Review Vivo V5s: Ponsel “Perfect Selfie” Dengan Kamera Depan 20 MP Softlight

Sinyaliti.com – Vendor asal Tiongkok, Vivo, kembali meluncurkan perangkat barunya yang bertajuk Vivo V5s. Sama seperti pendahulunya, yakni  Vivo V5 yang telah lebih dulu sukses di pasaran, ponsel ini juga hadir dengan mengusung slogan “Perfect Selfie”. Namun hal tersebut tak lantas membuat smartphone ini tidak menarik lagi. Sebab, berbagai komponen hardware dan software yang berkualitas dihadirkan pada Vivo V5s ini, sehingga menawarkan daya tarik tersendiri di mata konsumen.

Vivo V5s juga membawa kamera selfie dengan resolusi yang lumayan tinggi. Dan bahkan lebih tinggi dari kamera utamanya, sehingga sudah pasti bakal digandrungi oleh para pengguna smartphone yang hobi selfie.

Ingin tahu fitur-fitur menarik lainnya yang dibawa oleh Vivo V5s ini? Kalau begitu, yuk simak artikelnya berikut ini.

Spesifikasi Detail  Vivo V5s

Desain Vivo V5s

Untuk urusan desain, handset ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan para pendahulnya, yaitu Vivo V5. Smartphone masih mengusung desain stylish dengan balutan bodi metal yang tersedia dalam pilihan warna Crown Gold dan Matte Black. Dimensinya sendiri hadir dengan panjang 153.8 mm, lebar 75.5 mm, dan tebal 7.6 mm. Sedangkan beratnya sendiri adalah 154 gram. Sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan sensor Fingerprint.

Sementara itu, untuk menghiasi bagian visualnya digunakanlah panel IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.5 inci dan kerapatan 267 ppi. Layar pada Vivo V5s tersebut mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Layar ini selain lebih responsif berkat kehadiran Multitouch, sehingga secara fisik Vivo V5s memang menarik.

desain vivo v5s

Selain itu, proteksi Corning Gorilla Glass 3 pun sudah mampir di layar ponsel ini pun akan membuat layarnya lebih aman terhadap goresan dan benturan. Tampilan visual pada spesifikasi Vivo V5s ini pun semakin menawan berkat digunakannya antarmuka Funtouch OS 3.0.

back to menu ↑

Fitur

Tak hanya memperhatikan sektor desainnya, spesifikasi Vivo V5s pada sektor konektivitasnya pun tak luput dari perhatian. Maka tak heran jika sektor ini telah dibekali dengan komponen-komponen yang cukup lengkap. Misalnya saja penggunaan fitur Dual SIM, sehingga kebutuhan komunikasi bisa dilakukan dengan lebih efisien.

Koneksi internet tanpa lemot pun bisa dinikmati. Sebab perangkat ini telah didukung oleh teknologi jaringan terbaru 4G LTE yang juga bisa memacu aktivitas download hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

fitur vivo v5s

Sedangkan untuk pengguna yang daerahnya belum terjangkau akses 4G LTE, maka bisa menggunakan jaringan alternatif HSPA dan GSM. Fitur WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot pun telah disediakan Vivo, agar bisa dipakai untuk mengakses internet secara gratis.

Sementara kebutuhan data sharing akan terpenuhi lewat fitur Bluetooh 4.0, microUSB 2.0dan juga USB On-The-Go. Sistem navigasinya sendiri menggunakan teknologi A-GPS dan GLONASS yang cukup baik untuk mencari sebuah lokasi. Jadi, spesifikasi Vivo V5s pada sektor konektivitas nampaknya tidak kalah dengan varian lainnya.

back to menu ↑

Performa

Setelah membedah spesifikasi Vivo V5s di bagian desain dan fiturnya, kini kita akan beralih ke sektor performa dari smartphone ini. Tak hanya memiliki tampilan yang menarik, komponen-komponen yang menyusun dapur pacu Vivo V5s juga tak kalah menarik. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan chipset Mediatek MT6750 sebagai otak pemrosesannya, yang mempunyai kemampuan performa di atas rata-rata.

Chip yang tersemat pada Vivo V5 Lite ini dipadukan dengan prosesor yang lebih cepat, yaitu prosesor berinti delapan yang merupakan hasil konfigurasi dari Octa-Core Cortex-A53 dengan clock speed 1.5 GHz, sehingga performanya sangat mumpuni.

Sektor ini pun didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB, sehingga aktivitas multitasking pada Vivo V5 Lite akan bisa dijalankan dengan lancar dan responsif. Semua komponen dapur pacu ini bakal berjalan di atas sistem operasi Android v6.0 Marshmallow, dengan kinerja yang lebih mumpuni serta ketersediaan fitur baru yang lebih banyak.

perform vivo v5s

Vivo juga menyediakan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang besar. Terbukti, perangkat ini menyediakan ruangan dengan bekalan memori internal yang kapasitasnya 64 GB. Dengan kapasitas memory internal tersebut, tentu bisa dibilang sudah sangat cukup memadai untuk menyimpan beragam file pribadi. Seperti file internal bawaan maupun file-file pribadi yang biasanya berupa foto, lagu, video, dan game.

