Review Vivo V5: Pilihan Terbaik Para Pecinta Selfie

  • Review Vivo V5: Pilihan Terbaik Para Pecinta Selfie

Sinyaliti.com – Setelah merilis Vivo Y55 dengan harga dua jutaan, kali ini Vivo menghadirkan smartphone tiga jutaan dengan spesifikasi lebih canggh dan fitur lebih lengkap, yaitu smartphone bernama Vivo V5. Kecanggihan teknologinya bisa terlihat dari pemakaian kamera depan beresolusi 20 Megapixel. Kamera tersebut siap memanjakan pecinta selfie dengan hasil foto berkualitas tinggi, tajam, dan pastinya sangat jernih. Tak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dapur pacu powerfull dengan mengandalkan Ram berkapasitas 4GB dan processor Octa Core 64-Bit yang dibuat oleh Mediatek.

Dibalik murahnya harga Vivo V5, tersedia pula teknologi Fingerprint Sensor yang akan mengoptimalkan sistem keamanan smartphone ini. Fiturnya tergolong sangat lengkap, namun sayangnya smartphone ini masih memakai layar HD yang dibentangkan seluas 5.5 inci. Wajar apabila layarnya belum Full HD, mengingat harga Vivo V5 dibanderol 3 Jutaan dan kekurangan tersebut telah tertutupi oleh kamera beresolusi tinggi yang terpasang pada bagian depan dan belakang. Nah, bagi sobat sinyaliti yang penasaran ingin mengetahui harga Vivo V5 di Indonesia, silahkan simak ulasan berikut ini.

Vivo V5

Spesifikasi Detail Vivo V5

Desain Vivo V5

Smartphone ini telah dibalut bodi full metal dengan ukuran panjang 153.8 mm, lebar 75.5 mm, ketebalan 7.6 mm dan berat 154 gram. Pada bagian belakang terlihat jelas list antena yang menambah cantik desain Vivo V5. Sedangkan untuk bagian depan, telah terpasang kamera beresolusi 20 Megapixel dan tombol home yang terintegrasi dengan Fingerprint Sensor. Menariknya, sensor tersebut mampu membaca sidik jari penggunanya hanya dalam waktu 0.2 detik saja.

Vivo V5

Vivo menempatkan speaker pada bagian bawahnya bersamaan dengan lubang jack audio 3.5mm dan port MicroUSB 2.0. Sedangkan slot memori ekternal dan sim card ditempatkan pada bagian samping. Sayangnya smartphone ini memakai slot sim hybrid, jadi sobat Sinyaliti tak bisa memakai fitur Dual Sim apabila memilih MicroSD untuk menambah ruang penyimpanan V5. Untungnya smartphone ini memiliki memori internal berkapasitas 32GB, jadi sobat Sinyaliti tak perlu khawatir kehabisan memori, meski tak menambahkan memori ekternal. Berikut tampilan V5 dari belakang.

Kemudian untuk bagian layar, Vivo membekalinya dengan layar 5.5 inci beresolusi HD 720 x 1290 pixels. Layar tersebut mengadopsi panel IPS (In-Plane Switching) yang membuat tampilannya semakin jernih dan terlihat realistis. Resolusinya sendiri belum Full HD, karena memang Vivo V5 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Tak hanya itu, layar V5 juga dilapisi kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen serta pelindung Corning Gorilla Glass, sehingga tidak mudah tergoresan ataupun pecah ketika terjatuh. Vivo telah memberikan pilihan warna untuk bodi smartphone ini menkadi Gold dan Grey.

Vivo V5

back to menu ↑

Fitur

Vivo menawarkan banyak fitur menyenangkan, serta user interface yang atraktif, yaitu Funtouch OS 2.6. Sistem operasinya sendiri berbasiskan Android Marshmallow, sehingga kinerja V5 semakin maksimal dan dapat diandalkan, khusunya untuk multitasking banyak aplikasi ataupun menjalankan game berat. Menariknya, smartphone ini memiliki fitur Smart Split 2.0 yang mampu mempermudah multitasking dengan membagi layar menjadi dua bagian, sehingga penggunanya bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Semua fitur tersebut akan ditenagai oleh baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi teknologi Fast Charging, sehingga waktu pengisian baterainya akan berjalan cukup lama. Kemudian untuk sektor konektivitas, V5 mampu mengakses internet pada jaringan 4G LTE dan dibekali fitur Dual Sim untuk mempermudah akses komunikasi serta akses internet. Lalu ada pula konektivitas pendukung berupa Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port MicroUSB 2.0.

Vivo V5

Sejak meluncur di Indonesia, smartphone besutan Vivo sudah memiliki keunggulan pada kualitas audionya yang jernih berkat teknologi audio Hi-Fi, Vivo menyematkan AK4376 Hi-Fi Audio Chip yang dapat membuat suara musik maupun video menjadi jernih dan halus.

Mengikuti tren masa kini, V5 telah hadir juga dengan sensor fingerprint yang dibenamkan pada tombol Home. Dengan adanya sensor ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menempelkan jarinya pada smartphone. Pihak Vivo mengatakan bahwa sidik jari dapat dideteksi smartphone hanya dalam waktu 0,2 detik saja lho.

back to menu ↑

Performa

Berbekal OS android versi 6.0 Marshmallow yang dikemas dengan User interface Funtouch OS 2.6. Untuk mengoptimalkan kinerja agar lebih optimal, Vivo menambahkan chipset berjenis Qualcomm Snapdragon 652 SoC yang di tenagai prosesor Octa Core 64 bit berkecepatan proses 2.0 GHz. Tidak hanya itu, Vivo V5 juga merupakan salah satu ponsel gaming pilihan yang dilengkapi pengolah grafis bertipe Adreno 510.

