Review Sony Xperia Z5: Versi Ekonomis Sony Z5 Premium

Sinyaliti.com – Sebagai salah satu perusahaan smartphone terbesar di dunia, teknologi yang dimiliki Sony memang tak ada habis-habisnya. Setelah sukses menghadirkan smartphone berlayar 4K UltraHD pertama di dunia, kali ini Sony siap memasarkan Sony Xperia Z5 Dual sebagai versi murah dari smartphone berlayar 4K milikinya yaitu Sony Xperia Z5 Premium. Kualitas layarnya memang masih dibawah Z5 Premium, karena Z5 Dual hanya dibekali layar beresolusi Full HD 1080p atau bisa dikatakan sama persis seperti Sony Xperia Z3+.

Sesuai namanya, Sony Xperia Z5 Dual dibekali fitur dual sim sebagai daya tarik utama untuk menarik minat konsumen smartphone diseluruh dunia. Sobat Sinyaliti yang membutuhkan smartphone berkualitas dengan akses komunikasi bisa menjadikan Xperia Z5 Dual sebagai pilihan utama, namun sobat sinyaliti harus siap mengeluarkan banyak uang karena harga Sony Xperia Z5 Dual dibanderol sangat mahal. Bahkan harganya mampu disetarakan dengan Galaxy Note 5 maupun Galaxy S6. Lalu bagaimana dengan spesifikasi ponsel ini, apakah sebanding dengan harganyanya yang mahal ? Simak ulasannya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Sony Xperia Z5

Desain Sony Xperia Z5

Kebanyakan smartphone Sony Xperia menggunakan tipe layar yang cukup standar dengan dukungan IPS LCD capacitive layar sentuh penuh yang akan memudahkan dalam pengoperasian pada smartphone. Tidak ketinggalan dengan 16 juta warna yang perlu memberikan hasil lebih maksimal dalam varian warna pada smartphone tersebut. Ukuran layarnya 5.2 inchi dengan layar kualitas 4K dan Ultra HD yang lebih unggul.

Secara desain, Sony Xperia Z5 tak memiliki banyak perubahan berarti dari versi Xperia Z di generasi pendahulunya. Yaitu menggunakan bahan aluminium untuk material rangka serta hadir dengan konsep unibody. Build quality kelas premium terasa jelas saat perangkat berada dalam genggaman. Kesan kokoh dan berbobot membuat perangkat ini terasa nyaman saat dipegang. Pada cover belakang perangkat juga tak lagi menghadirkan kesan ekslusif lewat material kaca dengan tampilan glossy, digantikan finishing bertekstur doff. Disisi lain ini memberikan kelebihan dimana perangkat bebas dari bekas sidik jari yang cukup mengganggu pandangan.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

Perubahan yang cukup signifikan justru terletak pada tombol-tombol pada perangkat. Dimana tombol power berbentuk bulat dan menonjol kini telah tergantikan dengan bentuk oval yang cekung ke dalam, dimana tombol tersebut juga telah disematkan fitur baru pemindai sidik jari. Sama seperti Xperia Z3+, slot pin-pogo untuk charger dock dan koneksi ke joystick untuk fitur PSN pada handset Xperia Z5 juga tidak lagi tersedia. Tombol menu kamera juga masih tetap tersedia, sangat memudahkan pengguna saat mengambil gambar.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

Bezel pada panel di bagian masih terlihat tebal sehingga body perangkat tampak lebih besar. Ini tampaknya menjadi salah satu kekurangan pada seri terbaru Xperia Z5 karena rasio screen-to-body masih kurang optimal. Dibagian panel depan terdapat sensor kamera 5MP dengan sensor ambient dan juga lampu notififikasi LED dengan logo Sony yang juga terpampang. Slot MicroUSB terdapat dibagian bawah sedangkan jack earphone 3,5 mm berada dibagian atas.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

back to menu ↑

Fitur

Smartphone Sony Xperia Z5 memiliki memori internal yang paling unggul dengan kapasitas 32GB beserta dukungan 3GB RAM yang akan menyimpan aplikasi lebih banyak yang sudah tersedia dalam smartphone maupun yang belum ada di smartphone Sony Xperia Z5. Memori eksternal yang cukup besar untuk kapasitas maksimal MicroSD 200 GB.