Namun, jika kapasitas internal tersebut dirasa belum mencukupi, atau masih dirasa kurang, maka ruang penyimpanan ini masih bisa diperluas melalui microSD Card dengan kapasitas maksimal mencapai 256 GB. Sayangnya, penggunaan microSD card ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2. Sehingga pengguna harus benar-benar mempertimbangkan mana yang lebih dibutuhkan. Dan tentu saja spesifikasi Vivo V5s ini perlu menjadi catatan tersendiri.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa spesifikasi ponsel Vivo V5s ini pada sektor dapur pacunya dipenuhi dengan komponen yang akan membuat performanya gahar.

back to menu ↑

Kamera

Inilah bagian yang menjadi daya tarik utama yang dimiliki oleh Vivo V5s. Sektor ini dipersenjatai dengan dua buah kamera yang beresolusi tinggi, sehingga akan sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan setiap momen pribadinya.

Kamera utamanya yang terletak pada bagian belakang bodi memiliki resolusi yang lebih tinggi dari V5,  yaitu 13 MP dengan aperture f/2.2. Selain itu, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus dan LED Flash. Kamera utama Vivo V5s ini juga mampu menghasilkan video sebesar 1080p@30fps.

Sementara itu, kamera sekundernya yang ada pada bagian depan bodi hadir dengan kamera beresolusi tinggi jika dibandingkan dengan kamera utama. Dimana Vivo membekali kamera selfie-nya ini dengan kemampuan resolusi 20 MP. Kamera sekunder dengan aperture f/2.0 ini sangat mumpuni jika digunakan aktivitas selfie dan video call berkat teknologi ‘Moonlight Glow’. Dimana dengan fitur ini lensa kamera diklaim mampu meningkatkan kecerahan wajah meski dalam kondisi minim cahaya. Jadi tak heran jika kamera sekunder pada Vivo V5 Plus ini dijuluki dengan “Perfect Selfie”.

kamera vivo v5s

Tak sampai di situ saja, pengguna pun masih bisa memanfaatkan fitur pendukung kamera lainnya untuk menunjang kebutuhan dokumentasi. Seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga HDR. Kehadiran fitur pendukung tersebut tampak sangat melengkapi spesifikasi Vivo V5 Plus ini.

back to menu ↑

Baterai

Ponsel premium garapan Vivo ini akan dibekali dengan pasokan daya yang cukup memadai untuk menjalankan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Vivo diketahui akan menanamkan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 3000 mAh untuk memberi pasokan daya pada setiap komponen yang ada di Vivo V5s.

Dengan kapasitas tersebut, tentu saja baterai ini bisa bertahan seharian jika digunakan untuk aktivitas yang normal. Namun, jenis baterai yang dipakai adalah baterai tanam atau Non-removable, sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah jika terjadi kerusakan.

Bahkan Vivo pun juga akan menyematkan fitur Fast Charging untuk membantu pengisian daya yang lebih cepat pada spesifiaksi Vivo V5s ini. Sehingga pengguna tak perlu berlama-lama menunggu baterai penuh. Meski demikian, tentu saja para pecinta Vivo harus selalu siap powerbank sebagai antisipasi jika baterai habis ketika menempuh perjalanan jauh.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Vivo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7 Total Score
Excelent!

Vivo V5s memang hadir dengan slogan “Perfect Selfie”. Hal ini bisa dilihat dari digunakannya kamera beresolusi tinggi di bagian depannya, yakni 20 MP, sehingga Vivo V5s memang akan sangat memanjakan para penggunanya yang hobi selfie. Selain itu, spesifikasi hardware yang diusungnya pun cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan digunakannya prosesor Octa-core yang memiliki kecepatan 1.5 GHz dan dukungan RAM sebesar 4 GB.

Desain
7
Performa
7.5
Fitur
7.5
Kamera
7.5
Baterai
7
Kelebihan
  • Support koneksivitas jaringan 4G LTE, yang melancarkan akses Internet.
  • Memiliki Dual SIM, yang dapat beroprasi secara bersamaan.
  • Layar IPS LCD seluas 5.5 inchi, yang nyaman dioprasikan dan cocok buat maing game.
  • Sistem oprasi OS Android v 6.0 Marshmallow, yang menawarkan banyak aplikasi di Playstore.
  • Didukung prosesor ngebut, Mediatek MT6750, CPU Octa Core 1.5 GHz.
  • RAM 4 GB, yang melancarkan saat multitasking/ pemindahan aplikasi.
  • Memory Internal 64 GB, didukung microSD 256 GB, yang mampu menampung banyak data.
  • Kamera utama 13 MP, PDAF, LED flash, yang didukung kemampuan record 1080p (Full HD).
  • Kamera depan 20 MP, Soft LED flash, yang sangat cocok buat selfie maupun video call.
  • Dilengkapi Fingerprint Scanner, sebagai sistem pelindung data si pengguna.
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh, yang menunjang kegiatan HP bertahan lama.
Kekurangan
  • Resolusi layar standar.
  • Slot SIM hybrid.
  • Non-removable battery.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0