Review Sony Xperia Z5 Premium: Smartphone Teknologi 4K Terbaik

Sinyaliti.com – Sony kembali menggebrak pasar dunia dengan memunculkan seri Sony Xperia Z5 dimana smartphone ini terbagi kedalam 3 buah smartphone yaitu Z5, Z5 Premium dan Z5 Compact. Ketiga ponsel ini membawa teknologi layar 4K di dalamnya yang merupakan inovasi terbaru di dunia smartphone seperti informasi dari situs resmi Sony. Seri paling atas yang diunggulkan yaitu Sony Xperia Z5 Premium. Dilihat dari segi spesifikasinya sendiri, harga Sony Xperia Z5 nampaknya akan dibandrol dengan harga fantastis.

Sony Xperia Z5 Premium ini membawa body super dinamis. Tampilan begitu elegan dengan balutan warna Chrome, hitam dan Gold. Ponsel ini juga dibekali dengan sertifikat IP68 anti debu maupun air hingga kedalaman 1,5 meter dalam jangka waktu 30 menit. Sertifikat serupa juga hadir dalam seri Sony sebelumnya yaitu Sony Xperia M5 Dual. Tak hanya dari segi tampilan luar saja, spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini juga sangat mumpuni karena didukung segudang hardware terbaik didalamnya. Yuk kita simak seperti apa detail ulasannya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Sony Xperia Z5 Premium

Desain Sony Xperia Z5 Premium

Mengadopsi layar beresolusi 4K (Ultra HD) yang notabennya merupakan teknologi layar tercanggih saat ini. Sony juga merilis 2 varian berbeda dari Sony Xperia Z5 Premium, yakni versi single sim dan dual sim. Kedua seri tersebut sama-sama mengadopsi teknologi layar canggih yang ditenagai processor 64 Bit Snapdragon 810.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Xperia Z5 Premium tentunya terletak pada bagian layar berukuran 5.5 inches beresolusi 4K UHD 2160 x 3840 pixels. Resolusi yang ditawarkan ini jauh melampaui smartphone yang ada saat ini dan Sony Xperia Z5 Premium adalah yang pertama mencapai tingkat 3840 pixel. Sony Xperia Z5 Premium mampu mengalahkan Galaxy S6 Edge yang beresolusi 1440 x 2560 pixels, sehingga kehadiran ponsel ini mampu menggeser beberapa ponsel yang dilengkapi layar 4K lainya dan menduduki peringkat teratas. Jika dilihat dari kualitas layarnya terbuka peluang harga Sony Xperia Z5 Premium akan dibandrol dengan harga lebih mahal.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Kualitas layar terbaik juga disajikan dengan panel IPS yang menjadi senjata andalan menikmati berbagai jenis konten digital. Sensitivitas layar juga memiliki nilai tinggi karena berkemampuan Multitouch hingga 10 fingers sekaligus. Perlindungan layar maksimal juga dihadirkan oleh fitur Scratch-resistant glass dimana mampu menahan layar dari berbagai jenis goresan. Lapisan oleophobic coating juga berfungsi mencegah berbagai jensi kotoran maupun minyak saat sobat Sinyaliti mengoperasikan ponsel.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Xperia Z5 Premium dibekali dengan ketebalan 7.8 mm yang membuatnya cukup slim. Sementara itu dimensi ponsel ini mencapai 154.4 x 75.8 yang tentunya punya area kerja lebih luas. Ponsel ini memiliki bobot 180 g yang tak begitu berat saat dibawa.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