Sebanding dengan harga Sony Xperia Z5 Dual yang mahal, Sony juga membekalinya dengan fitur High Res Audio, yang siap menghasilkan keluaran suara terbaik saat sobat bermain game maupun menonton video.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

Konektivitas dual sim menjadi andalan Sony Xperia Z5 Dual tersedia. Selain fitur dual sim, ponsel ini juga dibekali teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses internet mencapai 300 mbps. Tak perlu khawatir apabila tidak mendapatkan jaringan 4G, karena masih ada jaringan 3G HSDPA 42.2 mbps, dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi Dual Band yang memiliki kecepatan 2 kali lipat dibandingkan Wi-Fi pada umumnya.

Sony juga melengkapi ponsel terbarunya dengan konektivitas Bluetooth V4.1 dan fitur NFC yang bisa sobat manfaatkan untuk pairing ke speaker portable maupun smartwatch. Kemudian untuk terhubung ke komputer dan perangkat televisi berlayar besar, sudah ada port microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), dengan dukungan fitur USB Host. Nah bagi sobat hariagadget yang suka berpergian, pastinya akan terbantu dengan hadirnya GPS berteknologi A-GPS, Glonass, dan Beidou yang dipersiapkan sebagai akses navigasi pengguna Xperia Z5 Dual.

back to menu ↑

Performa

Sony Xperia Z5 membawa beberapa perubahan dari versi sebelumnya. Meskipun masih menggunakan SoC yang sama yaitu Snapdragon 810, namun Sony berhasil mengatasi masalah overheating dengan menghadirkan sistem pendingin dual-pipe di dalamnya. Secara lengkap spesifikasi yang digunakan antara lain SoC Snapdragon 810 Octa-Core (4x 1.5 GHz Cortex-A53 & 4x 2 GHz Cortex-A57) dengan GPU Adreno 430. Smartphone ini dibekali RAM berkapasitas 3 GB dengan internal memori sebesar 32 GB juga dengan slot MicroSD. Sedangkan layar yang digunakan yaitu IPS 5,2 inchi dengan resolusi Full HD 1080x1920p.

Sony Xperia Z5 Dual mampu memenuhi kebutuhan mulitasking, dan mobile gaming dengan kualitas gambar halus serta performa grafis lebih detail. Hal ini Berkat pemakaian chipset grafis Adreno 430. Sementara untuk sektor penyimpanan, Sony membekali ponsel terbarunya dengan memori internal 32 GB. Yang bisa diperluas lagi dengan microSD berkapasitas 200 GB. Dilanjutkan pada bagian sistem operasi, sudah ada OS Android Lollipop 5.1.1 dengan tampilan antar muka lebih simple dan memiliki lebih banyak fitur menarik yang siap memanjakan sobat sinyaliti dalam memakai Xperia Z5 Dual.

Pada smartphone Sony Xperia Z5 yang terdapat dukungan sound Vibration atau getar, MP3, dan WAV ringtones dan juga memberikan hasil lebih berkualitas. Smartphone Sony Xperia Z5 serta dukungan Loudspeaker dan 3.5mm Jack yang sudah diterapkan oleh smartphone pada umumnya. Sony Xperia Z5 berjalan menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dengan interfce Xperia UI.

Tampilannya terbilang minimalis dan cukup user friendly serta ringan digunakan. Selain itu terdapat pula beberapa aplikasi bawaan khas milik Sony seperti  Lifelog, Movie Creator, PSN, Sketsa, Smart Connect, Sociallife, Track ID, Walkman, What’s New, dan masih banyak lagi. Fitur fingerprint tentunya tersedia untuk otorisasi kunci layar. Pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut pada menu setiing.

back to menu ↑

Kamera

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

Berlanjut pada sisi kamera, sudah ada kamera berkekuatan 23 Megapixel yang siap memanjakan sobat dalam mendapatkan hasil foto berkualitas tinggi. Tentunya kamera bagian belakang tersebut telah dilengkapi sensor canggih, yakni Sony Exmor RS yang selalu menjadi andalan smartphone flagship Sony. Menariknya lagi, kamera Xperia Z5 Dual telah dibekali lensa G-Lens dengan sudut bidik lebar mencapai 24 mm. Dengan focus otomatis berteknologi Hybrid yang mampu membidik focus pada kecepatan 0.03 detik. Tak ketinggalan, kemampuan merekam video beresolusi 4K juga dimiliki Xperia Z5 Dual.