Dengan GPU tersebut diharapkan dapat menunjang aplikasi game dengan grafis tinggi yang akan sangat membantu mengoptimalkan kinerja mesin dari Vivo V5 itu sendiri. Apalagi Vivo smartphone juga melengkapi produk terbarunya dengan RAM 4 GB serta memory internal berukuran 32 GB. Ditambah lagi adanya slot microSD yang dapat anda upgrade hingga kapasitas maksimal 128 GB.

Vivo V5

Selain dilengkapi dapur pacu yang cukup gahar, Vivo V5 juga dibekali beberapa sensor pelengkap kecanggihan perangkat dikelas menengah keatas. Sensor yang ia miliki diantaranya sensor Fingerprint, Accelerometer, Proximyty, Ambient Light, Gyroscope, dan Compass.

Berikut Informasi hasil dari uji benchmark-nya:

Antutu 6: 41397
Geekbench 4: 582 (single core), 2438 (multi core)
Quadrant: 20908
Basemark OS II: 812
Basemark X: 11347

back to menu ↑

Kamera

Sedangkan untuk Kamera, Vivo V5 ini merupakan Smartphone Android yang dinobatkan sebagai ponsel perfect selfie dengan keunggulan pada kamera khususnya kamera depannya. Kamera depan Vivo V5 ini dibekali lensa kamera berukuran 20 Megapixel yang dilengkapi fitur screen flash serta beberapa fitur selfie lainnya. Tidak hanya dapat menghasilkan hasil foto selfie yang perfect, kamera depan Vivo V5 juga bisa anda gunakan sebagai kamera video call dengan kualitas video yang sangat jernih serta beresolusi tinggi.

Vivo V5

Tidak hanya itu, kamera belakang Vivo V5 juga tidak kalah gahar. Lensa kamera 13 Megapixel menjadi pilihan Vivo untuk perangkat terbarunya. Dilengkapi beberapa fitur kamera sepersi Phase detection autofocus, serta lampu LED Flash sebagai penerangannya kamera belakang Vivo V5 mampu menghasilkan video berukuran 1080p30fps. Berikut dibawah ini Tampilan antarmuka kamera Vivo V5.

Mode pengambilan foto lengkap tersedia. Ada empat mode pengambilan yang membebaskan Anda dari keharusan memencet tombol shutter. Mode pengambilan tersebut adalah melalui timer, deteksi telapak tangan, sentuhan ke layar, dan melalui perintah suara seperti menyebutkan kata “cheese”. Berikut dibawah ini merupakan contoh foto yang diambil dengan kamera Vivo V5 Sobat Sinyaliti.

Vivo V5

back to menu ↑

Baterai

Vivo V5 dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh. Karena desain yang diusung unibodi, alias menyatu, maka otomatis baterai tidak dapat dicabut atau diganti sendiri oleh pengguna. Dengan spesifikasi kelas menengah yang tidak haus akan daya, maka baterai ini tergolong sangat mumpuni menghidupi ponsel hingga seharian (sekitar 12 jam) dengan penggunaan reguler. Bahkan dapat lebih menjadi satu setengah hingga dua hari jika ponsel jarang digunakan.

Sayangnya ponsel V5 tidak disertai dengan teknologi pengisian baterai cepat. Sehingga dari posisi nol sobat Sinyaliti harus menunggu hingga sekitar dua jam untuk baterai terisi penuh dengan kepala cas ukuran jumbo bawaan. Tonton detail spesifikasinya, klik disini sobat Sinyaliti!

8 Total Score
Good!

Setelah cukup sukses dengan Vivo V3 & Vivo V3 Max, Vivo mobile kembali mencuri perhatian para pecinta gadget dengan smartphone Vivo V5 dan Vivo V5 Plus. HP yang merupakan penerus dari Vivo V3 ini membawa kemampuan kamera Selfie special dengan tag line ” Perfect Selfie “.

Desain
8
Performa
8
Fitur
8
Kamera
9
Baterai
7.5
PROS
  • Tampilan elegan dengan balutan bahan metal allumunium
  • Dipercantik dengan adanya lengkungan layar (2.5 D Curved Glass)
  • Mendukung kemampuan dual-SIM stanby
  • Disuport koneksi jaringan tercepat saat ini, 4 G LTE
  • Dilengkapi LED Notifikasi / lampu pemberitahuan
  • Dilengkapi fitur keamanan data Fingerprint sensor
  • Layar IPS LCD seluas 5.5 inchi, yang cocok buat game atau nonton video
  • Dilapisi perangkat keamanan layar Cornning Goriila Glass 4
  • Sistem operasi berjalan dengan OS Android v 6.0 Marshmallow, yang memiliki kinerja smooth
  • Didukung prosesor Mediatek MT6750 Octa Core 64 bit dan GPU Mali-T860MP2.
CONS
  • Resolusi layar hanya HD 720P
  • Sot SIM 2 menyatu dengan slot microSD
  • Baterai berjenis Non-Removable dan belum support fast charging
User Rating: 5 (1 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0