back to menu ↑

Fitur

Segi konektivitas yang pertama adalah fitur Single SIM berjenis Nano-SIM yang mendukung jaringan 4G LTE. Tentunya sobat sinyaliti dapat menikmati kecepatan jaringan 4G di Indonesia dari beberapa provider seluler yang menyediakanya. Wifi didukung dengan dual-band dan memiliki segudang fitur lengkap seperti Wi-Fi Direct, DLNA dan hotspot. Untuk berbagai file sobat Sinyaliti dapat menggunakan NFC maupun Bluetooth versi terbaru yaitu 4.1. Sedangkan untuk navigasi disediakan GPS untuk memenuhi kebutuhan. Kemudian dari segi USB didukung microUSB versi 2.0 dimana telah mencakup fungsi MHL 3 TV-out terbaru dan tentunya USB Host.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Setelah membahas detail dari aspek mesin inti Sony Xperia Z5 Premium, maka bahasan selanjutnya adalah koneksi. Sony Xperia Z5 Premium hadir dengan teknologi jaringan data terbaik. Produk terbaru dari Sony ini memberikan akses internet yang cepat dan lancar karena memiliki teknologi jaringan utama 4G LTE sebagai koneksi utamanya sehingga akses internet mampu mencapai hingga kecepatan 150 Mbps untuk download. Pengguna yang melakukan aktivitas upload data dapat dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Di daerah terpencil smartphone ini juga telah didukung oleh pilihan jaringan alternatif yang lengkap, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Selain itu, Gadget ini juga dilengkapi dengan dua slot SIM card yang bisa diaktifkan secara bersamaan. Pengguna dapat memanfaatkan fitur WiFi dan juga WiFi Direct yang sudah disematkan pada Sony Xperia Z5 Premium ini sehingga dapat mengakses internet secara gratis. Fitur portable hotspot juga diaplikasikan pada smartphone ini. Apabila pengguna melakukan transfer data jarak dekat, terdapat fitur Bluetooth serta slot microUSB.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan tadi, untuk aspek konseksi spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS. Jadi, untuk mendapatkan koneksi dengan kualitas yang baik Sony Xperia Z5 Premium dapat diandalkan.

back to menu ↑

Performa

Xperia Z5 Premium dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 dimana menjadi perangkat terkuat saat ini. Dapur pacu ponsel ini adalah Octa Core dimana terdiri dari 2 buah inti processor Quad Core. Kedua processor tersebut adalah masing masing Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core bertenaga 2 GHz Cortex-A57. Jika deteknokers total kinerja processor dapat mencapai 2.5 GHz, luar biasa bukan sobat? Kekuatan processor ini tentunya sangat mumpuni melibas berbagai jenis aplikasi maupun game.

Kemudian dari segi grafis diperkuat oleh GPU Adreno 430 sebagai andalan menjalankan game beresolusi tinggi. Karena fasilitas layar yang sangat memadahi maka harus diimbangi dengan grafik processor terbaik sehingga tampilan lebih optimal. Adreno 430 mampu menjalankan berbagai game maupun aplikasi bergrafis tinggi, tampilan yang dihasilkan lebih smooth sehingga sobat dapat nyaman menikmatinya. Performa maksimal juga dimunculkan dengan dukungan RAM sebesar 3 GB.

Performa ponsel secara global akan meningkat karena RAM yang besar, disamping itu berbagai program maupun game dengan tingkat tasking tinggi tentunya akan dilibas dengan lancar. Dari segi media penyimpanan sangat memadai karena Sony memberikan kapasitas sebesar 32 GB. Sobat Sinyaliti juga dapat menyimpan berbagai jenis film beresolusi tinggi, game maupun berbagai jenis file lainya dengan leluasa. Jika kurang puas sobat sinyaliti jangan kawatir karena masih disediakan slot microSD yang dapat diisi hingga 200 GB.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Sistem bawaan sudah memakai Android Lollipop terbaru yaitu versi 5.1.1, nampaknya ponsel ini juga akan mendapat upgrade ke Marshmallow melihat spesifikasinya yang sudah mencakup kriteria dasar upgrade. Jika dibandingkan dengan spesifikasi maupun fitur nampaknya harga wajar jika Sony Xperia Z5 Premium dibandrol dengan harga lebih mahal.

back to menu ↑

Kamera

Smartphone ini mempunyai kamera belakang sebagai kamera utama dengan ukuran 23 MP yang akan menghasilkan hasil foto dengan detail yang berkualitas sangat tinggi. Kamera 23 MP tersebut mengadopsi sensor gambar Sony Exmor RS dengan bukaan lensa F/2.0 dan besaran ISO mencapai 12.800. Selain itu, Sony juga memberikan teknologi Pulse LED Flash Flash untuk meningkatkan intensitas cahaya dan teknologi lensa Wide Angel G-Lens yang mampu memperluas cakupan objek foto dengan focal leght mencapai 35 mm, serta  berbagai fitur lain seperti autofocus, Geo-tagging, touch focus, dan face detection. Kamera utama pada perangkat ini dapat digunakan baik untuk melakukan kegiatan berfoto dan merekam video berkualitas, 2160p@30fps, HDR.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Kemampuan merekam video Sony Xperia Z5 Premium juga tak bisa sobat pandang sebelah mata. Pasalnya ponsel ini mampu mengambil video beresolusi 4K UltraHD dengan kualitas jauh lebih tajam, dan gambar stabil berkat pengguna teknologi SteadyShot yang menjadi salah satu fitur andalan pada handycam buatan Sony. Selain itu, sobat juga bisa mengatur pengambilan video dalam format Full HD 1080p@60fps, dan video slot motion 720p@120fps dengan mode perekaman HDR. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Sony Xperia Z5 Premium.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

Pada kamera yang terletak di depan berperan sebagai kamera sekunder mempunyai kualitas bagus yaitu 5.1 MP dengan sensor CMOS Sony Exmor R dan teknologi digital image stabilization, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yaitu autofocus, LED flash, serta kemampuan untuk membuat video 1080p@30fps. Karena mempunya kualitas kamera belakang dan depan dengan resolusi tinggi, maka Sony Xperia Z5 merupakan surga bagi para pecinta selfie. Kamera tersebut mampu menghasilkan gambar dengan detail yang sangat baik, realistis, dan berkualitas tinggi. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Sony Xperia Z5 Premium Sobat Sinyaliti.

harga, spesifikasi, Sony Xperia Z5 Premium

back to menu ↑

Baterai

Baterai Li-Ion berdaya 3430 mAh juga menjadi andalan ponsel ini untuk dapat dioperasikan dalam jangka waktu lebih lama, sedangkan untuk tipe baterainya sendiri adalah Non-removable. Keunggulan baterai Sony Xperia Z5 Premium adalah mendukung funsgi Fast Charging 60% dalam waktu 30 menit. Dilihat dari segudang fitur terbaik yang dihadirkan kemungkinan harga Sony Xperia Z5 Premium akan lebih mahal. Lebih detail mengenai spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium, klik disini

9 Total Score
Excellent!

Sony Xperia mresmi merilis smartphone waterproff terbarunya yaitu Sony Xperia Z5 untuk kelas high class. Smaartphone ini hadir dengan resolusi 4K dan menjadi smartphone pertama didunia yang menggunakannya. Selain itu Sony Xperia juga menawarkan desain yang sangat ganteng berkat bezel yang sangat tipis. Sony Xperia Z5 hadir dengan os v.5.0 Lolipop yang akan ditenagai Prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Soc, Octa Core 3,2 gHz yang ditopang RAM 4 GB yang akan mampu memberikan kinerja yang sangat bertenaga pada saat digunakan.

Desain
8.5
Fitur
8.5
Performa
9
Kamera
9
Baterai
8
PROS
  • Layar lebar dengan resolusi 4K sehingga menyugukan tampilan yang sangat jernih
  • Desain yang sangat elegant
  • Dilengkapi IP65/68
  • Kapasitas penyimpanan internal cukup besar
  • Kamera utama 23 MP dengan berbagai fitur canggih.
  • Kamera depan 10 MP
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Finger print, Retina sensor dan gafiti sensor.
  • Baterai kapasita super besar
CONS
  • Harga yang ditawarkan terlalu mahal.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0