Kemampuan kamera Xperia Z5 Dual memang sama persis dengan seri Sony Xperia Z5 Premium dan Z5 Compact, jadi tak perlu diragukan lagi hasil jepretan foto dan rekaman videonya. Menariknya lagi, sobat bisa mengatur ISO foto mencapai 12.800 dan ISO video mencapai 3.200. Untuk mengoptimalkan pengambilan video, Sony juga menambahkan fitur SteadyShot dan lampu kilat LED Flash pada sisi kamera bagian belakang. Fitur StedyShot juga terdapat pada kamera depan Xperia Z5 Dual. Dimana kekuatan lensanya mencapai 5 Megapixel dan memakai sensor gambar Sony Exmor R dengan lensa Wide Angle 25 mm. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Sony Xperia Z5.

Harga, Spesifikasi, Sony Xperia Z5

Teknologi Hybrid Autofocus menjadi salah satu kelebihan yang diunggulkan Sony pada kamera Xperia Z5 Dual. Teknologi tersebut memungkinkan sobat sinyaliti mengambil titik focus sebuah objek dalam waktu 0.03 detik. Kemudian untuk sektor kamera bagian depan, sudah ada kamera selfie 5 Megapixel dengan lensa Wide Angle 25 mm. Kemampuan merekam video Full HD yang disempurnakan oleh fitur SteadyShot untuk menstabilisasi rekaman video. Kamera tersebut juga dibekali sensor gambar Sony Exmor R. Sehingga kualitas jepretan foto selfie dan rekaman videonya tak kalah dari kamera profesional.

back to menu ↑

Baterai

Kemudian untuk masalah daya tahan baterai, ponsel ini didukung baterai Non-removable Li-Ion berdaya 2900 mAh yang diklaim akan bertahama selama 17 jam waktu bicara, dan dapat dipakai mendengarkan musik selama 87 jam. Jadi bisa dikatakan baterainya cukup memuaskan dalam memenuhi kebutuhan multimedia dan berkomunikasi selama satu hari penuh. Lebih detail mengenai spesifikasinya, klik disini

9 Total Score
Excellent!

Sesuai namanya, Sony Xperia Z5 Dual dibekali fitur dual sim sebagai daya tarik utama untuk menarik minat konsumen smartphone diseluruh dunia. Sobat droidchanel yang membutuhkan smartphone berkualitas dengan akses komunikasi bisa menjadikan Xperia Z5 Dual sebagai pilihan utama, namun sobat harus siap mengeluarkan banyak uang karena harga Sony Xperia Z5 Dual dibanderol sangat mahal. Bahkan harganya mampu disetarakan dengan Galaxy Note 5 maupun Galaxy S6. Lalu bagiamana dengan spesifikasi ponsel ini, apakah sebanding dengan harganyanya yang mahal ?

Desain
9
Performa
9
Fitur
9
Kamera
9
Baterai
9
PROS
  • Desain Premium dengan frame metal
  • Dapur pacu Octa Core Snapdragon 810
  • Resolusi kamera utama mencapai 23 Megapixel dengan penambahan beragam teknologi canggih
  • Dibekali sensor sidik jari pada tombol powernya
  • Memiliki kemampuan tahan air dan debu
  • Mendukung 4G LTE 300 mbps
  • Dual Sim
CONS
  • Harga Sony Xperia Z5 Dual sangat mahal
  • Ram masih 2 GB
  • Layarnya masih bereolusi Full HD
  • Baterainya tak bisa sobat lepas
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami