gunakan seperti text, gambar maupun video saat ditampilkan. Untuk sensitivitas layar sendiri sangat stabil karena mampu mendukung multitouch hingga 10 jari. Desain smartphone ini juga sangat elegan dengan pilihan warna White, Graphite Black, Yellow dan Coral yang dapat sobat pilih sesuai selera.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

back to menu ↑

Fitur

Lebih spesialnya lagi Xperia Z5 Compact juga memiliki sertifikat IP68. Smartphone ini memang memiliki kemampuan anti air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 32 menit serta tahan terhadap debu. Tombol power dan volume diletakkan disamping sehingga mudah dijangkau. Menariknya pada tombol power juga telah tertanam Fingerprint sensor sehingga dapat sobat sinyaliti manfaatkan sebagai proteksi smartphone terbaik. Untuk menambah kualitas display karena layarnya beresolusi HD maka disertakan Triluminos display dan X-Reality Engine.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Ponsel ini dikemas dengan balutan modem 4G LTE Category 6 yang mampu menghasilkan kecepatan download 300 mbs dan upload 50 mb. Namun sayangnya Sony tidak menyediakan versi Dual Sim. Z5 Compact hanya didukung dengan fitur Single berjenis SIM Nano-SIM. Jadi sobat Sinyaliti harus puas dengan satu slot kartu sim saja. Selain itu, tersedia pula teknologi Wi-Fi Dual Band dengan kecepatan 2 kali lipat dibandingkan Wi-Fi Standard, karena sudah dilengkapi dukungan Mimo.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Menariknya lagi, Sony Xperia Z5 Compact juga dibekali fitur Quick Charge 2.0, dan beragam fitur konektivitas seperti GPS yang dapat digunakan untuk keperluan penunjuk arah maupun perangkat tracking, serta port MicroUSB. Dari segi USB disertakan microUSB versi 2.0 berfitur MHL 3 TV-out dan USB Host. Fitur Wi-Fi dual-band yang lengkap juga menyertai ponsel ini seperti Wi-Fi Direct, DLNA dan hotspot. Untuk tranfser file tanpa pairing sobat sinyalitu dapat menggunakan NFC, sedangkan opsi lainya adalah Bluetooth versi 4.1.

back to menu ↑

Performa

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Chipset yang disertakan sama dengan Z5 maupun Z5 premium yaitu Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 dimana sama sama memiliki  dapur pacu Octa Core yang terbagi kedalam 2 buah inti berupa Quad-core berkecepatan 1.5 GHz dan Quad-core berkekuatan 2 GHz. Jika di total kinerjanya dapat mencapai 2.5 GHz, wow fantastis bukan? Kemampuan processor kelas tinggi ini mampu menjadi unggulan untuk menaklukkan berbagai jenis game maupun aplikasi yang ingin sobat Sinyaliti jalankan.

Dari sisi grafis diperkuat dengan GPU Adreno 430 yang tentunya mendukung penuh kualitas layar HD. Sobat Sinyaliti dapat menikmati beberapa game maupun aplikasi beresolusi HD dengan nyaman langsung dari ponsel ini. Kemudian untuk RAM sendiri spesifikasinya lebih rendah yaitu 2 GB dibanding Z5 maupun Z5 premium dimana mencapai 3 GB. Namun performa RAM 2 GB masih tetap optimal mendukung berbagai aktivitasmu. Kemampuan multitasking juga masih responsif walau kecepatanya kalah dengan seri 3GB.

Dari Segi ruang penyimpanan Z5 Compact diperkuat dengan memori internal sebesar 32 GB yang mampu melakukan penyimpanan file berukuran besar. Namun jika sobat Sinyaliti merasa masih kurang maka dapat memperluas media penyimpanan melalui fasilitas microSD hingga kapasitas 200 GB. OS bawaan untuk Xperia Z5 Compact adalah Android versi 5.1.1 Lollipop dimana smartphone ini telah membawa banyak fitur baru, dan tampilan navigasi terbaru yang akan menyajikan pengalaman terbaik dalam Penggunaan smartphone masa kini.

back to menu ↑

Kamera

Sektor kamera menjadi kelebihan utama Sony Xperia Z5 Compact. Pasalnya, didalamnya telah ditanamkan berbagai teknologi canggih dengan sensor Exmor RS berkekuatan 23 Megapixel. Menjamin jepretan foto dan rekaman video terlihat tajam dan minim noise. Selain itu, kamera belakang Xperia Z5 Compact juga dipersenjatai lensa G-Lens untuk menangkap cahaya dengan lebih maksimal serta memungkinkan pengambilan foto wide angle dengan lensa berukuran 22 mm. Namun yang paling hebat adalah hadirnya fitur Hybrid Autofocus yang mampu membidik titik focus pada kecepatan 0.03 detik.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

Sama halnya seperti seri Sony Xperia Z5 yang lain. Kamera ponsel ini juga mendukung pengambilan video beresolusi 4K (2160p@30fps) dengan kualitas rekaman video terlihat detail, dan lebih stabil berkat fitur SteadyShot. Kamera belakang Xperia Z5 Compact juga dibekali fitur led Flash, dan 5x Clear Image Zoom yang semakin mempermudah sobat sinyaliti dalam mengambil foto dan video dengan kualitas terbaik. Sementara untuk kamera bagian depan, dipersenjatai lensa 5 Megapixel dengan sensor Sony Exmor R dan lensa wide angle berukuran 25 mm.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

back to menu ↑

Baterai

Semua spesifikasi mumpuni diatas akan ditunjang dengan baterai Li-Ion 2700 mAh. Baterai ini mampu bertahan lama karena masa standby yang dapat mencapai 520 jam,  14 jam 50 menit saat dipakai telepon, dan 77 jam ketika sobat sinyaliti gunakan untuk mendengarkan musik.. Kekurangannya terleta pada jenis baterai yang Non-removable atau tidak dapat dilepas. Namun dengan spesifikasi yang demikian mumpuni, Harga Sony Xperia Z5 Compact yang lebih murah dibanding seri Z5 lainnya tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna. Lebih detail mengenai spesifikasi Z5 Compact, klik disini

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5 Compact

8.5 Total Score
Excellent!

Sony Xperia Z5 Compact merupakan smartphone waterproof yang telah dipersiapkan oleh Sony Xperia untuk meramaikan persaingan dikelas atas. Sony Xperia Z5 Compact menawarkan desain yang slim namun spesifikasi yang cukup gahar sebut saja: Layar 4.7 inchi, kamera utama 23 MP, CPU Snapdragon 810, RAM 2 GB, Finger Print, IP 65/68.

Desain
8
Fitur
8.5
Performa
9
Kamera
9
Baterai
8
0
Kelebihan
  • Desain kompak yang sangat elegant dan mudah digenggam
  • Layar lebar 4.7 inchi dengan resolusi HD cukup nyaman dioperasikan
  • Dilengkapi dengan IP65/68 sehingga smartphone ini mempunyai daya tahan didalam air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.
  • Mempunyai sensor sidik jari
  • CPU Qualcomm Snapdragon 810, Dual core dan RAM 3 GB menjamin pengoperasian smartphone ini cepat dan tidak lelet.
  • Kamera Utama 23 MP dengan Hybrid Autofocus , LED Flash dengan perekam 4K
  • Kamera Depan 5,1 MP untuk Selfie
  • Baterai dengan kapasitas 2700 mAh
Kekurangan
  • esolusi layar cuma HD 720 x 1280 pixels
  • Ram hanya 2 GB saja
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0